motif cat kamar unik

Motif cat kamar unik dapat membuat kita nyaman dan betah berada di dalam ruangan. Begitu memiliki kamar yang nyaman, tentu kita akan menjadi lebih betah dalam melakukan banyak hal di rumah. Kegiatan dan aktivitas rumahan seperti belajar, bermain, sekedar beristirahat akan menjadi lebih maksimal.

Untuk mewujudkan hal tersebut, tentu Sedulur membutuhkan referensi suasana rumah yang sesuai karakter. Berikut ini terdapat beberapa rekomendasi motif cat kamar unik yang bisa Sedulur gunakan untuk di kamar atau ruangan rumah lainnya. Seperti apa saja motifnya? Mari langsung saja kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: 17 Inspirasi Desain Kolam Ikan Minimalis & Tips Membuatnya

1. Motif kamar batu bata

motif cat kamar unik batu bata
pinhome

Salah satu motif cat kamar unik yaitu dengan menggunakan motif batu bata. Biasanya motif ini umum digunakan di depan rumah atau ruang tamu. Namun, bukan berarti hal tersebut bisa digunakan di dalam rumah. Sedulur bisa menggunakan car warna dasar putih, hitam, dan abu-abu. Satu hal yang harus Sedulur perhatikan adalah untuk mengganakan tembok untuk menyiapkan susunan batu bata itu sendiri.

2. Motif kamar polka dot

polka dot
linetoday

Bagi Sedulur yang mencari motif cat kamar unik, motif polka dot bisa digunakan sebagai rekomendasi. Ini merupakan salah satu motif yang umum digunakan sebagai desain pakaian atau celana hingga desain tas. Sedulur bisa berkreasi menggunakan pattern ini sebagai motif untuk kamar.

Polka dot juga cocok dijadikan motif cat kamar anak perempuan karena akan membangkitkan suasana ceria yang girly. Ditambah lagi, kamu bisa membuat motif kamar ini dengan sangat mudah tanpa harus menggunakan peralatan khusus. Pilihan warnanya juga sangat fleksibel dikombinasikan dengan warna kesukaan.

Sedulur tinggal cat seluruh dinding kamar rumah menggunakan satu warna. Setelah itu, tentukan dinding yang ingin Sedulur beri motif polka dot. Gunakan sponge dan celupkan pada warna cat berbeda, lalu bentuk titik. Sedulur bisa meggunakan beberapa warna berbeda untuk setiap titik polka dot.

BACA JUGA: 20+ Desain Kamar Tidur Minimalis yang Unik & Kreatif, Bikin Betah!

3. Motif kamar garis

garis
fyine

Berikut ini adalah rekomendasi desain geometris motif cat kamar unik. Sama dengan motif polka dot, membuat motif satu ini bisa dibuat sendiri tanpa harus menggunakan alat khusus. Membuat motif geometri, kamu hanya membutuhkan meteran dan selotip.

Lalu bentuk garis geometris sesuai dengan keinginan. Cat kamar dengan satu warna, cabut selotipnya dan kemudian akan terbentuk motif cat dinding kamar garis-garis yang unik dan berbeda. Satu saran saat akan membuat motif ini adalah pastikan untuk memilih warna yang tepat. Karena hal tersebut dapat menghasilkan bentuk garis yang muncul.

4. Motif kamar warna biru

motif cat kamar unik warna biru
homify

Selanjutnya adalah rekomendasi motif cat kamar unik warna biru. Bahkan, jika Sedulur milah gambar di atas, motif dimulai dari kamari daun pintu lalu merambat ke dinding ruangan. Bagi yang ingin mencari motif kamar yang anti mainstream, motif ini bisa jadi rekomendasi. Motif di atas merupakan perpaduan dari motif geometri dan garis lengkung dan menghasilkan motif yang super keren.

5. Motif kamar warna pink

motif cat kamar unik warna pink
desainrumahnya

Jika dilihat dari gambar di atas, terlihat sebuah kamar hotel dengan motif cat kamar unik warna pink. Motif di atas bisa Sedulur tiru untuk kamar di rumah. Meskipun penekanannya terdapat pada warna pink, pada dasarnya desain kamar di atas merupakan perpaduan dari garis geometri.

Gradasi warna merupakan hal penting dalam permainan motif warna di dalam kamar. Jangan lupa untuk memilih warna yang berdekatan dengan warna utama. Jika penggunaan warna pink, maka warna gradasi yang bisa Sedulur gunakan adalah merah, ungu, dan putih.

BACA JUGA: 30 Desain Teras Rumah Minimalis & Modern, Mana Pilihanmu?

