Makna Al Ikhlas

Sejak masih kecil kita diajarkan untuk senantiasa taat pada agama, mulai dari menjalankan kewajiban sholat sampai dengan membaca Al-Quran sebagai pedoman umat Islam. Al-quran tersusun atas beberapa surat-surat pendek salah satunya adalah surat Al Ikhlas.

Dalam surat Al Ikhlas menjelaskan tentang Allah SWT merupakan Sang Maha Esa. Allah hanya satu tidak mempunyai bandingan, wakil atau saingan. Bahkan surat ini juga menegaskan tak ada yang bisa menyerupai atau menyamai-Nya. Surat Al Ikhlas diturunkan di kota Makkah dan menjadi bentuk penekanan atas keesaan Allah SWT sebagai Dzat yang paling memiliki kuasa di dunia ini.

Agar semakin memahami manfaat surat Al Ikhlas bagi pembacanya sampai dengan seperti apa bacaan lengkapnya. Yuk simak dan pahami artikel di bawah ini.

BACA  JUGA: Bacaan Surat Al Waqiah Beserta Arab, Latin & Terjemahannya

Bacaan surat Al Ikhlas latin Indonesia

surat al ikhlas
Griya Al quran

Surat tersebut merupakan bagian dari surat pendek dan kerap dibaca ketika Sedulur menjalankan kewajiban sholat. Namun mungkin sebagian Sedulur kesulitan dalam membaca dalam bentuk arabnya. Maka dari itu di bawah ini adalah latin Indonesianya.

qul huwallāhu aḥad

Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.

allāhuṣ-ṣamad

Allah tempat meminta segala sesuatu.

lam yalid wa lam yụlad

(Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan.

wa lam yakul lahụ kufuwan aḥad

Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia.”

Arti surat Al Ikhlas

Kandungan dan Arti Surat Al Kafirun
Griya Alqura

Al-Quran merupakan pedoman buat umat islam, kemudian dalam Al-Quran tersebut tersusun atas beberapa surat pendek. Seperti Al Falaq, Al Kafirun sampai dengan Al Ikhlas. Diketaui arti surat al ikhlas ayat 1-4 menjelaskan tentang keesaan Allah. Namun pokok inti dalam surat tersebut adalah bahwa Allah adalah sang Maha Esa dan menolak akan segala penyekutuan terhadap Nya.

Arti surat ikhlas ayat 1-4 mempunyai beberapa kandungan yang mesti Sedulur tahu. Bahwa Allah hanya satu dan kita sebagai umat Islam sudah sewajarnya untuk menyembah kepada Nya. Beribadah kepada Allah SWT adalah tindakan  mutral sehingga kita sebagai umat muslim harus melakukan ibadah dengan sepenuh hati.

Kemudian Allah SWT merupakan sumber dari segala hal dalam arti bahwa manusia sebagai mahkluk ciptaannya, saat dihadapkan dengan banyak masalah sudah sewajarnya untuk memohon pertolongan kepada Nya. Jadi segala sesuatu harus dipanjatkan karena Allah SWT. Diketahui bahwa surat Al Ikhlas 1-4 mempunyai beberapa makna buat pembacanya.

Makna tersebut adalah memurnikan akan keesaan Allah SWT sebagai yang paling besar dan berhak atas seluruh isi di muka bumi. Sebagai umat Islam kita tidak boleh menyekutukannya dan malah berakibat pada kehancuran.

BACA JUGA : Surat Al Quraisy Lengkap dengan Arab, Latin & Terjemahannya

Melihat sejarah turunnya surat Al Ikhlas

Al Quran
Belajaralaquran

Ternyata ada cerita mengenai sejarah turunnya surat ini di muka bumi. Seperti diriwayatkan oleh Abdullah bin Mas’ ud ika ada sekelompok Bani Quraisy dan memerintahkan akan Rasulullah SAW dan menjelaskan leluhur Allah SWT. Kemudian ada pula penjelasan mengenai Syaikh Wahbah Az Zuhaili dari Tafsir Al Munir menjelaskan, surat ini punya banyak nama istilah.

