ciri ciri sperma sehat

Sperma merupakan sel yang berfungsi untuk menjaga keberlangsungan hidup manusia. Sel ini dihasilkan saat manusia melakukan proses reproduksi dengan pasangannya. Namun, reproduksi bisa mengalami kegagalan apabila kesehatan sperma tidak terjaga baik. Ciri ciri sperma sehat pun menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh para pria.

Dalam kehidupan sehari-hari, kesehatan sperma biasanya diistalahkan dengan kesuburan. Hal ini bisa dipengaruhi banyak faktor seperti pola makan, gaya hidup, sampai gen.

Bagi Sedulur yang penasaran seperti apa ciri ciri sperma sehat dan bagaimana cara menjaganya? Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: 6 Gaya Hubungan Suami Istri yang Dilarang Agama Islam!

Sperma sehat

Ciri ciri sperma sehat
Steady Health

Apa itu sperma sehat? Sperma sehat adalah sperma yang memiliki kemampuan untuk membuahi sel telur secara maksimal. Banyak ahli menyebut hal ini dengan sperma yang subur.

DIkutip dari Mayo Clinic, sperma yang sehat juga bisa dilihat dari jumlah sel yang dikeluarkan saat air mani keluar dalam proses ejakulasi. Biasanya sel sperma yang harus ada pada sekali ejakulasi mencapai 15 juta sel per mililiter air mani.

Kesehatan sperma sendiri dipengaruhi banyak hal. Namun, salah satu faktor utama yang sangat mempengaruhi kesehatan sperma adalah pola hidup. Kebiasaan hidup sehat konon bisa membuat sperma lebih sehat hingga persentase 80 persen.

Sementara itu, orang-orang yang memiliki kebiasaan hidup tidak sehat seperti suka minuman beralkhohol, merokok, dan tidak suka berolahraga biasanya memiliki kualitas sperma yang tidak begitu baik.

Ciri sperma baik

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan sperma sehat, Sedulur tentu perlu mengetahui apa saja ciri-ciri sperma sehat. Dikutip dari laman Hello Sehat, ada enam ciri sperma sehat yang bisa diketahui seperti berikut ini.

1. Sperma aktif bergerak

Ciri ciri sperma sehat
The Conversation

Ciri sperma sehat yang pertama adalah memiliki pergerakan atau kemampuan motilitas yang baik. Ini menjadi salah satu faktor kunci sebuah sperma bisa membuahi sel telur. Kenapa? Karena sebelum terjadi proses pembuahan sperma harus bisa berenang mencapai dalam rahim perempuan.

Menurut Mayo Clinic, pergerakan sperma yang sehat mempengaruhi 40% keberhasilan kehamilan. Sehingga apabila sperma tidak memiliki kemampuan motilitas yang baik, maka untuk bisa mendapatkan keturunan juga sulit.

Normalnya, sperma mampu bergerak lincah dan berenang melalui serviks, uterus, dan tuba falopi untuk mencapai sel telur.

2. Jumlah sperma banyak

Ciri ciri sperma sehat
Healthline

Cara mengetahui sperma subur dan tidak bisa diketahui dengan kuantitas sel sperma yang dikandung. Hal ini lantaran sperma yang sehat setidaknya memiliki jumlah sel mencapai 15 juta per milimeter air mani.

Banyanya sel sperma yang terkandung dalam air mani akan meningkatkan keberhasilan proses pembuahan dalam rahim perempuan. Jika sperma yang dihasilkan sedikit dari angka di atas, maka proses kehamilan akan cenderung lebih lama dibandingkan orang-orang yang memiliki sperma sehat.

Masalah jumlah sperma ini juga menjadi hal yang cukup krusial. Pada beberapa kasus, seorang pria bisa mengalami gangguan yang diakibatkan gen seperti tidak adanya sel sperma dalam air mani atau biasa disebut dengan istilah azoospermia.

Untuk bisa mendapatkan jumlah sperma yang ideal dan melimpah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yakni mengkonsumsi makanan serta vitamin yang bagus untuk sel reproduksi.

