Data adalah

Data adalah sebuah dokumen atau catatan tentang informasi seseorang atau sesuatu. Keberadaan data belakangan ini menjadi hal yang sangat penting dan perlu diperhatikan. Hal ini tak lepas ada banyaknya kasus tentang pemalsuan data, penipuan data, sampai penyalahgunaan data yang banyak merugikan masyarakat.

Bila Sedulur telaah, dengan adanya data dalam kehidupan sehari-hari, maka kita bisa melakukan banyak hal yang dimulai dengan memanfaatkan data. Pengolahan data tersebut nantinya bisa memberikan banyak informasi baru yang bermanfaat untuk masyarakat secara luas.

Namun sudahkah Sedulur mengetahui pengertian dan fungsi data adalah untuk apa? Mari simak artikel berikut yang akan membahasnya secara lengkap.

BACA JUGA: Apa itu Coding: Pengertian, Fungsi & Cara Belajar untuk Pemula

-->

Apa itu data?

Data adalah
Unsplash

Data merupakan kata yang berasal dari Bahasa Latin, yaitu Datum. Kata tersebut memiliki makna sesuatu yang diberikan. Dengan begitu data bisa dianggap sebagai hasil dari pengukuran atau pengamatan pada suatu variabel yang diartikan dalam bentuk angka, simbol, kata, sampai warna.

Dilansir dari laman Gramedia, data adalah sekumpulan keterangan atau fakta yang dibuat dengan kata, kalimat, simbol, angka dan keterangan lainnya. Data sendiri didapatkan dengan melakukan pengamatan pada sumber yang sudah ditentukan sehingga bisa mendapatkan berbagai macam informasi yang direkap dalam bentuk data.

Pengertian data memang cukup luas dan bisa ditafsirkan dengan beberapa sudut pandang. Namun, ada beberapa ahli yang mencoba mengerucutkan tentang apa arti dari data yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini data adalah menurut para ahli.

1. Menurut Arikunto Suharsimi

Data dijelaskan sebagai serangkaian fakta dan angka yang digunakan sbeagai bahan menyusun informasi secara lengkap.

2. Menurut Nuzulla Agustina.

Data adalah informasi mengenai suatu hal yang sudah sering terjadi dan berbentuk berupa angka, fakta, gambar, tabel grafik, kata, simbol, huruf dan keterangan lain yang mengeskpresikan pemikiran atau situasi pada objek tersebut.

3. Menurut Slamet Riyadi

Data merupakan sekumpulan informasi yang didapat berdasarkan pengamatan pada sesuatu sehingga mendapatkan informasi berupa angka atau simbol.

4. Menurut Kuswandi dan E. Mutiara

Pengertian data menurut Kuswandi dan E. Mutiara adalah sekumpulan informasi yang diperoleh dari suatu pengamatan yang dapat berupa simbol, angka, dan juga properti.

Berdasarkan berbagai macam pendapat di atas, maka bisa disimpulkan bahwa data adalah kumpulan fakta atau informasi yang didapatkan dalam periode waktu tertentu yang ditunjukkan dengan angka, huruf, kata sampai gambar.

BACA JUGA: Variabel Penelitian: Pengertian, Jenis dan Contohnya

Jenis data

Penggunaan data
Progres ID

Data sendiri bisa memiliki beberapa bentuk seperti basis data, sumber data sampai yang belakang ini kerap dibicarakan yaitu big data.

Data-data tersebut memiliki makna dan tujuannya sendiri-sendiri. Namun, pada dasarnya data tersebut merupakan informasi mentah yang perlu diolah oleh para analis atau peneliti untuk bisa memberikan manfaat ke depannya.

1. Basis data

Data satu ini biasanya banyak digunakan dalam dunia IT khususnya untuk keperluan coding dengan istilah nama adalah database atau basis data. Basis data adalah kumpulan informasi berupa data yang telah dikelola sedemikian rupa dengan berbagai macam ketentuan yang saling berhubungan.

