ciri ciri kucing cacingan

Ketika memelihara hewan di rumah, tentu saja kesehatan dan kesejahteraannya juga perlu diperhatikan. Sama halnya seperti manusia, ternyata kucing juga bisa terserang parasit atau cacingan, lho. Ada beberapa ciri ciri kucing cacingan yang bisa dilihat dengan mata telanjang. Mulai dari tanda secara fisik sampai dengan perubahan dalam perilakunya.

Ciri-ciri kucing cacingan pun berbeda-beda, tergantung dari jumlah cacing atau parasit yang ada di dalam tubuh si kucing. Oleh karena itu, langsung saja berikut ini beberapa tanda jika kucing Sedulur sedang terserang parasit atau cacingan.

BACA JUGA: Ini Penyebab Kucing Muntah Kuning dan Cara Mengobatinya

1. Kondisi mata tidak bagus

ciri ciri kucing cacingan
pexels

Tanda yang pertama bisa dilihat dari matanya. Jadi mata kucing cacingan itu terlihat tidak bening, bulat sempurna, dan mengilap. Intinya, mata dari kucing tersebut tidak seperti biasanya atau dalam keadaan sehat.

-->

Pada saat terserang parasit atau cacing, mata kucing akan terlihat seperti sayu. Selain itu, mata kucing juga lebih sering mengeluarkan cairan dan juga muncul selaput. Jadi apabila mata dari kucing Sedulur mengalami beberapa gejala tersebut, maka bisa diindikasikan sedang mengalami cacingan.

2. Bulu terlihat kusam

ciri ciri kucing cacingan
pexels

Ciri kucing cacingan yang kedua bisa diperhatikan dari perubahan pada bulu. Saat terserang parasit, maka bulu dari si kucing akan terasa lebih kasar dari biasanya. Selain itu, warna bulu tersebut juga terlihat lebih kusam.

Hal ini bisa terjadi karena kucing Sedulur mengalami dehidrasi dan tidak bisa menyerap nutrisi dengan baik karena sudah terinfeksi oleh cacing. Ketika kucing mengalami masalah ini, maka bulu kucing tidak akan terlihat berkilau seperti saat sehat walaupun sudah diberi makanan khusus yang baik untuk bulu kucing.

3. Selera makan menurun

ciri ciri
pexels

Ciri ciri anak kucing cacingan juga bisa dilihat dari perubahan sikapnya. Seekor kucing yang sedang cacingan, tidak akan memiliki selera makan yang baik. Kandungan cacing yang tinggi di dalam perut kucing dapat membuat selera makannya menghilang.

Untuk mengetes hal ini, Sedulur bisa melihat makanan yang tersisa di tempat makan kucing. Jika biasanya dia sanggup menghabiskan porsi makanan yang kamu beri, maka kali ini tidak. Lebih parahnya lagi, cacingan ini juga membuat perut kucing jadi sakit, radang selaput usus, hingga ruangan dalam usus yang telah dikuasai oleh cacing-cacing yang ada di dalam perutnya.

BACA JUGA: 12 Makanan Kucing Persia Untuk Kesehatan & Perawatan Bulu

4. Berat badan turun dan perutnya besar

ciri anak kucing cacingan
pexels

Akibat dari selera makan kucing yang menurun, kucing yang memiliki masalah cacingan ini berat badannya juga akan menurun. Si kucing memang tetap akan memakan makanan yang Sedulur berikan. Namun semua nutrisi yang terkandung dalam makanan tersebut diserap atau direbut oleh cacing dalam perutnya.

Meskipun begitu, pada beberapa kasus perut dari si kucing akan terlihat buncit. Perlu untuk diingat bahwa yang buncit itu hanya perutnya saja. Jadi bentuk tubuh dari si kucing jadi terlihat aneh.

5. Sering muntah

obat kucing cacingan secara alami
jenis

Bisa dibilang jika kucing muntah itu biasa. Jika terlalu sering muntah, berarti ada sesuatu yang tidak beres di dalam tubuh dari kucing tersebut. Kucing muntah biasanya akan mengeluarkan racun dan zat-zat dari makanan yang tidak bisa diterima tubuhnya.

Selain itu, kucing juga bisa muntah karena terserah penyakit, salah satunya cacingan. Sedulur bisa melihat pada muntahan si kucing. Terkadang cacing-cacing kecil juga akan turut keluar melalui muntahan tersebut.

6. Terdapat cacing di feses

mengatasi kucing cacingan
pexels

Ciri anak kucing cacingan yang terakhir, bisa Sedulur lihat dari feses atau kotorannya. Kucing yang sedang cacingan, feses yang dikeluarkan biasanya warnanya gelap dan ada cacing-cacing kecilnya. Itu menandakan jika mereka telah kehilangan darah di bagian dinding usus yang menjadi sarang cacing.

Ketika kucing mengalami diare, bisa saja hal itu karena cacing menggangu pencernaan dan mengambil alih ruang di dalam usus kucing tersebut. Jika hal ini terjadi, Sedulur harus segera mengatasi kucing cacingan tersebut karena bisa berbahaya bagi kehidupan si kucing.

Apakah kucing cacingan bisa sembuh sendiri? Banyak yang meyakini jika penyakit tersebut bisa sembuh sendiri, namun ternyata itu tidak benar. Jadi jika kucing Sedulur cacingan, segeralah berikan obat yang tepat atau langsung bawa ke dokter hewan.

Jika merasa takut untuk memberikan obat-obatan kimia, maka Sedulur bisa memberikan obat kucing cacingan secara alami seperti minyak kelapa, minyak jarak, buah kelapa, biji labu, dan juga kunyit. Silakan berikan obat yang Sedulur kehendaki, namun yang paling penting penyakit tersebut jangan dibiarkan saja.