manfaat skipping

Jika Sedulur saat ini masih malas berolahraga, bisa memulai olahraga yang sederhana, misalnya skipping. Manfaat skipping atau lompat tali adalah yaitu cukup efektif menurunkan berat badan dan menambah tinggi badan. Olahraga skipping cukup mudah dilakukan di rumah. Jadi, Sedulur tidak perlu pergi ke tempat gym untuk melakukan skipping.

Olahraga ini hanya cukup membutuhkan tali yang dipegang kedua tangan lalu melakukan gerakan lompat tali seperti biasa. Olahraga skipping cukup ekonomis dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut manfaat skipping untuk kesehatan.

BACA JUGA: Kisah Nabi Luth dan Kaum Sodom yang Suka Berbuat Maksiat

1. Manfaat skipping untuk perut

manfaat skipping
Foto Maymarkevich

Manfaat olahraga lompat tali adalah mampu menghilangkan lemak pada perut. Skipping dapat membantu otot perut membakar lemak di bagian bawah, samping, tengah, dan otot perut. Sehingga, perut terlihat lebih rata.

-->

2. Membakar kalori

manfaat skipping
Pixabay

Olahraga skipping membakar berapa kalori yang ada di dalam tubuh. Kalori akan terbakar semakin banyak jika Sedulur melakukan olahraga ini semakin lama. Selama 10 menit melakukan lompat tali dapat membakar sekitar 300 kalori di dalam tubuh. Jadi, manfaat skipping untuk diet karena olahraga ini sangat efektif menurunkan berat badan. Berdasarkan penelitian British Rope Skipping Association, melakukan lompat tali dapat membakar kalori sebanyak 1.600 kalori dalam 1 jam.

3. Membentuk otot

Freepik

Manfaat skipping untuk otot tubuh tanpa Sedulur sadari adalah membentuk otot pada kaki, perut, dan lengan. Otot kaki semakin kuat karena lompatan otot lengan akan bekerja sama saat melakukan putaran tali, sedangkan otot perut membantu dalam menahan, melompat, serta melakukan pada gerakan selanjutnya.

BACA JUGA: Fungsi Toner Wajah Beserta Cara Memakai & Tips Memilihnya

4. Mengurangi cidera kaki

Unsplash

Selain membentuk otot pada tubuh, olahraga sederhana ini juga dapat mengurasi resiko cedera kaki, khususnya pada atlet sepak bola, basket, dan tenis. Sedulur dapat menghindari salah melangkah saat melakukan olahraga dengan koordinasi kaki yang baik. Skipping bermanfaat pula untuk membentuk paha. Manfaat skipping untuk paha yaitu mampu mengecilkan bagian paha serta betis jika rutin melakukannya setiap hari. Tidak hanya paha, skipping dapat juga membantu mengencangkan anggota tubuh lain.

5. Meningkatkan kepadatan tulang

manfaat skipping
Pixabay

Manfaat selanjutnya yang didapatkan saat rutin melakukan skipping adalah dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko tulang keropos. Olahraga ini mampu membuat tulang bekerja lebih banyak dan menyerap nutrisi lebih banyak melalui asupan makanan. Untuk menambah meningkatkan kepadatan tulang, jangan lupa mengonsumsi kalsium, telur, dan minum susu secara rutin.

6. Meningkatkan kesehatan jantung

Pixabay

Manfaat olahraga yang sangat mudah dilakukan secara rutin ini yaitu dapat meningkatkan kesehatan jantung. Pada latihan dengan intensitas yang tinggi dapat mencegah risiko penyakit strok dan jantung. DIbuktikan dari hasil penelitian menyebutkan jika melakukan lompat tali selama 12 minggu pada 40 remaja wanita obesitas dan memiliki kondisi prahipertensi. Masih dalam penelitian yang sama menunjukkan remaja perempuan mengalami penurunan lemak pada tubuh dan denyut nadi menjadi stabil.

BACA JUGA: Daftar Orang Terkaya di Dunia, Seberapa Besar Hartanya?

7. Meningkatkan keseimbangan

manfaat skipping
Pixabay

Melakukan skipping bermanfaat untuk meningkatkan keseimbangan tubuh. Hal ini karena olahraga lompat tali melibatkan koordinasi antara lengan, kaki, serta dada sambil menjaga ritme yang konstan. Hal ini akan membuat keseimbangan dalam tubuh menjadi stabil.

8.  Meningkatkan kemampuan pernapasan

manfaat skipping
Freepik

Skipping sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan dalam bernapas. Hal ini tentu bermanfaat ketika akan melakukan kegiatan berenang dan berlari yang sangat membutuhkan kemampuan bernapas panjang dan stabil.

9. Meningkatkan kecerdasan otak

manfaat skipping
Pixabay

Menurut Jump Rope Institute, olahraga skipping dapat membantu meningkatkan kesadaran bagian otak kiri dan kanan, yang akhirnya akan meningkatkan daya ingat serta daya keterampilan membaca.

