ikan arwana

Memiliki ikan arwana adalah hobi yang cukup mahal untuk sebagian besar orang. Sebab untuk harga satu ikan yang berukuran kecil saja bisa dihargai puluhan hingga ratusan ribu.

Ada banyak jenis dan warna ikan arwana  yang dijual di pasaran saat ini. Tentu saja harganya pun akan sangat bervariatif. Penasaran seperti apa ikan arwana itu sendiri, berikut ulasan tim Aplikasi Super

1. Ikan Arwana

Ikan arwana merupakan salah satu jenis ikan yang cukup populer untuk dipelihara. Apalagi sejak masa pandemi, memelihara ikan di rumah jadi sebuah hobi yang tiba-tiba memiliki banyak peminat.

Selain bisa menambah dekorasi dan mengubah suasana, memiliki akuarium yang berisi ikan di rumah dapat bermanfaat bagi kesehatan. Memelihara ikan dikaitkan dengan perasaan relaksasi yang dapat memberikan ketenangan pada suasana hati.

Banyak jenis ikan yang bisa dipelihara, dan salah satu jenis ikan yang paling populer adalah ikan arwana.

Ikan ini dipilih sebagai ikan peliharaann karena memiliki warna sisik yang sangat menawan dan indah. Bahkan saking indahnya sisik ikan tersebut banyak orang mulai mencoba memperlombakan dan harganya dapat mencapai belasan hingga ratusan juta rupiah.

BACA JUGA : 10 Shampo Penumbuh Rambut Terbaik Agar Kembali Lebat

2. Harga Ikan Arwana

Keindahan yang ditampilkan dari sisik ikan arwana, tentu membuat harga ikan ini semakin melambung tinggi.  Dikutip dari laman Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), harga arwana sangat bervariasi tergantung dari spesies, motif, kumis, dan ukuran tubuhnya.

Apabila ikan tersebut semakin langka dan besar ukurannya, otomatis harganya juga akan semakin mahal. Misalnya untuk ikan arwana yang cukup populer di kalangan kolektor adalah arwana golden red atau red tail golden (RTG). Harga yang ditawarkan untuk ikan ini dibanderol dengan harga Rp 2 juta untuk ukuran 12 cm atau harga ikan arwana anakan.

Sementara untuk ukuran lebih besar, yakni 20-25 cm, harga yang ditawarkan ialah antara Rp 2,5 juta sampai 3,5 juta. Jenis ikan lainnya yang umum di pasaran adalah cross back golden (CBG). Harga jenis ikan arwana ini tergolong jauh lebih mahal dibandingkan dengan RTG yakni dapat mencapai Rp 10 juta per ekor untuk ukuran 12 cm.

Bahkan untuk ukuran ikan yang berada di atas 20 cm, harga arwana jenis CBG sudah mencapai Rp 15 juta sampai dengan Rp 25 juta. CBG mempunyai habitat di sungai-sungai besar di Kalimantan. Selain kedua ikan tersebut, beberapa jenis ikan arwana lainnya yang bisa Sedulur temui di pasaran di antaranya adalah arwana super red, green arwana atau golden piano, arwana banjar, arwana irian atau jardini, arapaima, arwana brazil atau arwana silver, black arawana, dan arwana afrika.

Berbicara mengenai harga ikan ini, simak ulasannya di bawah ini:

BACA JUGA : 15+ Manfaat Singkong untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

3. Harga ikan arwana dan jenisnya

Red Tail Golden

"         Serba-serbi Ikan Arwana, Jenis Ikan Akuarium Paling Mahal!"
perikanan

Ikan pertama yang harganya cukup fantastis adalah jenis Red Tail Golden. Ikan jenis biasanya banyak dijumpai di Pulau Sumatra seperti Riau dan beberapa daerah Sumatra lainnya. Ikan jenis ini termasuk ikan yang agresif dan cukup sulit untuk ditangkap, sehingga harganya menjadi sangat mahal.

Jadi wajar, ikan jenis ini bisa dibanderol dengan harga mencapai Rp 4,5 juta. Karakteristik dari ikan ini adalah warnanya yang indah, seperti biru, hijau, atau keemasan, serta fisik yang dapat tumbuh mencapai ukuran 90 cm.

Arwana Brasil

"         Serba-serbi Ikan Arwana, Jenis Ikan Akuarium Paling Mahal!"
pertanianku

Arwana Brasil adalah salah satu ikan yang biasanya ditemukan di daerah Indonesia. Biasanya, ikan ini banyak dijumpai di pasar-pasar yang menjual hewan peliharaan di air. Banyak sekali keunikan dari ikan yang satu ini, salah satunya yang perlu kamu ketahui adalah, arwana jenis ini sanggup melompat tinggi hanya untuk menangkap mangsanya.

Buat, Sedulur yang ingin memiliki jenis ini, tidak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam. Cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp 2 juta dan ikan ini bisa dipastikan tumbuh mencapai satu meter. Jadi, Sedulur wajib menyiapkan sebuah aquarium yang besar juga ya.

