teks ulasan

Pernahkah Sedulur menjumpai bacaan teks ulasan? Bagi Sedulur yang sudah akrab dengan dunia bahasa Indonesia, tentu jenis teks tersebut tidak asing lagi di telinga. Namun bagi yang belum, jangan khawatir ya.

Pada artikel ini, kita akan sedikit membahas mengenai apa itu teks ulasan lengkap dengan tujuan dan contohnya. Yuk, simak sampai akhir informasi berikut ini!

BACA JUGA: Perjanjian Roem Royen: Latar Belakang, Isi, Tokoh & Dampak

Pengertian teks ulasan

teks ulasan
Depositphotos

Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata “ulasan” memiliki arti kupasan, tafsiran, atau komentar. Dari situ, dapat kita simpulkan bahwa teks ulasan atau tulisan ulasan merupakan sebuah tulisan yang berisi berbagai macam kupasan, tafsiran, serta komentar mengenai objek ulasan. 

Kupasan, tafsiran, dan komentar tersebut tentunya berasal dari sudut pandang penulis. Jadi, teks ulasan dari penulis satu dengan penulis lainnya dapat mirip, atau bahkan berbeda 18- derajat, tergantung faktor-faktor yang mempengaruhinya.

BACA JUGA: 7 Tips & Cara Menabung Emas yang Mudah Bagi Pemula

Pengertian teks ulasan menurut para ahli

teks ulasan
Depositphotos

Berikut ini adalah pengertian teks ulasan menurut para ahli. Pengertian-pengertian berikut ini dapat memberikan Sedulur pemahaman yang lebih sempurna terkait topik diskusi kali ini.

  • Ken Hyland dan Giuliana Diani – Teks ulasan adalah sebuah karangan yang memiliki fungsi utama untuk mengupas serta memberikan penilaian terhadap sebuah karya sastra. Ulasan yang terkandung kemudian dapat berperan sebagai tolok ukur untuk meningkatkan kualitas suatu karya.
  • Linda Gerott dan Peter Wignell – Teks ulasan adalah sebuah tulisan yang memiliki fungsi untuk memberikan penilaian, pengukuran, serta pemikiran atau kritik terhadap karya yang diulas.

BACA JUGA: Rumus Usaha dalam Fisika Beserta Contoh Soal & Pembahasan

Tujuan teks ulasan

teks ulasan
Depositphotos

Apabila ditelisik lebih lanjut, sebenarnya terdapat tujuan-tujuan spesifik dari sebuah teks ulasan berdasarkan jenisnya. Namun, tujuan tersebut dapat kita kategorikan secara garis besar seperti berikut ini.

  • Memberikan pemahaman isi atau makna terhadap sebuah karya kepada para pembaca.
  • Membantu para pembaca untuk melakukan pertimbangan sebelum memilih, membeli, memiliki, dan menikmati sebuah karya.
  • Memberikan perbandingan dari karya yang diulas dengan karya lainnya. Perbandingan biasanya dilakukan kepada dua jenis karya yang sama.
  • Membantu pembaca untuk mendapatkan informasi berupa fitur-fitur dari suatu karya.

BACA JUGA: Aspek Pancagatra & Trigatra dalam Wawasan Nusantara

Ciri-ciri teks ulasan

Depositphotos

Sesuai dengan tujuannya, sebuah teks ulasan dapat kita temukan dengan beberapa karakteristik berikut ini.

  • Tulisan ulasan juga dikenal luas oleh masyarakat dengan sebutan resensi.
  • Di dalam tulisan ulasan, terdapat pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan, atau keunggulan dan kelemahan dari suatu karya yang menjadi objek ulasan.
  • Penulis tak jarang membubuhkan pendapat mengenai substansi dari suatu karya yang sedang diulas.
  • Struktur tulisan ini terdiri dari orientasi, tafsiran, evaluasi, serta rangkuman.
  • Lebih lanjut lagi, pendapat atau opini dari penulis yang ada di dalam teks ulasan ini merupakan fakta yang sudah diinterpretasikan sesuai dengan sudut pandang penulis.
  • Hampir keseluruhan informasi berasal dari pihak penulis yang kemudian disesuaikan dengan ulasan atau kupasan terhadap produk atau karya tertentu.

BACA JUGA: 15 Contoh Teks Narasi Beserta Penjelasan, Jenis & Strukturnya

Struktur teks ulasan

Depositphotos

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya pada pembahasan ciri-ciri atau karakteristik dari teks ulasan, terdapat beberapa struktur yang menjadikan teks tersebut utuh menjadi satu kesatuan. Struktur-struktur tersebut adalah orientasi, tafsiran, evaluasi, serta rangkuman. 

