At Takasur

Surat At Takasur merupakan salah satu surat Makkiyah yang ada dalam Al Quran. Penetapan ini tak lepas dari surat at takatsur diturunkan di kota Mekkah, Arab Saudi. Surat ini terdiri dari 8 ayat dan menjadi surat ke-102 di kitab yang diturunkan setelah surat Al Kausar.

Dalam surat At Takasur, Allah SWT mengingatkan manusia tentang bahaya membanggakan harta serta kekuasaan di dunia. Perbuatan tersebut dekat dengan kesombongan dan sangat dibenci oleh Allah SWT karena bisa membuat seorang manusia lupa pada dirinya sendiri dan Sang Pencipta.

Bagi Sedulur yang penasaran dengan bacaan lengkap surat At Takasur latin beserta artinya, yuk simak ulasan di bawah ini.

BACA JUGA: Surat Al Ikhlas Lengkap dengan Arab, Latin & Terjemahannya

Surat At Takasur latin arab

At Takasur
The Islamic Information

Surat At Takasur merupakan salah satu surat pendek yang banyak dibacakan ketika melaksanakan ibadah sholat. Surat ini juga sangat mudah diingat sehingga bisa menambah jumlah hapalan Al Quran seorang muslim. Berikut ini At Takasur latin lengkap dengan arabnya.

اَلْهٰىكُمُ التَّكَاثُرُۙ – ١

1. al-hākumut-takāsur

حَتّٰى زُرْتُمُ الْمَقَابِرَۗ – ٢

2. ḥattā zurtumul-maqābir

كَلَّا سَوْفَ تَعْلَمُوْنَۙ – ٣

3. kallā saufa ta’lamụn

ثُمَّ كَلَّا سَوْفَ تَعْلَمُوْنَ – ٤

4. Summa kallā saufa ta’lamụn

كَلَّا لَوْ تَعْلَمُوْنَ عِلْمَ الْيَقِيْنِۗ – ٥

5. kallā lau ta’lamụna ‘ilmal-yaqīn

لَتَرَوُنَّ الْجَحِيْمَۙ – ٦

6. latarawunnal-jaḥīm

ثُمَّ لَتَرَوُنَّهَا عَيْنَ الْيَقِيْنِۙ – ٧

7. Summa latarawunnahā ‘ainal-yaqīn

ثُمَّ لَتُسْـَٔلُنَّ يَوْمَىِٕذٍ عَنِ النَّعِيْمِ ࣖ – ٨

8. Summa latus`alunna yauma`izin ‘anin-na’īm

Arti Surat At Takasur

Arti At Takasur
Fimela

Setelah mengetahui bacaan arab dan latin surat At Takasur, mari kita mengetahui artinya agar bisa memaknai lebih dalam tentang surat ini.

  1. Bermegah-megahan telah melalaikan kamu,
  2. Sampai kamu masuk ke dalam kubur.
  3. Sekali-kali tidak! Kelak kamu akan mengetahui (akibat perbuatanmu itu),
  4. Kemudian sekali-kali tidak! Kelak kamu akan mengetahui.
  5. Sekali-kali tidak! Sekiranya kamu mengetahui dengan pasti,
  6. Niscaya kamu benar-benar akan melihat neraka Jahim,
  7. Kemudian kamu benar-benar akan melihatnya dengan mata kepala sendiri,
  8. Kemudian kamu benar-benar akan ditanya pada hari itu tentang kenikmatan (yang megah di dunia itu).

Melihat arti dari surat At Takasur di atas, tentu Sedulur sudah sedikit paham tentang surat At takatsur yang diturunkan di kota Mekkah ini.

BACA JUGA: Surat Al Lahab Beserta Latin, Terjemahan & Isi Kandungannya

Kandungan surat At Takasur

At Takasur
Fimela

Allah SWT menurunkan setiap surat dalam Al Quran selalu dengan tujuan dan kemaslahatan umat muslim di seluruh dunia. Setiap surat pun memiliki pesan dan petuah yang baik agar manusia bisa mendapatkan kebahagian di dunia dan akhirat. Begitu juga dengan kandungan surat At Takasur.