BACA JUGA : Ragam Manfaat Jinten Hitam (Habbatussauda) Melawan Penyakit

Arwana Banjar

"         Serba-serbi Ikan Arwana, Jenis Ikan Akuarium Paling Mahal!"
infoikan

Selanjutnya ada arwana banjar. Ikan jenis ini memiliki tampilan sisik berwarna putih dengan siripnya yang berwarna oranye terang, serta memiliki ekor berwarna kuning keemasan. Diketahui arwana banjar ini, sanggup tumbuh sampai 90 cm dan jenis ikan  yang cukup dikenal aktif.

Harga satu ekor arwana jenis banjar ini, dibanderol dengan harga sekitar Rp 2 juta dan termasuk yang mudah dijangkau oleh para penghobi arwana pemula. Harga tersebut, tentu sama dengan ikan arwana brasil.

Terkait aquariumnya, Sedulur wajib menyiapkan tempat yang cukup besar. Sebab, ikan jenis ini sangat aktif dalam bergerak kesana-kemari.

BACA JUGA : Review: Manfaat Serum Scarlett Acne, Atasi Masalah Jerawatmu

Arwana Black Golden

"         Serba-serbi Ikan Arwana, Jenis Ikan Akuarium Paling Mahal!"
orami

Jenis ini termasuk yang lumayan mahal selain Red Tail Golden. Mengapa bisa begitu? Karena satu ekor arwana jenis ini dihargai Rp 18 juta. Meski lumayan mahal, harga tersebut mungkin masih dianggap wajah bagi para kolektor arwana.

Karakteristik warna yang ada dalam arwana black golden ini didominasi dengan warna emas dan hitam pada semua bagian sisiknya. Ikan jenis ini paling banyak ditemui di  Penang, Malaysia dan biasanya mendiami rawa-rawa, namun  tetap sulit untuk ditemukan. Sehingga harganya bisa menjadi lumayan mahal.

Ikan Arwana Super Red

Ikan arwana super red, termasuk paling banyak diburu penghobi. Sebab, memiliki warna merah yang indah. Biasanya habitat dari arwana super red bisa ditemukan di rawa-rawa Pulau Kalimantan tepatnya sungai Kapuas di Kalimantan Selatan.

Warna merah yang sangat mencolok, membuat arwana jenis ini memiliki pebedaan dengan jenis lainnya.  Sehingga menjadi koleksi yang wajib dimiliki para penghobi. Saking indahnya warna merah yang ditampilkan oleh arwana jenis ini, membuat harga di pasaran bisa mencapai jutaan rupiah.

Bila dikisarkan, arwana super red dalam rentang harga sekitar Rp 2 juta sampai dengan Rp 48 juta. Harga yang sangat fantastis bukan? Jadi, bagi penghobi wajib merogoh kocek dalam-dalam.

Arwana Cross Black Golden

"         Serba-serbi Ikan Arwana, Jenis Ikan Akuarium Paling Mahal!"
Dictio community

Jenis arwana ini memiliki nama latin Scleropages formosus dan termasuk ikan yang menawan karena adanya warna emas di bagian punggungnya. Biasanya arwana yang satu ini bisa ditemukan di Malaysia tepatnya di negara bagian Perak, Trengganu, danau Bukit Merah, dan Johor, Malaysia.

Indahnya sisik yang ditampilkan jenis arwana ini, membuat harga yang ditawarkannya pun cukup mahal. Ikan arwana cross black golden bisa dibanderol dengan harga kisaran Rp 18 juta. Selain karena warna ikannya, sulitnya menangkap atau menemukan ikan ini juga menjadi alasan mengapa arwana cross black golden dijual dengan harga yang mahal.

Arwana Jardini

"         Serba-serbi Ikan Arwana, Jenis Ikan Akuarium Paling Mahal!"
liputan 6

Ditemukan di alam Papua, arwana jardini termasuk ikan  yang wajib masuk ke dalam daftar untuk dijadikan koleksi. Selain  ditemukan di alam Papua, arwana jardini bisa Sedulur jumpai di Australia. Ikan arwana jenis ini memiliki warna kuning keemasan serupa dengan arwana Asia.

Ada keunikan tersendiri, dari sebuah ikan bernama arwana jardini. Ya, ikan ini merupakan jenis ikan arwana yang termasuk berat dan bisa tumbuh mencapai 90 cm, serta bisa mencapai berat kisaran 17 kg. Jadi, harus benar-benar mempersiapkan aquarium yang besar untuk memberikan tempat nyaman bagi ikan jenis ini.

Terkait harga yang ditawarkan untuk ikan jenis ini, berkisar mulai dari Rp 4 juta. Jadi sangat layak untuk masuk daftar koleksi ikan Sedulur ya.

Arwana Hijau

"         Serba-serbi Ikan Arwana, Jenis Ikan Akuarium Paling Mahal!"
ferboes

Habitat asli dari ikan ini adalah ada di hampir setiap negara Asia Tenggara. Mulai dari Malaysia, Thailand, Myanmar, Indonesia, Vietnam, dan Kamboja. Ada nama lain dari arwana jenis ini adalah dikenal dengan nama golden pino.

