susu steril selain bear brand

Ada tiga metode yang paling sering dipakai dalam pengolahan susu. Ada pasteurisasi, UHT, dan sterilisasi. Sejauh ini, ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada kepercayaan kalau susu steril memiliki kelebihan dibanding susu yang melalui proses lain. Hal ini membuat salah satu produk susu dengan logo beruang pun diburu warga. Karena hal tersebut, banyak yang ikut penasaran tentang eksistensi susu steril selain Bear Brand.

Apa sih sebenarnya yang dimaksud proses sterilisasi dan adakah susu steril selain Bear Brand di pasaran? Jawabannya bisa Sedulur simak lewat ulasan di bawah.

BACA JUGA: 12 Manfaat Susu Kambing Etawa Untuk Kesehatan Tubuh

Proses pengolahan susu segar 

merk susu steril selain bear brand
Pexels

Susu sapi segar memang kaya akan nutrisi. Namun, produk ini masih mengandung banyak bakteri berbahaya yang bisa menyebabkan penyakit atau masalah pencernaan. Untuk itu, susu segar biasanya diolah dulu dengan melalui proses pemanasan selama beberapa detik hingga menit dengan suhu tertentu. Merujuk pada Encyclopedia of Food Sciences and Nutrition, berikut beberapa metode pengolahan susu dari versi segar atau mentah agar siap dikonsumsi. 

1. Pasteurisasi 

Pasteurisasi adalah proses pemanasan dengan tujuan membunuh bakteri patogen pada susu atau bahan makanan lain. Dengan teknik ini, susu akan dipanaskan dalam suhu kurang dari 100 derajat Celcius. Susu pasteurisasi bisa melalui proses pemanasan dalam suhu 62-63˚ Celcius selama 30 menit, 72-75˚ Celcius dalam 15 detik.

Proses ini tidak akan membunuh semua bakteri, tetapi dipercaya sudah cukup aman untuk dikonsumsi manusia. Karakter tersebut membuat susu pasteurisasi hanya bisa bertahan dalam waktu beberapa hari sampai minggu saja. Namun, nutrisinya masih utuh, hampir sama dengan susu segar. Tak heran jika secara umum harga susu pasteurisasi lebih mahal dibanding susu UHT. 

2. UHT

Susu Ultra High Temperature (UHT) adalah jenis susu komersial yang paling sering kita temui di minimarket atau swalayan. UHT adalah proses pemanasan susu dengan suhu mencapai 130-150˚ Celcius selama beberapa 1-3 detik saja sehingga ia berlabel susu paling higienis dan aman dari bakteri. Rasanya dipercaya akan sedikit berbeda dibanding susu pasteurisasi yang masih terasa mentah, tetapi tidak mencolok.

Konsekuensi dari pemanasan dengan suhu tinggi adalah nutrisi susu bisa berkurang drastis, sehingga umumnya akan dilakukan proses fortifikasi atau penambahan nutrisi. Merujuk pada artikel dari University of Melbourne, kalsium pada susu UHT juga dipercaya lebih sulit diserap tubuh dibanding kalsium pada susu pasteurisasi. Teknik UHT ini akan menghasilkan produk susu yang bisa tahan di suhu ruang selama beberapa bulan. 

3. Sterilisasi 

Susu sterilisasi bisa dibilang adalah kombinasi antara proses pasteurisasi dan UHT. Susu akan dipanaskan dengan suhu 115-120˚ Celcius selama 10-20 menit. Proses pemanasan yang lama ini pula yang membuat susu Bear Brand terkaramelisasi dan berwarna lebih kekuningan dibanding susu yang diolah dengan teknik lainnya.

Teknik sterilisasi mulai ditinggalkan setelah adanya UHT. Namun, masih ada beberapa produsen yang memproduksi susu jenis ini. Setelah melalui salah satu dari ketiga proses di atas, susu bisa pula diolah lagi dengan metode homogenisasi. Tujuannya untuk menghindari terbentuknya gumpalan lemak setelah pengemasan dan penyimpanan.

Bila hendak dihomogenisasi, susu harus berada pada suhu 60-70˚ Celcius dulu. Setelah homogenisasi, susu melalui proses pendinginan hingga suhu 1-2˚ Celcius sebelum akhirnya dikemas. 

BACA JUGA: Susu untuk Tulang Berkalsium Tinggi untuk Atasi Osteoporosis

Karakter susu steril 

karakteristik
Pexels

Susu steril dipercaya memiliki khasiat yang berbeda dibanding susu olahan lainnya. Berikut beberapa manfaat susu Bear Brand yang telah dibuktikan secara ilmiah.

