ikan hias air tawar

Bagi Sedulur yang bingung ingin mengisi waktu di rumah, maka bisa memelihara ikan hias air tawar. Ya, biasanya ikan hias sendiri berasal dari laut bebas. Namun jika cara memeliharanya tidak benar alias menggunakan air tawar, tentu saja ikan tersebut akan mati.

Namun tidak dengan jenis ikan hias air tawar. Karena asalnya memang dari perairan tawar, tentu saja ikan tersebut akan tetap hidup di air tawar, asalkan jika dirawat dengan benar. Lalu apa saja jenis ikan tersebut, langsung saja berikut ini penjelasannya.

BACA JUGA: 15 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara dan Harganya

1. Ikan cupang

ikan hias air tawar
agromedia

Pastinya ikan hias yang satu ini sudah tidak asing kan? Ya, ikan cupang sendiri memiliki bentuk dan warna yang sangat beragam. Selain itu, perawatan ikan ini juga cukup mudah. Sedulur hanya perlu menempatkannya ke dalam botol kecil berisi air saja, maka ikan sudah bisa hidup.

Akan tetapi, ikan cupang tersebut memiliki sifat yang agresif. Sehingga tidak bisa digabungkan dengan ikan lain, bahkan dengan sesama cupang.

2. Ikan botia

ikan hias air tawar
cjaquatic

Bisa dibilang jika ikan botia adalah salah satu ikan hias air tawar terindah. Ini adalah ikan nocturnal yang lebih aktif ketika malam hari. Banyak para pecinta ikan hias yang memburu ikan yang satu ini untuk menghiasi akuarium mereka.

Ada beberapa jenis ikan botia yang sering dicari, di antaranya seperti ikan botia badut, ikan botia macan, ikan botia India, serta ikan botia morteli.

3. Ikan black ghost

ikan hias air tawar
ivanruna

Sesuai dengan namanya, ikan ini berbentuk pipih dengan sirip panjang dan warnanya hitam pekat. Ikan yang berasal dari perairan Amazon ini, menjadi salah satu ikan hias yang dicari oleh para pecinta ikan hias di Indonesia.

Selain bentuknya yang unik dan keren, ikan ini juga suka memakan jentik nyamuk dan serangga. Jadi perawatan yang harus dilakukan cukup mudah.

BACA JUGA: 9 Fakta Ikan Nilem, Ikan Kecil yang Bisa Menghilangkan Stress

4. Ikan koi

ikan hias air tawar
wikipedia

Tidak seperti beberapa ikan sebelumnya, ikan koi menjadi ikan hias yang lebih sering dipelihara di kolam ketimbang di akuarium. Ikan ini mempunyai ciri khas berupa perut buncit dengan warna yang cerah serta beragam.

Ikan koi termasuk ikan hias air tawar yang bisa dicampur. Jadi jika Sedulur ingin memelihara lebih banyak jenis ikan dalam satu kolam, maka koi bisa menjadi salah satunya.

5. Ikan manfish

ikan hias air tawar
sukaikan

Ikan manfish adalah jenis ikan hias yang sangat mudah dipelihara. Hal ini karena ikan tersebut bisa dicampur dengan jenis ikan hias yang lain dalam satu akuarium. Dengan ciri-ciri badan yang pipih dan sirip memanjang, membuat akuarium Sedulur terlihat lebih bervariasi.

Selain itu, ada beberapa pilihan warna indah dan menarik yang bisa Sedulur pilih. Tidak usah khawatir, harga dari ikan hias ini juga relatif murah, lho.

6. Ikan louhan

ikan hias air tawar
aquatic

Ikan dengan bentuk unik yakni kepala yang menonjol ini, sangat terkenal di kalangan para pecinta ikan hias. Di Indonesia, jenis ikan yang satu ini menjadi salah satu ikan hias tawar yang banyak diminati oleh para kolektor ikan hias.

Bahkan menurut suatu kepercayaan, ikan louhan ini dianggap sebagai simbol keberuntungan. Maka dari itu, harga dari ikan ini juga cukup mahal.

BACA JUGA: 17 Inspirasi Desain Kolam Ikan Minimalis & Tips Membuatnya

7. Ikan lemon

ikan hias air tawar
sukaikan

Jika dilihat dari namanya saja, mungkin Sedulur sudah paham jika itu adalah ikan lemon. Alasan mengapa ikan tersebut dinamakan sebagai ikan lemon, tidak lain karena warna kuning kehijauan menyerupai lemon yang ada pada tubuhnya.

Ikan yang satu ini mempunyai daya tahan tubuh yang sangat kuat. Akan tetapi, ikan lemon memiliki sifat yang agresif, sehingga tidak bisa digabungkan dengan jenis ikan yang lain.

8. Ikan swordtail

samudranesia

Dinamakan dengan swordtail, karena bagian tubuh belakang atau ekornya berbentuk runcing layaknya sebuah pedang. Akan tetapi, bagian runcing menyerupai pedang tersebut hanya ada pada ikan swordtail jantan saja.

