jumlah pemain sepak bola

Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat digemari masyarakat Indonesia bahkan dunia. Jumlah pemain sepak bola terdiri dari 11 orang untuk satu timnya. Dimana 11 orang tersebut terdiri dari penjaga gawang atau kiper, gelandang, pemain bertahan sampai penyerang. 

Masing-masing posisi pemain memiliki tugasnya sendiri. Namun, apa saja tugas mereka dan berapa jumlah minimal pemain sepak bola agar bisa berlaga? Yuk simak rangkuman informasinya di bawah ini!

BACA JUGA : 10 Teknik Dasar Sepak Bola Beserta Penjelasan Lengkapnya

Jumlah pemain sepak bola menurut FIFA 

Pixabay

Jika ditotal, jumlah pemain sepak bola dalam satu pertandingan mencapai 22 pemain, dengan jumlah 11 orang pemain untuk setiap regunya. Adapun pembagian pemain tersebut sebagai berikut:

  • Satu kiper atau penjaga gawang.
  • Ada 4 bek sebagai pemain bertahan.
  • 4 pemain tengah atau gelandang.
  • Dan 2 penyerang.

Akan tetapi, pembagian ini dapat berubah-ubah sesuai dengan strategi yang digunakan oleh pelatih masing-masing tim. Apalagi taktik yang sekarang dikembangkan sudah sangat modern menyesuaikan kemampuan para pemainnya.

Durasi permainan sepak bola

jumlah pemain sepak bola
iStock

Perlu Sedulur ketahui bahwa durasi permainan sepak bola adalah 2 x 45 menit yang terbagi menjadi dua babak besar. Jika hasil pertandingan berakhir seri, maka durasi permainan akan diperpanjang 15 menit dalam setiap babaknya. Bagian ini biasanya disebut sebagai babak perpanjangan waktu. Itu artinya total perpanjangan waktu permainan sepak bola adalah 30 menit.

Jika skor masih seri, sesuai dengan perturan sepak bola Internasional yang berlaku, maka akan dilakukan tendangan pinalti untuk menentukan pemenang permainan tersebut.

BACA JUGA : 10 Manfaat Gerakan Sholat untuk Kesehatan Tubuh & Mental

Posisi sepak bola dan tugasnya

jumlah pemain sepak bola
Freepik

Pemain sepak bola tentu memiliki posisi dan tugasnya masing-masing? Lantas apa saja tugas setiap posisi pemain sepak bola? Yuk simak informasinya berikut ini!

1. Penjaga gawang

Penjaga gawang atau kiper bertugas untuk menjaga gawang agar tidak kemasukan gol dari lawan. Kiper juga memiliki hak istimewa dalam permainan sepak bola yaitu dapat menyentuh bola menggunakan tangan. Meski begitu, kiper hanya boleh menghalau dan menyentuh bola menggunakan tangan di area yang yang sudah ditentukan yaitu area penalti. Ketika di luar area penalti maka kiper tidak boleh menghalau bola menggunakan tangan.

Berikut tugas penjaga gawang yang perlu Sedulur ketahui.

  • Menjaga gawang.
  • Melakukan clearing (menjauhkan bola dari area berbahaya).
  • Memberikan arahan kepada pemain bek untuk memposisikan diri.
  • Menendang atau membuang bola setelah melakukan save atau penyelamatan.

2. Pemain bertahan

Pemain bertahan atau yang juga disebut dengan defender merupakan posisi pemain yang mempunyai banyak istilah yaitu LB, CB, RWB dan yang lainnya. Mereka berada di garis pertahanan tim. Pada posisi defender ini biasanya diisi oleh 3 sampai 4 pemain. Tugas dari pemain bertahan adalah menghalau tim lawan saat melakukan serangan menuju gawang.

Pemain bertahan atau bek ini terbagi menjadi beberapa posisi, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Bek tengah: bertugas menjaga area pertahanan bagian tengah. Dalam formasi bersama, bek tengah ini ada di bagian belakang. Bek tengah bersama dengan kiper melakukan upaya untuk mencegah gol dari tim lawan.
  • Bek sayap: bertugas untuk menjaga daerah pertahanan sayap dan membantu serangan tim dengan sesekali maju serta memberikan umpan atau mendukung serangan dari pemain penyerang.
  •  Sweeper atau penyapu. Posisi ini tepat berada di depan kiper atau di belakang garis pertahanan. Tugas dari sweeper yaitu untuk mengenali, mengawasi, dan membersihkan bahaya tersebut. Skill utama yang harus dimiliki pemain di posisi ini yaitu mampu menyapu dan merebut bola dari tim lawan

3. Gelandang

Posisi selanjutnya adalah gelandang atau midfielder atau yang juga disebut sebagai pemain tengah. Sama seperti pemain bertahan, posisi gelandang biasanya diisi oleh tiga bahkan hingga lima pemain sesuai dengan strategi yang dipasang oleh pelatih dari tim tersebut.

