Berbeda dengan ikan cupang, ikan guppy juga memiliki beberapa jenis dan menarik untuk dipelihara. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Semarak memelihara ikan hias semakin ramai dilakukan saat ini, efek pandemi Covid-19 mendorong hal tersebut menjadi ramai. Salah satu ikan hias yang banyak dipelihara adalah ikang cupang dan ikan guppy. Banyak yang salah paham, menyangka ikan cupang dan ikan guppy adalah sama, hanya beda penyebutan nama saja.

Namun, jangan sangka, ciri-ciri  ikan guppy dan ikan cupang berbeda. Setidaknya, melihat dari sirip dan ekor, warna, ukuran, perilaku dan sistem perkembangbiakan, ikan guppy dan ikan cupang jelas berbeda. Karena sama-sama masuk kategori ikan hias berukuran kecil banyak yang menyangka ikan guppy dan cupang sama.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas daftar jenis ikan guppy terbaru, mulai dari jenis ikan guppy albino, guppy blue grass, guppy black moscow, ikan guppy termahal, hingga jenis harga ikan guppy lokal lainnya. Harga ikan guppy sama dengan harga ikan hias lainnya. Ikan hias guppy merupakan salah satu yang terjangkau.

-->

Lalu apa saja jenis ikan guppy dan harganya yang bisa Sedulur pelihara? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: 10 Jenis Ikan Koi Terpopuler, Harga & Tips Merawatnya

Daftar Jenis Ikan Guppy Tercantik, Berserta Harga dan Cara Merawatnya!

1. Blue Moscow

1. Blue Moscow
azgardens.com

Salah satu jenis ikan guppy pertama adalah blue moscow, warna jenis ikan guppy ini sangat cantik. Terutama ikan guppy betina. Seperti namanya, ikan guppy satu ini berasal dari kota Moscow, Rusia. Memiliki warna biru yang khas, oleh karena itu diberi nama Blue Moscow.

Warna biru pekat dari blue moscow memiliki kecenderungan warna lebih gelap pada bagian tubuh dan bagian ujung dari ekornya. Hal tersebut membuat ikan jenis ini sangat eksotis dan menjadi kelebihan dan dan daya tarik ikan jenis satu ini. Salah satu keunggulannya adalah keindahan dari warnanya.

2. Black Moscow

2. Black Moscow
bukalapak.com

Jenis ikan guppy selanjutnya masih berasal dari kota Moscow, Rusia. Moscow merupakan kota yang menghasilkan guppy yang terkenal dan memiliki keindahan yang eksotis. Kelebihan guppy dari Moscow adalah keindahan warna yang gelap dan pekat, sama seperti guppy jenis sebelumnya.

Menggunakan ikan hias kecil yang memiliki warna pekat adalah salah satu kombinasi warna alternatif yang bisa memberikan warna akuarium yang indah. Bagi Sedulur yang menginginkan ikan hias yang menarik, Sedulur bisa membeli guppy dari Moscow satu ini. Terutama jika interior rumah Sedulur juga memiliki warna pekat.

Baca Juga: 12 Jenis Ikan Cupang Tercantik yang Bisa Dipelihara di Rumah

3. Blue Japan

3. Blue Japan
jw-guppy.com

Jenis ikan guppy selanjutnya adalah Blue Japan, salah satu jenis guppy yang berasal dari negeri matahari terbit ini memiliki warna yang indah, cerah dan bentuk ekor yang indah. Terkenal dengan warna biru muda yang terang, para kolektor ikan hias pasti wajib memiliki jenis guppy saat ini.

Jepang juga merupakan negara yang menghasilkan ikan hias yang sangat terkenal dengan membawa keberuntungan, yaitu ikan koi. Kebiasaan dan tradisi di Jepang dalam memelihara ikan hias menghasilkan beberapa ikan hias terbaik yang bisa dipelihara. Salah satunya adalah Blue Japan satu ini.

4. Metal Lace Thailand

4. Metal Lace Thailand
tokopedia.com

Bentuk unik dari ikan hias satu ini juga menjadi keindahan itu sendiri. Berbeda dengan motif ikan hias guppy lainnya yang mengandalkan keindahan warna, ikan hias guppy satu ini mengandalkan pola dan warna yang indah. Bukan hanya sekedar mengandalkan warna saja.

