niat sholat hajat

Salat hajat merupakan salah satu ibadah sunnah yang biasanya dikerjakan ketika seseorang mempunyai keinginan atau hajat tertentu harapan hajatnya dapat segera dikabulkan oleh Allah SWT. Niat sholat hajat juga terbilang singkat sehingga mudah untuk dihafal.

Jika Sedulur ingin mengerjakan ibadah ini tetapi belum hafal niatnya, tidak perlu khawatir. Berikut niat sholat hajat beserta doa dan keutamannya. 

BACA JUGA : Bacaan Sholawat Jibril, Amalan Doa Penarik Rezeki

1. Pengertian sholat hajat

niat sholat hajat
Unsplash

Sholat hajat adalah sholat sunnah yang dikerjakan minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat. Tujuan dari sholat ini adalah untuk memanjatkan hajat atau cita-cita tertenu kepada Allah SWT.

Ketika Sedulur sedang mengalami kesulitan dalam menjalai hidup, sholat hajat bisa menjadi salah satu cara untuk memohon dan meminta pertolongan kepada Sang Maha Kuasa. Selain untuk memohon hajat, sholat sunah ini juga dapat meningkatkan amal kebaikan dan menjadi salah satu cara untuk lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

2. Tata cara sholat hajat

niat sholat hajat dan tahajud
iStock

1. Niat sholat hajat

Banyak yang salah kaprah karena belum bisa membedakan tujuan dan niat sholat hajat dan tahajud. Secara umum, niat dapat diucapkan dalam hati seperti ibadah pada umumnya. Karena yang terpenting ialah niat hanya semata karena Allah dengan hati yang ikhlas dan juga mengharap ridha-Nya.

Bacaan niat sholat hajat 2 rakaat:

Ushollii sunnatal haajati rok’aataini lillahi ta’ala.

Artinya: Aku berniat shalat hajat sunnah hajat dua raka’at karena Allah Ta’ala

Bacaan Niat sholat hajat dalam Bahasa Arab:

أُصَلِّى سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatal-haajati rak’ataini lillahi ta’ala

Artinya: Aku niat sholat sunnah hajat dua rakaat karena Allah

Bacaan niat sholat hajat 4 rakaat

Ushalli sunnatal-haajati ‘arba’a raka’atin lillahi ta’ala

Artinya: Aku niat sholat sunnah hajat empat rakaat karena Allah

2. Membaca doa iftihah dan Al-fatihah

Urutan kedua dalam tata cara ketika melaksanakan sholat hajat setelah membaca niat adalah membaca doa ifitah. Setelah selesai, bisa langsung dilanjutkan dengan membaca Al-fatihah.

3. Membaca surat pendek

Setelah selesai membaca doa iftitah dan Al-fatihah, urutan selanjutnya adalah membaca surat pendek dalam Al-quran. Apabila ingin mengikuti yang disarankan, kamu bisa membaca surat dengan urutan sebagai berikut:

  • Surat Al-Ikhlas di rakaat pertama
  • Atau membaca Surat Al-Kafirun sebanyak 3 kali di rakaat pertama
  • Ayat Kursi di rakaat kedua
  1. Rukuk dengan tumakninah
  2. Iktidal
  3. Sujud
  4. Duduk di antara dua sujud
  5. Sujud kedua
  6. Rakaat kedua
  7. Salam

BACA JUGA : 5 Doa untuk Anak Sakit, Amalkan untuk Kesembuhan Si Kecil

3. Doa setelah sholat hajat

doa sholat hajat
Detik

Setelah melaksanakan salatnya, sangat disarankan untuk membaca doa-doa pendukung lainnya. Diturunkan oleh Rasulullah kepada keluarga dan para sahabatnya, bacaan ini bisa dirapalkan oleh siapa saja tak terbatas oleh profesi. Termasuk ulama, guru, orang tua, dan semua umat Muslim di dunia.