  • Melansir dari G.R. Andrew di International Journal of Dairy Technology, susu steril memiliki kandungan laktulosa yang lebih tinggi dibanding susu UHT dan pasteurisasi. Laktulosa sendiri merupakan zat prebiotik yang memiliki fungsi melancarkan pencernaan. Produk ini biasa ditambahkan pada susu formula untuk menggantikan oligosakarida yang terdapat pada ASI. Laktulosa terbentuk karena proses isomerasi pada laktosa yang ada pada susu yang terjadi saat proses pemanasan. Merujuk pada sumber yang sama, laktulosa hanya ditemukan pada susu steril dan UHT. 
  • Rasa yang lebih kaya dan terasa lebih manis karena pemanasan lama yang menyebabkan susu terkaramelisasi. 
  • Ada banyak orang yang percaya manfaat susu beruang tersebut mencakup zinc dan vitamin D yang lebih tinggi dari jenis susu lain, serta kemampuannya meningkatkan imunitas. Namun, tidak ada klaim langsung yang bisa membuktikannya. Melansir pendapat pakar dari IPB, Dr. Ir. Epi Taufik yang diwawancara Antara, tidak ada perbedaan signifikan dalam kandungan nutrisi susu steril dengan jenis susu lainnya. Susu bukan satu-satunya sumber nutrisi yang bisa meningkatkan imun seseorang. Kita juga perlu mengimbanginya dengan nutrisi dari bahan makanan lain. 

BACA JUGA: Cara Membuat Susu Kurma Legit yang Mudah dan Enak

Merk susu steril selain Bear Brand

Namun, tidak ada salahnya mencoba susu steril di pasaran. Berikut beberapa produk susu steril selain Bear Brand yang bisa Sedulur coba. 

1. Tujuh Kurma 

Tujuh Kurma
Instagram @motoinproductmu

Susu steril Tujuh Kurma merupakan produk dari pabrik makanan Mayora yang sesuai dengan namanya mengandung ekstrak kurma. Ini ditujukan untuk menambah khasiat kesehatan susu sapi yang telah mereka olah dengan teknik sterilisasi. Rasanya tentu lebih manis. Harganya lebih murah dari susu beruang, yaitu sekitar Rp8000-an per kalengnya.  

2. Big Koala 

susu steril selain bear brand Big Koala
Instagram @bigkoala.id

Susu sapi steril selain Bear Brand, bisa pula Sedulur temukan dengan nama Big Koala. Ia merupakan brand lokal asal Bandung yang juga dilirik konsumen. Harganya juga masih di kisaran Rp9000-an per pcs. Mereka memiliki toko resmi di beberapa marketplace dan menjual produk mereka dalam pak berisi  3-30 kaleng per kardus. Mereka mengklaim produknya rendah gula dan sodium, boleh dibuktikan, Sedulur.  

3. Asia Panda

susu steril selain bear brand Asia Panda
Instagram @ohnananaon

Alternatif lainnya adalah susu steril Asia Panda. Ia dibanderol dengan harga ekonomis, cukup Rp7500 per kaleng berisi 200 ml. Brand lokal ini tersedia di berbagai marketplace, minimarket, dan swalayan di seluruh Indonesia. Kemasannya plastik jadi lebih ringan dan mirip produk minuman prebiotik bila dilihat sekilas. 

4. Naraya

Naraya
Instagram @narayaindonesia

Naraya adalah contoh susu steril selain Bear Brand yang dikemas dalam kaleng silinder yang lebih pipih dari kaleng minuman biasa. Produk susu steril mereka dihargai Rp8000-an. Naraya sebenarnya produsen olahan susu baik nabati maupun hewani. Selain susu steril mereka menawarkan susu kedelai dan aneka camilan sehat. 

5. Magnolia 

susu steril selain bear brand Magnolia
fishersupermarket.ph

Magnolia adalah brand yang cukup populer di kawasan Asia Tenggara seperti Singapura, Thailand, dan Filipina. mereka menyediakan susu berkualitas premium, termasuk susu steril hingga susu bebas laktosa yang aman buat orang-orang yang lactose-intolerant. Sayangnya, tak banyak importir yang menawarkannya di tanah air.  

Susu steril, UHT, dan pasteurisasi punya keunggulan dan kelebihan masing-masing. Namun, tidak ada perbedaan signifikan dalam segi nutrisi. Semua jenis susu baik untuk kesehatan, hanya saja Sedulur perlu hati-hati dengan kandungan natrium dan gula di dalamnya.

Pilih yang terendah demi kesehatan. Bila perlu biasakan anak-anak untuk tidak mengonsumsi makanan atau minuman manis dan tinggi garam sejak dini. Rasanya memang tawar di lidah, tapi khasiatnya lebih baik untuk tubuh. Kamu bisa mendapatkan asupan gizi dari susu ini dengan berbelanja di Aplikasi Super. Sudah siap mendapatkan promonya?