fungsi rangka

Rangka manusia merupakan bagian yang sangat penting untuk tubuh. Hal ini tak lepas dari fungsi rangka yang berguna untuk membentuk, menegakkan, dan melindungi organ dalam tubuh. Bahkan, rangka menjadi tempat otot dan sel-sel kehidupan manusia bisa berkembang.

Berdasarkan sejumlah penelitian dan pengamatan para ahli anatomi, setidaknya ada 8 fungsi tulang yang sangat penting bagi seorang manusia. Dimana rangka membuat seseorang bisa melakukan aktivitas sehari-hari dan tumbuh dewasa.

Kesehatan rangka juga sangat perlu untuk dijaga karena bisa menjaga agar tubuh tetap kuat dan sehat di saat tua kelak. Nah, berikut ini pembahasan tentang fungsi tubuh manusia dan bagaimana cara merawatnya.

BACA JUGA: Fungsi Tulang Hasta dan Tulang Pengumpil serta Fakta Menariknya

Memberikan bentuk tubuh

fungsi rangka
Pexels

Fungsi rangka tubuh yang pertama adalah untuk membentuk dan menegakkan tubuh. Fungsi ini terjadi berkat adanya struktur penyusunan tulang yang sangat kompleks dalam tubuh manusia. Beberapa contoh susunan tulang yang berfungsi menegakkan tubuh adlah tulang kaki dan tulang belakang.

Sementara itu, susunan tulang yang berguna agar bisa membentuk tubuh adalah tulang tangan, tulang dada, tulang kepala dan tulang selangka.

Kesehatan susunan tulang-tulang ini nantinya yang akan menjadi kunci tinggi atau rendahnya postur seseorang. Pembentukan tulang rangka juga sangat dipengaruhi oleh gen dari manusia itu sendiri. Biasanya, gen manusia dari ras mongoloid akan lebih kecil dari gen manusia dari ras Kaukasoid.

Tempat sendi agar bisa bergerak

fungsi rangka
Pexels

Rangka tubuh juga menjadi tempat dimana sendi berada. Hal ini yang membuat rangka memiliki fungsi untuk menopang setiap pergerakan manusia. Biasanya rangka ini disebut dengan rangka apendikular.

Fungsi rangka apendikular sangat penting karena membuat manusia bisa melakukan aktivitas secara dinamis dan fleksibel. Susunan rangka ini terdiri dari tiga bagian yaitu anggota gerak atas, anggota gerak bawah, dan tulang panggul.

Karena fungsinya untuk membantu manusia bergerak, jumlah rangka tulang ini tersusun cukup banyak. Bahkan, dari hasil riset yang dilakukan para ahli, jumlah tulang pembentuk rangka apendikular ada 126 buah.

Berikut ini rincian jumlah tulang apendikular pada tiap bagian tubuh manusia:

  • Bagian tulang dada memiliki 4 tulang
  • Bagian gerak atas meliputi tangan sampai leher terdapat 60 tulang apendikular
  • Bagian tulang panggul terdapat 2 tulang
  • Bagian alat gerak bawah yang meliputi kaki dan pergelangan kaki terdapat 60 tulang

Melindungi organ penting

fungsi rangka
Pexels

Rangka tubuh manusia biasanya tersusun dari jenis tulang keras. Hal ini dikarenakan banyak organ dalam tubuh manusia yang perlu untuk dilindungi. Biasanya tulang kerasi ini memiliki sifat padat dan berbentuk seperti pipa.

Organ tubuh aktif manusia memang banyak yang memiliki sifat lunak dan rawan terkena goncangan. Untuk itu, rangka tubuh ini akan menjadi pelindung agar organ-organ tersebut tidak mudah terkena tekanan dari luar tubuh manusia.

Contoh dari fungsi ini ada pada rangka tulang dada. Susunan tulangnya membantuk sebuah ruangan seperti penjara. Tulang-tulang yang membentuk pun begitu keras dan kuat karena berfungsi untuk melindungi organ seperti paru-paru dan jantung.

Lalu contoh lainnya ada pada tulang tengkorak kepala. Ini menjadi tulang paling keras karena melindungi organ terpenting bagi manusia yaitu otak sampai mata.

BACA JUGA: 8 Fungsi Tulang Paha Untuk Tubuh, Sangat Penting!

Tempat otot melekat

fungsi rangka
Pixabay

Selanjutnya, fungsi rangka adalah untuk menjadi tempat menempelnya otot-otot manusia. Otot sendiri merupakan komponen penting dalam anatomi tubuh manusia. Dimana otot berfungsi untuk mensinergikan gerakan dengan pikiran manusia.

Bila diibaratkan, otot adalah kabel yang membuat pergerakan pada tulang bisa lebih halus dan tidak kaku. Sehingga tidak heran kalau otot dan tulang menjadi kesatuan yang tak bisa dilepaskan.

Otot sendiri memang terdiri dari banyak jenis. Dan yang menempel pada rangka manusia disebut dengan jeringan otot lurik atau otot skeletal. Otot juga menjadi organ yang paling berat di tubuh karena menyumbang 40% dari berat badan manusia.

Dari 4 fungsi rangka manusia di atas, membuat manusia bisa bertahan hidup dan tumbuh. Fungsi rangka ini juga membuat manusia bisa melakukan aktivitas agar bisa bertahan hidup.

