Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kritik adalah bentuk kecaman dan tanggapan yang terkadang disertai dengan uraian serta pertimbangan baik atau buruk terhadap suatu hasil karya, pendapat, dan lain-lain. Tentunya Sedulur sudah sering sekali mendengar istilah kritik, seseorang menyampaikan kritik maupun Sedulur sendiri yang menerima kritik tersebut dari orang lain.

Lantas, apa yang sebenarnya dimaksud dengan kritik? Artikel ini akan membahas tentang pengertian kritik adalah dan contohnya. Yuk, simak!

BACA JUGA: Teks Eksposisi: Pengertian, Struktur, Ciri-ciri, Jenis & Contohnya

Pengertian kritik adalah

Digital Photo Secrets

Kritik merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa Yunani Kuno, κριτική (kritikē), di mana artinya merujuk pada “kemampuan penilaian” membedakan nilai orang atau benda. Yang dimaksud dengan kritik adalah sebuah bentuk kecaman, protes, atau celaan terhadap sesuatu yang dianggap menyimpang serta tidak benar. 

Contoh sederhananya adalah ketika kita melewati jalan raya yang selalu macet. Akibat situasi tersebut, kita biasanya melayangkan kritik terhadap kebiasaan orang-orang untuk bepergian dengan kendaraan pribadi walaupun jaraknya dekat, atau melayangkan kritik terhadap pihak berwenang yang gagal menciptakan kondisi lalu lintas kondusif dan lancar.

Bentuk lain dari kritik adalah pertimbangan tanggapan atau pertimbangan baik buruknya sebuah karya. Seperti kritik terhadap cerita pendek, buku, puisi, dan sebagainya. Misalnya, kritik terhadap sebuah cerita pendek yang alurnya terkesan terburu-buru. Sebagai sebuah kecaman atau tanggapan, tentunya penyampaian kritik tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan asal-asalan. Kritik yang diungkapkan haruslah yang berkualitas, membangun, tidak melenceng dari subjek utama, dan tidak disampaikan semata-mata atas dasar kebencian.

Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kritik adalah kecaman atau tanggapan, serta kupasan kadang-kadang disertai uraian dan pertimbangan baik buruk terhadap suatu hasil karya, pendapat, dan sebagainya. Sedangkan menurut kamus Merriam-Webster, kritik adalah sebuah kata kerja yang mendefinisikan kegiatan mengkaji sesuatu secara kritis. Pengertian lain datang dari Cambridge Dictionary, kritik adalah laporan tentang sesuatu seperti situasi dan sistem politik, atau pekerjaan dan ide seseorang, di mana laporan tersebut menganalisisnya serta memberikan penilaian, terutama yang negatif.

Ciri-ciri dari kritik

kritik adalah
Depositphotos

Secara garis besar, sebuah kritik dapat dilihat dari karakteristiknya. Di bawah ini merupakan beberapa poin ciri-ciri kritik yang dihimpun dari beragam sumber.

  • Kritik memiliki tujuan untuk menjembatani pemahaman seseorang terhadap suatu karya orang lain.
  • Kritik selalu memberi saran perbaikan yang membangun.
  • Kritik menunjukkan kekurangan dan kelebihan sesuatu.
  • Kritik mempunyai sifat yang menanggapi atau mengomentari karya orang lain.

BACA JUGA: Opini: Pengertian, Jenis, Ciri-ciri, Contoh & Cara Membuatnya

Struktur kritik adalah

Depositphotos

Dalam sebuah kritik, terdapat 3 struktur yang dapat dibagi. Struktur dari kritik adalah sebagai berikut.

  • Evaluasi dalam kritik yaitu pernyataan umum tentang sesuatu yang akan diungkapkan.
  • Deskripsi teks yaitu teks yang berisikan tanggapan kritis. Teks tersebut memuat informasi tentang data dan pendapat yang mendukung sesuatu atau bisa melemahkan sesuatu.
  • Penegasan ulang yaitu terdapat pada bagian terakhir, di mana hal ini berisi penegasan ulang mengenai kritik yang telah disampaikan, mirip seperti kesimpulan.

Jenis-jenis dari kritik

Depositphotos

Terdapat beberapa jenis dari kritik dengan tujuannya masing-masing. Yuk, coba simak jenis-jenisnya di bawah ini, Sedulur!

