istighosah

Apakah Sedulur pernah mendengar istilah istighosah? Secara sederhana dapat diartikan sebagai meminta pertolongan. Dalam ajaran agama Islam, ini merupakan salah satu cara untuk meminta pertolongan kepada Allah Swt.

Umumnya, istighosah dilakukan sendiri sangat tidak disarankan. Pada praktiknya dilakukan secara bersama-sama. Seperti halnya yang dilakukan oleh Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) pada pertengahan 2021 lalu, yaitu menggelar istighosah secara daring dan disiarkan secara langsung melalui YouTube. Kegiatan doa bersama itu dimaksudkan untuk memohon agar pandemi COVID-19 segera berakhir.

Ingin tahu lebih jauh tentang istighosah? Berikut sudah dirangkum informasi selengkapnya mulai dari pengertian, jenis-jenis, hingga bacaannya.

BACA JUGA: Doa Hujan Lebat dan Setelah Hujan Lengkap dengan Artinya

Pengertian istighosah

Pengertian
iStock

Istighosah berasal dari kata al-ghauts yang memiliki arti pertolongan. Kata tersebut memiliki pola istif’aal yang menunjukkan arti thalab yakni permintaan atau permohonan. Sehingga istilah ini dapat berarti thalab al-ghauts yang memiliki arti meminta pertolongan. Dengan kata lain, istighotsah dapat dipahami sebagai suatu amalan yang ditujukan untuk memohon pertolongan kepada Allah SWT.

Di Indonesia sendiri, aktivitas ini kerap dipahami sebagai kegiatan doa bersama untuk meminta pertolongan kepada Allah Swt. ketika menghadapi keadaan sulit. Misalnya pada April 2020 lalu, Pemerintah Provinsi Jawa Timur menggelar istighosah kubro sebagai ikhtiar memohon pertolongan dan perlindungan kepada Allah SWT agar selamat dari Pandemi COVID-19 atau virus corona, sebagaimana dilansir Detik.com. Acara ini juga sempat digelar oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Dalil istighosah

dalil istighosah
Freepik

Perintah beristighosah atau meminta pertolongan tertuang dalam dalil-dalil sebagai berikut.

Surat al-Anfal ayat 9

إِذْ تَسْتَغِيثُونَ رَبَّكُمْ فَاسْتَجَابَ لَكُمْ أَنِّي مُمِدُّكُمْ بِأَلْفٍ مِنَ الْمَلَائِكَةِ مُرْدِفِينَ

“(Ingatlah wahai Muhammad), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu: “Sesungguhnya Aku akan mendatangkan bala bantuan kepada kamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut.”  (Quran Surat al-Anfal: 9).

Surat al-Ahqaf ayat 17

وَهُمَا يَسْتَغِيثَانِ اللَّهَ

“Kedua orang tua memohon pertolongan kepada Allah” (Quran Surat al Ahqaf:17)

Hadits Riwayat Al Bukhari:

إِنَّ الشَّمْسَ تَدْنُوْ يَوْمَ القِيَامَةِ حَتَّى يَبْلُغَ العَرَقُ نِصْفَ الأُذُنِ فَبَيْنَمَا هُمْ كَذَلِكَ اسْتَغَاثُوْا بِآدَمَ ثُمَّ بِمُوْسَى ثُمَّ بِمُحَمَّدٍ  (رواه البخاريّ) ـ

“Matahari akan mendekat ke kepala manusia di hari kiamat, sehingga keringat sebagian orang keluar hingga mencapai separuh telinganya, ketika mereka  berada pada kondisi seperti itu mereka beristighotsah  (meminta pertolongan) kepada Nabi Adam, kemudian kepada Nabi Musa kemudian kepada Nabi Muhammad” (Hadits Riwayat Bukhari).

Hadits riwayat Ath Thabarani:

إِنَّ للهِ مَلاَئِكَةً فِيْ الأَرْضِ سِوَى الْحَفَظَةِ يَكْتُبُوْنَ مَا يَسْقُطُ مِنْ وَرَقِ الشَّجَرِ فَإِذَا أَصَابَ أَحَدَكُمْ عَرْجَةٌ بِأَرْضٍ فَلاَةٍ فَلْيُنَادِ أَعِيْنُوْا عِبَادَ اللهِ (رواه الطّبَرَانِيّ وقال الحافظ الهيثميّ: رجاله ثقات ورواه أيضا البزّار وابن السُّنِّيِّ) ـ

“Sesungguhnya Allah memiliki para malaikat di bumi selain hafazhah yang menulis daun-daun yang berguguran, maka jika kalian ditimpa kesulitan di suatu padang maka hendaklah mengatakan: tolonglah aku, wahai para hamba Allah” (HR ath-Thabarani dan al Hafizh al Haytsami mengatakan: perawi-perawinya terpercaya, juga diriwayatkan oleh al-Bazzar dan Ibnu as-Sunni).

