pengertian politik

Sedulur tentu sudah sering mendengar tentang politik. Namun, apakah Sedulur sudah mengetahui pengertian politik? Pengertian politik secara umum adalah fenomena yang selalu berkaitan dengan pemerintahan dan juga negara.

Sedangkan pengertian politik menurut Islam dikenal dengan istilah siyasah. Yang dimaksud disini adalah siyasah yang mengatur segala urusan umat. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut pengertian politik dan contohnya

BACA JUGA : Konduksi: Pengertian, Ciri-Ciri, Perbedaan dan Contohnya

Pengertian politik

pengertian politik
Pixabay

Politik berasal dari Bahasa Belanda yaitu politiek dan juga Bahasa Inggris politics yang keduanya bersumber dari Bahasa Yunani, politika, yang berhubungan dengan negara, dengan akar katanya berasal polites yang artinya warga negara dan polis yang artinya negara kota.

Secara etimologi , kata politik masih berkaitan dengan kebijakan atau polisi. Sedangkan politis berarti hal-hal berhubungan dengan politik. Sedangkan kata politisi diartikan sebagai orang-orang yang bergelut di bidang politik.

Menurut KBBI, politik memiliki beberapa definisi yaitu sebagai berikut:

  1. (pengetahuan) mengenai ketatanegaraan atau kenegaraan (seperti tentang sistem pemerintahan, dasar pemerintahan).
  2. Segala urusan dan tindakan (kebijakan, siasat, dan sebagainya) mengenai pemerintahan negara atau terhadap negara lain
  3. Cara bertindak (dalam menghadapi atau menangani suatu masalah); kebijaksanaan

Sementara itu, pengertian politik hukum Menurut Mahfud MD adalah ”legal policy atau garis (kebijakan) resmi tentang hukum yang akan diberlakukan baik dengan pembuatan hukum baru yang akan diberlakukan baik dengan pembuatan hukum baru maupun dengan penggantian hukum lama, dalam rangka mencapai tujuan Negara

Pengertian politik menurut para ahli

pengertian politik
Freepik

Agar lebih memahami tentang ap aitu politik, berikut pengertiannya menurut para ahli.

1. Aristoteles

Pengertian politik menurut pendapat Aristoteles yaitu salah satu cara untuk memperoleh sesuatu yang dikehendaki.

2. Rod Hague

Rod Hague berpendapat bahwa definisi politik adalah kegiatan yang menyangkut cara bagaimana kelompok-kelompok mencapai keputusan yang bersifat kolektif serta mengikat melalui usaha untuk dapat mendamaikan perbedaaan diantaranya anggotanya.

3. Max Weber

Definisi politik menurut Max Weber adalah sebuah sarana perjuangan untuk sama-sama melaksanakan politik atau perjuangan untuk mempengaruhi pendistribusian kekuasaan baik di antara negara-negara maupun diantara hukum dalam suatu negara.

4. Franz Magnis Suseno

Franz Magnis berpendapat bahwa politik adalah semua kegiatan manusia yang berorientasi kepada masyarakat secara keseluruhan, atau yang berorientasi kepada kepala negara. Sebuah keputusan disebut sebagai keputusan public jika diambil dengan memperhatikan kepentingan masayarakat sebagai keseluruhan. Suatu tindakan harus disebut politis jika menyangkut masyarakat sebagai keseluruhan.

5. Gabriel Cheppy H.Cahyono  

Definisi politik menurut Cheppy H.Cahyono adalah macam-macam kegiatan dalam system politik atau negara yang juga menyangkut proses dalam menentukan sekaligus melaksanakan tujuan-tujuan system tersebut.

6. Johan Kapsar Blunchli

Menurut Johan Kapsar Blunchli Politik adalah ilmu yang memerhatikan masalah kenegaraan, dengan memperjuangkan pengertian dan pemahaman tentang negara dan keadaannya, sifat-sifat dasarnya dalam berbagai bentuk atau manifestasi pembangunannya.