6. Motif kamar floral

floral
desainkamartidur

Ingin memiliki motif cat kamar keren simple? Motif kamar floral atau dedaunan bisa jadi rekomendasi. Bukan hanya untuk wallpaper ruang tamu, untuk wallpaper kamar juga sangat cocok digunakan. Warna yang dominan saat menggunakan motif gambar ini adalah warna hijau dan warna kuning.

Kedua warna tersebut merupakan warna yang identik dengan warna dedaunan. Hal tersebut dapat memberikan kesan ceria saat menggunakan warna ini. Tentu saja dapat memberikan ketenangan dan kenyamanan sebagaimana saat kita melihat tanaman dan tumbuhan berwarna hijau di alam bebas.

7. Motif dengan roller cat

roller
blibli

Salah satu rekomendasi motif cat kamar unik adalah menggunakan roller cat. Roller ini bisa didapatkan di toko bangunan baik online atau offline. Namun, biasanya motif dari roller cat tidak bisa custome. Sudah tersedia dengan motif bawaan dan kemungkinan banyak yang menggunakannya. Namun, hal tersebut tidak akan menghilangkan kesan unik di kamar. Karena banyak hal yang bisa divariasikan, terutama dalam permainan warna dan sudut-sudut yang menggunakan motif.

BACA JUGA: 9 Inspirasi Desain Voucher Belanja Super Kreatif dan Menarik!

8. Motif kamar siluet

motif cat kamar unik
99.co

Motif satu ini merupakan motif sederhana, namun sangat unik. Rekomendasi cocok sebagai motif cat dinding kamar cowok karena mereka biasanya menyukai desain yang sederhana. Goresan goresan abstark dapat membentuk sebuah bentuk siluet yang bisa membuat Sedulur nyaman berada di dalam rumah.

9. Motif kamar gambar wajah

motif cat kamar unik wajah
piqsels

Bagi yang mencari motif cat kamar 2 warna, motif kamar satu ini merupakan rekomendasi yang cocok. Tidak hanya menggunakan permainan dua warna, dua warna tersebut dioles membentuk siluet wajah. Hal ini bisa memberikan ketenangan sekaligus memberikan warna yang unik untuk kamar dan berbeda dengan yang lainnya.

BACA JUGA: 12 Desain Toko Sembako Sederhana – Bagus & Hemat Biaya

10. Motif lukisan awan

lukisan awan
kevinbarry

Rekomendasi motif cat kamar unik selanjutnya adalah motif serupa dengan lukisan awan. Gambar ini terinspirasi dari seniman mural internasipnal bernama Tiffany Lusteg. Dia melukis ruangannya menggunakan motif goresan kuas lukis. Kemudian menumpuk goresan tersebut dengan memanfaatkan permainan gradasi warna dan sentuhan warna.

Lukisan yang dihasilkan sangat menakjubkan. Terdapat tumpukan motif goresan kuas yang menghasilkan bentuk seperti lukisan awan.Hal ini membuat kamar bisa menjadi lebih luas, selayaknya kita melihat awan di langit.

11. Motif lengkungan ombre

ombre
grid.id

Rekomendasi motif cat kamar unik selanjutnya adlaah menggunakan motif lengkungan ombre. Kamu bisa menggunakan motif ini untuk menghasilkan ruangan yang lebih santai dan menenagkan. Ombre atau grafasi warna bisa menjadi salah satu warna yang dipilih untuk menghasilkan kamar dengan kesan yang ceria dan menyenangkan.

Rekomendasi cat dinding ini bisa Sedulur gunakan untuk kamar anak laki-laki. Agar membuat anak-anak betah bermain di kamar dan lebih memilih untuk beraktivitas di dalam rumah ketimbang ke luar rumah. Dengan begitu, anak-anak memiliki tempat nyaman untuk bermain bahkan juga untuk belajar.

12.Motif kaligrafi

Rumah123

Motif kaligrafi dapat Sedulur gunakan dalam kamar agar terlihat lebih elegan. Sedulur dapat menuliskan sebuah kutipan ayat Al-Qur’an, hadist maupun kata-kata indah atau motivasi pada dinding kamar. Selain untuk mempercantik kamar, motif kaligrafi ini juga dapat  menjadi pengingat atau penyemangat ketika sedang merasa bad mood, terpuruk atau dalam keadaan pesimis. 

13. Motif warna pastel

Rupa-rupa

Warna-warna pastel biasanya kerap kali digunakan pada dinding rumah, terutama untuk kamar. Warna pastel ini dipilih karena memberikan kesan yang kalem dan tidak terlalu mencolok, sehingga cocok ketika diaplikasikan untuk kamar. Tak hanya itu, dengan memilih warna pastel, ketika tidur Sedulur akan merasa tenang. Warna pastel juga sering dipakai untuk kamar si Kecil lho agar terlihat lebih estetik dan elegan.

