daun ketapang

Berbagai manfaat dan kegunaan daun ketapang untuk cupang dan jenis ikan lainnya. Bisa membantu kelangsungan hidup spesies air ini!

Pohon yang kerap dijumpai sebagai peneduh pada taman dan pinggir jalan ini adalah pohon daun ketapang. Pohon rindang yang berbentuk bertingkat ini memiliki daun yang banyak khasiatnya. Melawan diabetes, mengobati kanker, serta membantu mengobati hepatitis adalah beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh manusia.

Selain pada manusia, tanaman ini juga bermanfaat untuk ikan, khususnya cupang. Jika Sedulur memelihara ikan cupang di rumah, pasti tidak asing dengan daun ini. Lalu, apa saja manfaat daun ketapang untuk ikan cupang? Simak rangkumannya di bawah ini.

BACA JUGA: 7 Jenis Ikan Cupang Termahal untuk Dipelihara, Tembus 25 Juta!

1. Daun ketapang sebagai lokasi untuk bertelur ikan cupang

pohon daun ketapang
petpintar

Manfaat daun ketapang untuk ikan cupang yang pertama adalah untuk lokasi bertelur. Lebih tepatnya, daun ini adalah spot cupang melepaskan telurnya. Seperti kebanyakan ikan yang melepaskan telurnya di atas ataupun di bawah daun yang gugur, ikan cupang pun melakukan hal yang sama. Gunanya adalah agar predator tidak mengetahui dan memakan telurnya.

Daun ketapang juga memiliki khasiat untuk menurunkan pH yang tepat untuk bertelur. Bahkan setelah telur ikan cupang sudah menetas, bayi ikan tersebut dipindahkan ke dalam akuarium bagi pemeliharanya. Ini karena bayi ikan akan merasa aman dan menjadikan daun itu sebagai tempat bersembunyi.

2. Memperkuat serta mempercantik sirip ikan

daun ketapang untuk cupang
kompas

Efek samping daun ketapang untuk ikan cupang adalah menjadi semakin cantik dan kuat terutama bagian siripnya. Bagi Sedulur yang memelihara ikan cupang, tentunya keindahan ikan cupang itu sendiri terletak utamanya adalah pada sirip sebagai mahkotanya.

Tentunya itu menjadi hal yang sangat diperhatikan bagi Sedulur semuanya. Selain itu, daun ini juga bisa berkhasiat menyembuhkan jamur dan bakteri yang bisa menyebabkan membusuknya sirip ikan.

3. Mencegah stres

efek samping daun ketapang untuk ikan cupang
bisaternak

Manfaat selanjutnya adalah untuk mencegah stres. Seperti halnya dengan manusia, ikan cupang juga bisa stres, lho. Kemunculan ini bisa diakibatkan dari adanya pH air yang kurang ideal dan  suhu atau tata letak akuarium yang kurang cocok. Daun ketapang bisa menjadi alternatif untuk menstabilkan pH air dalam akuarium. Selain itu, warna ikan cupang menjadi lebih cerah berseri.

4. Mengobati luka

daun dari pohon ketapang
kompas

Selain untuk mencegah stres, manfaat lainnya adalah mengobati luka terutama pada bagian sisik. Luka yang timbul pada ikan cupang yang diakibatkan dari perkelahian atau lecet bisa terobati dengan memberikan daun ini. Proses penyembuhan pada ikan cupang diklaim bisa dipercepat jika diberikan daun dari pohon ketapang ini. 

BACA JUGA: Ternyata Ini Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan, Wajib Tahu!

5. Menstabilkan air

daun pohon ketapang
berkeluarga

Menstabilkan air agar pH nya menjadi ideal adalah salah satu khasiat daun ini untuk cupang. Air untuk memelihara ikan cupang yang paling ideal adalah ber-pH 6,27. Sedangkan air yang dipakai biasanya pH nya lebih besar. Maka dari itu, tambahkan daun pohon ketapang pada akuarium tempat ikan cupang agar pH menjadi stabil. Ciri-ciri daun ketapang untuk ikan cupang adalah berbentuk oval, memanjang, serta berwarna muda dan segar.

Demikian penjelasan mengenai beberapa manfaatnya untuk ikan cupang yang bisa Sedulur praktekkan bila memelihara ikan hias ini. Bila sulit untuk menemukan daun ini, ada juga daun lain sebagai pengganti daun ketapang untuk ikan cupang ada daun jati kering yang bisa berkhasiat untuk membersihkan bakteri pada akuariumnya.

Supaya hobi yang sedang dijalani yaitu memelihara ikan cupang tetap bisa ditekuni dengan giat, Sedulur bisa menyerahkan kebutuhan belanja sehari-hari dengan menggunakan Aplikasi Super. Banyak sekali pilihan kebutuhan sehari-hari yang bisa dibeli dengan mudah mulai dari beras, minyak, kopi, camilan, dan berbagai produk esensiallainnya. Segera unduh dan belanja, ya!