  1. Surat Al-Fatihah 
  2. Surat Al-Falaq sebanyak 3 kali
  3. An-Naas sebanyak 3 kali
  4. Ayat Kursi sebanyak 3 kali
  5. Doa sholat hajat

Berikut ini adalah bacaan dari doa sholat hajat yang bisa dibaca dan dihafalkan:

Laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbil ‘arsyil ‘azhiim. Alhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin. As `aluka muujibaari rohmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birri wassalaamata ming kulli itsmin laa tada’ lii dzamban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin.

Artinya: “Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa.”

BACA JUGA : Doa Masuk Masjid dan Keluar Masjid Arab, Latin & Terjemahan

4. Waktu pelaksanaan

waktu
iStock

Jika masih bertanya sholat hajat dilakukan pada waktu kapan, terdapat dua waktu sholat hajat yang dapat dilakukan. Yang pertama adalah setelah sholat fardhu hingga matahari terbit. Waktu yang kedua adalah setelah sholat ashar hingga matahari terbenam.

4. Keutamaan dan manfaat

Keutamaan
dream

Dalam sebuah hadis dari Hadist Riwayat Ahmad, telah dijelaskan bahwa Rasylullah SAW bersabda yang artinya:

“Siapa yang berwudu dan sempurna wudunya, kemudian salat dua rakaat (salat hajat) dan sempurna rakaatnya, maka Allah berikan apa yang ia pinta cepat atau lambat.” (HR. Ahmad)

Sementara itu, Syaikh Abdurrahman Al Juzairi dalam bukunya yang berjudul Fiqih Empat Mazhab menuliskan bahwa, “ Dianjurkan bagi setiap muslim yang memiliki kebutuhan yang syar’i untuk melakukan sholat hajat.”

Dari penjabaran tesebut, berikut ini adalah manfaat dari sholat hajat:

1. Terhindar dari kesulitan. Manfaat dari sholat hajat yang pertama adalah dapat membantu dan melindungi diri dari kesulitan dan marabahaya. Ketika seorang muslim sedag mendapat kesulitan, dianjurkan untuk menunaikan sholat hajat dengan tujuan meminta pertolongan kepada Allah SWT agar segera diberi kemudahan dalam menjalani hidup.

2. Memudahkan terkabulnya doa. Salah satu manfaat dari sholat hajat adalah mempermudah terkabulnya doa seseorang. Salat hajat merupakan salah satu ibadah sunnah yang dianjurkan secara khusus untuk meminta agar keinginannya mudah dikabulkan oleh Allah SWT. Seorang muslim yang memiliki keinginan ataupun kepentingan dianjurkan mengerjakan sholat hajat.

3. Mendekatkan diri kepada Allah

Melaksanakan sholat hajat dapat menjadi bentuk mendekatkan diri kepada Allah. Swt. Ketika memiliki masalah atau hajat yang besar, berserah diri dan bertawakal pada Allah SWT menjadi ikhtiar terakhir yang bisa dilakukan..

4. Menumbuhkan rasa ikhlas dan hati yang tenang. Ketika melaksanakan sholat hajat, secara tidak langsung akan menumbuhkan rasa ikhlas dan tenang terhadap semua cobaan yang Allah berikan. Melalui salat hajat, hamba yang sedang dalam kesulitan akan didekatkan pada Allah SWT. Saat dalam keadaan susah, maka manusia diajarkan untuk bersikap ikhlas dan lebih sabar. Salah satu menumbuhkan rasa ikhlas ini yaitu dengan melakukan salat hajat.

5. Menumbuhkan rasa tawakal yang kuat. Melakukan salat hajat menjadikan seseorang akan memiliki keyakinan bahwa Allah SWT. Ini adalah satu-satunya yang memberikan apa yang dibutuhkan. Manfaat salat hajat adalah doa yang menjadi wujud bahwa seorang hamba membutuhkan Allah SWT. Ini juga menunjukkan bahwa kamu adalah hamba yang menyerahkan diri kepada-Nya atas segala takdir dan rezeki-Nya.

Penjelasan di atas merupakan rangkuman singkat mengenai seluk-beluk niat sholat hajat. Diawali dengan niat, bacaan doa selepas sholat, waktu yang disarankan untuk melaksanakannya, hingga keutamaan yang didapatkan saat menjalani ibadah ini dengan sepenuh hati. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!