artikel adalah

Artikel merupakan salah satu ragam karya tulis yang banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Secara sederhana, pengertian artikel adalah suatu karya tulis atau karangan yang dibuat berdasarkan fakta dan opini untuk dipublikasikan di berbagai media, baik itu media cetak maupun media daring seperti media sosial. Sebagai sebuah karya tulis, artikel disusun dengan struktur tersendiri. Tak hanya itu, artikel juga terbagi ke dalam beberapa jenis berdasarkan cara penyampaian dan tingkat kesulitannya.

Ingin tahu lebih jauh tentang artikel? Berikut ini Super telah merangkum informasi selengkapnya, termasuk pengertian, jenis, ciri, struktur, dan contohnya.

BACA JUGA: Struktur Teks Berita: Pengertian, Unsur, Kaidah & Contohnya

Pengertian artikel adalah

artikel adalah
Freepik

Sebelum masuk ke pembahasan yang lebih jauh, ada baiknya Sedulur menyimak pengertian artikel terlebih dahulu. Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian artikel adalah karya tulis lengkap, misalnya laporan berita atau esai dalam majalah, surat kabar dan sebagainya.

Secara umum, sebuah artikel memuat fakta serta opini ataupun kritik mengenai suatu persoalan yang tengah menjadi perbincangan di masyarakat. Oleh karena itu, artikel umumnya ditulis dengan tujuan untuk menyampaikan gagasan tentang suatu masalah. Lebih jauh, penyampaian gagasan melalui artikel ini sekaligus dapat berfungsi untuk meyakinkan masyarakat hingga menjadi sarana pendidikan dan hiburan.

Pengertian menurut ahli

iStock

Agar Sedulur lebih memahami apa yang dimaksud dengan artikel, berikut ini juga telah dirangkum pengertian artikel menurut sejumlah ahli.

  1. Rillan E. Wolseley

Menurut Rillan E. Wolseley, artikel adalah karangan tertulis dengan panjang yang tidak ditentukan dan memiliki tujuan untuk menyampaikan gagasan serta fakta dengan maksud mendidik, menghibur, dan meyakinkan. 

  1. Sumadiria

Sumadiria mengemukakan pengertian artikel sebagai suatu karya tulis lepas yang berisikan opini tentang suatu masalah atau objek yang bersifat aktual dengan tujuan untuk memberitahukan, memengaruhi, menghibur, atau meyakinkan pembaca.

  1. Al Aqli

Menurut Al Aqli, artikel merupakan tulisan yang ditulis oleh masing-masing disiplin ilmu yang membahas tentang suatu masalah hingga tuntang. Artikel tersebut ditulis secara lugas, jelas, dan tidak bertele-tele sehingga pembaca dapat memetik intisari dari karangan tersebut.

  1. Andi Baso Mappatato

Andi Baso Mappatato menjelaskan artikel sebagai karya tulis yang lengkap, tulisan nonfiksi, serta karangan tertulis yang memiliki panjang tidak menentu.

  1. Ensiklopedia Pers Indonesia

Sementara, pengertian artikel menurut Ensiklopedia Pers Indonesia adalah suatu karangan prosa yang diterbitkan dalam media massa dengan pembahasan pokok masalah secara lugas.

Berdasarkan uraian tentang pengertian artikel di atas dapat disimpulkan bahwa artikel merupakan sebuah karya tulis non fiksi yang memuat opini atau gagasan atas persoalan yang ditulis secara lugas dan jelas. Penyusunan artikel secara umum memiliki tujuan untuk menyampaikan gagasan di samping juga mempengaruhi, mendidik, dan menghibur masyarakat sebagai pembacanya.

BACA JUGA: Pengertian Struktur Teks Biografi Beserta Ciri & Contohnya

Tujuan artikel

artikel adalah
Freepik

Sebelumnya sudah disinggung bahwa tujuan artikel secara umum adalah untuk mengemukakan pendapat, memengaruhi, mendidik, dan menghibur masyarakat. Lebih jelasnya, tujuan artikel bisa diuraikan sebagai berikut.

  • Tujuan kreatif, yaitu untuk menyalurkan ide dan gagasan.
  • Tujuan eksistensi, yaitu untuk menunjukkan eksistensi diri seorang penulis.
  • Tujuan memecahkan masalah, yaitu sebagai sarana atau alat bantu untuk memecahkan suatu persoalan.
  • Tujuan informasi, yakni untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang sebuah persoalan.
  • Tujuan persuasi, yakni untuk mempengaruhi sekaligus membujuk pembaca melakukan sesuatu yang diinginkan oleh penulis.
  • Tujuan entertainment, yakni sebagai sarana untuk menghibur pembaca.
  • Tujuan penugasan, yakni untuk memenuhi tugas seorang pelajar atau mahasiswa.