Warna yang ditampilkan pada arwana jenis ini adalah antara lain, warna kuning, emas dan hijau samar. Selanjutnya, keunikan dari arwana ini adalah ukuran kepalanya yang jauh lebih besar dibandingkan  dengan lainnya. Harga yang ditawarkan dari arwana jenis ini adalah masih sekitar Rp 4 juta.

Arwana Batik

"         Serba-serbi Ikan Arwana, Jenis Ikan Akuarium Paling Mahal!"
Brilio

Selanjutnya ada arwana dengan motif batik. Sesuai namanya, ada corak batik yang tergambar pada sisik ikan tersebut. Corak tubuhnya yang menarik menyerupaki batik, membuat arwana jenis ini dihargai dengan cukup mahal. Yaitu berkisar dengah harga mencapai Rp 50 juta

Arwana Platinum

"         Serba-serbi Ikan Arwana, Jenis Ikan Akuarium Paling Mahal!"
tokopedia

Tampilan arwana platinum ini, benar-benar sungguh memukau. Bukan tanpa alasan, sebab di bagian sisiknya  berwarna putih keperak-perakan dan cukup mengkilap. Tampilan yang indah pada ikan arwana silver ini, jadi alasan mengapa ikan ini jadi primadona bagi penghobi arwana. Tentunya, dengan tampilan putih mengkilap tersebut, harga yang ditawarkannya pun menjadi cukup mahal.

Harga  satu ekornya saja, bisa mencapai Rp 5,7 juta. Termasuk harga yang fantastis, namun menjadi harga yang masih wajar untuk para penghobi arwana.

Arwana Hitam

infoikan

Jenis ikan ini juga termasuk yang paling mahal dan masih satu saudara dengan silver arwana. Bagian yang membedakan hanya pada bagian ekornya saja yang berwarna hitam. Namun, corak yang diunggulkan pada ikan ini tidak akan berlangsung secara lama. Ketika akan beranjak dewasa, ikan hitam ini akan sedikit demi sedikit kehilangan warna hitam pada ekornya dan ekornya berubah warna menjadi keperak-perakan.

Harga yang ditawarkan pada ikan ini masih sekitar Rp 5 juta.

Arapaima

nakama aquatic

Salah satu ikan arwana terakhir adalah, Arapaima. Arapaima merupakan ikan terbesar yang pernah ada di dunia, dengan karakter panjang mencapai 3 meter dan berat 200 kg. Ikan yang satu ini sangat langka dan hanya bisa ditemukan di sungai Essquibo dan sungai amazon saja. Harga yang ditawarkan untuk ikan jenis ini, relatif murah yaitu sekitar Rp 2,8 juta.

Meski harganya tergolong rendah dibanding dengan jenis arwana lainnya, perawatan ikan ini sangat sulit dan dibutuhkan akuarium atau kolam spesial dengan harga mahal untuk dapat memelihara ikan ini di rumah.

Di Indonesia, ikan arapaima tidak boleh dilepas liarkan ke sungai atau habitat lain. Sebab, bagi siapa saja yang sengaja melepasliarkan ke sungai atau danau, harus membayar denda hingga masuk penjara. Alasan tidak dibolehkannya dilepasliarkan ke sungai dan danau adalah karena ikan ini bisa membunuh ikan-ikan lain sehingga rantai makanan menjadi terganggu.

4. Makanan Ikan Arwana

Karena  memiliki harga yang cukup mahal dan tidak semua orang akan memeliharanya, tentu Sedulur tidak ingin sembarangan dalam memberikan pakan bukan? Berbeda dengan jenis ikan lainnya yang bisa diberikan pelet atau hal lain sebagainya. Namun hal tersebut, tidak berlaku buat ikan arwana.

Arwana harus mendapat perhatian khusus terutama dari segi makananannya. Sebab, makanan bisa berpengaruh pada warna sisik ikan tersebut. Semakin bagus pakan yang diberikan, maka akan sangat baik untuk pertumbuhan sisiknya.

Pemberian serangga seperti jangkrik, adalah solusi untuk pakan ikan arwana Sedulur.  Ya, jangkrik mengandung protein yang tinggi dan memang menjadi salah satu pakan Arwana. Meski demikian, harus pula diimbangi dengan pakan pelet khusus. 

5. Mitos Ikan Arwana

Banyak para penghobi memiliki anggapan, dengan memelihara ikan ini bisa mendatangkan  keberuntungan. Pemilik ikan ini percaya jika dirawat dengan baik, maka bisa melindungi mereka dari kemalangan dan bahkan mungkin saja memberi mereka keberuntungan.

Sebuah cerita rakyat menjelaskan, arwana bisa membawa keberuntungan karena menyerupai naga tradisional Tiongkok dan dianggap ikan memiliki feng shui terbaik. Diyakini bahwa ikan ini memperkenalkan energi ‘YANG’, pemberi kehidupan yang bermanfaat ke air.

Demikian penjelasan mengenai  arwana , jenis, dan harga yang ditawarkan. Semoga bisa menjadi referensi Sedulur yang akan memelihara ikan yang menurut mitos bisa membawa keberuntungan ini.