jumlah pemain bola voli

Salah satu permainan bola yang banyak mainkan oleh masyarakat Indonesia adalah bola voli. Tak jarang, permainan ini menjadi pengisi momen kemerdekaan dengan adanya lomba voli antar kampung. Namun, tahukah Sedulur tentang berapa pemain bola voli?

Secara umum, jumlah pemain bola voli berbeda-beda tergantung pada jenis voli yang dimainkan. Pemain permainan bola voli biasa dengan pemain permainan bola voli mini ataupun pemain bola voli pantai tentu saja berbeda. 

Ingin tahu lebih lanjut mengenai berapa pemain bola voli dalam satu regu dan bagaimana tugasnya dalam tim? Simak artikel berikut ini, ya!

BACA JUGA: 10 Teknik Dasar Sepak Bola Beserta Penjelasan Lengkapnya

Permainan bola voli

jumlah pemain bola voli
iStock

Voli merupakan salah satu cabang olahraga bola besar yang masuk ke dalam kategori pertandingan. Hal ini karena permainan bola voli harus melibatkan dua tim yang saling berhadapan untuk bisa mendapatkan hasil pertandingan. 

Cara memainkan permainan ini adalah dengan memukul bola supaya bisa melewati bagian atas net yang berada di tengah lapangan. Skor akan dihitung jika bola yang diarahkan oleh seorang pemain dalam satu tim terjatuh di daerah pertahanan tim lawan. 

Permainan ini diciptakan oleh William G. Morgan, seorang guru pendidikan jasmani di Amerika Serikat. Ia merupakan seseorang yang sangat terinspirasi dengan permainan bola basket setelah bertemu dengan James Naismith, sang penemu olahraga bola basket.

Permainan ini awalnya bernama mintonette. Seiring berjalannya waktu, terjadi perubahan menjadi volleyball pada tahun 1896. Pada tahun tersebut juga bertepatan dengan adanya pertandingan internasional Young Men’s Christian Association (YMCA) Training School.

Teknik dasar bola voli

jumlah pemain bola voli
iStock

Terdapat empat teknik dasar dalam permainan bola voli, yaitu: 

  1. Servis. Merupakan teknik dasar yang digunakan untuk mengawali permainan. Servis juga bisa menjadi serangan pertama bagi tim yang mendapat giliran servis awal. Teknik ini terdiri dari servis atas, servis bawah, servis mengapung, dan servis melompat.
  2. Passing. Merupakan teknik untuk menerima bola, menangkis serangan, dan melakukan serangan balik ke area pertahanan lawan. Teknik passing juga digunakan pemain untuk mengendalikan permainan saat bola berada di area tim sendiri. Teknik ini terdiri dari passing atas dan passing bawah.
  3. Blocking. Merupakan teknik dasar yang digunakan untuk mengembalikan serangan lawan dan menghalau smash dari lawan sehingga bola akan memantul ke arah tim lawan kembali.
  4. Smash. Merupakan teknik yang digunakan untuk menyerang dengan konsentrasi, keakuratan, dan kekuatan. Saat melakukan smash, Sedulur harus berlari, melompat dengan kuat, memukul bola, dan mendarat dengan baik.

BACA JUGA: 8 Teknik Dasar Bola Basket dengan Penjelasan Lengkapnya

Peraturan permainan bola voli

jumlah pemain bola voli
iStock

Berikut adalah beberapa peraturan dasar pada permainan bola voli.

  • Jumlah pemain dalam satu tim minimal empat orang, jika kurang dianggap tidak sah.
  • Permainan dimulai dengan melempar koin untuk menentukan mana tim yang melakukan servis awalan.
  • Servis dilakukan di luar garis lapangan dan bola harus bisa melewati net.
  • Bola dinyatakan out jika keluar dari garis lapangan.
  • Pemain tidak boleh melewati batas net atau memasuki area lawan ketika melakukan passing, smash, dan teknik lainnya.
  • Bola dinyatakan masuk jika sudah menyentuh lantai dan berada di dalam garis lapangan permainan.
  • Waktu permainan bola voli tidak terbatas dan diukur dari tim mana yang paling cepat mengumpulkan 25 angka (rally point).
  • Pemain hanya diperbolehkan memukul atau memantulkan bola. Pemain tidak boleh menangkap atau melempar bola karena akan dinyatakan sebagai pelanggaran.
  • Jumlah poin bola voli memakai sistem rally point dengan jumlah 25 poin.
  • Pemain boleh menggunakan anggota tubuh mana saja untuk memantulkan bola. Memantulkan bola dengan cara menendang akan dianggap sebagai pelanggaran.  
  • Tidak ada batasan untuk pergantian pemain dan boleh dilakukan berkali-kali.
  • Pemain dilarang menyentuh net secara sengaja maupun tidak sengaja.
  • Pemain tidak boleh berkata kasar, baik kepada tim lawan maupun wasit karena akan dianggap pelanggaran.