BACA JUGA: Bacaan Doa Pengantin Baru Supaya Harmonis Secara Islam

Jenis-jenis istighosah

jenis
iStock

Berdasarkan beberapa dalil yang telah dipaparkan sebelumnya, dapat dipahami bahwa terdapat dua macam istighosah yang diperbolehkan dalam ajaran Islam. Yaitu meminta pertolongan kepada Allah SWT. dan kepada selain Allah SWT. Berikut penjelasannya.

Anjuran meminta pertolongan kepada Allah SWT. sendiri tertuang dalam surat Al-Anfal ayat 9 dan Al Ahqaf ayat 17 yang memiliki arti bahwa Allah akan memberikan bantuan kepada hambanya yang memohon pertolongan. Sementara itu, beristighotsah kepada selain Allah hukumnya boleh dengan melihat bahwa makhluk yang dimintai pertolongan adalah sebab atau jelas.

Namun harus dipahami bahwa segala pertolongan itu datangnya dari Allah SWT. Hanya saja, Allah SWT. bisa menurunkan pertolongan dengan berbagai cara, termasuk melalui orang lain yang Allah kehendaki.

Manfaat istighosah

manfaat istighosah
iStock

Telah diketahui bersama bahwa ini adalah amalan yang ditujukan untuk meminta pertolongan kepada Allah SWT. Istighosah sendiri biasanya dilakukan dengan melakukan doa bersama agar terlepas dari kesukaran maupun bencana.

Di sisi lain, membaca doa istighosah juga dapat memberikan manfaat, sebagaimana yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

  1. Mendatangkan keridhaan Allah SWT
  2. Menghilangkan kesedihan dan kemuraman hati
  3. Mendatangkan ketentraman jiwa
  4. Melapangkan rezeki
  5. Mengingatkan diri bahwa Allah selalu mengawasi dirinya sehingga mendorongnya untuk berbuat baik
  6. Sebagai amalan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT
  7. Malaikat akan ikut meminta ampunan kepada Allah bagi orang-orang yang berdzikir

BACA JUGA: Niat Sholat Hajat Beserta Tata Cara dan Doa yang Dibaca

Bacaan istighosah

doa istighosah lengkap
iStock

Setelah memahami pengertian, dalil, hingga manfaatnya, sekarang Sedulur perlu mengetahui istighosah bacaannya bagaimana.

Berikut ini adalah bacaan istighosah singkat yang dikutip dari buku Panduan Praktis Istighotsah yang disusun oleh Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LD PBNU) yang bisa Sedulur amalkan.

  1. Membaca basmalah

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Bismillahirrahmannirrahiim

Artinya: Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

  1. Membaca surat Al Fatihah satu kali.
  2. Membaca istighfar sebanyak tiga kali

أسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ (3x)

Astaghfirullahalazim

Artinya: Saya mohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung.

  1. Membaca hauqolah tiga kali

لَاحَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إلَّا بِا للهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ (3x)

La haula wa la quwwata iilla billahil aliyyil azhim.

Artinya: Tiada daya untuk menjauhi maksiat kecuali dengan pemeliharaan Allah dan tiada kekuatan untuk melakukan ketaatan kecuali dengan pertolongan Allah.

  1. Membaca sholawat sebanyak tiga kali

أللَّهُمَّ صَلِّي عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ (3x)

Latin: Allahumma sholli alaa sayyidinaa Muhammad wa alaa ali sayyidinaa Muhammad.

Artinya: Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan kemuliaan kepada junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarganya.

  1. Membaca doa

لَا إلهَ إلَّا أنْتَ سُبْحَانَكَ إنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِيْنَ (40x)

Latin: Laillaha illa anta subhanaka inni kuntu minadhdhalimin.