Untuk swordtail betina, ekornya tidak runcing alias seperti kebanyakan jenis ikan pada umumnya. Maka dari itu, harga untuk ikan swordtail jantan dan betina itu berbeda.

BACA JUGA: Ini 5 Manfaat Daun Ketapang Untuk Merawat Ikan Cupang

9. Ikan neon tetra

ikanesia

Ikan yang memiliki nama latin Paracheirodon innesi ini, menjadi pilihan terbaik untuk melengkapi koleksi ikan hias air tawar Sedulur di akuarium. Terdapat sebuah zat bernama bioluminesen dalam sisik ikan neon tetra yang membuatnya bisa mengeluarkan cahaya.

Jenis ikan yang satu ini, tergolong sebagai cardinal fish atau ikan yang sering menggerombol. Jadi jika Sedulur ingin memelihara ikan ini, dianjurkan untuk membeli satu gerombol sekaligus.

10. Ikan guppy

infobinatang

Ikan guppy merupakan salah satu ikan hias yang harganya murah dan perawatannya juga mudah, lho. Ukuran dari ikan ini, kurang lebih antara 2,5 hingga 5 cm. Selain itu, ikan guppy juga mempunyai strip yang cantik dengan ragam motif warna yang sangat cantik.

Apabila Sedulur berhasil membuat sebuah lingkungan di aquarium yang nyaman untuk ikan guppy, maka ikan tersebut bisa dengan mudah berkembang biak.

BACA JUGA: 7 Jenis Ikan Cupang Termahal untuk Dipelihara, Tembus 25 Juta!

11. Ikan platy

alamikan

Ikan platy merupakan ikan yang memiliki warna mencolok, dan namun tepat nyaman dipandang. Selain termasuk ikan hias yang jinak, perawatan dari ikan ini juga cukup mudah. Jadi sangat cocok dipelihara oleh Sedulur yang masih pemula.

Sedulur tidak perlu takut ikan ini akan mudah mati. Asalkan pembuatan aquarium sudah benar, kemudian pemberian makan dan permbersihan aquarium dilakukan secara rutin, maka ikan ini akan hidup.

12. Ikan molly

gerava

Jika dilihat secara sekilas, maka bentuk dari ikan molly ini mirip dengan ikan platy. Hanya saja, warna dari ikan ini tidak terlalu mencolok layaknya ikan platy. Walaupun begitu, warna yang dimiliki oleh ikan molly ini tidak kalah cantik.

Bentuknya yang kecil, gemuk, dan memiliki warna yang beragam membuat cocok dipelihara di dalam aquarium bersamaan dengan ikan-ikan yang lainnya.

BACA JUGA: 15 Jenis Ikan Guppy Tercantik, Cara Merawat & Harganya

13. Ikan zebra

sukaikan

Adanya garis-garis kecil yang mengelilingi tubuh cantiknya, membuat ikan yang satu ini disebut dengan ikan zebra. Seperti halnya neon tetra, ikan zebra juga hidup secara berkelompok. Ini adalah ikan yang tidak suka hawa panas, jadi pastikan suhu ruangan tempat aquarium berada kurang lebih 21 derajat celcius.

Selain itu, pastikan juga Sedulur tidak menggunakan pemanas aquarium jika ingin memelihara ikan hias air tawar yang satu ini.

14. Ikan oscar

agrowindo

Ikan oscar adalah jenis ikan hias air tawar predator yang tidak direkomendasikan bagi para pecinta hias yang masih pemula. Dibalik keindahan yang dimiliki oleh ikan ini, sifat temperamental dan agresifnya membuat ikan ini tidak cocok dipelihara bersama ikan lain.

Bahkan untuk memelihara ikan ini juga tidak mudah. Jika Sedulur melakukan kesalahan, maka ikan ini bisa stres dan akhirnya mati.

BACA JUGA: Ragam Jenis Ikan Arwana, Ikan Hias Dengan Nilai Jual Termahal

15. Ikan channa

gematani

Rekomendasi ikan hias air tawar yang terakhir adalah ikan channa. Bentuk dari ikan ini sangat mirip seperti ikan gabus, hanya saja memiliki penampilan dan corak yang sangat indah. Jadi cocok dijadikan sebagai penghias aquarium di rumah.

Karakter dari ikan ini mirip seperti ikan cupang, yakni teritorial alias menyerang ikan lain yang berada di wilayahnya.

Itulah 15 rekomendasi ikan hias air tawar yang direkomendasikan. Sedulur bisa memilih salah satu atau lebih dari beberapa ikan yang sudah disebutkan di atas.

Walaupun pemeliharaan dan perawatan ikan air tawar lebih mudah dari ikan air asin, tetap saja Sedulur harus melakukannya dengan benar. Jika tidak, maka ikan tersebut akan mati dan uang yang Sedulur keluarkan akan sia-sia.