kolam ikan minimalis

Ingin memiliki kolam ikan untuk memeprindah rumah? Simak inspirasi desain kolam ikan minimalis di sini!

Saat ini, mengurus rumah menjadi salah satu hobi yang menarik. Terlebih lagi intensitas berdiam diri di rumah yang semakin banyak membuat kamu memiliki banyak waktu untuk merawat tempat tinggal. Mengubah dekorasi rumah bisa menjadi kegiatan yang sangat mungkin untuk dilakukan. Salah satu spot umum dirombak adalah dengan membuat kolam ikan minimalis.

Selain bisa memberikan ketenangan dan ketentraman, kolam ikan juga bisa membuat kita lebih nyaman berada di dalam rumah. Bagi Sedulur yang mulai tertarik untuk membuat kolam ikan minimalis di rumah, berikut ini terdapat beberapa referensi desain yang bisa ditiru. Apa saja modelnya? Yuk langsung kita simak daftarnya di bawah ini.

Baca Juga: 30 Desain Teras Rumah Minimalis & Modern, Mana Pilihanmu?

-->

1. Kolam ikan gaya aquarium

kolam ikan minimalis batu alam
matchness

Rekomendasi adalah kolam ikan minimalis gaya akuarium. Penggunaan kaca tebal pada kolam ini ini menjadi daya tarik karena kolam akan terlihat seperti aquarium. Selain itu, Sedulur juga bisa membuat kolam ikan sejajar dengan lantai rumah, tidak perlu menggali tanah terlebih dahulu untuk membuat kolam ikan.

2. Kolam ikan relief tebing

lahan sempit desain kolam ikan minimalis
pinterest

Bagi Sedulur  mengingkan desain kolam ikan dengan relief tebing agar bisa menghasilkan efek air terjun pada kolam ikan, desain dan gaya satu ini sangat cocok untuk Sedulur gunakan. Sentuhan relief tebing dan ditambah dengan sentuhan pohon merupakan kombinasi yang bagus untuk membuat air terjun kolam ikan minimalis.

3. Kolam ikan gaya alami

kolam ikan koi minimalis
matchness

Rekomendasi kolam ikan selanjutnya adalah dengan menggunakan gaya alami. Penggunaan batu alam, tanaman juga ornamen lain akan meninggalkan kesan alami pada kolam ini. Selain itu, efek suara yang dihasilkan dari air mancur kolam akan menambah kuat kesan alami.

4. Kolam ikan di tengah taman

model kolam ikan minimalis depan rumah
matchness

Bagi yang memiliki taman di depan rumah, Sedulur bisa membuat kombinasi tanaman dengan kolam ikan. Kolam ikan minimalis yang berada di tengah taman depan rumah dapat menambah dekorasi depan rumah menjadi lebih menarik. Kamu akan lebih nyaman berada di rumah dan tamu-tamu yang datang ke rumah pun akan ikut nyaman.

5. Kolam ikan dengan jembatan kecil

air terjun kolam ikan minimalis
matchness

Bagi kamu yang memiliki halaman luas namun tidak ingin membuat kolam ikan yang besar, Sedulur bisa membuat kolam ikan minimalis ukuran 1 meter. Karena halaman masih luas, Sedulur bisa menghias kolam ikan dengan menambahkan jembatan kecil di atas kolam ikan. Tidak jauh di kolam ikan, Sedulur bisa menambahkan pendopo tempat bagi Sedulur untuk bersantai. Kolam ikan, jembatan kecil dan pendopo membuat tempat untuk bersantai sangat lengkap.

6. Kolam ikan gaya etnik

kolam ikan minimalis ukuran 1 meter
matchness

Kali ini, ada rekomendasi kolam ikan yang unik karena mendapat sentuhan etnik. Selain merupakan kolam ikan minimalis batu alam, penggunaan patung dalam kolam ini akan menambah kesan etnik yang kaya akan sentuhan budaya. Biasanya, Sedulur yang menyukai hal berbau sejarah dan budaya akan menyukai desain ini. Kolam ikan gaya etnik biasanya menggunakan ornamen patung yang sering ditemui di komplek candi. Hal ini akan semakin memperkuat kesan etnik.

7. Kolam ikan modern

kolam ikan minimalis sederhana
pinterest

Desain kolam ikan minimalis batu alam dan kayu ini bisa jadi pilihan bagi Sedulur. Ukuran desain kolam ini sebenarnya tidak terlalu besar. Bentuknya kotak memanjang, sentuhan kayu dan batu alam juga pergerakan ikan di dalamnya dapat membuat kolam ini tampak luas. Sedulur juga bisa menambahkan dua buah kursi sebagai tempat bersantai dan memberi makan ikan peliharaan Sedulur.

8. Kolam ikan di belakang rumah

kolam ikan minimalis batu alam
iStock

Rekomendasi kolam ikan minimalis ini sangat cocok gunakan di belakan rumah Sedulur. Sedulur juga bisa menambah kolam ikan dengan tumbuhan air, agar membuat kolam tampak lebih indah. Menggunakan tanaman air juga dapat membuat kolam menjadi lebih indah. Sedulur juga bisa menambahkan beberapa hiasan seperti pot bunga dan juga beberapa tanaman yang dapat membuat kondisi taman menjadi indah.

9. Kolam ikan dengan dek kayu

kolam ikan minimalis lahan sempit
matchness

Bagi yang ingin bersantai di atas kolam ikan, Sedulur bisa menggunakan model kolam ikan satu ini. Dek kayu yang disusun di atas kolam ikan membuat Sedulur bisa bersantai di atas kolam ikan. Model ini juga merupakan kolam ikan koi minimalis terbaik. Keindahan warna koi bisa menjadi pemandangan saat bersantai. Waktu bersantai dan menikmati keindahan kolam ikan biasanya di sore hari dengan cuaca yang tidak begitu panas dan secangkir teh hangat.

