Banyak orang yang memelihara ikan hias di dalam rumah, selain dapat mempercantik dekorasi interior rumah, ikan hias juga bisa menghilangkan stress.

Mungkin Sedulur penasaran, bagaimana bisa setiap orang memelihara ikan hias di dalam rumah. Apa sebenarnya tujuan yang ingin didapat dengan memelihara ikan tersebut? Jawabannya sederhana, ingin mendapatkan ketenangan. Mengapa ikan hias dapat menghilangkan stres, karena ikan hias bisa mengalihkan kita dari penyebab stress.

Melalui keindangan warna dari ikan tersebut, serta suara gemericik air dapat membuat kita lebih rileks dan perlahan lupa terhadap hal yang membuat kita stress dan tertekan. Berikut ini terdapat beberapa daftar ikan hias yang bisa jadi rekomendasi Sedulur untuk dipelihara. Tanpa berlama-lama, mari langsung saja kita simak daftarnya di bawah ini!

Baca juga: 10 Jenis Ikan Koi Terpopuler, Harga & Tips Merawatnya

Daftar Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara Beserta Harganya

1. Ikan Mas Koki

1. Ikan Mas Koki
liputan6.com

Ikan mas koki merupakan rekomendasi pertama ikan yang bisa digunakan sebagai hiasan dalam rumah. Selain itu, ikan mas koki juga merupakan ikan hias yang bisa dicampur. Keunikan dari ikan mas koki terletak pada ukurannya yang beragam, mulai dari yang berukuran kecil hingga yang berukuran besar.

Sedulur bisa mendapatkan ikan mas koki di toko ikan khusus untuk hiasan dengan harga Rp 20.000. Bagi Sedulur yang memiliki anak kecil di rumah, keberadaan ikan mas koki bisa membuat anak-anak betah di rumah. Karena warna dan bentuknya yang lucu sangat disukai oleh anak-anak.

2. Ikan Komet

2. Ikan Komet
popbela.com

Jenis ikan hias yang kedua adalah ikan komet, ikan ini masih satu famili dengan ikan mas koki. Salah satu jenis ikan untuk hiasan yang mudah dirawat. Namun, Sedulur harus memperhatikan satu hal, yaitu memelihara kebersihan aquarium. Karena ikan ini mudah terkena penyakit yang berasal dari bakteri air. Jika perawatan yang dilakukan dengan cara yang benar, jenis ikan ini bisa tumbuh dengan besar. Sedulur bisa mendapatkan ikan ini mulai dari harga Rp 3000 hingga Rp 10.000.

3. Ikan Louhan

3. Ikan Louhan
agroindonesia.co.id

ikan hias louhan pernah mencapai ketenaran hingga pada periode tahun 2000-an, hingga saat ini banyak pecinta ikan yang memelihara louhan. Louhan juga menjadi salah satu jenis ikan yang memiliki penggemar setia. Bentuk dari ikan louhan sangat khas, yaitu dengan bagian kepala cekung seperti sebuah benjolan.

Harga ikan ini sendiri bervariasi dan termasuk kategori mahal, dibanderol mulai dari Rp 400.000 hingga Rp 3.000.000. Sebagai dekorasi rumah, ikan ini sangat cocok untuk mengantarkan ketenangan dan menghilangkan stress. Bisa disimpan di tengah rumah atau juga di ruang kerja.

4. Ikan Lemon

4. Ikan Lemon
gerava.com

Ikan lemon merupakan rekomendasi ikan hias selanjutnya. Diberi nama lemon karena memiliki warna yang persis dengan warna lemon, sementara bentuk dan ukuran ikan lemon sendiri seolah seperti irisan buah lemon. Hal tersebut sekaligus menjadi daya tarik utama ikan jenis ini.

Selain itu, daya tarik selanjutnya adalah ikan ini memiliki agresivitas yang tinggi, sehingga akuarium terasa sangat hidup dengan kelincahan dari ikan lemon. Sedulur bisa mendapatkan ikan ini dengan harga mulai dari Rp 4000 hingga Rp 260.000. Tergantung Sedulur membeli ikan lemon per paket atau satuan.

Baca Juga: Cara Jitu Budidaya Ikan Cupang di Rumah, Bisa Jadi Cuan!