Adapaun makanan untuk sperma sehat bisa berasal dari buah-buahan maupun sayuran seperti berikut.

  • Sperma seorang pria bisa meningkat dan berjumlah banyak ketika mereka rutin mengkonsumsi telur. Apalagi telur merupakan sumber makanan yang kaya akan protein.
  • Bayam kaya akan asam folat. Kandungan tersebut adalah suplemen alami yang membantu meningkatkan jumlah sperma. Manfaat lain dari bayam yakni mengurangi jumlah sperma abnormal dan membuat cairan itu bisa hidup lebih lama untuk bisa sampai ke sel telur.
  • Kandungan vitamin A, B1 dan C yang ada pisang ternyata mampu meningkatkan jumlah produksi sel sperma pada seorang pria. Tak hanya membuat sperma lebih banyak, rutin mengkonsumsi pisang juga membuat sperma kuat dan sehat.

BACA JUGA: Doa Sebelum Berhubungan Lengkap Arab, Latin & Artinya

3. Kemampuan berlikuifikasi

Ciri ciri sperma sehat
Washington Post

Jarang terdengar, likuifikasi juga bisa dijadikan salah stau cara untuk menentukan kualitas sperma yang baik. Likuifikasi merupakan kemampuan sperma yang berubah dari gel menjadi cairan.

Umumnya dalam suhu ruangan, air mani atau sperma dapat mencair dari bentuk kental sekitar 15-20 menit. Sperma yang tidak mencair pada rentang waktu tersebut akan sulit atau tidak dapat berenang menuju sel telur.

Maka dari itu, ciri sperma sehat yang satu sebaiknya tidak diabaikan jika Sedulur ingin membuahi sel telur agar terjadi kehamilan.

4. Warna air mani

Ciri ciri sperma sehat
Gentside

Warna air mani yang keluar saat ejakulasi juga bisa menjadi cara untuk membedakan sperma subur dan tidak. Warna sperma sehat biasanya berwarna putih keabuan. Warna seperti ini menunjukkan kadar sperma yang mencukupi. Sementara ciri sperma tidak sehat adalah warna cairan mani yang cenderung bening seperti air.

5. Kadar pH

Sperma Warna
Parents

Ciri – ciri selanjutnya adalah mengetahui kadar pH juga bis amenjadi tolak ukur dari sperma yang sehat dan juga subur. Sperma berkualitas baik umumnya memiliki kadar pH sekitar 7,2-7,8 alias basa. Kadar pH air mani yang rendah dapat mengindikasikan infeksi pada kesehatan organ pria.

Ciri-ciri sperma tidak sehat bisa dilihat dari rasa atau kadar keasaman air mani yang tinggi. Terlalu asam air mani biasanya membuat sperma tidak bisa bertahan terlalu lama saat proses pembuahan.

6. Kadar mani saat ejakulasi

Penelitian Sperma
Go Medii

Cara membedakan sperma yang subur dan tidak adalah dengan melihat kekentalan air mani Sedulur.

Cairan mani yang tampak encer kemungkinan mengandung sel sperma yang sedikit. Selain itu, air mani juga tidak terlalu lengket. Sebaliknya, sperma yang kental kemungkinan menjadi pertanda jika sperma subur.

Meski begitu, sperma encer tidak bisa menjadi penentu subur tidaknya Sedulur. Pasalnya, tingkat kekentalan sperma bisa berubah karena berbagai faktor, seperti kadar cairan tubuh.

Selain itu, Sedulur dikatakan memiliki sperma yang subur jika mampu menghasilkan sekitar 2-5 ml semen dalam satu kali ejakulasi.

Sebaliknya, jika air mani yang keluar di bawah jumlah normal, besar kemungkinan bahwa Sedulur memiliki masalah kesehatan pada kelenjar prostatnya.

