doa pengantin baru

Ada banyak hal yang perlu dipenuhi sebelum melangsungkan prosesi pernikahan. Selain menyiapkan berkas untuk kebutuhan administrasi yang disetorkan kepada pemerintah dan negara, setiap calon mempelai juga perlu memastikan bahwa fisik, mental, dan finansial sudah mapan dan stabil. Sembari menunggu hari-H tiba, Sedulur juga wajib memanjatkan doa pengantin baru.

Hal ini esensial dan tidak bisa dilupakan begitu saja. Sebagai umat dari segala agama, Sedulur wajib meyakini bahwa semua segala rencana hasil akhirnya ditentukan oleh Yang Maha Kuasa. Bagi yang beragama Islam, berikut ini adalah runtutan doa yang perlu dilafalkan dan dibaca sebelum dan setelah sah menjadi suami istri hingga saat akan berhubungan intim.

BACA JUGA: 10 Kumpulan Doa untuk Anak Sholeh yang Penuh Makna

1. Doa untuk orang yang diundang ke pernikahan

Doa untuk orang yang diundang ke pernikahan
Unsplash

Beberapa minggu sebelum prosesi akad dan resepsi dilaksanakan, sebagai calon mempelai kamu juga perlu menyebarkan undangan kepada tamu spesial yang diharapkan bisa hadir ke acara bahagia tersebut. Di tahap ini, sebagai yang diundang perlu membaca doa untuk pengantin baru ketika mengundang orang lain datang ke pernikahan tersebut. Adab untuk doa ini dilakukan setelah makan dan berikut bacaan:

Hadist Riwayat Ahmad IV/187-188

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

Artinya: Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka.”

Hadist Riwayat Muslim No. 2055):

اَللَّهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِي، وَاسْقِ مَنْ سَقَانِي

Artinya: Ya Allah, berikanlah makan kepada orang yang telah memberi makan kepadaku, dan berkahilah minum kepada orang yang telah memberi minum kepadaku.”

BACA JUGA: Doa Malam Pertama Pengantin Baru, Wajib Tahu & Diamalkan

2. Doa akad nikah

Doa akad nikah
Unsplash

Setelah masuk ke hari-H akad, setiap anggota dua keluarga besar ini harus terus memanjatkan doa. Tujuannya adalah supaya segala proses persiapan hingga hari pentingnya bisa dilancarkan. Saat akan masuk ke agenda akad atau ijab kabul, berikut ini adalah doa pengantin baru Rumaysho berdasarkan Hadist Riqayat Abu Hurairah yang berbunyi:

Baarakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir.

Artinya: Mudah-mudahan Allah memberkahimu, baik dalam suka maupun duka dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan.

BACA JUGA: Doa Sebelum Berhubungan Lengkap Arab, Latin & Artinya

3. Doa pengantin baru setelah ijab kabul

Doa pengantin baru setelah ijab kabul
Unsplash

Ijab kabul adalah proses penting yang wajib dihadiri oleh kedua mempelai. Selain calon pengantin pria dan wanita yang wajib ada di tempat, ada juga wali pengantin wanita, penghulu, dan saksi pria yang ada di sana.

Setelah ijab dan kabul dikumandangkan dan disahkan oleh penghulu, Sedulur dan pasangan secara otomatis akan sah menjadi suami istri. Setelah sah, ada doa yang perlu diucapkan oleh kalian berdua supaya kelancaran ini bisa diberikan kemudahan untuk menjalani rumah tangga hingga maut memisahkan mereka di dunia. Sang pengantin laki-laki disarankan untuk meletakkan tangan di bagian kepala sang istri sambil merapalkan:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهَا وَخَيْرِ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ

Allaahumma innii as’aluka khairahaa wa khaira maa jabaltahaa ‘alaihi, wa a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa jabaltahaa ‘alaihi.

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kebaikannya dan kebaikan tabiatnya yang ia bawa. Dan aku berlindung dari kejelekannya dan kejelekan tabiat yang ia bawa.” (HR. Abu Daud, no. 2160)

BACA JUGA: Keutamaan & Manfaat Doa Nabi Yunus Ini Perlu Kamu Tahu

4. Doa untuk pengantin baru

Doa untuk pengantin baru
Unsplash

Selain kedua mempelai yang sudah secara resmi menjadi suami istri, para keluarga inti, keluarga besar, dan para tamu yang mengetahui kabar baik ini juga harus memanjatkan doa. Berikut ini adalah doa pengantin baru Bahasa Arab:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, jika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ingin memberikan ucapan selamat pada seseorang yang telah menikah, beliau membaca doa:

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Baarakallahu laka wa baaraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fi khayrin

Artinya: “Semoga Allah memberkahimu ketika bahagia dan ketika susah, serta mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.” (HR. Abu Daud, no. 2130).

BACA JUGA: Ternyata Ini Doa Mustajab Meluluhkan Hati Seseorang & Artinya

5. Doa sebelum berhubungan intim

Doa sebelum berhubungan intim
Unsplash

Banyak orang yang bilang jika menikah adalah ibadah yang harus dijalankan seumur hidup. Perjalanan ini dimulai setelah ijab kabul disahkan sampai maut memisahkan kalian berdua. Di proses ini, Sedulur dan pasangan mungkin juga merencanakan untuk melanjutkan garis keturunan keluarga.

Di tahap ini, kalian perlu melakukan sunnah Rasul dengan merapalkan doa untuk pengantin baru Arab dan latin. Tujuan dari doa ini adalah supaya dimudahkan proses diberikannya keturunan yang baik, saleh dan salehah, serta tetap me-maintain hubungan, komunikasi, dan kemesraan yang ada.

بِسْمِ اللهِ، اَللَّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا

Bismillah, allahumma jannibnaasy syaithoona wa jannibisy syaithoona maa rozaqtanaa

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, Ya Allah, jauhkanlah aku dari syaitan dan jauhkanlah syaitan dari anak yang akan Engkau karuniakan kepada kami.” (HR. Bukhari, no. 6388; Muslim, no. 1434)

6. Doa agar diberi keturunan

Doa agar diberi keturunan
Unsplash

Selain memanjatkan doa untuk pengantin baru yang shahih sebelum melakukan hubungan suami istri, sebagai pasangan Sedulur juga perlu memanjatkan doa agar diberi keturunan yang baik. Doa ini dirangkum dan tertulis dalam Alquran di QS As-Shafat ayat 100:

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

Robbi hab lii minash-shoolihiin

Artinya: “Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang yang saleh.”

Atau boleh juga dengan doa dalam QS. Ali Imran: 38 yang berbunyi:

 رَبِّ هَبْ لِى مِن لَّدُنكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۖ إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَآءِ

Robbi hab lii mil ladungka zurriyyatang thoyyibah, innaka samii’ud-du’aaa`

Artinya: “Ya Tuhanku, berilah aku keturunan yang baik dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa.”

Bagi yang ada di tahap hubungan yang serius dan berencana akan menikah, tak ada salahnya untuk mulai mencari informasi tentang doa pengantin baru ini. Teruntuk Sedulur yang sudah menikah dan sebelumnya masih belum mengetahui tentang doa ini, masih belum terlambat untuk membaca dan menghafalkannya. Supaya segala prosesnya bisa dimudahkan dan bahtera rumah tangga yang diarungi bersama pasangan. 

Semoga informasi ini bisa memperluas wawasan Sedulur yang beragama Islam maupun keyakinan lain yang ingin mencari referensi tentang doa-doa yang baik. Selamat manjalani hidup yang lebih baik!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.