Pengelolaan data sehingga menciptakan basis daa ini berguna untuk mencari, menyimpan, sampai membuang informasi yang ada pada sebuah sistem. Basis data sendiri banyak digunakan dalam berbagai macam media elektronik sehingga bentuknya tidak dapat dilihat secara visual atau fisik.

2. Sumber data

Jenis data selanjutnya adalah sumber data. Melihat namanya saja kita bisa mengetahui bahwa ini adalah tempat dimana data atau informasi didapat. Namun, bila didefinisikan secara akademis, menurut laman resmi Universitas Negeri Yogyakarta, sumber data adalah subjek penelitian dimana informasi menempel atau dihasilkan.

Sumber data ini bisa memiliki berbagai macam bentuk seperti benda diam, benda bergerak, manusia, tempat dan berbagai hal lainnya. Dalam mencari sumber data ini, ada beberapa metode yang digunakan. Metode ini membedakan berapa banyak data yang didapat hingga untuk tujuan apa data tersebut akan digunakan.

Misal, dalam penelitian dengan menggunakan teknik observasi, maka sumber data yang diperoleh bisa berupa gerak, benda atau proses sesuatu. Penelitian tersebut dilakukan dengan mengamati setiap kegiatan subjek atau sumber data dalam periode waktu tertentu.

Sementara itu, ada juga penelitian observasi yang menggunakan sumber data seperti dokumen atau papper. Teknik analisa dokumen ini biasanya memanfaatkan informasi atau data yang sudah ada atau sudah direkap dalam penelitian sebelumnya.

BACA JUGA: Cara Membuat Kuesioner dengan Google Form untuk Penelitian

3. Big data

Data adalah
Teknologi ID

Selanjutnya adalah big data. Jenis data ini merupakan salah satu istilah yang belum lama ini banyak digunakan warganet untuk merujuk beberapa data rahasia yang dimiliki pemerintah. Namun, apa sebenarnya definisi dari jenis data ini?

Big data adalah istilah yang digunakan para ahli analitik untuk menggambarkan sebuah data yang memiliki volume informasi yang sangat besar. Big data biasanya digunakan dalam berbagai macam software perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola banyak jenis informasi.

Contoh penggunaan big data dapat dilihat saat menerapkan sistem MySQL, PostGre, MariaDB, dan software lainnya di dalam sebuah perusahaan atau pemerintahan.

Selain jenis data di atas, ada beberapa jenis lain yang dibedakan berdasarkan sifat dan cara mendapatkanya. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

4. Berdasar sifat

Jika data dilihat berdasarkan sifatnya, maka ada dua jenis data yang bisa kita dapatkan yaitu data kuantitatif dan data kualitatif.

Data kuantitatif adalah data yang didapatkan dengan survey langsung kepada sumber data. Bentuk data ini berbentuk angka yang menunjukkan informasi dari subjek. Misalnya, informasi tentang umur, tinggi badan, atau suhu badan seseorang.

Sementara itu, data kualitatif adalah informasi tentang sumber data yang dijelaskan menggunakan kata atau kalimat. Jenis data ini biasanya digunakan untuk menilai suatu hal yang susah dideskripsikan menggunakan angka. Misalnya kuesioner mengenai kepuasan pelanggan atau kualitas pelayanan lembaga masyarakat.

5. Berdasarkan cara mendapatkan

Jenis data yang terakhir adalah data yang dilihat dari cara mendapatkannya. Jenis data ini bisa dilihat menggunakan dua cara yaitu cara pencarian data primer dan sekunder.

Berdasarkan cara pencarian data primer, maka seorang peneliti perlu melakukan observasi secara langsung dari sumber atau subjek penelitian. Contoh data adalah hasil survey, hasil wawancara, dan hasil kuesioner. Tiga pencarian itu biasanya menggunakan form kuesioner. Kuisioner sendiri adalah sejumlah pertanyaan tertulis yang dipakai untuk memeroleh informasi dari responden terkait laporan tentang pribadinya atau hal-hal yang ia ketahui.