Artinya: Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Engkau, Maha Suci Engkau, sungguh aku termasuk orang-orang yang telah berbuat dzalim.

يَا اَللهُ يَا قَدِيْمُ (33x)

Latin: Ya Allahu ya Qadiim.

Artinya: Wahai Allah, Wahai Dzat yang ada tanpa permulaan

يَا سَمِيْعُ يَا بَصِيْرُ(33x)

Latin: Ya sami’ yaa bashir.

Artinya: Ya Allah Dzat Yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat.

يَا مُبْدِعُ يَا خَالِقُ (33x)

Latin: Ya mubdi’u yaa kholiq.

Artinya: Wahai Dzat yang mewujudkan sesuatu dari tidak ada, wahai Dzat Yang Maha Pencipta

يَا حَفِيْظُ يَا نَصِيْرُ يَا وَكِيْلُ ياَ اللهُ(33x)

Latin: Yaa hafiizhu yaa nashiiru yaa wakiilu ya Allah.

Artinya: Wahai Dzat yang memelihara dari keburukan dan kebinasaan, wahai Dzat Yang Maha Menolong, wahai Dzat yang menjamin rizki para hamba dan mengetahui kesulitan-kesulitan hamba, ya Allah.

(33x) يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أسْتَغِيْثُ

Latin: Yaa hayyu yaa qayyumu birahmatika astaghits.

Artinya: Wahai Dzat Yang Hidup, yang terus menerus mengurus makhluknya, dengan rahmat-Mu aku memohon pertolongan-Mu.

(41x) يَا لَطِيْفُ

Latin: Yaa lathiif.

Artinya: Wahai Dzat yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

(33x) أسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ إنَّهُ كَانَ غَفَّارًا

Latin: Astaghfirullahalazhiima innahu kaana ghaffaraa

Artinya: Aku mohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung, sungguh Allah Dzat Yang Maha Pengampun.

(3x) أللَّهُمَّ صَلِّي عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ قَدْ ضَاقَتْ حِيْلَتِي أدْرِكْنِي يَا اَللهُ

Latin: Allahumma sholli alaa sayyidinaa Muhammadin qad dhaaqat hiilatii adriknii yaa Allah.

Artinya: Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan kemuliaan kepada junjungan kami Nabi Muhammad, sungguh telah habis daya dan upayaku maka tolonglah kami, Ya Allah Ya Allah Ya Allah.

أللّهُمَّ صَلِّي صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ الّذِي تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Latin: Allahumma sholli sholaatan kaamilatan wa sallim salamaatan taamman ‘alaa sayyidinaa Muhammadilladzii tanhaalu bihil ‘uqadu wa tanfariju bihilkurabu wa tuqdhaa bihilhawaa-iju wa tunaalu bihirraghaa ibu wa husnulkhawaatimi wa yustasqalghamaamu bi wajhihilkariimi wa ‘alaa aalihi wa shahbihi fii kulli lamhatin wa nafasin bi’adadi kulli ma’luumin laka.

Artinya: Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.

يَا بَدِيْعُ (41x)

Latin: Yaa badii’u.

Artinya: “Wahai Dzat yang menciptakan makhluk tanpa ada contoh sebelumnya.”

(41x) حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ

Latin: Hasbunallahu wa ni’mal wakil.

Artinya: Cukup bagi kami Allah, dan Dia sebaik-baik penolong.

  1. Membaca surat Yasin
  2. Dilanjutkan membaca doa

(33x) اللهُ أكْبَرُ يَا رَبَّنَا وَإلَهَنَا وَسَيِّدَنَا أنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِيْنَ

Latin: Allahu akbaru yaa rabbanaa wa ilaahanaa wa sayyidanaa anta maulaanaa fanshurnaa ‘alal qaumil kaafiriin.

Artinya: Allah maha besar maha mulia, Wahai Tuhan kami, sesembahan kami, tuan kami, Engkaulah penolong kami, menangkan kami atas orang-­orang kafir.”

(33x) حَصَّنْتُكُمْ بِالْحَيِّ الْقَيُّوْمِ الَّذِيْ لَا يَمُوْتُ أبَدًا وَدَفَعْتُ عَنْكُمُ السُّوْءَ بِألْفِ ألْفِ ألْفِ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إلَّا بِا للهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Latin: Hashshantukum bilhayyilqayyuumilladzii laa yamuutu abadan wa dafa’tu ‘ankumus suu-a bi-alfi alfi laa haula wa laa quwwata illa billahil aliyyil azhiim.

