lay up

Lay up adalah salah satu teknik dalam olahraga bola basket. Bagi Sedulur yang seorang pemain basket atau penggemar basket, pasti tidak asing dengan istilah dari teknik satu ini. Teknik ini sangat terkenal, karena memiliki tingkat keberhasilan tembakan yang tinggi dengan akurasi yang tidak akan mengecewakan.

Setiap pemain basket pasti menggunakan teknik ini saat mode penyerangan, hal ini bertujuan untuk mencetak angka dengan tingkat keberhasilan tinggi. Namun seperti apa pengertiannya lebih lengkap dan bagaimana cara melakukannya? Yuk, kita simak penjelasannya di sini.

BACA JUGA: Ukuran Lapangan Bola Basket Standar Nasional & Internasional

Pengertian lay up

lay up
Apa Arti Dari

Lay-up basket adalah tembakan sambil melompat yang sebelumnya dilakukan dengan cara melangkah dua langkah ke arah ring basket. Lay-up juga merupakan metode tembakan paling aman terhindar dari blok lawan. Ketika pemain melakukan lay-up, kecepatan langkah akan ditingkatkan pada saat drible terakhir.

-->

Lay-up adalah teknik yang umum dimainkan, semua kompetisi basket, metode defense normalnya akan membiarkan pemain lawan untuk memegang bola hingga di garis 3-point. Setelah itu, defender akan melakukan upaya steal atau menghentikan serangan pemain lawan dengan cara trap atau menjaga dengan ketat agar tembakannya meleset.

Memahami lay-up

Lovely Ristin

Lay up bisa dilakukan di situasi terbuka, yakni di momen transisi dari defense ke offense ataupun pergerakan tanpa bola yang mampu meloloskan diri dari penjagaan. Sementara jika lay-up digunakan dari sisi yang sulit, yakni dengan adanya defender yang menempel ketat pergerakan, perlu melakukan gerakan tambahan untuk mengalahkan defender tersebut.

Beragam trik bisa dilakukan asal membuat sang pemain lebih dekat ke tiang basket. Kunci dalam memainkan lay-up terletak pada seberapa dekat pemain dengan ring. Jarak antara pemain dengan ring dan tiang basket juga menjadi faktor penentu kesuksesan memainkan lay-up

Jenis-jenis lay-up

lay up
Termasyur

Karena lay-up adalah salah satu teknik bermain basket, tentu saja terdapat beberapa jenis dari lay-up itu sendiri. Berikut ini adalah daftar dari jenis-jenis langkah lay-up dan sekaligus macam macam teknik lay up shoot:

1. Reverse lay-up

Jenis lay-up pertama adalah reverse lay-up, teknik ini menggunakan tumpuan satu kaki yang berlawanan dengan tangan yang digunakan untuk menembak. Jika ingin melakukan lay-up dari sisi kanan ring basket menggunakan tangan kanan, tumpuan kaki terakhir adalah kaki kiri dengan di akhir gerakan mengayun yang rileks untuk membuat bola masuk dengan sempurna.

2. Power lay-up

Selanjutnya yang kedua adalah teknik yang dikenal dengan nama power lay up menggunakan tumpuan dua kaki sebelum melakukan ayunan tembakan bola. Power lay up sering dilakukan dalam situasi yang lebih sulit, tujuannya untuk menjaga keseimbangan saat melakukan lompatan dan tembakan.

3. Finger roll lay-up

Finger roll lay-up merupakan satu di antara jenis lay up yang indah dan menarik, yakni gerakan memutar bola ke atas seperti tembakan teardrop shot atau floater dengan jarak yang lebih dekat ke tiang basket. Lay-up ini juga bisa dilakukan secara langsung menuju ring basket tanpa melewati pantulan backboard basket.

4. Put back lay-up

Ini merupakan perpaduan antara offensive rebound dan lay-up, saat pemain mendapatkan second chance karena pantulan bola rebound, dengan cepat sang pemain bisa melakukan reverse lay-up untuk finishing (clearing). Teknik ini biasanya akan memberikan poin lay-up dengan tingkat keberhasilan tinggi.