5. Ikan Neon Tetra

5. Ikan Neon Tetra
ikanhias.id

Bagi Sedulur yang menginginkan ikan hias dengan warna yang unik, Sedulur bisa memelihara ikan neon tetra. Seperti namanya, ikan ini dapat memantulkan cahaya lampu sebagaimana neon bekerja. Hal tersebut disebabkan kulit ikan neon tetra yang unik. Hal tersebut merupakan daya tarik dari ikan ini yang menjadi alasan mengapa ikan neon tetra dipelihara sebagai hiasan rumah. Sedulur bisa mendapatkan ikan ini dengan harga mulai dari Rp 4000 hingga Rp 25.000.

6. Ikan Botia

6. Ikan Botia
greeners.co

Ikan hias botia merupakan ikan asli dari Sumatera Selatan dan Kalimantan, karena ikan botia banyak ditemukan di dua daerah tersebut. Namun, kabarnya saat ini ikan botia mulai langka dan sulit ditemukan. Terlebih, cara mengembangbiakan ikan botia yang lumayan sulit. Hal tersebut juga turut mempengaruhi harga dari ikan jenis ini.

Berbeda dengan jenis ikan sebelumnya, ikan botia dibanderol dengan harga mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 100.000. Bentuk dan corak ikan botia sangat unik, yang bisa memberikan keberagaman akuarium di rumah tengah rumah Sedulur.

7. Ikan Manfish

7. Ikan Manfish
hewanee.com

Ikan manfish memiliki bentuk seperti layang-layang. Bentuknya yang unik tersebut membuat ikan ini sering disebut dengan nama angel fish. Salah satu ikan yang mudah ditemukan di setiap toko yang menjual jenis ikan untuk hiasan. Ikan hias manfish dibanderol dengan harga mulai dari Rp 8000 hingga Rp 40.000.

8. Ikan Halfmoon

8. Ikan Halfmoon
kompas.com

Selanjutnya kita beralih ke ikan cupang yang belakangan ini ramai digunakan sebagai hiasan dalam rumah. Ikan cupang yang memiliki keindahan bentuk dan warna adalah ikan halfmoon. Memiliki bentuk sirip dan ekor yang menyatu seakan membentuk setengah lingkaran, seperti bentuk bulan yang setengah (halfmoon).

Setelah terkenal dengan bentuk ikan yang indah dan sangat cocok untuk dipelihara. Varian warna dari ikan cupang jenis ini juga sangat beragam dan sangat unik. Terdapat warna merah menyala, warna kuning terang hingga warna putih yang lembut. Keragaman dan keunikan warna tersebut yang membuat ikan cupang halfmoon menjadi primadona untuk dipelihara.

9. Ikan Double Tail

9. Ikan Double Tail
aquasnack.co.uk

Masih dari jenis ikan cupang, yaitu jenis ikan double tail. Seperti namanya, ikan ini memiliki ekor ganda, yang sekaligus menjadi daya tarik ikan tersebut. Salah satu jenis ikan cupang yang sulit dikembangkan dan diternakan, hal tersebut yang membuat keberadaan ikan cupang ini sangat langka dan juga sangat jarang di pasaran. Sekalipun tersedia, harga dari ikan cupang ini lumayan tinggi.

10. Ikan Big Ear

10. Ikan Big Ear
idntimes.com

Ikan cupan lainnya yang sering digunakan sebagai ikan untuk hiasan rumah adalah jenis ikan big ear, atau yang sering juga disebut dengan nama ikan dumbo. Ikan cupang jenis ini memiliki sirip telinga yang sangat lebar. Saking lebarnya, sirip telinga ikan cupang jenis ini terlihat seperti sayap.  Ketika sirip telinga ikan cupang ini bergerak seolah seperti sedang terbang dan terlihat sangat indah.

Ikan cupang dumbo merupakan salah satu spesies ikan cupang yang termasuk baru dikembangkan di Indonesia. Kendatipun baru, namun ikan cupang jenis ini sudah banyak ditemui, hal tersebut karena tidak terlalu sulit pada pengembangan ikan cupang jenis ini.

11. Ikan Blue Moscow

11. Ikan Blue Moscow
azgardens.com

Ikan guppy merupakan jenis ikan yang sering digunakan sebagai ikan hiasan rumah. Jenis yang paling terkenal dengan harga yang lumayan mahal dan bisa dijadikan sebagai investasi adalah blue moscow. Ikan ini berasal dari Moscow, Rusia. Memiliki warna biru yang khas, oleh karena itu diberi nama Blue Moscow.

