Opini adalah

Sedulur pasti pernah menyampaikan suatu pendapat atau pandangan akan suatu hal. Nah, hal tersebut adalah sebuah  contoh opini dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya digunakan untuk menyampaikan pendapat secara pribadi, opini juga dapat digunakan untuk menyampaikan pandangan kelompok.

Fakta dan opini adalah dua hal yang berbeda. Jika opini adalah pendapat, pandangan, atau anggapan, maka fakta adalah suatu peristiwa atau kejadian nyata tanpa adanya suatu pendapat. Bagaimana? Apakah Sedulur tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai opini adalah dan contohnya serta jenis, ciri-ciri, dan cara membuatnya? Simak artikel berikut ini baik-baik, ya!

BACA JUGA: Internet adalah: Pengertian, Sejarah, Perkembangan & Manfaat

Pengertian opini adalah

opini adalah
iStock

Pengertian opini dapat dipahami dari serapan bahasa Inggris, yakni opinion yang memiliki arti pendapat atau tanggapan terhadap sesuatu yang diungkapkan dalam bentuk lisan maupun tulisan. Opini yang disampaikan oleh seseorang akan menunjukkan sudut pandang seseorang dalam melihat dan memahami suatu peristiwa.

-->

Opini dapat berbentuk ungkapan yang menyatakan setuju maupun tidak setuju. Hal ini karena setiap orang pastinya memiliki pendapat yang berbeda-beda. Namun yang harus diketahui, opini bersifat pendapat pribadi, jadi belum diketahui kebenarannya. Oleh karena itu, saat menyampaikan opini alangkah lebih baiknya juga diikuti oleh data dan fakta untuk lebih meyakinkan orang lain terhadap opini yang disampaikan.

Dengan demikian, opini adalah sebuah tanggapan, pendapat, pengetahuan, serta pola pikir yang dimiliki oleh seseorang dalam menanggapi suatu fenomena yang belum terjadi, sedang terjadi, atau sudah terjadi dan didukung oleh fakta-fakta atau data-data yang disampaikan secara lisan maupun tulisan. 

Ciri-ciri opini adalah

opini adalah
iStock

Untuk lebih paham mengenai opini, berikut adalah ciri-cirinya.

1. Subjektif

Opini bersifat subjektif karena hanya berpihak pada satu orang saja. Dapat dikatakan bahwa opini hanya menguntungkan satu pihak karena pandangan yang diberikan akan lebih merujuk kepada salah satu pihak saja dan jarang yang bersifat netral.

2. Banyak berisi pendapat pribadi

Opini biasanya berisi pendapat pribadi seseorang. Hal ini karena opini dilatarbelakangi oleh pengalaman-pengalaman yang pernah dialami oleh seseorang serta pengetahuan yang dimilikinya. Opini terkadang juga dilatarbelakangi oleh sudut pandang yang bergantung pada jenis fenomena atau peristiwa.

3. Belum pasti kebenarannya

Berdasarkan dua ciri sebelumnya, membuat opini belum pasti kebenarannya. Ketidakpastian dalam kebenaran suatu opini disebabkan oleh informasi atau data-data yang ada masih diragukan. Ciri-ciri opini dapat dilihat dari kata-kata seperti mungkin, paling, dan agak.

3. Hanya menjelaskan hal tertentu

Opini biasanya hanya berisi informasi mengenai hal-hal tertentu, seperti objek atau fenomena. Dalam suatu peristiwa atau fenomena yang terjadi, pasti akan muncul opini dari berbagai kalangan terhadap peristiwa atau fenomena tersebut.

BACA JUGA: Distribusi adalah? Pengertian, Jenis-jenis dan Tujuannya

Ciri-ciri kalimat opini adalah

opini adalah
iStock

Kalimat opini adalah kalimat yang berisi pandangan terhadap suatu objek, fenomena, atau peristiwa. Berikut adalah ciri-ciri kalimat opini yang dapat Sedulur pahami.

  1. Kalimat opini lebih sering menggunakan kalimat-kalimat deduktif.
  2. Secara umum, kalimat  opini berisi tentang pendapat pribadi dan ajakan yang ditandai dengan kalimat argumentatif dan persuasif.
  3. Kalimat opini biasanya berasal dari pendapat pribadi dan sangat jarang menggunakan narasumber (ahli atau masyarakat).
  4. Biasanya menggunakan kata “saya” yang menunjukkan isinya, yaitu tanggapan atau pendapat pribadi.
  5. Kebenaran informasi belum pasti sehingga sering diawali dengan kata-kata, seperti saya, sepertinya, dan rasa-rasanya.
  6. Hampir keseluruhan kalimat opini berisi pendapat pribadi sehingga banyak kalimat yang merupakan pendapat pribadi sebagai jawaban dari pertanyaan apa, bagaimana, dan mengapa.
  7. Informasi dalam kalimat opini adalah tanggapan atas fenomena yang sedang terjadi.
  8. Banyak ditemukan kata-kata seperti, bisa jadi, mungkin, dan sebaiknya.
  9. Cenderung berpihak pada satu pihak saja.

 Terdapat lima jenis opini yang ada dalam kehidupan sehari-hari, berikut adalah lima jenis opini tersebut.