Berapa pemain bola voli?

jumlah pemain bola voli
iStock

Secara umum, jumlah pemain bola voli berjumlah 10 orang. Ini terdiri dari pemain utama dan cadangan. 10 orang tersebut dibagi menjadi 6 pemain inti yang bermain di lapangan dan 4 pemain yang duduk di bangku cadangan. Sementara itu, jika ada yang bertanya mengenai berapa pemain bola voli mini? Jawabannya adalah 4 orang dalam setiap regu. 

Sesuai dengan aturannya, permainan akan dianggap sah jika pemain di lapangan berjumlah maksimal 6 orang dan minimal 4 orang.  Jika dalam satu regu jumlah pemain kurang, maka pertandingan tidak bisa dilanjutkan dan regu tersebut akan dianggap kalah oleh wasit. 

Sementara itu, berapa pemain bola voli putri dan pemain bola voli putra tidak memiliki perbedaan. Pada intinya, jumlah pemain bola voli yang utama maksimal enam orang dan minimal empat orang. Bila kurang dari itu, wasit boleh menghentikan pertandingan. 

BACA JUGA: Mengenal Lay Up Dalam Bola Basket dan Cara Melakukannya

Tugas pemain bola voli dan posisinya

Untuk lebih memahami permainan ini, simak tugas dari pemain bola voli beserta posisinya, ya.

Berapa pemain bola voli? Server (posisi nomor 1)

jumlah pemain bola voli
iStock

Seorang server merupakan pemain yang berada di posisi nomor 1. Ia bertugas melakukan servis untuk menandai dimulainya permainan. Tugas mengambil servis umumnya dilakukan secara bergantian, setelah itu, pemain akan menjadi pemain bertahan atau defender. Giliran untuk mengambil servis ini juga bergantung pada perpindahan penguasaan bola oleh setiap tim yang memperoleh angka. 

Spiker/Smasher (posisi nomor 2 dan 4)

jumlah pemain bola voli
iStock

Posisi kedua dan keempat diisi oleh pemain yang bertugas sebagai spiker atau smasher. Mereka memiliki peran utama sebagai eksekutor yang melakukan smash atau spike ke arah tim lawan. Seorang spiker juga bisa menjadi blocker jika lawan mulai melakukan serangan.

Tosser (posisi nomor 3)

jumlah pemain bola voli
iStock

Posisi nomor tiga diisi oleh pemain yang bertugas sebagai tosser. Pemain ini bertugas untuk memberikan umpan kepada spiker/smasher sehingga disebut juga sebagai set-upper. Dalam permainan bola voli, tosser biasanya akan melakukan pukulan bola kedua yang nantinya akan diarahkan kepada spiker saat melakukan smash ke wilayah permainan lawan.

Defender/Libero (Posisi nomor 5 dan 6)

jumlah pemain bola voli
iStock

Posisi kelima dan keenam diisi oleh defender atau libero. Mereka adalah pemain bertahan yang bertugas menerima serangan dari lawan dalam sebuah rally. Mereka berada di garis belakang permainan dan biasanya terlihat lebih menonjol karena menggunakan warna seragam berbeda.  

Formasi permainan bola voli

jumlah pemain bola voli
iStock

Berikut adalah beberapa formasi populer yang digunakan dalam permainan bola voli.

  1. Formasi 3-3

Formasi 3-3 merupakan formasi paling populer yang umumnya dilakukan sebagai rotasi setelah melakukan servis atau menerima servis. Formasi ini membentuk dua baris, dengan 3 pemain depan dan 3 pemain belakang.

  1. Formasi 4-2

Formasi 4-2 merupakan formasi yang digunakan saat menyerang yang memiliki stabilitas cukup tinggi di belakang. Keberadaan dua pemain bertahan di belakang akan memiliki ruang gerak bebas untuk menjangkau bola jika ada block.

  1. Formasi 2-4

Formasi 2-4 atau formasi full defense merupakan formasi yang menempatkan 2 pemain depan untuk blocking serangan lawan dan 4 pemain belakang untuk menjaga bola tidak jatuh ke dalam area poin.

  1. Formasi 5-1

Formasi 5-1 merupakan tipe formasi full attack yang mampu mengecoh tim lawan. Formasi ini memiliki beberapa opsi pilihan serangan bagi set upper dengan menempatkan 4 smasher di depan net.

Nah, itulah penjelasan mengenai jumlah pemain bola voli beserta tugasnya dalam pertandingan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur yang sedang belajar mengenai permainan bola besar. Selamat belajar!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.