Warna biru pekat dari blue moscow memiliki kecenderungan warna lebih gelap pada bagian tubuh dan bagian ujung dari ekornya. Hal tersebut membuat ikan jenis ini sangat eksotis dan menjadi kelebihan dan dan daya tarik ikan jenis satu ini. Salah satu keunggulannya adalah keindahan dari warnanya.

12. Ikan Blue Japan

12. Ikan Blue Japan
jw-guppy.com

Salah satu jenis guppy yang berasal dari negeri matahari terbit ini memiliki warna yang indah, cerah dan bentuk ekor yang indah. Terkenal dengan warna biru muda yang terang, para kolektor ikan hias pasti wajib memiliki jenis guppy saat ini.

Jepang juga merupakan negara yang menghasilkan ikan hias yang sangat terkenal dengan membawa keberuntungan, yaitu ikan koi. Kebiasaan dan tradisi di Jepang dalam memelihara ikan hias menghasilkan beberapa ikan hias terbaik yang bisa dipelihara. Salah satunya adalah Blue Japan satu ini.

13. Ikan Red Mozaic

13. Ikan Red Mozaik
kaskus.co.id

Berikutnya ikan red mozaic yang masih berasal dari jenis guppy. Ikan Red Mozaic menjadi ikan hias guppy kebanggaan Indonesia dan ikan hias lokal yang menjadi andalan. Ciri khasnya terdapat pada warna dan coraknya.

Ciri khas ikan hias guppy red mozaic adalah warna merah pada ekor yang memiliki corak hias bintik-bintik yang menimbulkan kesan eksotis dan menarik. Salah satu jenis ikan hias lokal satu ini menjadi andalan para pecinta ikan hias di Indonesia. Terutama pecinta ikan hias guppy yang ada di Indonesia.

14. Guppy Cobra

14. Guppy Cobra
epond.eu

Ikan ini masih dari jenis ikan guppy. Diberi nama Cobra, karena memiliki pola dan corak warna pada kulitnya seperti sisik ular cobra. Dengan kombinasi warna hitam, putih, kuning kehijauan yang membuat ikan ini memiliki bentuk seperti ular cobra. Seperti yang Sedulur ketahui, pola sisik ular sendiri merupakan bahan yang sangat mahal.

Banyak yang rela merogoh kocek lebih dalam untuk dapat memiliki barang yang terbuat dari kulit ular. Hal tersebut juga yang menjadi daya tarik utama dari jenis ikan hias guppy satu ini. Karena polanya yang sangat menarik seperti kulit ular, menjadikan ikan hias guppy satu ini sangat eksotis.

15. Ikan Molly

15. Ikan Molly
daftarhewan.com

Rekomendasi ikan hias aquarium mini yang cocok untuk Sedulur pelihara dengan perawatan yang sangat mudah adalah ikan molly. Ikan molly memiliki bentuk kecil dengan warna cerah yang beragam. Terdapat beberapa jenis ikan molly, namun yang menarik adalah dari setiap jenis ikan molly, hampir disukai oleh anak-anak.

Memelihari ikan molly dapat memberikan suasana tenang di dalam rumah, dan dapat membuat anak betah bermain di rumah. Selain itu, harga ikan molly juga sangat terjangkau, mulai dari Rp 5000 hingga Rp 10.000, tergantung paket yang Sedulur gunakan.

Semoga daftar rekomendasi ikan hias yang bisa Sedulur pelihara di rumah yang telah dijelaskan di atas bisa menjadi inspirasi bagi Sedulur yang ingin mendekor interior rumah dan menciptakan ketenangan yang berbeda. Memelihara ikan juga merupakan hobi penting untuk menghilangkan stress.

Agar Sedulur bisa fokus memelihara ikan, Sedulur bisa menyerahkan segala urusan rumah tangga lainnya kepada Aplikasi Super. Karena Aplikasi Super menyediakan kebutuhan sehari-hari dengan lengkap dan harga murah. Harga ongkir gratis, pengiriman cepat dan terjamin membuat Sedulur tidak perlu khawatir dan bisa membagi waktu untuk mengurus hobi dengan baik. Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super, agar segera bisa menggunakan Aplikasi Super.