Birokrasi adalah

Dalam pemerintahan terdapat satu istilah yang sering kita dengar yaitu birokrasi. Dimana institusi birokrasi adalah ruang operasional negara yang diisi oleh pejabat yang digaji negara. Pejabat tersebut bertugas untuk memberikan nasehat dan juga melaksanakan kebijakan politik. Lalu seperti apa kondisi birokrasi di Indonesia saat ini?

Untuk bisa melihat sebuah birokrasi, Sedulur dapat melihat beberapa perusahaan atau organisasi yang berafiliasi dengan pemerintahan seperti rumah sakit, organisasi politik sekolah, sampai perusahaan pelayanan masyarakat. Agar lebih memahi tentang birokrasi, yuk simak penjelasan mengenai apa itu birokrasi dan contohnya di bawah ini!

BACA JUGA : Interpretasi adalah: Pengertian, Contoh & Jenis-Jenisnya

Birokrasi adalah

birokrasi adalah
Freepik

Birokrasi adalah struktur tatanan organisasi, pembagian kerja atau hierarki yang ada pada lembaga penting untuk melaksanakan tugasnya supaya menjadi lebih teratur. Beberapa contoh dari birokrasi adalah pemerintahan hingga sekolah.

Di Indonesia sendiri terdapat istilah reformasi birokrasi. Reformasi birokrasi adalah upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintah dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik (good governance).

Pengertian birokrasi menurut para ahli

birokrasi adalah
Freepik

Birokrasi sendiri menjadi salah satu pondasi yang penting dalam berjalannya sebuah pemerintahan. Para ahli sosiologi dan politik dari berbagai negara pun sepakat bahwa birokrasi menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan. Agar lebih memahami tentang pengertian birokrasi, berikut definisinya menurut para ahli.

1. Max Weber

Max Weber mengenalkan konsep birokrasi rasional. Menurut Max Weber, birokrasi dibentuk karena negara harus memberi pelayanan terbaik pada masyarakat. Birokrat berperan penting dalam sosial masyarakat.

2. Hegel

Hegel berpendapat bahwa birokrasi adalah suatu institusi yang menduduki posisi organik yang netral dalam struktur sosial. Institusi berfungsi sebagai penghubung antar negara dengan kepentingan umum dan masyarakat sipil.

3. Karl Marx

Mengutip dari unila.ac.id, birokrasi adalah instrumen bagi kelas yang berkuasa sehingga mengeksploitasi kelas sosial lain. Sedangkan menurut pandangan Karl Marx, birokrasi adalah sistem yang dibuat oleh kalangan atas untuk memperdaya kalangan bawah. Hal ini demi mempertahankan dan meningkatkan kesejahteraan mereka.

4. Almond and Powell

Birokrasi pemerintah adalah sekumpulan tugas dan jabatan yang terorganisir. Birokrasi ini berkaitan dengan jenjang kompleks dan tunduh pada perannya

5. Yahya Muhaimim

Menurut pendapat Yahya, birokrasi yaitu keseluruhan aparat pemerintah, baik sipil, militer yang bertugas membantu pemerintah. Aparat ini juga memberi pelayanan publik dan menerima gaji dari pemerintah

BACA JUGA : Legislatif: Pengertian, Tugas, Fungsi dan Contohnya

Tujuan birokrasi

birokrasi adalah
Freepik

Adanya birokrasi tentu memiliki tujuan yang inin dicapai. Berikut tujuan dari birokrasi yang perlu Sedulur ketahui.

  • Menjalankan program atau kegiatan guna tercapainya visi dan misi pemerintahan.
  • Memberikan pelayanan kepada masyarakat dan melakukan pembangunan secara netral dan profesional.
  • Mengaplikasikan seluruh aspek manajemen pemerintahan, mulai dari aspek perencanaan, koordinasi, pengawasan, preventif, represif, hingga evaluasi.
  • Memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses setiap layanan dan perlindungan.
  • Memberi jaminan atas keberlangsungan sistem pemerintahan pada suatu negara.
  • Mendukung, mempermudah, mempercepat, meningkatkan efektivitas, serta efisiensi pencapaian dari beragam tujuan pemerintah.

Ciri-ciri birokrasi

iStock

Menurut Max Weber dalam bukunya berjudul On Capitalism, Buereaucracy and Religions (1983), terdapat beberapa ciri-ciri dari birokrasi. Diantaranya yaitu sebagai berikut.

