surat al lahab

Umat muslim diwajibkan untuk senantiasa berdoa kepada Allah SWT. Termasuk membaca lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an. Dalam Al-Qur’an, ada banyak sekali surah yang mampu mendatangkan keberkahan untuk pembacanya. Salah satunya surahnya yaitu surat Al Lahab. Surah tersebut merupakan surat ke-111 dan tersusun atas 5 ayat.

Surat Al Lahab diturunkan di Makkah, Arab Saudi. Pemberian kata “lahab” diambil dari ayat ketiga dari surah ini. Surat Al Lahab menceritakan tentang paman Nabi Muhammad SAW, Abu Lahab dengan istrinya yang menanamkan sifat dengki terhadap perjuangan nabi saat menyebarkan agama Islam. Supaya lebih memahami tentang surat Al Lahab latin dan artinya, simak dan pahami artikel di bawah ini.

BACA JUGA: Bacaan Surat Al Waqiah Beserta Arab, Latin & Terjemahannya

Sejarah surat Al Lahab

surat al lahab
Istimewa

Surah dalam Al-Qur’an ini diketahui memiliki sejarah panjang. Sebab, pemberian nama Al Lahab ternyata diambil dari kata “lahab” dan terdapat pada ayat ketiga pada surah ini. Lahab mempunyai arti sebagai gejolak api. Diketahui surat ini merupakan surat ke-111 dan tersusun atas lima ayat serta diturunkan di Makkah.

Surat Al Lahab menceritakan kisah Abu Lahab bersama istrinya memunculkan rasa iri dan dengki terhadap Nabi Muhammad SAW saat menyebarkan agama Islam. Sikap ini adalah contoh perbuatan menyekutukan Allah.  

Bacaan surat Al Lahab Arab

surat al lahab
Griya Al Quran

Berikut ini adalah bacaan Al Lahab dalam bentuk Arab. Yuk simak dan pahami.

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِ

تَبَّتْ يَدَآ اَبِيْ لَهَبٍ وَّتَبَّۗ
tabbat yadā abī lahabiw wa tabb

مَآ اَغْنٰى عَنْهُ مَالُهٗ وَمَا كَسَبَۗ
mā agnā ‘an-hu māluhụ wa mā kasab

سَيَصْلٰى نَارًا ذَاتَ لَهَبٍۙ
sayaṣlā nāran żāta lahab

وَّامْرَاَتُهٗ ۗحَمَّالَةَ الْحَطَبِۚ
wamra`atuh, ḥammālatal-ḥaṭab

فِيْ جِيْدِهَا حَبْلٌ مِّنْ مَّسَدٍ
fī jīdihā ḥablum mim masad

BACA JUGA: 18 Surat Juz Amma Beserta Arab, Latin & Terjemahannya

Surat Al Lahab latin dan artinya

surat al lahab
Unsplash

Buat Sedulur yang kesulitan membaca bahasa Arab bisa menggunakan bahasa latin dan memahami artinya juga. Penasaran seperti apa bacaanya, yuk simak dan pahami penjelasan lebih lengkap di bawah ini.

Tabbat yada abi lahabiw wa tabb
 Artinya: Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan benar-benar binasa dia!

Ma agna ‘an-hu maluhu wa ma kasab
Artinya: Tidaklah berguna baginya hartanya dan apa yang dia usahakan.

Sayaslaa naaran zata lahab
Artinya: Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak (neraka).

Wamra`atuh, hammalatal-hatab
Artinya: Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar (penyebar fitnah).

Fi jidiha hablum mim masad
Artinya: Di lehernya ada tali dari sabut yang dipintal.

Isi kandungan surat Al Lahab

surat al lahab
Islom

Isi kandungan surah ini diambil dari beragam Tafsir Al Munir karya Syaikh Wahbah Az Zuhaili, Tafsir Fi Zilalil Qur’an karya Sayyid Qutb, Tafsir Fi Zilalil Qur’an karya Sayyid Qutb, dan Tafsir Al Azhar karya Bukya Hamka.

Surah ini terkandung sebuah isi akan berita gaib jika Abu Lahab mengalami kebinasaan, kerugian hingga celaka. Usai dirinya menghina dan membenci nabi karena dakwah syiar Islamnya. Di samping itu, dalam surat ini menjelaskan tentang penghinaan istri Abu Lahab terhadap Rasullulah. Seharusnya leher dikalungi berbagai perhiasan indah, malah dikalungi menggunakan tali sari sabut atau tali dari besi neraka.

Kesimpulan surat Al Lahab

surat al lahab
UMM

Merupakan salah satu surah berisi mukjizat dan bukti akan kenabian Rasulullah Muhammad SAW. Diketahui bahwa sampai akhir hayatnya Abu Lahab tidak pernah masuk Islam dengan baik. Baik secara lahir atau batin. Maka dengan demikian, Abu Lahab menjadi orang benar-benar binasa serta celaka dalam hidupnya.

Demikian ulasan mengenai surat Al-Lahab sebuah surah ke-111 dalam Al-Qur’an dan surah ini diturunkan di Makkah. Surat ini terdiri dari 5 ayat dan memberikan pelajaran berharga kepada para umatnya. Semoga pembahasan di atas dapat menambah keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Amin.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!