Sementara untuk teknik sekunder, peneliti bisa mendapatkan data tersebut dari sumber atau media lain yang sudah pernah ada sebelumnya. Sehingga para peneliti tidak perlu terjun langsung ke lapangan untuk mendapatan informasi yang dibutuhkan. Contoh data sekunder adalah riwayat penyakit pasien atau informasi sensus penduduk.

BACA JUGA: Contoh Hipotesis Penelitian Beserta Pengertian dan Jenisnya

Fungsi data

data adalah
Unsplash

Adanya data bisa sangat bermanfaat untuk berbagai macam kegiatan manusia sehari-hari. Data juga memiliki tujuan untuk bisa memudahkan segala macam masalah. Berikut ini beberapa fungsi data yang bisa Sedulur ketahui.

  • Acuan kegiatan

Fungsi data yang pertama yaitu sebagai salah satu acuan kegiatan. Hal tersebut berarti dengan adanya data dapat digunakan sebagai acuan ataupun tolok ukur untuk membuat sebuah kegiatan tertentu yang kita inginkan.

Misal, dengan memiliki data pengunjung Candi Borobudur saat acara pelepasan lentera di malam Waisak maka bisa dibuat Festival Lentera yang diadakan disekitar candi. Hal ini bisa mengakomodasi wisatawan dan juga meningkatkan ekonomi dari pengelola candi.

  • Dasar perencanaan

Sebuah data bisa kita gunakan sebagai sebuah perencanaan. Sebab, dalam membuat sebuah perencanaan sangat penting untuk menggunakan parameter yang akurat. Sedangkan data itulah yang bisa digunakan sebagai salah satu parameter sekaligus sebagai acuan dalam membuat suatu perencanaan.

Tidak hanya itu saja, data juga bisa digunakan sebagai bahan perkiraan keadaan atau situasi di waktu yang akan datang. Dengan melihat data tersebut, maka sebuah perencanaan akan lebih matang dan terarah. Sehingga kita bisa mendapatkan hasil yang tepat dan optimal.

Manfaat data

Presentasi
Unsplash

Mengetahui fungsi data maka kita juga bisa mendapatkan manfaat dari data tersebut. Manfaat dari data memang sudah jelas untuk memudahkan dan memecahkan segala macam permasalahan manusia. Namun, apakah hanya itu saja? Berikut ini dua manfaat data yang paling bisa dirasakan.

  • Alat pengambil keputusan

Data bisa bermanfaat untuk membuat suatu keputusan. Dari adanya data yang ada, seseorang bisa membuat keputusan terbaik pada suatu permasalahan yang ada. Dengan begitu, seseorang akan dengan lebih mudah menentukan keputusan berdasarkan data yang bisa dipertanggungjawabkan.

Misal, dengan adanya data berupa nilai kerugian perusahaan dalam setahun akibat pemborosan dipembelian bahan baku. Maka pemilik perushaaan bisa mengambil keputusan untuk mengurangi jenis menu sehingga bahan baku yang dibeli tidak terlalu banyak.

  • Bahan evaluasi

Data juga bisa dijadikan sebagai salah satu bahan evaluasi. Misalnya saja, dalam sebuah lembaga ataupun organisasi tertentu, pasti akan membutuhkan evaluasi dalam rangka meningkatkan kualitasnya.

Evaluasi menggunakan data menjadi hal yang penting karena setiap bahan evaluasi bisa dilihat dengan jelas dan tidak ada yang terlewat. Contoh evaluasi dengan menggunakan data adalah mengurangi jumlah pembelian barang yang tidak diperlukan atau barang-barang tersier dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu seseorang bisa mengalokasikan pendapatannya ke tabungan.

Demikian tadi penjelasan lengkap tentang data adalah apa. Bila melihat penjelasan di atas, maka Sedulur pasti setuju jika data merupakan informasi yang sangat penting dan bisa memberikan manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Pentingnya sebuah data juga harus diperhatikan karena data bisa sangat rentang disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab sehingga perlu dikelola secara baik.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!