  1. Adanya jabatan administratif yang terorganisir atau tersusun secara hirarkis.
  2. Setiap jabatan memiliki wilayah kompetensinya sendiri.
  3. Pegawai negeri ditetapkan dan tidak dipilih berdasarkan dari hasil kualifikasi teknik yang ditunjukan melalui ijazah atau ujian.
  4. Pegawai negeri menerima gaji tetap sesuai dengan pangkat atau kedudukan yang dimiliki.
  5. Pekerjaan adalah karir yang terbatas, atau pada intinya, yaitu pekerjaanya sebagai pegawai negeri.
  6. Para pejabat tidak mempunyai kantor tersendiri.
  7. Para pejabat berperan sebagai subjek yang melakukan kontrol dan pendisiplinan.
  8. Promosi diberikan berdasarkan pada pertimbangan kemampuan yang melebihi rata-rata.

BACA JUGA : Mengenal De Facto dan De Jure Beserta Perbedaannya

Fungsi birokrasi

Freepik

Menurut Andrew Heywood, terdapat empat fungsi birokrasi diantaranya adalah sebagi berikut.

  • Sebagai pelaksanaan administrasi. Fungsi utama birokrasi yaitu mengimplementasikan atau mengeksekusi undang-undang dan kebijakan negara.
  • Sebagai nasihat kebijakan (Policy Advice). Birokrasi memiliki peran penting dalam pemberian nasehat kebijakan kepada pemerintah. Ini karena birokrasi menjadi lini terdepan dalam implementasi suatu kebijakan.
  • Sebagai artikulasi kepentingan. Dalam kesehariannya, birokrasi banyak melakukan kontak dengan kelompok kepentingan dalam suatu negara. Ini membuat kecenderungan “korporatis”, yang mana akan terjadi kekaburan antara kepentingan yang terorganisir dengan kantor pemerintah (birokrasi).
  • Stabilitas politik. Birokrasi berfungsi sebagai stabilitator politik, yang berarti fokus kerja mereka adalah untuk menciptakan stabilitas dan kontinuitas sistem politik.

BACA JUGA : Pengertian Politik Beserta Ciri, Konsep, Tujuan & Contohnya

Jenis-jenis birokrasi

birokrasi adalah
Freepik

Birokrasi terbagi menjadi beberapa jenis. Diantanya yaitu sebagai berikut.

1. The Cabinet Departements (Departemen dalam Kabinet)

Jenis birokrasi yang pertama adalah The Cabinet Departements. Birokrasi ini terorganisir ke dalam departemen-departemen yang terbagi berdasarkan pada tugas yang dimilikinya. Seperti depatemen Kesehatan, departemen Pendidikan dan yang lainnya. Adapun tugas dari departemen ini yaitu melaksanakan kebijakan yang sudah dietrapkan oleh lembaga yudikatif.

2. Federal Agencies (Agen Federal)

Agen-agen federal adalah tangan kanan dari lembaga kepresidenan yang telah dibentuk dan dipilih langsung oleh presiden yang kala itu sedang menjabat. Contohnya seperti BATAN (Badan Tenaga Atom Nasional).

3. Federal Corporation (Perusahaan milik Federal)

Jenis birokrasi ini memadukan fungsinya sebagai lembaga pemerintahan sekaligus lembaga bisnis. Jika di Indonesia contohnya BUMN (Badan Usaha Milik Negara), GIA (Garuda Indonesia Airways) dan masih banyak yang lainnya.

4. Independent Regulatory Agencies (Agen Pengaturan Independent)

Pembentukan birokrasi ini dikarenakan adanya kebutuhan untuk dapat menyelenggarakan regulasi ekonomi dalam dunia bisnis, yang nantinya akan langsung berhubungan dengan kesejahteraan masyarakat. Birokrasi jenis ini di Indonesia dapat contohnya seperti KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), BPPN (Badan Penyehatan Perbankan Nasional), KPU (Komisi Pemilihan Umum), dan sebagainya.

Contoh birokrasi adalah

Freepik
  • Instituasi pemerintahan daerah dan pusat.
  • LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat).
  • Universitas.
  • Serikat dagang.

Demikianah penjelasan tentang birokrasi adalah bahasa indonesia yang artinya adalah sistem pemerintahan yang dijalankan oleh pegawai pemerintah. Adapun alur birokrasi adalah cara kerja birokrat yang harus siap dikritik jika terjadi redundansi maupun kewenangan yang melebihi batas dalam menjalankan sistem birokrasi. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.