Makanan jangkrik mungkin sebagian orang menganggap jika makanan hewan sejenis serangga ini adalah hewan-hewan yang lebih kecil. Seperti halnya, semut atau hewan kecil lainnya. Memang pendapat ini tidak sepenuhnya salah.

Kita tahu, bahwa jangkrik hidup di lubang-lubang tanah atau mungkin  di pohon-pohon yang besar. Namun, yang sering kita temukan adalah, bahwa hewan berkaki enam ini lebih banyak menghabiskan waktu di lubang tanah.

Namun, sebagian orang memilih untuk menernakan hewan ini. Sebab, jangkrik bisa menjadi pakan burung yang bergizi . Sebab, hewan ini mengandung protein yang tinggi dan sangat dibutuhkan bagi burung peliharaan. Nah, dari pada penasaran mengenai makanan hewan yang satu ini. Yuk simak penjelasan selangkapnya di bawah ini.

BACA JUGA : 10+ Motif Cat Kamar Unik Minimalis & Cara Mengecatnya

17 Makanan Jangkrik yang Harus Kamu Tahu

1. Voer ayam

"         Inilah Jenis Makanan yang Bagus Untuk Jangkrik"
hobiternak

Makanan jangkrik yang pertama yang bisa dipakai adalah, menggunakan voer ayam. Voer atau poor yang bagus untuk jangkrik adalah kandungan proteinya lebih dari 20%. Sebagian pihak mengeklaim, paling bagus antara 20-23%. Pakan yang satu ini sangat bagus untuk jangkrik usia 1-20 hari Sedulur.

2. Sawi bebas pestisida

"         Inilah Jenis Makanan yang Bagus Untuk Jangkrik"
alodokter

Selanjutnyaa adalah sawi warna putih. Sayuran yang satu ini sangat baik dijadikan makanan jangkrik liar Sedulur. Teksturnya lunak dan menyimpan banyak air. Sedulur bisa menanam sawi putih sendiri atau mungkin bisa membeli di pasar. Namun, pastikan sawi yang kamu berikan terbebas dari pestisida alias sudah dicuci bersih sebelumnya.

Apabila sawi yang kamu berikan belum dicuci bersih, maka yang ada, hewan berkaki enam mu ini bisa langsung mati  dan kamu bisa gagal dalam beternak jangkrik. Jadi pastian harus bebas dari zat kimia.

BACA JUGA : Ini Ciri Ciri Kucing Hamil Lengkap Dengan Cara Merawatnya!

3. Daun pisang

"         Inilah Jenis Makanan yang Bagus Untuk Jangkrik"
pexels

Makanan jangkrik adalah bisa menggunakan daun pisang atau gedebog pisang. Di alam terbuka jangkrik selalu memakan daun ini. Namun, juga jangan sering-sering diberikan kepada jangkrik kesayanganmu ya Sedulur. Gedebog ini sifatnya hanya sebagai makanan tambahan.

Buat Sedulur yang ingin memberikan hewan kesayangan dengan tanaman ini, caranya sangat mudah. Kamu tinggal menyacah gedebog pisang untuk hewan sejenis serangga ini, atau bisa diletakan di kandang begitu saja.

Daun pisang atau gedebog, bisa kamu dapatkan di sawah atau jika memang kesulitan mendapatkan makanan yang satu ini, maka jalan terakhir yang bisa kamu lakukan adalah membelinya di pasar.

4. Rumput

"         Inilah Jenis Makanan yang Bagus Untuk Jangkrik"
pexels

Rumput jadi makanan jangkrik liar selanjutnya. Mengapa demikian, ya karena mengandung protein yang bagus buat jangkrikmu.  Makanan ini bisa kamu berikan, jika jangkrikmu  sudah berusia  di atas 20 hari. Sedulur bisa memilih rumput yang berwarna hijau.

