Ukuran lapangan sepak bola

Pernahkah Sedulur bertanya-tanya tentang berapa ukuran lapangan sepak bola? Ya, sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga favorit di dunia. Dari anak-anak di kampung hingga pemain profesional bertaraf dunia, hampir semuanya bisa memainkan dan menikmati olahraga tersebut. Terdapat beberapa ajang sepak bola yang tersebar di seluruh dunia, seperti Premier League, Spanish Primera Division, German Bundesliga, sampai French Ligue 1.

Biasanya pada saat menonton pertandingan olahraga tersebut, kita selalu fokus ke para atlet dan jalannya permainan. Tetapi, tak jarang juga ada sebagian dari kita yang bertanya-tanya tentang seberapa luas lapangan dalam ajang olahraga bergengsi tersebut. 

Nah, artikel berikut ini akan ada sedikit penjelasan mengenai ukuran lapangan sepak bola. Baca sampai akhir, ya Sedulur!

BACA JUGA: Sejarah Bola Basket: Pengertian, Peraturan & Teknik Dasarnya

Ukuran lapangan sepak bola

FC Barcelona

Cabang olahraga yang berisi dua tim dengan 11 orang pada setiap timnya ini perlu untuk memiliki lapangan yang luas agar dapat mengakomodasi dengan baik setiap menit jalannya permainan. Lapangan tersebut berbentuk persegi panjang dengan gawang masing-masing tim pada setiap ujungnya. Biasanya pada stadion sepak bola, penonton dapat menikmati 90 menit permainan dari tempat-tempat duduk yang telah disediakan.

Terdapat dua standard dalam penentuan luasnya, tergantung di taraf apa sepak bola akan dimainkan. Apabila permainan tersebut di level internasional, maka ukuran lapangan harus mengikuti aturan dari FIFA. Tetapi apabila permainan tersebut di level nasional, dalam hal ini Indonesia, maka ukuran lapangan harus mengikuti aturan PSSI.

FIFA (Fédération Internationale de Football Association) merupakan sebuah organisasi non-profit internasional yang berperan sebagai asosiasi sepak bola, futsal, dan sepak bola pantai dunia. FIFA telah mengatur urusan sepak bola dunia semenjak 117 tahun yang lalu, atau lebih tepatnya dimulai saat organisasi tersebut berdiri pada 21 Mei 1904. Sebagai organisasi tertinggi yang menaungi cabang olahraga tersebut, tentunya ia juga mengatur tentang luas lapangan sepak bola. 

Ukuran lapangan sepak bola standar FIFA haruslah memanjang, dengan luas 100 x 110 meter dan lebar 64 sampai 75 meter. Lingkaran tengah yang berada di lapangan tersebut memiliki radius sekitar 9,15 meter. Sedangkan untuk kotak penalti dalam standar internasional adalah dengan panjang 40 meter dan lebar 16,5 meter.

Di taraf nasional, khususnya Indonesia, PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) lah yang mengatur berbagai aspek dalam sepak bola nasional. PSSI didirikan pada 19 April 1930. Ia kemudian bergabung dengan FIFA pada tahun 1952.

Bermacam-macam hal dalam dunia sepak bola nasional diatur oleh PSSI, termasuk luas ukuran lapangan. Berdasarkan peraturan dari PSSI, ukuran lapangan sepak bola standar nasional haruslah memiliki panjang antara 90 sampai 120 meter dan lebar sekitar 45 sampai 90 meter. Lingkar tengah pada lapangan memiliki radius 9,15 meter. Untuk panjang dan lebar kotak penalti standar nasional adalah 18,3 meter dan 5,5 meter.

BACA JUGA: Pukulan yang Tidak Diperbolehkan dalam Permainan Bola Voli

Ukuran gawang sepak bola

ukuran lapangan sepak bola
Unsplash

Setelah membahas lapangan sepak bola beserta ukurannya, rasanya tidak lengkap apabila kita tidak mendiskusikan tentang gawang yang terdapat pada lapangan tersebut. FIFA, sebagai asosiasi sepak bola dunia, telah mengatur dan menjelaskan bahwa jarak antara sisi dalam gawang haruslah berada pada angka 7,32 meter. Sedangkan jarak dari titik bawah mistar gawang terhadap lapangan itu sendiri berkisar pada 2,44 meter.

FIFA kemudian memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai ukuran mistar dan tiang gawang. Berdasarkan aturan yang telah ditetapkan, ukuran mistar dan tiang gawang tidak boleh beda, alias dilarang melebihi 12 centimeter. Apabila di tengah-tengah 90 menit lama permainan sepak bola terjadi kerusakan pada mistar gawang, maka pertandingan tersebut harus dihentikan sementara sampai kerusakannya dapat diatasi.

Nah, itu tadi Sedulur merupakan ulasan singkat dari ukuran lapangan sepak bola menurut standar FIFA dan PSSI. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!