Simak informasi lebih lanjut mengenai contoh struktur teks ulasan di bawah ini.

1. Orientasi

Struktur tulisan ulasan yang pertama adalah orientasi. Orientasi lazim terletak di awal sebagai pengenalan terhadap pembahasan dalam ulasan tersebut. Biasanya, para pembaca akan mengerti sekilas tentang latar belakang dari objek ulasan dalam bagian orientasi ini.

2. Tafsiran

Struktur tulisan ulasan yang kedua adalah tafsiran. Tafsiran dalam kata lain dapat berupa pandangan, penilaian, atau pengukuran penulis terhadap objek yang diulas. Dalam bagian ini, tafsiran biasanya berisi beberapa gambaran atau penjelasan terhadap objek secara mendetail. Aspek-aspek seperti keunggulan, kelemahan, kualitas, keunikan, dan lain-lain juga turut ditulis dalam struktur ini.

3. Evaluasi

Struktur tulisan ulasan yang ketiga adalah evaluasi. Pada struktur ini, penjelasan objek ulasan akan dilakukan secara lebih mendalam. Fokus dari evaluasi akan menyorot pada kelebihan dan kekurangan objek ulasan. Dengan begitu, para pembaca akan lebih paham mengenai objek ulasan ini secara keseluruhan. Pembaca pun akan menjadikan evaluasi teks ulasan ini sebagai acuan bagus atau tidaknya objek yang diulas.

4. Rangkuman

Struktur tulisan ulasan yang keempat adalah rangkuman. Sesuai dengan namanya, struktur ini akan mengambil kesimpulan dari hasil ulasan objek. Penulis pun biasanya akan memberikan beberapa komentar atau tanggapan pribadi terkait objek pada bagian rangkuman teks ulasan.

Jenis-jenis tulisan ulasan

Depositphotos

Di atas telah kita ketahui struktur tulisan ulasan. Terdapat empat struktur utama yang membentuk tulisan ulasan secara keseluruhan, dimulai dari orientasi, tafsiran, evaluasi, serta rangkuman. Kemudian, apakah Sedulur tahu ada berapa jenis tulisan ulasan? Yuk, simak penjelasan jenis jenis teks ulasan berikut untuk menemukan jawabannya!

1. Deskriptif

Jenis tulisan ulasan yang pertama adalah ulasan deskriptif. Jenius ulasan deskriptif ini sangat lazim untuk digunakan dalam mengulas berbagai karya sastra. Dalam hal tersebut, ulasan biasanya akan dipadati dengan berbagai gambaran atau penilaian penulis terhadap sebuah karya sastra, dituangkan dalam bentuk deskripsi.

Karya sastra sebagai objek yang diulas pun kemudian akan disajikan dengan penjelasan yang detail dan cenderung kompleks. Salah satu tujuan utama dari ulasan deskriptif ini adalah agar pembaca dapat benar-benar memahami maksud tersirat dibalik penulisan karya sastra tersebut.

2. Kritis

Jenis atau contoh teks ulasan yang kedua adalah ulasan kritis. Jenis ulasan kritis ini sangat lazim untuk digunakan dalam mengulas berbagai karya sastra, mirip dengan deskriptif. Namun, yang membedakan adalah kritikan atau masukan yang diberikan oleh penulis dari sudut pandangnya terhadap objek ulasan. 

Sedulur akan banyak menjumpai ulasan kritis ini yang berupa analisis mendalam dari suatu karya sastra. Seperti tujuannya yaitu mengkritik dan menganalisis, ulasan kritis ini bersifat subjektif dengan menganut sudut pandang penulisnya.

3. Informatif

Jenis tulisan ulasan yang ketiga adalah ulasan informatif. Jenis ulasan informatif ini sangat lazim untuk digunakan dalam mengulas berbagai karya, tidak terbatas hanya pada karya sastra saja. Yang membedakan dari dua jenis teks ulasan sebelumnya adalah tujuan utama ulasan informatif ini untuk memberikan pencerahan kepada para pembaca.

Pencerahan tersebut tentunya berupa informasi, yang kemudian disajikan dengan bahasa yang singkat, jelas, serta padat.

Nah Sedulur, di atas merupakan ulasan singkat dari teks ulasan. Pembahasan di atas dimulai dari pengertian teks tersebut, tujuan, ciri-ciri, struktur, serta jenis-jenisnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur serta menambah pengetahuan dan wawasan tentang literatur bahasa Indonesia, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.