Menurutnya, politik juga membuat konsep-konsep pokok tentang negara (state), kekuasaan (power), pengambilan keputusan (decision marking), kebijaksanaan (policy of beleid), dan pembagian (distribution) atau alokasi (allocation).

7. Kartini Kartolo

Pengertian politik menurut Kartini Kartolo aktivitas perilaku atau proses yang menggunakan kekuasaan untuk menegakkan peraturan-peraturan dan keputusan-keputusan yang sah berlaku di tengah masyarakat.

8. W.A Robson

Pengertian politik menurut W.A Robson, politik adalah ilmu yang mempelajari kekuasaan dalam masyarakat, yaitu bersifat hakiki, dasar, proses-proses, ruang lingkup dan juga hasil-hasil.

9. Hans Kelsen

Hans Kelsen menjelaskan bahwa politik mempunyai dua arti, yaitu sebagai berikut.

  • Politik sebagai etik, yakni berkenaan dengan tujuan manusia atau individu agar tetap hidup secara sempurna.
  • Politik sebagai teknik, yakni berkenaan dengan cara (teknik) manusia atau individu untuk mencapai tujuan.

10. Gabriel A.Almond

Gabriel A.Almond berpendapat bahwa politik adalah kegiatan yang berhubungan dengan kendali pembuatan keputusan publik dalam masyarakat tertentu di wilayah tertentu, di mana kendali ini disokong lewat instrumen yang sifatnya otoritatif (berwenang secara sah) dan koersif (bersifat memaksa). Politik mengacu pada penggunaan instrumen otoritatif dan koersif ini-siapa yang berhak menggunakannya dan dengan tujuan apa.

BACA JUGA : Pengertian Informasi Beserta Ciri-Ciri, Jenis dan Fungsinya

Ciri-ciri sistem politik

pengertian politik
Freepik

Berikut ciri-ciri sistem politik menurut David Easton yang perlu Sedulur ketahui.

a. Memiliki unit dan batasan

Agar bisa menjalankan sebuah sistem politik, maka diperlukan unit dengan proses gotong royong. Contohnya unit yang dapat menggerakkan suatu sistem politik diantaranya seperti legislatif, yudikatif, eksekutif,partai politik, dan yang lainnya.

b. Memiliki input dan output

Dalam sistem politik tentu terdapat input maupun output yang ada di dalamnya. Input sendiri merupakan masukan dari masyarakat  yang ditujukan pada sistem politik. Input dari masyarakat tersebut dapat berupa dukungan bahkan hingga tuntutan.

Sedangkan output adalah hasil dari kerja sistem politik yang berasal dari input masyarakat atau dukungan maupun tuntutan dari masyarakat.

c. Memiliki tingkat diferensiasi

Sistem politik tentu memiliki ciri diferensiasi atau yang disebut juga dengan pembedaan pemisah. Adanya diferensiasi ini karena satu Lembaga tidak mungkin dapat menyelesaikan semua masalah. Maka dari itu, dibutuhkan pembedaan dalam sistem politik supaya semua masalah dapat cepat teratasi secara cepat dan juga tepat.

d. Adanya integrasi

Ciri sistem politik yang selanjutnya adalah adanya integrasi. Integrasi yang dimaksud disini adalah keterpaduan kerja antar unit yang berbeda.Hal ini dilakukan untuk mencapai tujuan yang baik dan ebnar.

 BACA JUGA: Intervensi adalah: Pengertian, Macam-Macam dan Contohnya

Fungsi politik

Pengertian politik
Freepik

Sistem politik mempunyai beberapa fungsi, seperti fungsi sosiologi politik dan fungsi rekrutmen politik. Berikut penjelasannya.

Fungsi sosiologi politik

Sosiologi politik adalah ilmu tentang kekuasaan, pemerintahan, otoritas, komando yang ada di segala aspek kehidupan

Ilmu sosiologi politik memiliki tiga manfaat, diantaranya yaitu manfaat praktis, manfaat moral, dan manfaat analitis.

