Salah satu ras kucing tertua dan memiliki sifat pendiam serta tenang adalah british shorthair. Kucing ini memiliki bentuk muka yang bulat dan pipi menggembung yang menggemaskan. Tak heran, banyak orang ingin memeliharanya meskipun harga kucing british shorthair termasuk lumayan menguras kantong. 

Meskipun harganya mahal, namun ternyata cara untuk merawatnya cukup mudah, lho. Untuk merawatnya, caranya hampir sama dengan merawat ras kucing lainnya. Bentuknya yang gagah dengan mata yang bulat membuat kucing ras yang satu ini semakin diminati oleh orang-orang. Apa saja fakta serta harga kucing british shorthair yang harus Sedulur ketahui sebelum memutuskan untuk membelinya? Simak rangkumannya disini, ya!

BACA JUGA: Ini Ciri Ciri Kucing Hamil Lengkap Dengan Cara Merawatnya!

1. Sejarah kucing british shorthair

harga kucing british shorthair
pixabay

Dikenal sebagai salah satu ras kucing yang berumur panjang serta gagah dan kuat, ras kucing ini berasal dari Inggris, sesuai dengan namanya. Sebelumnya, kucing ini dikenal sebagai kucing pemburu hama pada sektor pertanian yang mulai menjamur di Inggris. Selain memburu hama, ia juga dikenal sebagai penjaga hasil pertanian pada bangsa Romawi. Semenjak saat itu, populasi mereka berkembang sangat banyak dan cepat. 

Kucing yang dikenal dengan sebutan BSH ini merupakan versi lain dari kucing domestik khas Inggris yang memiliki garis keturunan cukup baik. Salah satu ras kucing tertua di dunia ini dulunya hidup liar dan mencari makan sendiri untuk bertahan hidup. Diduga, BSH adalah salah satu ras kucing saat bangsa Romawi menyerang Inggris Raya pada abad pertama masehi.

Kemudian, pada sekitar tahun 1800 an, para pecinta binatang di Inggris mulai mengetahui bahwa ras ini nampak indah dan menawan serta memiliki kelakuan yang cukup unik. Sejak saat itu, banyak orang mulai memelihara kucing ini di rumah. Pada akhir tahun 1970 an, BSH memiliki pengakuan resmi dari dua asosiasi kucing secara bersamaan, yaitu CFA (Cat Fanciers’ Association) dan TICA (The International Cat Association). Semenjak itulah kucing british shorthair harganya menjadi semakin naik karena mulai digemari di seluruh dunia.

2. Karakteristik kucing british shorthair

harga kucing british shorthair
pixabay

Kepribadian serta karakteristik dari salah satu ras kucing tertua ini perlu Sedulur ketahui sebelum memutuskan untuk membelinya. Kucing ini memiliki postur tubuh yang kuat dan besar dibandingkan jenis kucing ras lainnya. Hal ini dikarenakan pada zaman dahulu BSH dikenal sebagai kucing pekerja dan tugasnya adalah untuk menjaga serta memburu hama pertanian pada zaman Romawi. Maka dari itu, bentuk ukuran tubuhnya cenderung besar dan serta kuat. Beberapa karakteristik perlu Sedulur pahami sebelum mengetahui harga kucing british longhair dan shorthair. Berikut adalah rangkumannya:

