Setiap tulang dalam tubuh memiliki fungsi penting, terutama fungsi tulang paha. Tulang paha memiliki fungsi yang sangat penting, salah satunya untuk menopang dan menyangga tubuh agar dapat berdiri tegap. Selain itu, tulang paha juga dapat berperan untuk menggerakan tubuh.

Sehingga, tidak bisa kita pungkiri fungsi tulang paha bagi tubuh kita. Dalam kesempatan kali ini, akan dibahas daftar kegunaan dari tulang paha manusia. Lantas, apa fungsi tulang paha tersebut? Yuk, mari langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini. Pengetahuan dasar ini, penting untuk Sedulur ketahui!

BACA JUGA: Susu untuk Tulang Berkalsium Tinggi untuk Atasi Osteoporosis

1. Untuk menopang badan

1. fungsi tulang paha
pelajaran

Fungsi tulang paha pertama yaitu untuk sebagai penopang tubuh. Tanpa adanya tulang paha, tubuh kita mustahil bisa berdiri tegap dan bergerak. Tulang paha dapat menahan berat tubuh manusia, hal tersebut disebabkan karena tulang paha merupakan tulang yang paling kuat.

-->

Tanpa adanya fungsi tulang paha adalah mustahil tubuh manusia bisa berdiri tegap dan bergerak dengan berjalan. Fungsi ini merupakan fungsi peting dan paling utama yang dibutuhkan untuk tubuh.

2. Melekatnya otot dan pigmen

2. melekatnya otot dan pigmen
merdeka

Untuk menjawab pertanyaan apa fungsi dari tulang paha, jawabannya adalah sebagai tempat melekatnya otot dan pigmen. Terdapat beberapa otot-otot besar yang melekat pada tulang paha, pertama adalah otot origo dan insersio. Otot origo adalah otot yang memiliki pergerakan stabil atau tetap saat dilakukan kontraksi.

Sementara otot origo juga merupakan kumpulan beberapa otot seperti otot gastrocnemius, vastus lateralis, vastus medialis, dan otot vastus intermedius. Terdapat juga otot insersio yang dapat menjaga pergerakan agar tidak tetap atau fleksibel. Otot insersio yang melekat di tulang paha antara lain otot fasciae latae, gluteus medius, gluteus maximus dan otot illopsoas. Maka dari itu  fungsi dari tulang paha sangat penting sekali.

BACA JUGA: 6 Manfaat Ikan Betok Untuk Kesehatan, Baik untuk Tulang

3. Tulang terbesar dan terkuat pada tubuh

fungsi tulang paha
Unsplash

Tulang paha juga merupakan tulang terbesar dan terkuat pada tubuh, oleh karena itu fungsinya sangat penting. Tulang paha juga dapat mendukung berfungsinya tulang kering dan mendukung fungsi tulang betis.  Hal ini menjadi masuk akan kenapa tulang paha merupakan tulang yang paling vital.

Selain itu, tulang paha juga berfungsi sebagai transmisi kekuatan dari tibia ke sendi panggul. Hal ini akan memudahkan kita untuk menggerakan tubuh, terutama saat berjalan dan berlari, juga saat kita melakukan setiap aktivitas olahraga.

4. Dapat membuat sendi Condylar dengan lutut

4. sendi Condylar dengan lutut
alodokter

Selanjutnya adalah fungsi tulang pergelangan kaki yang dapat membuat sendri condylar dengan lutut. Fungsi ini dapat menggulung bersama dengan lutut. Terdapat dua concylus pada bagian ini, yaitu condylud medialis dan condyles lateralis. Fungsi ini sangat penting, terutama agar pergerakan tubuh lentur dan fleksibel.

BACA JUGA: Penyakit Herpes: Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya

5. Tempat melekatnya tempurung lutut

5. fungsi tulang otot
tempo

Tulang paha juga berguna untuk melekatkan tempurung lutut. Sebagaimana yang kita ketahui, fungsi tulang tempurung lutut sangat penting bagi kita saat melakukan pergerakan tubuh. Bukan hanya itu, tempurung lutut juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan saat tulang paha sedang menopang tubuh kita.

6. Penghubung tubuh bagian pinggul dan lutut

6. penghubung tubuh
kompas

Dalam pelajaran terkait fungsi tulang paha kelas 5, diberikan materi pelajaran tentang kegunaan tulang paha sebagai penghubung tubuh bagian pinggul dan lutut. Fungsi ini merupakan fungsi yang paling penting dan vital. Karena jika bagian pinggul dan lutut tidak tersambung mustahil bagi kita untuk berjalan. Maka dari itu, dalam setiap penjelasan fungsi tulang paha brainly, bagian ini tidak akan terlepas untuk dibahas.

BACA JUGA: 9 Penyakit Kulit yang Sering Menyerang & Cara Mengobatinnya

7. Alat gerak manusia bagian bawah

Unsplash

Fungsi tulang paha manusia selanjutnya yaitu sebagai alat gerak bagi manusia bagian bawah. Tanpa adanya tulang paha, manusia mustahil bisa bergerak, terlebih lagi pergerakan manusia yang sangat dipengaruhi oleh tulang bagian bawah. Terutama pergerakan kaki yang sangat dipengaruhi oleh tulang paha.

Fungsi tulang telapak kaki dapat membantu kaki bergerak dengan gerakan lurus dan menekuk ke arah pinggul. Sehingga penting sebagai alat gerak manusia untuk berpindah tempat dan melakukan banyak hal.

8. Tempat memproduksi sel darah merah

8. pembentuk sel darah merah
sehatq

fungsi tulang ini selanjutnya yaitu dapat memproduksi sel darah merah. Meskipun fungsi ini bukan merupakan fungsi utama dari tulang paha itu sendiri. Proses pembentukan sel darah merah terjadi pada tulang sumsum yang berada di tulang pahang. Tepatnya di bagian sumsum merah yang terlekat di antara ronggal-rongga tulang paha.

Setelah mengetahui beberapa fungsi dari tulang paha di atas, Sedulur juga wajib mengetahui apa saja risiko yang akan didapatkan oleh tulang paha. Terutama risiko-risiko penyakit yang biasa menyerang tulang paha. Hal ini penting sebagai tindakan pencegahan. Berikut ini beberapa risiko yang biasa dihadapi oleh tulang paha:

  • Patah tulang: kondisi ini paling umum dan disebabkan ole kecelakaan saat berkendaraan atau aktivitas fisik yang berlebih seperti olahraga.
  • Dislokasi pinggul: dislokasi punggul terjadi ketika kepala tulang paha ditarik menjauh dari acetabulum. Selain itu, kondisi ini sangat sulit dibedakan dengan patah tulang.
  • Penyakit perthes: merupakan penyakit sendi panggul yang langka yang terjadi pada masa kanak-kanak.
  • Anterviersi femoralus: kondisi terpuntirnya tulang paha yang muncul pada masa kanak-kanak. Kondisi ini juga merupakan kondisi langka, yang dialami sebanyak 10 persen.
  • Busitis: terganggunya bursa (kantong kecil berisi cairan yang membantu pergerakan sendi).

Sekian penjelasan terkait beberapa fungsi-fungsi tulang paha. Semoga penjelasan di atas bisa menambah wawasan Sedulur terkait pengetahuan dasar organ tubuh yang kita miliki. Rawat dan jaga dengan baik bagian tubuh kita, termasuk tulang dan otot, agar kita terhindar dari segala risiko penyakit yang dapat menghambat setiap aktivitas kita.