Metal Lace Thailand merupakan ikan hias guppy yang berasal dari Thailand yang terkenal dengan warna putih terang dengan pola bergaris-garis padat yang membuat tampilannya sangat menarik dibandingkan ikan hias guppy lainnya. Pola unik garis-garis padat tersebut yang membuat daya tarik utama Metal Lace Thailand satu ini.

5. Red Mozaic

5. Red Mozaic
kaskus.co.id

Salah satu jenis ikan guppy yang banyak ditemui di Indonesia adalah Red Mozaic. Berbeda dengan jenis ikan hias guppy lainnya, ikan Red Mozaic menjadi ikan hias guppy kebanggaan Indonesia dan ikan hias lokal yang menjadi andalan. Ciri khasnya terdapat pada warna dan coraknya.

Ciri khas ikan hias guppy red mozaic adalah warna merah pada ekor yang memiliki corak hias bintik-bintik yang menimbulkan kesan eksotis dan menarik. Salah satu jenis ikan hias lokal satu ini menjadi andalan para pecinta ikan hias di Indonesia. Terutama pecinta ikan hias guppy yang ada di Indonesia.

6. Super Red Singapore

6. Super Red Singapore
tokopedia.com

Salah satu jenis ikan guppy yang berasal dari negara tetangga, yaitu Singapura. Jenis ikan hias guppy satu ini merupakan ikan hias yang tidak sulit untuk dikenali, karena memiki warna yang sangat mencolok. Hal tersebut juga yang membuatnya mendapatkan nama Super Red Singapore. Karena warna merahnya yang sangat kuat.

Karakteristik utama dari jenis ikan hias guppy satu ini karena warna merahnya yang sangat kuat dan khas. Seluruh badan dari ikan hias guppy ini dipenuhi oleh warna merah. Bahkan hingga ke sirip dan ekornya yang menjuntai. Warna merah yang pekat tersebut yang menjadikan kolektor ikan hias ingin memilikinya.

7. Guppy Cobra

7. Guppy Cobra
epond.eu

Diberi nama Cobra, karena ikan hias guppy satu ini memiliki pola dan corak warna pada kulitnya seperti sisik ular cobra. Dengan kombinasi warna hitam, putih, kuning kehijauan yang membuat ikan ini memiliki bentuk seperti ular cobra. Seperti yang Sedulur ketahui, pola sisik ular sendiri merupakan bahan yang sangat mahal.

Banyak yang rela merogoh kocek lebih dalam untuk dapat memiliki barang yang terbuat dari kulit ular. Hal tersebut juga yang menjadi daya tarik utama dari jenis ikan hias guppy satu ini. Karena polanya yang sangat menarik seperti kulit ular, menjadikan ikan hias guppy satu ini sangat eksotis.

8. Guppy Tuxedo

8. Guppy Tuxedo
indiamart.com

Keunikan dari ikan hias guppy satu ini adalah warna dan pola corak yang menarik. Para kolektor dan pecinta ikan hias pasti menargetkan ikan hias guppy jenis ini untuk dipelihara. Memiliki ciri khas warna putih pada bagian sirip dan dan ekor dan juga warna hitam pada setengah bagian tubuh, membuat ikan hias guppy tuxedo ini sangat khas.

Seolah seperti mengenakan tuxedo, komposisi warna ikan tuxedo ini menjadikannya sangat disukai oleh para kolektor ikan hias. Atau pun setiap orang yang menyukai ikan hias sebagai bagian dari dekorasi rumahnya. Sedulur juga wajib memiliki ikan hias guppy tuxedo satu ini.

9. Platinum Half-Moon

9. Platinum Half-Moon
infoikan.com

Jenis ikan hias guppy terpopuler dan banyak diminati oleh setiap kolektor selanjutnya adalah platinum half-moon. Selain itu, memelihara ikan hias satu ini juga bisa dijadikan investasi, hal tersebut dikarenakan harganya yang sangat mahal, bisa sangat menguntungkan untuk dijadikan investasi.

Memiliki warna putih keperakkan yang memenuhi seluruh tubuhnya, termasuk bagian sirip dan ekor yang sangat lebar dan menjuntai, menjadikan ikan hias ini sangat indah untuk dipelihara.