  • Memiliki bentuk pipi dan kepala yang bulat. Bentuk badannya lurus dan lebar, serta hidungnya pesek. Pada bagian dagu tidak memiliki lekukan seperti ras kucing yang lainnya.
  • Memiliki berat badan kurang lebih sekitar 4-8 kg dengan bagian pinggul dan bahu cenderung besar. Ukuran tubuhnya pun memiliki berbagai macam ukuran, mulai dari sedang hingga besar. Postur tubuhnya pendek serta pada bagian dada memiliki otot.
  • Ukuran tubuh BSH yang jantan cenderung lebih besar daripada betina. BSH jantan memiliki kisaran berat badan 10 kg, sedangkan betina ukuran tubuhnya sekitar 5-7 kg.
  • Mempunyai bentuk mata besar dan bulat dengan warna mata perak, emas, biru, sampai berwarna beda atau odd-eye. Warna mata yang banyak diminati dan dijumpai oleh masyarakat pecinta kucing adalah warna emas. 
  • Bagian ujung telinga melengkung serta ukurannya sedan dengan bentuk lebar pada bagian bawah.
  • Tidak hanya polos, ada beberapa jenis motif pada bulu kucing BSH. motif tersebut diantaranya adalah tortoiseshell, colourprint, tabby, serta bicolour.
  • Sifat dari kucing British Shorthair ini adalah suka bergaul, ramah, serta tenang. Kucing ini juga memiliki kepribadian yang manis serta setia. Sehingga, ia bisa dipelihara bersama hewan lainnya dengan aman.

BACA JUGA: Ini 6 Ciri Ciri Kucing Cacingan, Penyebab & Cara Mengobatinya

3. Fakta unik

pixabay

Ada beberapa fakta unik yang bisa Sedulur ketahui dari ras kucing british shorthair ini yang dapat disimak berikut ini:

Memiliki banyak warna

Banyak orang menyebut bahwa BSH hanya memiliki satu warna saja, yaitu abu-abu dengan bulu yang pendek. Namun, sebenarnya kucing ini memiliki banyak varian warna lainnya seperti keemasan, hitam, putih, colorpoint, dan cream. Kucing ini juga memiliki tekstur bulu yang halus dan juga terlihat seperti bertumpuk.

Merupakan jenis kucing tertua

Menurut sejarahnya, kucing ini sudah ada semenjak sekitar 2000 tahun yang lalu, sejak abad pertama. BSH juga merupakan salah satu jenis kucing tertua yang ditemui selain anggora.Kucing yang memiliki julukan kucing boneka ini juga memiliki temperamen yang sangat tenang dan kalem.

Rentan mengalami obesitas

Jika Sedulur memiliki kucing ini, harus sering untuk diajak bermain diluar. Hal ini dikarenakan BSH memiliki sifat yang kalem dan tenang, sehingga rentan terkena obesitas. Dengan sifatnya yang kalem, maka kucing ini malas untuk melakukan aktivitas dan cenderung hanya diam di satu tempat saja.

Umurnya panjang

Tingkat kesehatan dari kucing ras mirip boneka ini cukup tinggi, maka dari itu cenderung memiliki umur yang panjang. Umur mereka rata-rata bisa mencapai 14-20 tahun. Bahkan, ada juga kucing yang umurnya diatas 20 tahun, tergantung bagaimana kita merawatnya.

Menjadi peliharaan yang ideal

Dengan sifatnya yang kalem, sehat, tidak suka mencari masalah, serta berumur panjang, membuat kucing ini menjadi kucing keluarga ideal yang bisa Sedulur pelihara. Meskipun harga anakan kucing british shorthair saja cenderung tinggi, namun hal itu sebanding dengan semua yang didapatkan.

Sempat hampir mengalami kepunahan

Ternyata, kucing ini sempat terancam punah pada sekitar tahun 1890 karena efek dari perang dunia pertama dan kedua. Namun, sekarang peranakannya sudah dijaga dan dikembangkan dengan baik sehingga terhindar dari kepunahan.

Mirip Scottish Fold

Jika dilihat dari bentuk kepala, ketebalan bulu, serta warnanya, sekilas BSH mirip dengan kucing ras jenis Scottish Fold. Kucing kaki pendek ini hanya memiliki perbedaan yang terletak pada telinganya. Untuk BSH, telinganya tegak seperti kebanyakan ras kucing lain. Sementara, Scottish Fold memiliki telinga unik karena terlipat.

Tidak hanya berbulu pendek

Karena namanya “shorthair”, orang-orang mengira bahwa kucing ini hanya memiliki varian bulu pendek saja. Nyatanya, ada juga varian bulu panjang atau long hair. Kucing yang berbulu panjang ini merupakan hasil perkawinan silang antara ras kucing persia dengan BSH.