Dalam surat tersebut, Allah SWT berpesan bahwa sebagai umat manusia di bumi janganlah melakukan kelalaian dalam beribadah. Apalagi ketika di dunia sudah mendapatkan harta dan kekuasaan yang berlimpah, bukannya semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT tapi malah nikmat tersebut membuat semakin jauh dari-Nya.

Kandungan surah At Takasur ini sendiri memiliki pesan yang berbeda pada tiap ayatnya. Dan berikut ini tafsir tiap ayat surat At Takasur.

1. Manusia menjadi lalai

Manusia menjadi lalai karena waktunya hanya dihabiskan untuk membanggakan diri dengan harta. Berbangga di sini bisa jadi pada anak, harta, dan kedudukan. Sedangkan berlomba-lomba atau saling mengejar untuk meraih ridho Allah tidak termasuk di sini. Ini menjadi pesan utama dalam Attakasur ayat 1.

2. Berbangga-bangga hingga ke liang kubur

Manusia akan terus berbangga satu dan lainnya hingga mereka masuk ke dalam kubur. Artinya, ketika mereka merasakan kematian, barulah mereka berhenti dari berbangga-bangga dengan harta.

Namun perlu diketahui bahwa alam kubur hanyalah tempat mampir sebelum sampai ke alam berikutnya. Alam kubur bukanlah tempat selamanya. Dalam ayat ini pun dikatakan demikian, yaitu disebut alam kubur sebagai tempat ziarah, artinya berkunjung dan itu sifatnya sementara.

Dari surah At Takasur ayat 1 2 ini sekaligus menunjukkan bahwa amalan itu akan dibalas di negeri yang kekal abadi.

BACA JUGA: 18 Surat Juz Amma Beserta Arab, Latin & Terjemahannya

3. Peringatan untuk manusia di dunia

“Seandainya manusia di bumi tahu apa yang terjadi di depan mereka yaitu mengetahui dengan ilmu yang sampai ke hati, tentu mereka tidak lalai sehingga terus-terusan berbangga-bangga dengan harta. Jika mereka tahu, tentu mereka akan segera beramal sholeh”.

Tentu pada surat ini juga jadi pengingat dan peringatan bagi manusia di bumi. Bahwa mereka benar-benar akan masuk ke neraka jahim akibat berbangga dan sombong di dunia. Ini juga menjadi azab yang dijanjikan pada orang-orang kafir.

4. Mengajarkan tentang ilmu Yakin

Dalam surat At Takasur, Allah juga ikut menjelaskan tentang ilmu Yakin. Namun, apa sih yang dimaksud dengan ilmu ini?

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah pernah ditanya mengenai ‘ainul yakin dan ilmu yakin. ‘Ilmu yakin adalah sesuatu yang diketahui dengan mendengar, kabar berita, pengqiyasan (permisalan) dan berpikir tanpa melihat secara langsung. Sedangkan ‘ainul yakin adalah menyaksikan langsung dengan penglihatan. Ada juga haqqul yakin, yaitu dengan merasakan secara langsung.

Ibnu Taimiyah mencontohkan ketiga hal di atas dengan memberi permisalan madu. Jika madu tersebut hanya diketahui lewat berita, maka disebut ‘ilmu yakin. Jika diketahui lewat melihat langsung, maka disebut ‘ainul yakin. Jika dirasakan manisnya madu tersebut, maka disebut dengan haqqul yakin.

Demikian tadi ulasan tentang isi surat At Takasur arab latin lengkap dengan artinya. Semoga pembahasan di atas bisa memberikan banyak manfaat untuk Sedulur, khususnya memahami tentang bahaya berbangga dan sombong di dunia.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!