BACA JUGA: Fakta Berhubungan Saat Haid, Ketahui Manfaat, Risiko & Tips

Cara menjaga sperma

Cara menyehatkan sperma
Health Nutritionist

Perubahan gaya hidup dapat membantu Sedulur dalam mendapatkan kualitas sperma yang bagus. Beberapa cara mudah yang bisa dilakukan demi menjaga kualitas sperma, yakni:

  • Menurunkan Berat Badan

Obesitas atau berat badan di atas normal bisa menyebabkan jumlah sperma rendah. Untuk itu, cobalah untuk menerapkan gaya hidup sehat dan atur pola makan, serta rutin berolahraga agar berat badan Sedulur tetap berada di rentang ideal.

  • Perhatikan Asupan Sehari-hari

Cobalah konsumsi makanan yang baik untuk kesuburan pria, misalnya kacang-kacangan, tiram, ikan salmon, bawang putih, dan cokelat hitam.

Jika makanan yang dikonsumsi dirasa tidak mencukupi, Sedulur sebaiknya berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter untuk mengetahui perlu/tidaknya konsumsi suplemen.  Selain itu, Sedulur juga perlu menjauhi narkotika, minuman beralkohol, dan berhenti merokok.

  • Hindari Celana Dalam Ketat

Hindari pakaian atau celana yang terlampau ketat. Pakaian yang ketat akan membuat suhu di sekitar testis menjadi panas dan mengganggu produksi sperma. Lebih baik gunakan pakaian atau celana yang lebih longgar, agar kesehatan organ intim dan saluran sperma lebih terjaga.

  • Kelola Stres dengan Baik

Mengelola stres dengan baik juga merupakan kunci penting untuk memiliki sperma yang sehat. Untuk mengurangi tingkat stres, Sedulur bisa melakukan meditasi, bercerita ke teman yang paling dipercaya, dan berkonsultasi kepada psikolog. Sedulur juga bisa mengurangi rasa penat dengan melakukan aktivitas yang disukai.

  • Olahraga

Cara membuat sperma sehat yang bisa Sedulur lakukan adalah rajin berolahraga. Olahragalah secara teratur, tapi jangan berlebihan. Olahraga mampu memperbaiki kualitas sperma dari segi struktur, kuantitas, dan pergerakan.

Namun tetap perhatikan cara berolahraga yang dilakukan. Selain itu, hindari aktivitas fisik yang berat karena dapat meningkatkan hormon stres dan menurunkan kualitas semen.

  • Hindari rokok dan alkohol

Agar memiliki ciri-ciri sperma yang sehat, cobalah untuk menghindari alkohol yang dapat memengaruhi kesuburan Sedulur. Pasalnya, alkohol dapat memberi pengaruh pada kerja hormon testosteron, sehingga bisa menurunkan kerja sperma.

Selain itu, hindari merokok karena kemungkinan ada dampak merokok terhadap kesuburan. Apalagi ketika Sedulur dan pasangan sedang menjalani promil. Asap rokok dapat memengaruhi keberhasilan program karena kandungan racun di dalamnya.

  • Konsumsi vitamin

Vitamin merupakan mineral yang sangat penting untuk tubuh. Hal ini juga mempengaruhi kesehatan sperma pada seorang pria. Lalu apa saja vitamin untuk sperma sehat? Sedulur bisa mengkonsumsi vitamin C, D, Zinc dan Folat.

Vitamin dan mineral tersebut bisa dihasilkan dari sumber makanan nabati maupun hewani seperti buah-buahan, keju, hati sapi, kuning telur, salmon, tiram, kerang, daging merah, hingga kacang-kacangan.

Sedulur bisa mengkonsumsi vitamin yang sudah diekstrasi atau suplemen kimia. Namun sebaiknya lakukan diskusi dan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Demikian tadi ulasan lengkap tentang ciri-ciri sperma sehat bagi kaum Adam. Mengetahui kesehatan sperma tak hanya penting untuk menjaga kelangsungan keturunan tapi juga membuat Sedulur mengetahui kesehatan tubuh. Sayangnya belum ada penelitian lebih lanjut tentang kualitas sperma terbaik berapa hari sebelum proses pembuahan.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!