Tempat membentuk sel darah

Cek darah
Pexels

Siapa sangka bahwa pembentukan sel darah banyak terjadi di rangka tubuh manusia. Bagian rangka yang menjadi produsen sel darah adalah sumsum tulang yang ada dalam rongga tulang manusia.

Dikutip dari Kompas, tingkat produksi sel darah dari sumsum tulang mencapai 260 miliar sel darah merah dan 135 miliar sel darah putih per hari.

Sel darah merah dan sel darah putih memang menjadi elemen yang sangat penting bagi manusia. Misalnya sel darah merah yang berfungsi sebagai alat untuk menyebarkan nutrisi ke seluruh bagian tubuh. Lalu sel darah putih yang berguna untuk melawan serangan kuman penyakit.

Ada dua bagian rangka yang menjadi sumber produksi sel darah terbesar, yaitu tulang pipa dan tulang paha.

Menyimpan mineral

Fungsi rangka
Total Orthopaedic Care

Setelah mengetahui 5 fungsi rangka bagi tubuh manusia yang utama, ada beberapa fungsi tambahan yang tak kalah penting. Salah satunya adalah fungi rangka untuk menyimpan mineral.

Kebutuhan mineral pada tubuh memang sangat tinggi. Apalagi ketika manusia sedang dalam masa pertumbuhan maka jumlah mineral yang dibutuhkan akan lebih banyak dari pada orang normal dewasa.

Rangka juga menjadi tempat untuk menyimpan mineral. Hal ini dibuktikan dari kandungan 62% tulang tersusun dari garam anorganik seperti kalsium fosfat dan kalsium karbonat.

Jadi tidak heran ketika kita ingin menjaga kesehatan tulang dan rangka tubuh maka diperlukan asupan gizi berupa kalsium.

BACA JUGA: Ini 6 Pilihan Susu Steril Selain Bear Brand untuk Jaga Imun Tubuh

Penghasil sel imun

anatomi manusia
Pexels

Sempat dibahas bahwa fungsi rangka adalah tempat menghasilkan sel darah. Fungsi ini ternyata bisa berpengaruh kebanyak hal terutama kesehatan seseorang.

Hasil produksi sumsum tulang yang membuat miliaran sel darah putih bisa membantu manusia memiliki sistem imun yang baik. Hal ini tak lepas dari fungsi sel darah putih yang menjadi antibodi untuk melawan segala penyakit yang masuk ke tubuh manusia.

Tidak heran orang yang memiliki tulang kuat biasanya juga akan memiliki imunitas yang kuat juga.

Tempat membentuk sumsum kuning

Sumsum kuning
Watauga Orthopaedic

Sumsum kuning adalah tempat untuk menyimpan lemak. Lemak sendiri sangat berguna bagi manusia karena bisa menjadi cadangan makanan disaat kritis.

Siapa sangka keberadaan sumsum kuning ini menempel di rangka manusia dan menyelimuti seluruh tubuh. Jadi bisa disimpulkan bahwa tak hanya sebagai pembentuk tubuh, rangka juga menjadi tempat untuk menyimpan energi.

Cara merawat tulang rangka

Cara merawat badan
Pexels

Merawat tubuh itu sangat dianjurkan oleh semua ahli kesehatan. Apalagi kalau Sedulur ingin memiliki masa tua yang masih bisa aktif dan lincah maka wajib hukumnya menjaga kesehatan rangka tubuh.

Ada beberapa cara merawat tulang rangka agar tubuh tetap bugar di kala tua kelak. Penasaran seperti apa? Berikut ini tipsnya:

  • Banyak konsumsi makanan atau minuman yang banyak mengandung kalsium. Hal ini karena kalsium sangat berpengaruh pada kekuatan tulang dan mencegah pengeroposan tulang secara dini atau osteoporosis. Beberapa makanan dan minuman yang patut dicoba adalah susu, yoghurt, brokoli, tahu dan almond.
  • Banyak minum air putih. Air putih adalah sumber mineral bagi tubuh, jadi tidak heran kalau minum air putih bisa merawat rangka manusia. Selain itu, konsumsi air putih yang cukup akan membantu tubuh untuk melakukan regenerasi sel agar tetap sehat.
  • Konsumsi vitamin D. Khasiat vitamin D untuk tulang dan jaringan tubuh memang sangat baik.
  • Lakukan olahraga secara teratur dan konsisten. Kekuatan tulang juga bisa didapatkan dengan cara melatihnya. Selain itu, melakukan olahraga juga bisa memperkuat otot dan persendian yang berada pada rangka manusia.
  • Jaga berat badan dan hindari tekanan berlebihan pada tulang. Berat badan yang berlebihan bisa membuat tulang menjadi rentan. Selain itu, kebiasaan membawa barang berat juga harus dihindari karena tulang bisa mudah mengalami gangguan atau mengalami kebengkokan.
  • Selalu menjaga kesehatan tulang dengan melakukan aktivitas berjalan setiap hari secara rutin. Hal ini penting karena bila tulang tidak banyak dilatih dalam aktivitas sehari-hari, maka akan mudah terjadi pengendapan dan pengeroposan pada jaringan tulang.

Demikian penjelasan lengkap tulang manusia dan fungsinya. Semoga dengan ulasan di atas, Sedulur bisa semakin mengerti bahwa rangka tubuh manusia adalah salah satu organ penting yang harus dijaga.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.