14. Motif pola Chevron

99.co

Melukis garis-garis chevron ternyata relatif mudah jika Sedulur melakukannya dengan cara biasa. Akan tetapi, penting untuk menggunakan warna yang senada dan tidak bertabrakan di tempat yang tepat. Agar dapat dikombinasaikan dengan dekorasi ruangan lainnya. Pilihan lainnya, Sedulur sudah tidak perlu mengubah garis-garis chevron menjadi pola untuk seluruh dinding. Melainkan hanya pada satu atau dua sisi dinding saja. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya? 

15. Motif lingkaran besar

Pexio

Motif ini sering kali diaplikasikan di belakang tempat tidur, namun tidak menutup kemungkinan juga bisa diterapkan di lokasi lain lho. Untuk menambah kesan yang indah dan elegan Sedulur juga dapat menambahkan beberapa dekorasi seperti papan tempel untuk menyimpan buku-buku ataupun benda lainnya.

BACA JUGA : 12 Rekomendasi Masker Rambut Kering Terbaik, Anti Rontok!

Tips menata kamar minimalis

Rupa-rupa

Berikut tips yang dapat Sedulur gunakan agar kamar yang minimalis terlihat lebih estetik. 

1. Jangan letakkan terlalu banyak barang

Tips menata kamar minimalis agar terlihat luas yang pertama adalah hindari untuk meletakkan terlalu banyak barang di ruang tersebut. Pilihlah perabotan yang sekiranya penting saja, agar tidak memenuhi ruangan kamar. Sedulur dapat mencoba  untuk menata barang sesuai kebutuhan saja, bila perlu juga dapat menambahkan lemari atau tempat penyimpanan ganda.

Sortir semua barang yang dirasa sudah tida terpakai, rusak, bahkan tidak bermanfaat lagi. Mungkin cara ini sedikit memakan waktu, tapi dengan melakukan hal tersebut maka Sedulur akan mendapati ruang kamar yang lebih lega.

2. Hindari barang yang berdimendi besar

Tidak ada salahnya jika Sedulur menempatkan lemari atau meja belajar di ruang kamar. Akan tetapi sebagai tips menata kamar sempit, pilihlah perabotan yang memiliki dimensi kecil saja untuk diletakkan di dalam kamar. Sedulur dapat menerapkan gaya tertentu ke dalam kamar tidur, misalnya menerapkan desain interior minimalis atau retro.  Ciri khas dari gaya minimalis adalah “less is more”,  sehingga perabotan yang digunakan biasanya lebih ringkas dan sederhana. Cara ini terbilang cukup efektif untuk menghemat keterbatasan ruang dalam kamar.

3. Manfaatkan ruang dinding

Perlu Sedulur pahami bahwa tidak semua barang harus diletakkan di atas lantai. Jika memungkinkan, Sedulur dapat menempatkan beberapa barang di dinding kosong kamar tersebut. Atau juga dapat menggunakan rak dinding, gantungan baju dan lain-lain. Namun perlu diingat, jangan pula menggantungkan barang secara berlebihan pada dinding tersebut karena hal itu justru membuat suasana ruangan terlihat sempit dan sumpek.

4. Pilih warna karpet yang netral

Ingin meletakkan karpet di dalam kamar? Jika iya, Sedulur harus memilih warna dan pola karpet yang tepat. Warna netral dan motif garis kecil berulang agaknya cukup ampuh membuat tampilan kamar terlihat lebih luas. Sedulur juga dapat memilih motif karpet etnik yang memang banyak digunakan di rumah-rumah yang memiliki tema atau desain arsitektur tropis modern. Contoh perumahan yang mengusung konsep tropis adalah Podomoro River View dan Azalea Residence. Tak hanya menawarkan hunian yang khas, kedua perumahan tersebut juga didukung dengan lingkungan yang asri, lho.

5. Jangan menggantung baju di belakang pintu

Salah satu kebiasaan buruk yang sering kali dilakukan orang-orang adalah menggantung baju di belakang pintu. Kebiasaan ini tak hanyamembuat ruangan terasa sempit, tetapi juga lebih sumpek dan panas. Lebih baik segera letakkan baju kotor ke keranjang cucian. Jika ingin digantung, tempatkan di dalam lemari dan beri pembatas dengan baju yang masih bersih ya Sedulur. Bahkan jika diperlukam, Sedulur dapat menambahkan kamper lemari agar tidak bau.

Sekian daftar motif cat kamar unik yang bisa digunakan. Jangan lupa untuk mempersiapkan segala sesuatunya saat hendak memberikan motif warna pada kamar. Salah satu hal yang penting akan memilih motif dan warna cat kamar yang sesuai selera. Agar kita bisa merasakan nyaman berada di dalam kamar kita sendiri.