BACA JUGA : 15 Sifat Cahaya Lengkap dengan Penjelasan dan Contohnya

5. Krokot

https://jogja.tribunnews.com/2020/01/20/khasiat-tanaman-krokot-yang-sering-diabaikan-cegah-resiko-serangan-jantung-dan-stroke
jogjatribunnews

Apa makanan jangkrik selanjutnya? Krokot merupakan sejenis tanaman liar yang bisa tumbuh di area sawah atau bahkan mungkin di pekarangan rumah kita. Tumbuhan menjalar ini merupakan makanan yang sangat disukai oleh jangkrik lho Sedulur.

6. Daun atau batang pepaya

"         Inilah Jenis Makanan yang Bagus Untuk Jangkrik"
wikipedia

Selaanjutnya ada batang atau daun pepaya yang dapat dijadikan makanan jangkrik liar mu. Tanaman ini selalu hidup di pekarangan  atau jika memang tidak bisa menemukan tanaman yang satu ini,  bisa membelinya di pasar.

7. Makanan buatan sendiri

Makanan jangkrik gangsir bisa kamu berikan dengan membuat pakan sendiri. Makanan untuk jangkrik ini sudah banyak dibuat oleh mereka yang sedang membuat peternakan jangkrik.  Institute Pertanian Bogor (IPB) bahkan berhasil meneliti, jika konsentrat dicampur singkong muda jauh lebih bagus dibandingkan dengan singkong tua.

BACA JUGA : Kenali Tanaman Keladi Tengkorak Populer & Cara Merawatnya

8. Kangkung

"         Inilah Jenis Makanan yang Bagus Untuk Jangkrik"
IDN Medis

Selai diolah menjadi sayuran matang untuk kebutuhan manusia, namun nyatanya, tanaman yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai pakan nutrisi jangkrik. Ya, sayuran yang satu ini bisa kamu dapatkan dengan cara menanam sendiri atau mungkin bisa membelinya di pasar. Namun yang terpenting, sayuran harus terbebas dari pestisida.

9. Daun singkong

"         Inilah Jenis Makanan yang Bagus Untuk Jangkrik"
alodokter

Tidak hanya manusia saja yang menyukai daun singkong, ternyata  hewan seperti jangkrik pun sangat menyukai tumbuhan ini. Ya, daun singkong bisa menjadi makanan jangkrik namun harus daun singkong yang agak muda yang sangat baik buat jangkrikmu daripada memberikan daun singkong tua.

10. Kol

"         Inilah Jenis Makanan yang Bagus Untuk Jangkrik"
tempo

Selanjutnya ada sayuran kol. Kita tahui,  sayuran ini selalu sedap dijadikan lalapan ataupun diolah menjadi sayuran yang bergizi tinggi. Sayuran ini bisa dijadikan sebagai makanan jangkrik aduan lho Sedulur. Namun pemberian sayuran ini harus diberikan kepada jangkrik ketika  masih berusia 10 hari.

BACA JUGA : Ciri Cucak Ijo Asli & Cara Merawatnya Agar Gacor Ngerol

11. Wortel

"         Inilah Jenis Makanan yang Bagus Untuk Jangkrik"
pexels

Wortel biasanya yang kita kenal sayuran ini mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Namun, tahukah Sedulur, jangkrik merupakan sumber makanan utama buat ikan peliharaan yaitu Arwana. Nah, supaya ikan arwana mu terlihat sehat dan warnanya semakin  merah, maka harus diberikan jangkrik. Buat Sedulur yang ternak hewan berkaki enam ini, maka berikan makanan jangkrik yang sehat seperti tanaman wortel.

12. Kentang

"         Inilah Jenis Makanan yang Bagus Untuk Jangkrik"
pexels

Selanjutnya ada tanaman kentang. Kita tahu, kentang selalu menjadi makanan yang bisa dikonsumsi oleh manusia. Beragam olahan bisa diwujudkan dari tanaman yang satu ini. Namun, ternyata tumbuhan yang satu ini juga sangat bagus untuk jangkrikmu Sedulur.

