teks laporan

Ketika Sedulur menjadi bendahara atau sekretaris dalam sebuah acara. Biasanya ada proses pencatatan yang dilakukan untuk membuat laporan akhir acara. Catatan ini biasa disebut dengan teks laporan.

Melihat ilustrasi sebelumnya, Sedulur bisa menyimpulkan bahwa teks laporan adalah catatan yang berisi laporan hasil pengamatan atau penelitian yang sudah dilakukan dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca. Dalam hal ini, ada banyak contoh teks laporan yang sering dibuat seperti laporan perjalanan, laporan observasi dan yang lainnya.

Supaya Sedulur bisa semakin mengerti perihal teks satu ini. Yuk simak penjelasan tentang teks laporan beserta ciri-ciri, struktur dan juga cara membuatnya!

BACA JUGA : Kumpulan Kalimat Persuasif Beserta Pengertian dan Ciri-Cirinya

Pengertian

teks laporan
Pixabay

Teks laporan adalah sebuah teks yang berisi laporan hasil pengamatan atau penelitian yang sudah dilakukan dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca. Teks ini juga sering disebut dengan teks klasifikasi karena dapat digunakan sebagai catatan klasifikasi pada sesuatu berdasarkan kriteria tertentu.

Teks laporan hampir serupa dengan teks deskripsi, yang membedakan hanya sifatnya. Teks yang berisi laporan bersifat umum dan universal, sementara teks deskripsi lebih bersifat khusus dan mendetail. Oleh sebab itu, teks laporan dibuat berdasarkan dengan data-data valid yang sudah dikumpulkan sebelumnya.

Struktur

teks laporan
Pixabay

Struktur teks laporan terdiri dari

  • Bahan dan alat.
  • Langkah-langkah kegiatan.
  • Hasil percobaan.
  • Simpulan.

BACA JUGA : Kumpulan Contoh Gurindam Berbagai Tema dan Pengertiannya

Ciri-ciri teks laporan

pexels.com
  • Melaporkan hasil percobaan.
  • Percobaan ilmiah dilakukan guna menguji sesuatu.
  • Pada laporan percobaan diawali dengan memaparkan tujuan percobaan.
  • Memaparkan bahan dan alat yang diperlukan untuk melasanakan percobaan.
  • Memaparkan prosedur pelaksanaan percobaan dan melakukan pengamatan.
  • Memaparkan pencatatan hasil percobaan.
  • Di akhir laporan dipaparkan simpulan hasil percobaan berdasarkan hasil analisis terhadap data hasil pengamatan.
  • Harus mengandung fakta.
  • Bersifat objektif.
  • Harus ditulis sempurna dan lengkap.
  • Tidak memasukkan hal-hal yang menyimpang, mengandung prasangka, atau pemihakan.
  • Disajikan secara menarik, baik dalam hal tata bahasa yang jelas, isinya berbobot, dan susunan logis.

Tujuan teks laporan

teks laporan
Pixabay
  1. Memberitahukan atau menjelaskan laporan pertanggungjawaban dari sebuah tugas atau kegiatan pengamatan (observasi).
  2. Memberitahukan atau menjelaskan dasar penyusunan kebijaksanaan, keputusan atau pemecahan masalah dalam pengamatan.
  3. Menjadikan sumber informasi yang akurat dan tepercaya karena disusun berdasarkan data dan fakta.
  4. Menjadikan sarana untuk mendokumentasikan hasil kegiatan observasi.

Langkah-langkah membuat teks laporan

Pinterest
  1. Membuat judul yang sesuai dan menarik.
  2. Membuat kerangka berpikir yang sesuai dengan hasil pengamatan.
  3. Menyusun teks berdasarkan ide atau gagasan yang telah diamati.
  4. Mengulas kembali teks laporan.

BACA JUGA : Kata Baku dan Tidak Baku: Pengertian, Fungsi dan Contohnya

Jenis teks laporan

Berdasarkan dari isi laporannya, jenis-jenis  laporan dibagi menjadi beberapa jens, diantaranya:

  1. Teks laporan hasil observasi
  2. Laporan perjalanan
  3. Teks laporan kegiatan
  4. Laporan peristiwa

Contoh teks laporan observasi

pixabay

 

Pantai

Pantai diartikan sebagai  batasan antara daratan dengan lautan. Batas ini merupakan zona laut sampai dengan kedalaman 200 m (garis isobath 200 m). Jadi, sifat-sifat pantai sama dengan daratan. Menurut bentuknya ada empat macam pantai, yaitu Pantai Landai, Pantai Curam, Pantai Bertebing, dan Pantai Karang.