Berikut beberapa posisi pemain gelandang yang perlu Sedulur ketahui.

  • Gelandang bertahan bertugas mencegah bola dari lawan agar tidak masuk ke karis pertahanan tim
  • Gelandang tengah bertugas untuk menjaga area tim bagian tengah
  • Gelandang serang bertugas untuk menciptakan pola serangan serta mendistribusikan bola dengan baik
  • Gelandang sayap yang berada di sisi lapangan mempunyai sifat yang fleksibel yang berarti dapat melakukan penyerangan untuk dapat mencetak gol.

4. Penyerang

Penyerang atau forward bertugas untuk bisa mencetak gol ke gawang tim lawan. Posisi pemain ini sebanyak satu hingga tiga orang. Penyerang harus mempunyai kemampuan berupa kecepatan, teknik dasar hingga keahlian untuk mengambil keputusan. Terdapat dua posisi dalam penyerang diantaranya yaitu :

  • Penyerang tengah: bertugas untuk menerima umpan dari teman satu tim dan kemudian mengelolanya untuk dapat mencetak gol, serta mengalihkan perhatian pertahanan lawan sehingga tercipta ruang untuk pemain sayap dan gelandang serang dapat bergerak ke area lapangan lawan.
  • Penyerang sayap: yang disebut juga pemain second striker atau withdrawn striker. Penyerang sayap merupakan pemain yang berugas untuk melakukan serangan dan bisa ditarik ke posisi belakang. Tugas dari pemain ini yaitu untuk menghasilkan gol serta membantu serangan di area sayap. Tak hanya itu, tugas lain dari pemain penyerang sayap yaitu memberikan ruang gerak untuk striker dan memberikan umpan agar bisa menciptakan gol ke gawang lawan. 

BACA JUGA : 10 Manfaat Pisang Klutuk untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat olahraga sepak bola

Freepik

Permainan sepak bola memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Diantaranya yaitu sebagai berikut. 

  • Meningkatkan kebugaran tubuh.
  • Menyehatkan jantung.
  • Mengontrol kenaikan berat badan.
  • Mendukung kekuatan otot dan juga tulang.
  • Mengembangkan keterampilan motorik.
  • Mengurangi tekanan darah tinggi.
  • Mengurangi stress dan gangguan kecemasan.

Perbedaan sepak bola dengan futsal

jumlah pemain sepak bola
Freepik

Masih banyak yang tidak dapat membedakan antara futsal dengan sepak bola. Bahkan masyarakat mengangap keduanya adalah sama. Akan tetapi perlu Sedulur ketahui bahwa ternyata futsal dan sepak bola memiliki keunikan tersendiri. Apa saja? Yuk simak penjelasannya berikut ini!

1. Jumlah pemain

Perbedaan yang pertama adalah jumlah pemain. Jika sepak bola terdiri dari 11 pemain untuk satu timnya, sedangkan futsal hanya terdiri dari 5 pemain saja.

2. Luas lapangan

Hal yang membedakan antara futsal dan sepak bola selanjutnya adalah luas lapangan. Jika lapangan bola berukuran 9-12- meter dan lebar 45-90 meter, sedangkan lapangan futsal hanya berukuran 38-42 meter dan lebar 18-25 meter saja.

3. Waktu permainan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, durasi permainan sepak bola menurut aturan FIFA adalah 90 menit yang terdiri dari dua babak. Sedangkan futsal hanya berdurasi 40 menit dan terbagi menjadi dua babak.

4. Pergantian pemain

Jika dalam permainan sepak bola pergantian pemain dibatas, dalam permainan futsal justru kebalikannya. Yang mana pergantian pemain tidak terbatas, dan pemain yang sementara keluar untuk digantikan dapat dimainkan kembali selama pertandingan masih berlangsung.

Demikianlah rangkuman informasi mengenai jumlah pemain sepak bola mini dan tugas masing-masing pemain di lapangan. Permainan sepak bola sendiri berdurasi 90 menit yang terbagi menjadi dua babak. Perlu Sedulur ketahui bahwa sepak bola dan futsal adalah dua olahraga yang berbeda. Perbedaan keduanya dapat dilihat dari jumlah pemain, luas lapangan dan juga lamanya waktu pertandingan. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.