Manfaat artikel

iStock

Sementara itu, berikut adalah uraian beberapa manfaat artikel yang dapat Sedulur simak.

  • Sarana untuk berpikir secara sistematis dan berbahasa secara tertib.
  • Sarana untuk memahami tujuan penulis sekaligus menguasai kompetensi menulis.
  • Sarana publikasi hasil pemikiran atau gagasan secara ilmiah.
  • Sarana untuk menyampaikan ide sekaligus mengembangkan daya imajinasi penulis.
  • Sarana untuk memberikan dampak akademis bagi pembaca.

BACA JUGA: Pahami Struktur Teks Esplanasi, Pengertian, Ciri dan Strukturnya

Jenis-jenis artikel

artikel adalah
Freepik

Berdasarkan cara penyampaian dan tingkat kesulitannya, artikel dapat dibagi menjadi empat kategori, yaitu artikel ringan, artikel analisis ahli, artikel praktis, dan artikel opini. Berikut penjelasan untuk masing-masing jenis artikel.

1. Artikel ringan

Sesuai dengan namanya, artikel ringan adalah artikel yang membahas persoalan ringan yang cenderung tidak membutuhkan pemahaman secara mendalam. Oleh karena itu, artikel ringan biasanya disajikan dengan gaya yang menghibur namun tetap informatif. 

2. Artikel analisis ahli

Artikel analisis ahli atau juga biasa disebut sebagai artikel ilmiah adalah jenis artikel yang penyusunannya membutuhkan pemikiran secara mendalam. Sebab artikel ilmiah biasanya memuat laporan hasil kajian atau penelitian atas suatu persoalan.

3. Artikel praktis

Jenis artikel yang ketiga adalah artikel praktis, yaitu jenis karya tulis yang cenderung bersifat naratif dan terutama bertujuan untuk menyajikan informasi tentang suatu keterampilan dibandingkan pengembangan pengetahuan. 

4. Artikel opini

Terakhir adalah artikel opini, yaitu jenis artikel yang memuat opini atau gagasan tentang sebuah persoalan. Untuk menulis artikel opini, seorang penulis perlu memiliki pemahaman yang memadai tentang sebuah masalah agar tulisan yang dihasilkan juga dapat dipertanggungjawabkan. 

Artikel opini sendiri banyak ditemukan di surat kabar, majalah, maupun media daring (media online). Umumnya media-media tersebut memiliki kolom atau rubrik khusus untuk menerbitkan artikel opini.

Jenis-jenis artikel lainnya

iStock

Selain empat jenis artikel seperti yang telah dipaparkan di atas, artikel juga terbagi menjadi lima kategori sebagai berikut.

  1. Artikel deskripsi

Artikel deskripsi adalah jenis artikel yang menggambarkan tentang suatu persoalan, keadaan, atau peristiwa. Lantaran disusun dengan gaya deskriptif, artikel ini dapat membuat pembaca seolah ikut merasakan, melihat, serta mendengar peristiwa yang dibahas tersebut secara langsung.

  1. Artikel narasi

Artikel narasi adalah jenis artikel yang menceritakan tentang rangkaian peristiwa secara sistematis sesuai kronologinya. Artikel jenis ini bisa disusun sebagai karya tulis fiksi maupun nonfiksi.

  1. Artikel eksposisi

Jenis yang ketiga adalah artikel eksposisi, yaitu artikel yang berisikan penjelasan tentang suatu topik. Secara umum, artikel eksposisi bertujuan untuk memberikan informasi tambahan bagi pembaca.

  1. Artikel persuasi

Sesuai dengan namanya, artikel persuasi adalah jenis artikel yang ditulis dengan tujuan untuk mempengaruhi atau mengajak pembaca sehingga mau melakukan apa yang dikehendaki oleh penulis.

  1. Artikel argumentasi

Jenis artikel yang terakhir adalah artikel argumentasi yang secara umum bertujuan untuk membuktikan kebenaran pendapat yang dikemukakan oleh seorang penulis. Pembuktian pendapat ini biasanya disampaikan dengan memaparkan data maupun fakta sebagai alasan sekaligus bukti.

BACA JUGA: Teks Ulasan: Pengertian, Tujuan, Ciri, Struktur, Jenis-Jenisnya

Ciri-ciri artikel adalah

artikel adalah
Freepik

Telah diketahui bersama bahwa terdapat beragam jenis artikel, mulai dari artikel narasi hingga artikel argumentasi ataupun artikel ringan hingga artikel analisis ahli. Kendati begitu, secara umum artikel memiliki sejumlah ciri-ciri yang membedakannya dari karya tulis lainnya. Berikut adalah beberapa ciri-ciri artikel yang perlu Sedulur ketahui.