Cara melakukan lay up

lay up
Memenangkan

Lantas bagaimana tips dan langkah lay-up agar kita bisa sukses melakukannya? Berikut ini beberapa langkah yang bisa Sedulur perhatikan jika ingin mencoba teknik satu ini:

  • Saat bola telah dikuasai dengan kedua tangan, lakukanlah dribel untuk membuka ruang pertahanan lawan.
  • Saat ingin mendekati ring basket, lakukan dengan langkah yang depat dengan kecepatan yang terus ditingkatkan.
  • Ketika mendekati ring basket, lakukan loncatan setinggi mungkin dengan menggunakan kaki yang berlawanan dengan tangan yang digunakan untuk menembak bola.
  • Tembakan bola secara lembut dan presisi dengan memantulkan bola tersebut ke backboard untuk mempermudah bola masuk ke ring basket.
  • Setelah bola berhasil masuk, lakukan pendaratan pada titik yang benar dengan energi yang dilepaskan dan rileks untuk mengurangi risiko cedera.
  • Setelah layup masuk, kembalilah ke posisi defense untuk menjaga posisi pemain lawan karena perpindahan possession segera dimulai.

BACA JUGA: Sejarah Bola Basket: Pengertian, Peraturan & Teknik Dasarnya

Tips berlatih teknik lay-up

Deposit Photos

Nah, bagi Sedulur yang ingin menguasai teknik ini, terdapat beberapa tips yang perlu Sedulur lakukan sekaligus sebagai cara melatih agar bisa melakukan lay-up dengan sempurna. Berikut langkah dan cara latihannya:

1. Loncatan

Makin dekat bola yang ditembakan ke ring basket, akan makin tinggi persentase keberhasilan lay-up. Mengingat ring basket cukup tinggi, gerakan yang harus dilatih adalah loncatan. Meloncatlah sesering mungkin dengan menggunakan beragam alat bantu meloncat.

Untuk mengukur ketinggian loncatan Sedulur, Sedulur bisa menggunakan bedak atau tepung. Balur tangan Sedulur dengan bedak atau tepung, kemudian loncat setinggi mungkin dan tepukan tangan ke dinding sebagai tanda untuk mengukur ketinggian loncatan Sedulur. Lakukan secara disiplin dan rutin, hal tersebut dapat semakin memotivasi Sedulur.

2. Menyentuh papan

Lay-up dilakukan untuk mempermudah pemain yang bertubuh kecil mendapatkan poin dari ring basket. Eksekusi lay-up akan mudah dilakukan jika pemain telah mampu menguasai area ring basket, seperti papan backboard, yang penting untuk digunakan sebagai pantulan lay-up. Kuasai dan pahami kondisi sekitar yang berada di area ring, agar lay up Sedulur lebih sempurna lagi.

3. Menembak bola

Lay-up dapat menjadi trademark tiap pemain karena tidak semua pemain melakukan gerakan dasar yang sama saat mengambil lay-up. Latihlah tembakan Sedulur didekat ring basket baik sisi kiri, kanan, dan tengah. Lakukan juga dengan menggunakan pantulan atau lay up fingeroll yang tanpa pantulan. Ulangi dan latih secara konsisten.

4. Menggunakan defender

Latihan lay up Sedulur makin mudah diimplementasikan di pertandingan resmi, mintalah rekan menjadi defender untuk menjaga gerakan sehingga Sedulur akan dituntut lebih kreatif dalam dribbling sebelum melakukan loncatan ke arah ring basket. Semakin sering bermain, juga memberikan kebiasaan bagi tubuh Sedulur untuk terus bermain lay-up dan memberikan adrenaline untuk terus merangsang tubuh agar melakukan teknik lebih baik lagi.

Nah itulah tadi penjelasan lengkap tentang lay up, semoga penjelasan di atas bisa menuntun Sedulur agar lebih mudah mempelajari teknik satu ini. Dan yang paling penting, semoga penjelasan dalam artikel ini bisa terus menumbuhkan kecintaan Sedulur terhadap bola basket.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.