BACA JUGA: Pengertian Pameran: Unsur, Jenis, Tujuan, Manfaat & Fungsinya

10. Menjaga kesehatan kulit

manfaat skipping
Pixabay

Melakukan skipping selama 15 menit per hari dapat memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh, memproduksi nutrisi untuk kulit, dan membuang racun tubuh melalui keringat. Jika Sedulur pernah memperhatikan tampilan wajah setelah berolahraga, biasanya wajah menjadi nampak lebih cerah dari biasanya.

Tata cara melakukan skipping

Pixabay

Berikut tata cara melakukan olahraga skipping yang benar dan perlu Sedulur ketahui.

  • Pastikan panjang tali yang digunakan sesuai dengan tinggi badan. Sedulur dapat mengetahuinya dengan berdiri menginjak pada bagian tengah tali, kemudian rentangkan kedua tangan ke samping sembari memegang kedua ujung tali.
  • Mulailah dengan gerakan yang memosisikan kedua tangan dengan benar. Letakkan kedua lengan atas merapat dengan tubuh dan siku sejajar dengan pinggang. Kemudian, tekuk lengan bawah ke atas sampai membentuk sudut 45 derajat.
  • Gerakkan pergelangan tangan memutar untuk memutarkan tali.
  • Usahan tidak melompat terlalu tinggi dengan maksimal tinggi lompatan 1,5 cm dari lantai.
  • Pastikan telapak kaki selalu menghadap ke bawah saat melakukan lompatan. Saat mendarat, posisikan kaki dengan sedikit jinjit. Hal ini akan membuat kaki tidak cepat lelah.
  • Angkat kaki secara bersamaan saat melakukan skipping satu kaki dan angkat kaki secara bergantian ketika melakukan skipping dengan dua kaki.
  • Ketika melakukan lompat tali, usahan pandangan lurus ke depan agar selalu fokus.
  • Setelah melakukan lompat tali, minumlah air mineral untuk mengembalikan energi sehingga tubuh kembali segar.

Manfaat skipping bagi pria

manfaat skipping
Pixabay

Olahraga ini sangat bermanfaat bagi pria yang menginginkan tubuh ideal dan bugar. Pria yang rutin melakukan skipping akan bermanfaat untuk membentuk tubuh bugar dan ideal. Hal ini tentu bermanfaat mengingat kesiapan fisik pria sangat diperhitungkan ketika melakukan pekerjaan. Skipping dapat pula membantu sistem kekebalan tubuh bekerja secara optimal sehingga tidak mudah jatuh sakit.

Manfaat skipping untuk wanita

Okezone

Berikut manfaat skipping untuk wanita yang perlu Sedulur ketahui.

  • Membentuk tubuh lebih seksi. Banyak wanita yang mengidamkan tubuh ideal dan seksi. Olahraga skipping secara teratur dapat membuat otot lebih kencang. Saat otot semakin mengencang, tubuh akan mempunyai bentuk yang lebih seksi. Hal tersebut dikarenakan oleh gerakan yang dilakukan dengan cara melompat-lompat.
  • Menambah tinggi badan. Setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang tinggi, hanya saja kebanyakan wanita memiliki tubuh yang cenderung lebih pendek dibanding laki-laki. Maka dari itu, jika Sedulur ingin memiliki tubuh yang tinggi, maka lompat tali adalah solusinya. Mengapa skipping dapat membuat tubuh menjadi lebih tinggi? Karena saat kita melakukannya, tubuh akan melompat ke atas dan ke bawah yang membuat tulang maupun otot mengalami percepatan pertumbuhan karena lebih sering dilatih.
  • Membasmi racun dalam tubuh. Skipping dapat membantu membuang racun dalam tubuh. Racun menjadi penghambat pertumbuhan dalam tubuh yang akan membuat seseorang mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, olahraga ini sangat dianjurkan untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Waktu yang tepat untuk melakukan skipping

Durasi melakukan skipping tergantung pada tujuan Sedulur melakukan olahraga ini. Hal yang perlu dihindari bagi Sedulur yang berniat ingin menurunkan berat badan dengan melakukan olahraga ini yaitu melakukannya tanpa jeda. Hal itu merupakan sebuah kesalahan besar.

Skipping sebaiknya dilakukan dengan latihan 3 kali set. Set pertama dilakukan selama 30 detik tanpa jeda. Set kedua dilakukan dengan durasi 30 detik tanpa henti dengan satu kaki secara bergantian. Dan set ketiga dapat dilakukan dengan melakukan kombinasi skipping. Misalnya dengan 30 detik lompat tali, 12 detik istirahat, kemudian dilanjutkan dengan jumping jack selama 30 detik dan istirahat 12 detik.

Dari penjelasan di atas, kita tahu bahwa banyak sekali manfaat yang didapatkan saat rutin melakukan olahraga skipping, di antaranya menurunkan berat badan dan menambah tinggi badan. Sudahkah Sedulur melakukannya untuk tubuh yang ideal? Selamat berolahraga!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!