Pantai Landai memiliki ciri permukaan yang relatif datar. Termasuk pantai jenis ini adalah Pantai Mangrove, Pantai Bukit Pasir, Pantai Delta, dan Pantai Estuari. Pantai Curam biasanya identik dengan tekstur topografi bergunung-gunung yang disebabkan karena retakan memanjang yang sejajar dengan pantai dan terkikis ombak besar sehingga terjadilah tebing-tebing curam dan laut dalam. Adapun contohnya, yaitu pantai di selatan Pulau Jawa dan barat Pulau Sumatera. Sementara Pantai Bertebing (flaise) adalah pantai yang curam di muka tebing karena adanya pegunungan melintang tegak lurus terhadap pantai. Di pantai ini sering dijumpai laut yang dangkal. Terjadinya flaise karena penimbunan hasil perusakan tebing pantai itu sendiri yang disebabkan oleh abrasi atau erosi. Terakhir, ada Pantai Karang terjadi jika di dasar laut sepanjang pantai terdapat terumbu karang, misalnya pantai di pulau Sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara. Pantai seperti ini biasanya dijadikan objek wisata laut. Misalnya, Taman Bunaken di Manado.

Pantai  merupakan tempat wisata yang populer dan pantas untuk dinikmati bersama keluarga. Pantai juga memiliki ekosistem yang kaya akan komponen biotik dan komponen abiotik. Komponen biotik pantai terdiri atas tumbuhan dan hewan yang hidup di daerah pantai.  Sementara itu, komponen abiotik pantai terdiri atas gelombang, arus, angin, pasir, batuan, dan sebagainya. Tidak hanya itu, masih banyak komponen lainnya yang ada di pantai, dapat kita manfaatkan untuk kehidupan, seperti  pasir yang dicampur dengan air laut diolah menjadi garamdan manfaat lain yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang adalah manfaat pasir buat kesehatan manusia.

Pantai terdiri  atas beberapa jenis. Komponen biotik dan abiotik pantai mengandung banyak manfaat. Selain indah, pantai memiliki manfaat bagi kesehatan, dan nutrisi.

Contoh teks laporan singkat

pixabay

 

Sapi

  • Definisi umum

Sapi adalah satu di antara hewan ternak penghasil daging dan susu yang memiliki tanduk, berbulu tipis, berkuku genap, berkaki empat, bertubuh besar, dan satu di antara hewan herbivora dan hewan mamalia yang mempunyai kalenjar susu. Berdasarkan ada atau tidaknya kelenjar susu, sapi dibagi menjadi dua jenis, yaitu sapi perah dan sapi potong/pedaging.

  • Deskripsi bagian

Sapi perah adalah sapi betina yang dipelihara untuk menghasilkan susu. Sapi perah yang bisa dipelihara adalah sapi peranakan. Sapi peranakan dapat memproduksi hingga 25 liter/hari, tetapi normalnya antara 12-20 liter/hari. Sapi peranakan memiliki bulu berwarna putih dan belang hitam serta terdapat segitiga putih pada kepala sapi peranakan.

Sapi pedaging atau sapi potong adalah sapi yang dipelihara sebagai penghasil daging. Ciri-cirinya, yaitu memiliki tubuh besar, badan berbentuk segi empat atau balok, kualitas daging maksimum, laju pertumbuhan cepat serta sapi yang sehat dan tidak terserang penyakit.

Sapi potong/pedaging meliputi sapi bali, sapi madura, sapi sumba ongole, dan masih banyak yang lainnya.

  • Deskripsi manfaat

Sapi memiliki banyak manfaat, mulai susunya yang bisa dijual atau diolah menjadi minuman dan makanan yang lezat mengandung protein kalsium yang baik bagi tubuh manusia, dagingnya yang bermanfaat bagi tubuh, dan masih banyak manfaat lainnya.

Salah satu laporan yang sering dibuat adalah teks laporan penelitian. Teks ini biasanya berisi tentang hasil riset dan penelitianya dalam bentuk karya ilmiah. Hal ini menjadi tahap akhir dari proses sebuah penelitian. Selain itu, terdapat makalah teks laporan yang biasanya dibuat sebagai tugas untuk anak sekolah maupun mahasiswa. 

Demikianlah penjelasan mengenai teks laporan, cara membuatnya serta contoh-contohnya. Semoga artikel ini membuat Sedulur paham ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.