Sebab, kandungan air dalam tanaman  kentang ini sangat banyak. Sehingga selain dijadikan  makanan, kentang juga bisa dijadikan minuman jangkrik lho Sedulur. Cara pemberiannya pun sangat mudah. Yaitu denga memberikannya dalam bentuk potongan-potongan kecil saja.

13. Protein minimal 20%

Pemberian protein sangat dianjurkan buat dijadikan sebagai pakan nutrisi jangkrik. Di pasaran banyak sekali pakan untuk hewan berkaki enam yang satu ini. Mereka biasanya menyebut dengan nama protein, suplemen dan pakan tambahan. Namun, bagi para peternak jangkrik, pemberiaa protein untuk jangkrik minimal adalah sebesar kurang lebih 20%. Jadi, buat Sedulur jangan sungkan untuk memberikan makanan yang satu ini ya.

14. Minyak ikan

"         Inilah Jenis Makanan yang Bagus Untuk Jangkrik"
bola

Selanjutnya ada minyak ikan yang bisa dijadikan makanan jangkrik aduan mu Sedulur. Minyak ikan ini bisa diberikan dengan cara dilarutkan ke dalam air lalu selanjutnya disemprotkan ke sayuran yang akan diberikan kepada jangkrik kesayanganmu Sedulur.

BACA JUGA : Perhatikan 19 Ciri Ciri Hamil Sebelum Telat Haid, Jarang Disadari

15. Pakan jangkrik, bral brol crystal dan sejenisnya

Mungkin jika ada sebagai peternak jangkrik, tentu tidak ingin bukan, apabila hewan kesayanganmu ini sakit dan tidak bisa dijual sebagai pakan burung atau ikan arwana. Nah seiring pesatnya peternak hewan yang satu ini, maka saat ini sudah banyak pakan khusus jangkrik.

Ada banyak sekali makanan siap saji untuk jangkrik misalnya bral-brol dan sejenisnya. Apapun merknya. Pastikan Sedulur memastikan kandungan proteinnya lebih dari 20%.

16. Bayam

https://www.pexels.com/photo/green-spinach-in-the-colander-6824476/
pexels

Selanjutnya ada sayuran bayam yang bisa dijadikan sebagai makanan jangkrik liar mu. Sejauh ini kita tahu bahwa sayuran yang satu ini sangat familiar  untuk dijadikan sebagai makanan yang menyehatkan. Biasanya, bayam ini bisa diolah menjadi beberapa makanan yang sangat bergizi seperti sayur bening atau lain sebagainya.  

Nyaris sama seperti sawi atau kangkung. Untuk mendapatkan sayuran ini juga tergolong sangat  muda. Kamu bisa menanam sendiri atau bisa beli di pasar sayuran. Nah jangan lupa, berikan sayuran sehat dan segar ini untuk jangkrikmu namun harus benar-benar steril dari zat kimia seperti pestisida.

17. Buah-buahan

https://www.pexels.com/photo/photo-of-sliced-citrus-fruits-on-gray-background-5968231/
pexels

Makanan jangkrik yang terakhir yang bisa kamu berikan adalah segala macam jenis buah-buahan. Ya, buah sangat bagus untuk tumbuh kembang jangkrik liarmu lho Sedulur. Karena mengandung serat yang tinggi.

BACA JUGA : 10 Jenis Burung Pleci dan Makanan Terbaiknya, Bikin Nyaring!

Cara memberikan makan jangkrik

Pastikan makanan jangkrikmu selalu tersedia dan mudah dijangkau oleh jangkrik ya Sedulur. Usahakan seluruh sayuran dan buah-buahan bisa diletakan di kandang. Makanan hewan peliharaan kering dan juga semacam biji-bijian disajikan ke dalam piring.

Nantinya, jangkrik akan mengatur  sendiri asupan makanannya. Jadi, Sedulur tidak perlu pusing-pusing lagi mengukur berapa takaran yang harus diberikan. Jangan lupa buat Sedulur yang memang sedang menernakan hewan yang satu ini, lakukan pemeriksaan setiap dua hari sekali supaya memastikan hewan kesayanganmu ini memiliki makanan dan air untuk minuman jangkrik.