Baca Juga: 20 Inspirasi Desain Rumah Minimalis & Estetik, Mana Pilihanmu?

10. Kolam ikan di tengah taman

kolam ikan tengah taman
matchness

Kolam ikan minimalis ini bisa Sedulur bangun hanya untuk yang memiliki taman luas di belakang rumah. Kolam ikan juga bisa Sedulur tambahkan beberapa tanaman dan juga pendopo untuk bersantai. Kolam ikan ini sangat indah dan bisa Sedulur nikmati bersama dengan keluarga, terutama saat musim liburan tiba. Biasanya di vila dan tempat rekreasi di dataran tinggi sering menggunakan desain kolam ikan seperti ini. Desain ini tentu saja sangat nyaman dan membuat kumpul bersama keluarga menjadi lengkap.

11. Kolam ikan kecil

kolam ikan kecil
matchness

Bagi Sedulur yang memiliki lahan sempit, kamu bisa membangun kolam ikan. Kali ini merupakan model kolam ikan minimalis lahan sempit yang dapat menambah dekorasi depan rumah Sedulur menjadi lebih indah. Sedulur akan betah berlama-lama di dalam rumah sambil menikmati keindahan kolam ikan dari dekat.

12. Kolam ikan di dalam rumah

kolam ikan di dalam rumah
pinterest

Kali ini adalah desain kolam ikan minimalis yang ada di dalam rumah. Bagi Sedulur yang inginkan desain kolam ikan rumah yang santai, gaya ini bisa diikuti. Selain itu, Sedulur juga tidak perlu memasang akuarium karena fungsinya telah terwakili dengan adanya kolam ikan di dalam rumah. Sedulur bisa menyimpan kolam ikan dan meletakannya di samping tangga menuju ke lantai dua rumah Sedulur.

13. Kolam ikan efisien

kolam ikan efisien
matchness

Jika ingin model kolam ikan minimalis depan rumah yang tidak ribet dan neko-neko, model ini bisa Sedulur gunakan. Kolam ikan efisien ini bisa mengikuti pola rumah, ukuran kolam ikan disesuaikan dengan ukuran halaman rumah. Bentuk kolam ikan ini bisa menyesuaikan dengan ukuran halaman rumah. Biasanya, desain kolam ikan ini akan menggunakan perpaduan warna gelap dan warna terang yang disatukan.

14. Kolam ikan gaya klasik

kolam ikan gaya klasik
matchness

Kali ini merupakan kolam ikan minimalis sederhana dengan sentuhan gaya klasik yang menarik. Penggunaan batu alam yang ukuran dan bentuknya dipertahankan, memberikan lekukan, dan bentuk yang unik. Sedulur juga bisa menambahkan batu-batu krikil berwarna putih, patung dan juga tumbuhan di sekitar kolam. Agar dapat mempertegas kesan klasik.

15. Kolam ikan di taman samping rumah

Kolam ikan di taman samping rumah
iStock

Bagi Sedulur yang memiliki halaman depan rumah yang luas dan agak membentuk tebing, Sedulur bisa membuat kolam ikan minimalis satu ini. Biasanya, kolam ikan ini sering kita temui di beberapa film Hollywood. Karena ciri khas kolam ikan yang ada di rumah-rumah khas Amerika Serikat seperti ini. Sedulur bisa mencontohnya sebagai bagian dari dekorasi halaman rumah Sedulur.

Baca Juga: 20+ Desain Kamar Tidur Minimalis yang Unik & Kreatif, Bikin Betah!

16. Kolam ikan kecil di samping rumah

Kolam ikan kecil di samping rumah
unsplash

Rekomendasi kolam ikan minimalis selanjutnya adalah kolam ikan yang ada di samping rumah. Ukuran kolam ikan ini tidak perlu besar. Sedulur hanya membutuhkan ruang kecil. Ikan-ikan yang dipelihara pun tidak harus besar. Ikan kecil saja cukup. Lengkapi juga dengan beberapa tanaman air yang dapat membuat kolam ikan menjadi lebih berwarna.

17. Kolam ikan berlekuk indah

kolam ikan kecil dan minimalis
matchness

Model kolam ikan ini benar-benar memanfaatkan lahan sisa yang ada di rumah. Maka biasanya jenis kolam ini lebih pas digunakan di samping rumah ketimbang di halaman depan. Bentuk kolam ikan tidak harus melulu simetris dan kotak, kamu bisa menggunakan bentuk asimetris yang menghasilkan kolam ikan yang berlekuk indah. Selain itu, kolam ikan lahan sempit desain kolam ikan minimalis ini bisa dijadikan tempat untuk bersantai di sore hari.

Semoga daftar gaya dan model kolam ikan minimalis di atas bisa menambah referensi untuk diaplikasikan dalam proses merombak hunian. Jika ingin membangun kolam ikan, Sedulur wajib menabung terlebih dahulu. Karena biaya yang dibutuhkan tentu saja tidak murah. Oleh karena itu, kamu harus mulai menghemat biaya dan pengeluaran Sedulur.

Salah satu solusi agar dapat menghemat pengeluaran, Sedulur bisa menggunakan Aplikasi Super untuk membeli berbagai kebutuhan sehari-hari, terutama kebutuhan dapur. Karena setiap barang yang tersedia dipatok dengan harga murah dan berkualitas. Sisa uang yang Sedulur dapatkan bisa ditabung agar bisa membangun kolam ikan.

Maka dari itu, Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super. Langsung rasakan berbagai manfaat yang diberikan oleh Aplikasi Super, termasuk manfaat menghemat biaya pengeluaran.