4. Cara merawat

pixabay

Sama seperti kucing lainnya, ras kucing yang mirip dengan boneka ini dikenal sebagai hewan yang mudah dirawat dan sehat. Namun, kita harus tetap memperhatikan dan mengetahui bagaimana cara merawatnya dengan baik agar tidak gampang sakit dan berumur panjang. Berikut adalah beberapa caranya:

Perhatikan pola makanannya

Pola makan dari BSH perlu diperhatikan karena ia rentan mengalami kelebihan berat badan. Sama seperti jenis lainnya, BSH memerlukan asupan protein dan lemak yang tinggi. Pemberian nutrisi karbohidrat tidak akan memberikan manfaat apapun kecuali membuat berat badannya naik. British Shorthair boleh memakan ayam, sapi, atau kalkun serta menghindari makanan yang cenderung asin karena memiliki berbagai dampak buruk bagi kesehatan. Pemberian udang atau ikan boleh dilakukan, namun dibatasi hanya maksimal dua kali dalam seminggu saja.

Ajak bermain lebih sering

Karena termasuk kucing yang tenang dan cenderung memiliki aktivitas yang rendah, maka BSH rentan terkena penyakit obesitas. Untuk menghindarinya, pemilik harus sering mengajaknya bermain agar menjaga berat badan tetap seimbang. Beberapa mainan yang bisa menjadi opsi adalah teaser toys, laser pointer, serta permainan lempar tangkap.

Sisir bulunya secara teratur

Meskipun bulunya kebanyakan pendek, namun Sedulur harus tetap menyisir dan menyikatnya secara teratur. Sedulur perlu menyikatnya minimal satu kali dalam seminggu. Terutama pada kucing yang bulunya rontok, Sedulur harus lebih sering menyisirnya. Harga kucing british shorthair golden atau biasa yang tinggi tidak membuat bulunya jarang rontok. Justru, Sedulur harus lebih ekstra lagi untuk merawatnya. Selain mencegah kerontokan, menyisir bulu secara teratur juga bisa mencegah bulu yang masuk ke dalam mulut ketika kucing membersihkan badan sendiri dengan cara menjilatnya.

BACA JUGA: 6 Pilihan Obat Cacing Kucing Bagus, Ampuh & Cara Pakainya

5. Harga kucing british shorthair

pixabay

Setelah memahami karakteristik, sejarah, kepribadian, serta cara merawatnya, maka terakhir adalah mengetahui kisaran harga dari BSH. Kisaran tersebut tergantung dengan umur, jenis, ataupun ukuran yang dimiliki oleh kucing. Misalnya, harga kucing munchkin british shorthair 3 bulan yang merupakan ras campuran adalah sekitar Rp7.200.000. Untuk mengetahui selengkapnya, berikut adalah rinciannya:

  • British Shorthair mix Persian berusia 2 bulan sekitar Rp 850.000
  • British Shorthair jantan (1 tahun) sekitar Rp 3.500.000
  • British Shorthair betina (1 tahun)sekitar : Rp 7.200.000
  • British Shorthair asli (6 bulan) sekitar Rp 15.000.000
  • British Shorthair dua warna (2 bulan) sekitar Rp 17.000.000
  • British Shorthair jantan ped ICA (4 bulan) sekitar Rp 18.000.000
  • British Shorthair anakan (2-3 bulan) sekitar Rp 20.000.000 – Rp 25.000.000
  • British Shorthair (6 – 8 bulan) sekitar Rp 28.000.000 – Rp 30.000.000

Nah, itu dia beberapa informasi yang dapat Sedulur pahami mulai dari sejarah, karakteristik, cara merawat, fakta unik, serta harga kucing british. Memelihara kucing di rumah bisa menjadi salah satu opsi untuk menghilangkan stress serta melatih kesabaran seseorang. Selain itu, kucing bisa menjadi teman untuk mengatasi rasa sepi. Bagaimana, tertarik untuk memelihara ras yang mirip boneka ini?