Nama-nama istilah tersebut di antaranya adalah At-Tafrid, At-Tajrid, At Tauhid, An Najah dan Al – Wilaayah, Al-Ma’rifah sampai dengan Al-Asas. Itulah penjelasan mengenai kisah alasan mengapa diturunkannya surat Al Ikhlas di kota Makkah, Arab Saudi.

Namun secara kesimpulan bahwa turunnya surat pendek tersebut adalah bentuk penegasan atau penekanan terhadap keesaan Allah SWT. Menolak segala bentuk tindakan menyekutukan Allah SWT Kalimat pada surah ini adalah Allahu ahad allahu shamad artinya Allah Maha Esa Allah tempat bergantung. Surah tersebut bahkan berada di urutan ke 112 dan masuk dalam surah Makkiyah atau diturunkan di kota Makkah

Manfaat surat Al Ikhlas

Al Quran
Istimewa

Ada banyak sekali manfaat yang Sedulur bisa rasakan setelah membaca surat-surat pendek tersebut. Dikutip dari laman Wikipedia jika Nabi Muhammad SAW pernah bersabda ada pahala menanti pembacanya jika membaca surah ini.

Nabi Muhammad SAW menjelaskan pula sekali membaca surah ini maka sama artinya dengan membaca sepertiga Al-Quran. Kemudian manfaat lainnya adalah akan semakin dicintai Allah SWT. Umat manusia sudah sewajarnya memohon pertolongan di atas supaya dapat dimudahkan segalanya.

Manfaat lain jika Sedulur sudah membaca surat ini dapat menjadi jalan mempermudah rezeki. Penjelasan ini bukan tanpa alasan dan memang sesuai dengan yang diriwayatkan oleh Imam Thabrani dari Jarir bin Abdillah, bahwa Rasulullah SAW bersabda.

Barangsiapa membaca qul huwallahu ahad (surat Al-Ikhlas) ketika memasuki rumahnya, maka kefakiran akan hilang dari penghuni rumah tersebut dan dari tetangganya.”

Kemudian ada keutamaan lain jika Sedulur membaca surat-surat pendek ini yaitu dapat menjadikan seseorang masuk ke surganya Allah SWT. Penjelasan ini dikuatkan langsung oleh Abu Hurairah di mana suatu hari ketika sedang bersama Rasulullah SAW beliau sempat mendengarkan ada seseorang melantunkan sebuah bacaan surat pendek seperti Al-Ikhlas.

Maka dengan demikian, Rasulullah SAW pun bersabda “”Telah wajib.” Abu Hurairah pun bertanya, “Apa yang wajib?” Rasulullah SAW menjawab, “(Telah wajib baginya) surga.” (HR.Tirmidzi).”

Tidak hanya mampu melancarkan jalan rezeki, namun surat tersebut juga dapat menjadi sebagai pelindung dari marabahaya. Apabila surat tersebut dibaca bersamaan dengan surat an-nas dan al falaq maka keistimewaan bisa didapatka berupa manusia akan terasa dilindungi.

Sebagaiman yang dituturkan oleh Aisyah RA bahwa Rasulullah SAW sudah terbiasa dalam membaca surat tersebut menjelas tidur.

 “Sesungguhnya apabila Rasulullah ingin merebahkan tubuhnya (tidur) di tempat tidurnya setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya, kemudian beliau sedikit meludah padanya sambil membaca surat “Qul Huwallahu Ahad” dan “Qul A’udzu bi Rabbin Naas” dan “Qul A’udzu bi Rabbil Falaq,” kemudian (setelah itu) beliau mengusapkan ke dua telapak tangannya ke seluruh tubuhnya yang dapat beliau jangkau. Beliau memulainya dari kepalanya, wajahnya, dan bagian depan tubuhnya. Beliau melakukannya sebanyak tiga kali.” (HR. Bukhari).

Demikian penjelasan surat al ikhlas dari pengertian, bacaan doa, sejarah diturunkannya sampai dengan keutamaan dari membaca surat ini. Semoga dapat menambah keimanan dan ketaqwaan kita ke hadirat Allah SWT. Aamiin

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!