Lapangan bulu tangkis

Bulu tangkis atau badminton merupakan satu di antara sekian banyak cabang olahraga yang populer di Tanah Air. Masyarakat dari berbagai kalangan, baik yang muda hingga yang tua kerap memilih bulu tangkis sebagai opsi olahraga di waktu luang. Selain itu juga banyak digelar pertandingan bulu tangkis, baik dalam skala kecil maupun besar seperti pertandingan di tingkat nasional. Salah satu bukti kepopuleran olahraga ini ialah banyak ditemukan lapangan bulu tangkis di daerah pemukiman warga.

Bukan hal yang mengejutkan sebenarnya apabila Sedulur melihat ada lapangan badminton di berbagai sudut kota ataupun di antara deretan rumah warga. Sebab, biasanya warga membuat lapangan untuk olahraga yang juga dikenal dengan nama badminton ini dalam bentuk sederhana. Yakni hanya sebidang tanah dibadi menjadi dua bagian dengan sebuah jaring atau net sebagai pemisah.

Namun mungkin Sedulur juga ingin tahu, sebenarnya adakah ukuran standar ukuran lapangan bulu tangkis? Untuk mengetahui jawabannya, yuk, simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: Ukuran Lapangan Sepak Bola Standard Nasional & Internasional

Mengenal olahraga bulu tangkis

kompas

 

Sebelum masuk ke pembahasan soal lapangan yang digunakan dalam olahraga bulu tangkis, tak ada salahnya untuk mengulas sedikit tentang olahraga satu ini. Dirangkum dari berbagai sumber, bulu tangkis merupakan cabang olahraga berupa permainan bola kecil yang dimainkan di sebuah lapangan khusus.

Bulu tangkis biasanya dimainkan oleh dua pemain yang saling berlawanan untuk kategori tunggal atau dua pasangan lawan untuk kategori ganda. Permainan ini memerlukan sebuah alat bernama raket yang digunakan untuk memukul shuttlecock atau kok.

Adapun permainan bulu tangkis akan dimenangkan oleh pemain yang berhasil unggul 2 (dua) angka dari tim lawan. Misalnya ialah 22-20. Sementara jumlah angka maksimal dalam satu permainan adalah 30.

BACA JUGA: 10 Manfaat Skipping untuk Kesehatan dan Cara Melakukannya

Ukuran lapangan

ukuran lapangan bulu tangkis
shuttletime bwf

Sebagaimana yang disampaikan sebelumnya, bulu tangkis dimainkan di sebuah lapangan khusus. Hal yang membedakan lapangan bulu tangkis dengan lapangan untuk olahraga lainnya ialah adanya jaring atau net di tengah lapangan yang menjadi pemisah antara bagian kedua pemain atau grup yang saling berlawanan.

Lapangan untuk olahraga bulu tangkis juga memiliki aturan yang terutama berlaku dalam pertandingan resmi yang sesuai dengan standar Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) dan Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF). Misalnya, lapangan badminton umumnya memiliki lantai berwarna hijau dengan garis-garis berwarna putih pada bagian tepi. Lapangan berbentuk persegi panjang tersebut dibagi menjadi dua bagian untuk masing-masing pemain yang dibatasi oleh sebuah net.

Selain itu juga terdapat aturan terkait ukuran lapangan termasuk tinggi tiang net yang memisahkan bagian kedua pemain sebagai berikut.

  • Panjang lapangan bulutangkis: 13,40 meter
  • Lebar lapangan bulutangkis: 6,10 meter
  • Jarak garis service depan dari garis net: 1,98 meter
  • Jarak garis service tengah dari garis samping lapangan: 3,05 meter
  • Jarak garis service belakang untuk ganda dari garis belakang lapangan: 0,76 meter
  • Jarak garis samping permainan partai tunggal dari garis pinggir lapangan: 0,46 meter
  • Tinggi tiang net: 1,55 meter
  • Ukuran standar tinggi net bulu tangkis yaitu 1,52 meter

Perlu Sedulur ketahui, aturan di atas sesuai dengan standar nasional dan internasional. Sehingga tidak ada perbedaan antara ukuran lapangan bulu tangkis internasional versi PBSI dengan BWF ataupun ukuran lapangan di Indonesia dan di luar negeri.

Di sisi lain, Sedulur perlu tahu bahwa ada perbedaan antara ukuran lapangan untuk pertandingan partai tunggal dan partai ganda. Sehingga dapat diketahui perbedaan ukuran lapangan bulu tangkis berdasarkan pada kategori pertandingan, bukan di negara mana pertandingan digelar. Berikut penjelasan selengkapnya.

Ukuran lapangan untuk tunggal

kompas

Aturan ukuran lapangan bulu tangkis berikut berlaku untuk partai tunggal putra maupun tunggal putri. Adapun partai tunggal (single) artinya setiap regu hanya terdiri atas satu pemain. Berikut ini ukuran lapangan bulu tangkis tunggal.

  • Panjang bidang permainan adalah 13,40 meter
  • Lebar bidang permainan yaitu 5,18 meter
  • Panjang bidang penerima servis adalah 4,72 meter
  • Lebar bidang penerima servis adalah 2,59 meter
  • Jarak garis servis ke sisi lapangan luar yaitu 3,96 meter

BACA JUGA: Sejarah Bola Basket: Pengertian, Peraturan & Teknik Dasarnya

Ukuran lapangan untuk ganda

kompas

 

Lalu berapa ukuran lapangan bulu tangkis PBSI untuk kategori ganda? Sama halnya dengan aturan untuk partai tunggal, ukuran lapangan bulu tangkis ganda ini juga berlaku untuk ganda putra, putri, maupun campuran. Artinya, tidak ada pengaruh terkait gender si pemain. Berikut ini ukuran lapangan badminton ganda.

  • Panjang bidang permainan adalah 13,40 meter
  • Lebar bidang permainan yaitu 6,10 meter
  • Panjang bidang penerima servis adalah 3,96 meter
  • Lebar bidang penerima servis adalah 3,05 meter
  • Jarak garis servis ke sisi lapangan luar yaitu 4,72 meter

Ukuran net bulu tangkis

Lapangan bulu tangkis
News9Live

Selain ukuran lapangan, ukuran net dalam permainan bulu tangkis juga memiliki aturan tersendiri. Meski begitu, ukuran net bulu tangkis tidak dibedakan antara partai tunggal dengan partai ganda maupun putra atau putri.

  • Tinggi tiang net: 1,55 meter
  • Tinggi net: 1,524 meter
  • Panjang net: 6,10 meter
  • Lebar net: 0,75 meter
  • Puncak net paling atas diberi batasan putih selebar: 7,5 cm

Itu dia pembahasan seputar ketentuan lapangan bulu tangkis yang sesuai standar. Sekarang Sedulur jadi tahu perbedaan antara ukuran lapangan untuk partai tunggal dan partai ganda.

Selain itu juga mengetahui bahwa tidak ada perbedaan antara lapangan untuk pemain putra dengan lapangan untuk pemain putri maupun ukuran lapangan bulu tangkis nasional dan internasional yang tidak ada perbedaan secara signifikan. Sebab PBSI dan BWF memiliki standar yang sama terkait lapangan yang digunakan dalam olahraga ini. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat untuk Sedulur ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!