10. Metal Yellow Lace

10. Metal Yellow Lace
pinterest.com

Salah satu jenis ikan hias guppy selanjutnya adalah metal yellow lace, memiliki karakteristik warna seperti ikan hias metal lace dari Thailand, namun perbedaan mencolok terletak pada pola warna di bagian ekor dan sirip ikan yang terdapat sedikit warna kuning yang agak mencolok.

Ikan hias guppy jenis ini juga merupakan salah satu ikan hias yang sangat mahal dan Sedulur yang memeliharanya akan merasakan kekaguman dengan bentuk dan kecantikan yang dihasilkan. Sedulur bisa mendapatkan kebanggaan tersendiri dengan memelihara ikan hias satu ini.

11. Blue Grass

11. Blue Grass
bestbuds.fun

Jenis ikan hias guppy selanjutnya bernama blue grass. Keindahan dan ciri khas utama dari jenis ikan hias satu ini adalah warna biru cerah yang memiliki pola titik-titik hita pada bagian ekor dan bagian sirinya. Salah satu jenis ikan hias guppy yang memiliki harga yang sangat mahal, dan juga bisa Sedulur jadikan sebagai bagian dari investasi dalam dunia ikan hias.

12. Cherry Grass

12. Cherry Grass
shopee.co.id

Jenis ikan hias guppy satu ini memiliki harga hingga ratusan ribu untuk satu ekornya. Mungkin bagi sebagian orang, harga tersebut akan sangat tidak masuk akal, namun melihat corak warna dan pola yang dimiliki ikan hias guppy satu ini, hal tersebut menjadi sangat wajar.

Karena ikan hias satu ini memiliki warna yang sangat unik, berbeda dengan jenis ikan hias lainnya. Corak warna pink pada tubuh dan bagian ekor yang memiliki warna-warna cerah membuat ikan hias cherry grass sangat unik dan bisa memberikan kesan yang sangat ceria.

13. Young Pair Champion Purple

13. Young Pair Champion Purple
tokopedia.com

Melihat dari namanya saja, ikan hias guppy satu ini sudah terlihat sebagai jawaranya. Hal tersebut tidaklah berlebihan, karena ikan hias guppy satu ini merupakan salah satu ikan hias dengan harga yang mahal. Hal tersebut disebabkan oleh gradasi warna biru keunguan di bagian kepala yang lebih terang, dan semakin menggelap pada bagian ekor. Untuk satu ekor ikan hias guppy young pair champion purple ini bisa mencapai hingga jutaan rupiah.

14. Red Blonde

14. Red Blonde
pinterest.com

Jenis ikan guppy selanjutnya memiliki sentuhan warna merah pirang. Salah satu jenis ikan hias guppy yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Ekor dari red blonde terlihat berwarna kemerahan namun tubuh dan warna putihnya yang memiliki warna belang akan menimbulkan kontras secara keseluruhan. Hal tersebut yang menjadi daya tarik tersendiri dari jenis ikan hias guppy satu ini.

15. Platinum Crown Tail

15. Platinum Crown Tail
pinterest.com

Keunikan dari ikan guppy satu ini bukan terletak pada warna dan pola corak yang terdapat pada tubuhnya. Namun terletak pada bentuk ekor dan sirip dari ikan hias guppy satu ini. Memiliki bentuk ekor dan sirip yang berbentuk putus-putus layaknya sisir, hal tersebut juga yang membuat ikan hias guppy satu ini diberi nama crown tail. Hal tersebut yang membuat ikan hias satu ini menjadi buruan para kolektor ikan hias.

Semoga daftar jenis ikan guppy di atas bisa menambah pengetahuan bagi Sedulur yang akan memulai untuk mengoleksi ikan hias. Jangan lupa untuk mengumpulkan uang terlebih dahulu agar Sedulur bisa membeli ikan hias dalam jumlah yang banyak. Sedulur memerlukan uang yang cukup agar bisa memelihara dan merawat ikan hias.

Sedulur bisa secara perlahan mengumpulkan uang dari sisa uang belanja kebutuhan sehari-hari. Serahkan urusan kebutuhan sehari-hari pada Aplikasi Super. Tersedia lengkap barang kebutuhan sehari-hari dengan harga yang super murah. Sisa uang belanja bisa Sedulur simpan untuk membeli ikan hias.

Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super terlebih dahulu, terutama bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super di smartphone Sedulur. Gunakan Aplikasi Super untuk kemudahan hidup Sedulur. Selamat mencoba!