1. Opini pribadi

opini adalah
iStock

Opini pribadi adalah suatu pendapat seseorang yang tidak dipengaruhi oleh orang lain dalam melihat suatu fenomena. Opini pribadi berasal dari seseorang tanpa campur tangan orang lain.

BACA JUGA: Gratifikasi adalah? Ini Pengertian, Dasar Hukum dan Contohnya

2. Opini kelompok

opini adalah
iStock

Opini kelompok adalah suatu tanggapan dari sebuah kelompok saat melihat suatu peristiwa yang sedang terjadi sebagai hasil dari pendapat yang telah didiskusikan bersama-sama.

3. Opini publik

opini adalah
iStock

Opini publik adalah sebuah pendapat yang menanggapi suatu peristiwa dari seseorang setelah berbincang dengan orang lain terhadap suatu peristiwa atau fenomena.

BACA JUGA:Suhu adalah: Pengertian, Alat Ukur, Skala, Satuan & Rumusnya

4. Opini umum

opini adalah
iStock

Opini umum adalah sebuah pendapat atau tanggapan yang berlaku secara umum dan sudah dimengerti oleh banyak orang.

5. Opini politik

opini adalah
iStock

Opini politik merupakan suatu pandangan terhadap politik yang ada pada diri seseorang. Opini politik seseorang juga biasa dikenal sebagai pandangan politik.

BACA JUGA: Tasawuf adalah: Pengertian, Sejarah, Prinsip, Aliran & Bentuk Ajarannya

Cara membuat

opini adalah
iStock

Berikut adalah cara membuat opini yang baik sehingga opini tersebut dapat diterima oleh orang lain.

1. Mengumpulkan data

Cara membuat opini yang pertama kali adalah mengumpulkan data sebagai pendukung. Sebelum melakukan riset atas data-data tersebut maka perlu dilakukan pengumpulan data sehingga lebih mudah. Data ini dapat dikumpulkan dari koran, majalah, ataupun artikel online sebagai referensi.

2. Melakukan riset data

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan riset terhadap data yang telah dikumpulkan. Riset ini sangat penting untuk membuat opini karena akan memudahkan dalam menentukan arah opini yang akan ditulis.

3. Membuat argumen yang kuat

Cara yang ketiga adalah membuat argumen yang kuat ketika ingin menanggapi suatu peristiwa. Argumen yang lemah akan mudah dipatahkan oleh opini orang lain. Sedulur juga harus membuat argumen sendiri tanpa mengikuti opini orang lain.

4. Menentukan sudut pandang

Cara keempat adalah menentukan sudut pandang pribadi untuk menunjukkan karakter penulis. Sudut pandang ini harus ditentukan oleh sudut pandang penulis bukan dari orang lain.

5. Menulis opini

Setelah selesai dengan keempat cara di atas, selanjutnya adalah menuangkan hasilnya dalam sebuat tulisan. Menulis opini harus segera dilakukan karena jika terlalu lama, Sedulur bisa jadi lupa dan akhirnya tidak jadi menuliskannya. Keempat langkah sebelumnya akan menjadi sia-sia.

6. Mengecek ulang sebelum publikasi 

Sebelum melakukan publikasi, alangkah baiknya jika Sedulur melakukan pengecekan ulang. Hal ini dilakukan sebagai upaya mengantisipasi kesalahan tafsir oleh orang lain karena kalimat yang membingungkan. Pengecekan juga berguna untuk merapikan kembali tulisan yang sudah dibuat.

Contoh

opini adalah
iStock

Untuk menambah pemahaman Sedulur, contoh opini adalah sebagai berikut.

  • Biasanya, orang yang kurus disebabkan oleh banyaknya pikiran sehingga membuat dirinya stress yang berlebihan 
  • Dia sekarang menjadi gemuk, sepertinya dia jarang berolahraga.
  • Makan bubur dengan cara diaduk akan lebih nikmat daripada tidak diaduk.
  • Rendang ini sepertinya kurang rempah sehingga rasanya kurang nikmat.
  • Saat mengonsumsi makanan yang tidak pedas seperti ada yang kurang.
  • Kondisi langit Yogyakarta hari ini tampak mendung, sepertinya akan turun hujan lagi seperti kemarin.
  • Menurut hemat saya, orang tua harus memberi tahu kepada anaknya untuk tidak melakukan tawuran karena akan merugikan semua pihak dan memperburuk citra sekolah.
  • Menurut saya, wahana di tempat wisata Arumi kurang seru karena fasilitasnya kurang lengkap, tidak selengkap di tempat wisata Gayatri.
  • Minum jus melon memang sangat nikmat daripada jus buah lainnya.
  • Saya rasa kalau pergi menggunakan travel akan jauh lebih nyaman karena tidak perlu repot-repot pergi ke terminal dan bisa diantar sampai ke rumah.
  • Sepertinya jika kita menonton film di Bioskop akan lebih menyenangkan daripada menonton film melalui laptop saja.
  • Sepertinya soto Surabaya lebih nikmat daripada soto bening biasanya.
  • Sepertinya, es the jika ditambah perasan jeruk nipis akan membuat teh menjadi lebih nikmat.

Sekian informasi mengenai opini beserta jenis, ciri-ciri dan cara membuatnya. Semoga informasi ini dapat membantu Sedulur dalam membuat kalimat opini yang baik. Selamat mencoba!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!