  • Memuat fakta atau opini yang didasarkan pada data yang valid.
  • Ditulis secara ringkas, padat, dan jelas.
  • Ditulis dengan bahasa yang baku, lugas, dan efektif.
  • Penulisan artikel disusun secara sistematis.
  • Bersifat informatif dan faktual karena ditulis berdasarkan kenyataan dan memuat kebenaran.

Struktur artikel adalah

iStock

Setelah memahami pengertian, jenis-jenis, dan ciri-ciri artikel, kini Sedulur dapat menyimak uraian tentang struktur artikel. Hal ini penting untuk Sedulur ketahui terlebih apabila ingin menulis sebuah artikel.

Secara umum, struktur artikel terdiri atas tiga bagian, yaitu tesis, argumen, dan penegasan ulang. Berikut penjelasan untuk masing-masing bagian.

  1. Tesis

Bagian pertama adalah tesis atau pernyataan pendapat yang berfungsi sebagai pembuka artikel. Pada bagian ini dipaparkan pengenalan mengenai topik yang akan dibahas oleh penulis dalam artikel yang ditulisnya. Sehingga bagian ini juga berfungsi sebagai pijakan menuju bagian selanjutnya yang merupakan bagian inti.

  1. Argumentasi

Bagian selanjutnya adalah argumentasi. Pada bagian ini, dipaparkan pokok permasalahan secara lugas, jelas, serta padat sehingga inti permasalahan yang dibahas dapat ditangkap oleh pembaca.

  1. Penegasan ulang

Bagian yang terakhir adalah penegasan ulang di mana penulis merangkum secara ringkas poin-poin kunci yang telah dipaparkan sebelumnya. Penulis juga dapat mengemukakan gagasan berupa solusi terkait permasalahan yang menjadi topik dalam artikel.

BACA JUGA: 15 Contoh Teks Narasi Beserta Penjelasan, Jenis & Strukturnya

Kaidah kebahasaan artikel

artikel adalah
Freepik

Kaidah kebahasaan merupakan salah satu hal yang tidak boleh diabaikan ketika menyusun sebuah artikel. Berikut adalah uraian singkat tentang kaidah kebahasaan artikel yang perlu Sedulur perhatikan sebelum menulis artikel maupun saat mengidentifikasi artikel.

  • Menggunakan kata kerja mental
  • Menggunakan konjungsi yang menyatakan hubungan waktu atau kronologis
  • Menggunakan kata hubung kausalitas yang menyatakan hubungan sebab akibat
  • Menggunakan kata atau istilah teknik terkait topik yang dibahas
  • Menggunakan kata denotatif atau kata yang bermakna sebenarnya
  • Menggunakan kata perujukan
  • Menggunakan kata persuasif atau ajakan

Contoh artikel

iStock

Selain menyimak teori tentang artikel mulai dari pengertian, jenis, ciri-ciri, hingga kaidah kebahasaannya, Sedulur juga perlu mempelajari contoh artikel agar lebih memahaminya. Berikut ini adalah contoh artikel mengenai pentingnya melakukan peregangan sebelum olahraga yang dikutip dari Kompas.com.

Peregangan sebelum berolahraga sangatlah penting. Tujuannya untuk menghindari cedera serius dan ketegangan pada tubuh.

Melakukan peregangan sebelum berolahraga memang memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Para ahli menyarankan jika sebaiknya peregangan dilakukan saat pagi hari, tepatnya sebelum memulai aktivitas fisik.

Bentuk peregangan yang paling mudah dan menyehatkan adalah berlari. Para ahli mengatakan jika berlari membawa dampak positif bagi orang yang melakukannya. Berlari dapat melatih kekuatan dan kesehatan otot jantung.

Bentuk peregangan mudah lainnya adalah dengan memutar kepala, tangan, pundak dan kaki searah jarum jam. Peregangan ini sangat mudah untuk dilakukan di mana saja tanpa perlu mengeluarkan biaya untuk melakukannya.

Contoh bentuk peregangan lainnya adalah dengan melakukan squat. Squat dapat melatih banyak fungsi tubuh dalam satu gerakan serta melatih kekuatan sendi serta ligamen dalam tubuh. Maka disarankan untuk tidak lupa melakukan peregangan sebelum berolahraga agar tubuh tetap sehat dan tidak mengalami cedera. 

Demikian pembahasan lengkap tentang artikel, mulai dari pengertian, jenis, ciri-ciri, struktur, dan kaidah kebahasaannya. Selain itu juga telah dipaparkan contoh artikel yang bisa Sedulur pelajari agar lebih memahami materi ini.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.