Artinya: Aku mohonkan pemeliharaan untuk kalian kepada Dzat yang maha hidup dan terus menerus mengatur hamba-Nya yang tidak pernah mati selamanya, dan aku tolak dan hindarkan dari kalian segala keburukan dengan sejuta bacaan “La haula wa la quwwata illa billahil aliyyil adzim.”

(33x) الْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أنْعَمَ عَلَيْنَا وَهَدَانَا عَلَى دَيْنِ الإسْلَامِ

Latin: Alhamdulillalladzii ‘an’ama ‘alainaa wa hadaanaa ‘alaa dainil islaam.

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kita nikmat dan petunjuk kepada agama Islam.

بِسْمِ اللهِ مَاشَاءَ اللهُ لَا يَسُوْقُ الْخَيْرَ إلَّا اللهِ بِسْمِ اللهِ مَاشَاءَ اللهُ لَا يَصْرِفُ السُّوْءَ إلَّا اللهُ بِسْمِ اللهِ مَاشَاءَ اللهُ مَا كَانَ مِنْ نِعْمَةٍ فَمِنَ اللهِ بِسْمِ اللهِ مَاشَاءَ اللهُ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إلَّا بِا للهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Latin: Bismillahi maasyaa Allahu laa yasuuqul khaira illallahi bismillahi maasyaa Allahu laa yashrifus suu-a illallahu bismillahi maasyaa Allahu maa kaana min ni’matin faminallhi bismillahi maasyaa Allahu laa haula wa laa quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘azhiim.

Artinya: Dengan nama Allah yang segala sesuatu terjadi dengan kehendak-Nya, tidak ada yang mendatangkan kebaikan kecuali la. Dengan nama Allah yang segala sesuatu terjadi dengan kehendak-Nya, tidak ada yang menyingkirkan keburukan kecuali la. Dengan nama Allah yang segala sesuatu terjadi dengan kehendak-Nya, tidak ada kenikmatan melainkan dari Allah. Dengan nama Allah yang segala sesuatu terjadi dengan kehendak-Nya, tiada daya untuk berbuat kebaikan kecuali dengan pertolongan Allah dan tiada kekuatan untuk menghindar dari perbuatan maksiat kecuali dengan perlindungan Allah yang maha Mulia dan maha agung.

(33x) سَألْتُكَ يَا غَفَّارُ عَفْوًا وَتَوْبَةً وَبِالْقَهْرِ يَا قَهَّارُ خُذْ مَنْ تَحَيَّلَا

Latin: Sa altuka yaa ghaffaru ‘afwan wa taubatan wa qohri yaa qohharu khudz man tahayyala.

Artinya: Ya Allah, aku memohon ampunan dan taubat yang diterima kepada-Mu Ya Allah yang maha pengampun, dan dengan kekuatan dan kekuasaan-Mu Wahai Dzat yang maha mengalahkan, tundukkan dan hukumlah orang yang melakukan tipu muslihat dan ingin mencelakai kami.

(33x) يَا جَبَّارُ يَا قَهَّارُ يَا ذَا الْبَطْشِ الشَّدِيْدِ خُذْ حَقَّنَا وَحَقَّ الْمُسْلِمِيْنَ مِمَّنْ ظَلَمَنَا وَالْمُسْلِمِيْنَ وَتَعَدَّى عَلَيْنَا وَعَلَى الْمُسْلِمِيْنَ

Latin: Yaa Jabbaaru yaa Qahhaaru yaa Dzal bath syisy syadiidi khudz haqqanaa wa Haqqal muslimiina mimman zhalamnaa wal muslimiina wa ta’addaa ‘alainaa wa ‘alalmuslimiin.

Artinya: Wahai Dzat yang maha mengalahkan, maha menundukkan, Dzat yang keras azab-Nya, ambilkan hak-hak kami dan hak-hak umat Islam dari orang-orang yang menzalimi kami dan menzalimi umat Islam, yang telah menganiaya kami dan menganiaya umat Islam.

  1. Membaca surat Al Fatihah

Demikian tadi bacaan istighosah rumaysho lengkap beserta arti dan manfaatnya. Semoga dengan memahami bacaan tersebut dapat meningkatkan keimanan kita, ya, Sedulur!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.