Fungsi rekrutmen politik

Pengertian rekrutmen politik yaitu penyeleksian rakyat untuk melaksanakan urusan negara. Tujuan rekrutmen politik yaitu terpilihnya penyelenggara politik (pemimpin pemerintahan negara) dari tingkat pusat hingga tingkat yang paling bahwa seperti lurah atau kepala desa yang sesuai dengan persyaratan yang berlaku.

Tujuan politik

pengertian politik
iStock

Berikut tujuan adanya politik yang perlu Sedulur pahami.

  • Sebagai pelindung hak-hak semua warga negara Indonesia tanpa terkecuali, dan menjaga pelaksanaan kewajiban-kewajiban dengan melaksanakan pemerintahan untuk mengatur keamanan
  • Bertujuan untuk mensejahterakan kehidupan seluruh masyarakat Indonesia
  • Memastikan terlaksananya sistem pendidikan demi memajukan bangsa dan negara
  • Untuk menjaga keamanan dan perdamaian, serta kehidupan sosial yang seimbang, baik dalam negeri maupun luar negeri

Konsep politik

freepik

Berikut penjelasan mengenai konsep politik yang perlu Sedulur pahami.

Klasik

Politik memiliki konsep politik klasik yang digunaka untuk mencapai suatu kebaikan dan kepentingan  masyarakat bersama Kepentingan umum ini diartikan sebagai tujuan-tujuan moral atau nilai ideal seperti keadailan, kebenaran serta kebahagiaan.

Kelembagaan

Konsep selanjutnya adalah kelembagaan. Menurut pendapat Max Weber, politik adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penyelenggaraan sistem negara. Max Weber juga melihat negara dari sudut pandang yuridis formal yang statis. Negara dianggap memiliki hak memonopoli kekuasaan fisik yang utama. Namun konsep ini hanya berlaku bagi negara modern yaitu negara yang sudah ada differensiasi dan spesialisasi peranan, negara yang memiliki batas wilayah yang sudah pasti dan penduduknya tetap.

Kekuasaan

Menurut pendapat Robson berpendapat bahwa politik merupakan kegiatan untuk mencari dan mempertahankan kekuasaan bahkan menentang kekuasaan. Kekuasaan sendiri artinya adalah kemampuan orang atau golongan tertentu untuk mempengaruhi orang lain, baik pikiran maupun tindakan agar orang tersebut mau mengikuti apa yang ia kehendaki. Kelemanahn konsep ini yaitu tidak dapat dibedakannya konsep beraspek politik dan non politik serta kekuasaan yang hanya salah satu konsep dalam ilmu politik, masih terdapat konsep konflik, ideologi dan juga legitimasi.

Fungsionalisme

David Easton berpendapat jika politik merupakan alokasi dari nilai-nilai secara otoritatif. Nilai-nilai otoritatif tersebut mempunyai dasar kewenangan serta mengikat masyarakat. Konsep politik fungsional juga mempunyai kelemahan diantaranya yaitu pemerintah hanya dapat ditempatkan sebagai sarana dan juga wasit terhadap persaingan antara berbagai macam kekuatan politik. Hal ini dilakukan untuk dapat memperolleh nilai terbanyak dari kebijakan umum yang ada tanpa perlu memperhatikan kepentingan pemerintah itu sendiri.

Konflik

Konsep politik yang terakhir adalah konflik. Konsep ini diartikan sebagai kegiatan untuk mempengaruhi perumusah serta kebijaksanaan umum dalam rangkan upaya untuk mempengaruhi, mendapatkan dan mempertahankan nilai. Hal ini lah yang menyebakan adanya pertentangan antara pihak yang memperjuangkan dan pihak yang mempertahankan nilai.

Demikianlah penjelasan mengenai politik, ciri-ciri dan juga tujuannya. Teori politik diartikan sebagai bahasan dan renungan atas tujuan dari kegiatan politik, cara untuk mencapai tujuan tersebut, kemungkinan dan kebutuhan-kebutuhan yang ditimbulkan oleh situasi politik tertentu, dan kewajiban-kewajiban (obligations) yang diakibatkan oleh tujuan politik itu sendiri. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.