Jenis kritik berdasarkan penerapannya

Berdasarkan penerapan dan penggunaannya, kritik dapat dibagi menjadi 3 jenis, antara lain kritik induktif, kritik yudisial, dan kritik impresionik.

  • Kritik induktif merupakan sebuah istilah untuk sebuah kritik yang memperhatikan unsur-unsur dalam sebuah karya.
  • Kritik yudisial merupakan sebuah istilah untuk sebuah kritik yang menganalisis serta menerangkan efek suatu karya berdasarkan permasalahan, organisasi, teknik, dan gaya penulisannya. Kritik yudisial didasarkan pula terhadap standar umum dari kehebatan dan kebiasaan.
  • Kritik impresionik merupakan sebuah istilah untuk sebuah kritik yang berusaha menggambarkan sifat khusus dalam suatu karya. Kritik impresionik dapat mengekspresikan tanggapan seorang kritikus yang ditimbulkan oleh karya tadi.

Jenis kritik berdasarkan cara kerja dari seorang kritikus

Kritikus adalah seseorang yang ahli dalam memberikan pertimbangan serta pembahasan tentang baik buruknya sesuatu. Nah, berdasarkan cara kerjanya, terdapat beberapa jenis kritik yang diungkapkan oleh seorang kritikus yaitu kritik impresionistik, kritik penghakiman, dan kritik teknis.

  • Kritik impresionistik. Ketika seorang kritikus memberikan kritik impresionistik, artinya ia memberikan kritik yang berupa kesan-kesan pribadi secara subjektif atas sebuah karya. Kritik impresionistik dalam hal ini dapat berbeda satu sama lain, tergantung siapa yang memberikannya. Kritik jenis ini dapat berubah-ubah sesuai dengan perkembangan kepribadian dari seorang kritikus.
  • Kritik penghakiman. Ketika seorang kritikus memberikan kritik penghakiman, artinya ia memberikan kritik yang bekerja secara deduksi dan berpegang teguh terhadap prinsip atau ukuran tertentu.
  • Kritik teknis. Ketika seorang kritikus memberikan kritik teknis, artinya ia memberikan kritik yang menunjukkan kelemahan dan kekurangan tertentu dari sebuah karya. Tujuan kritik teknis sendiri adalah agar pencipta karya tersebut merevisi dan memperbaiki kekurangan tersebut di masa depan.

BACA JUGA: Data: Pengertian, Fungsi, Jenis, Manfaat dan Contohnya

Contoh kritik adalah

kritik adalah
Freepik

Di bawah ini adalah sebuah contoh permasalahan dan bagaimana cara mengungkapkan kritik yang benar.

Di Yogyakarta, setiap kali musim liburan panjang tiba, kemacetan menjadi salah satu masalah yang tak terhindarkan. Tetapi, rasa-rasanya, upaya dari pemerintah dan juga pihak berwenang setempat belum mampu menyelesaikan permasalahan kota urban tersebut. Padahal, sebagai kota wisata, tentunya para turis dan masyarakat asli Yogyakarta mengharapkan akses kendaraan pribadi yang lancar agar tidak menguras waktu serta energi.

Dari permasalahan di atas, dapat Sedulur sampaikan kritik yang benar, misalnya:

  • Permasalahan: Kemacetan di Yogyakarta setiap musim liburan tiba.
  • Alasan: Upaya dari pemerintah kota dan juga pihak berwenang belum bisa menemukan jalan keluar permasalahan.
  • Solusi: Pemerintah dan pihak berwenang dapat bercermin dari kota-kota wisata lain tentang bagaimana caranya untuk mengantisipasi dan mengurai kemacetan. Salah satu solusi yang dapat dicoba adalah dengan meningkatkan kualitas dari fasilitas kendaraan umum seperti Trans Jogja agar masyarakat lebih memilih menggunakan kendaraan umum ketimbang kendaraan pribadi ketika bepergian dengan jarak dekat.

Nah, itu dia Sedulur ulasan singkat mengenai pengertian kritik adalah, ciri dan struktur kritik, serta jenis dan contohnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur agar dapat menyampaikan kritik yang benar, membangun, serta memberikan solusi yang tepat.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.