struktur teks ekplanasi

Apa Sedulur pernah menemui pertanyaan seperti “sebutkan dan jelaskan struktur teks eksplanasi”? Istilah tersebut memang sering kita dengar, namun ternyata belum banyak yang mengetahuinya. Bisa dikatakan jika teks eksplanasi ini wajib untuk diketahui oleh semua orang. Hal ini karena teks tersebut mempunyai kegunaan untuk menerangkan dan menjelaskan tentang mengapa atau bagaimana hal bisa terjadi. Jadi teks ini berisikan penjelasan secara rinci dari sebuah fenomena yang terjadi.

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi segala proses yang terjadi lalu dijabarkan secara rinci dan juga logis. Untuk mengenali, tentu saja Sedulur harus paham dengan struktur dan ciri-ciri teks eksplanasi. Ya, teks ini erat kaitannya dengan berbagai fenomena seperti fenomena alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, dan lain sebagainya. Teks tersebut sebenarnya kerap Sedulur temui di bacaan-bacaan sehari-hari seperti artikel atau bacaan yang lain.

BACA JUGA: Apa Itu Reseller? Beginilah Pengertian dan Cara Kerjanya

Pengertian teks eksplanasi

struktur teks eksplanasi
pexels

Apabila dikaji dari kata eksplanasi, maka kata itu berarti tindakan yang menerangkan atau menjelaskan sebuah keterangan, fakta, atau pernyataan. Jadi bisa dikatakan jika teks eksplanasi adalah teks yang menceritakan bagaimana atau mengapa suatu fenomena itu bisa terjadi.

Sesuai dengan namanya, teks eksplanasi ini bentuknya teks yang berisikan proses-proses yang berhubungan dengan berbagai macam kejadian atau fenomena. Teks tersebut akan memberitahu dan menjelaskan pada para pembaca kejadian yang terjadi secara runtut atau bagaimana sesuatu bisa bekerja. Penggambaran tahapan pada suatu proses yang dijelaskan juga sangat logis dan rinci.

Ciri teks eksplanasi

struktur teks eksplanasi
pexels

Jika Sedulur mendapat perintah untuk tuliskan struktur teks eksplanasi, tentu saja perlu tahu ciri-ciri dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi. Maka dari itu, Sedulur perlu memahami beberapa ciri-ciri dari teks eksplanasi yang akan disebutkan di bawah ini.

  • Mempunyai sifat menjawab pertanyaan apa, bagaimana, dan mengapa.
  • Mempunyai tujuan untuk memberi tahu akan pengertian, informasi, dan juga pengetahuan.
  • Sesuai dengan kaidah teks eksplanasi, yang disampaikan dengan gaya lugas serta menggunakan bahasa baku.
  • Biasanya disajikan dengan menggunakan susunan yang jelas dan logis.
  • Termasuk ke dalam jenis teks non-fiksi yang di dalamnya termuat fakta, data, dan opini yang logis.
  • Umumnya mengandung penunjuk keterangan cara, penunjuk keterangan waktu, kata tunjuk, dan konjungsi kronologis.
  • Mempunyai sifat faktual, di mana teks tersebut memuat semua informasi yang sifatnya fakta dan ilmiah.
  • Menggunakan konjungsi kronologis dan kausalitas.

BACA JUGA: Isi Teks Sumpah Pemuda, Lengkap dengan Sejarah & Maknanya

Struktur teks eksplanasi

struktur teks eksplanasi
pexels

Struktur teks eksplanasi adalah rangkaian dari pernyataan umum, deretan penjelasan, serta kesimpulan. Jika dilihat dari pengertian tersebut, terdapat tiga buah struktur utama dalam teks eksplanasi. Berikut ini penjelasan untuk ketiganya.

  • Pernyataan umum

Struktur teks eksplanasi yang pertama adalah pernyataan umum. Pernyataan umum berisikan gagasan yang berbentuk kalimat-kalimat. Tidak sembarang kalimat, namun kalimat yang bisa menjelaskan akan suatu fakta yang sifatnya umum. Pernyataan umum tersebut, merupakan penjelasan dari topik utama. Jadi bagian ini diibaratkan sebagai dasar untuk membuat teks eksplanasi yang benar.

  • Penjelasan

Struktur teks eksplanasi yang berikutnya ada bagian penjelasan, bagian yang menjadi inti dari teks eksplanasi itu sendiri. Bagian yang kedua ini, berikan kalimat-kalimat yang berfungsi untuk menjelaskan pernyataan secara umum. Deretan penjelasan akan menjelaskan tentang fakta proses terjadinya sesuatu. Selain itu, bagian ini juga berisikan sebab dan akibat sesuatu itu terjadi.

  • Kesimpulan

Struktur teks eksplanasi yang terakhir ada kesimpulan. Kesimpulan atau biasa juga disebut dengan interpretasi, berisikan ringkasan penjelasan yang dibuat oleh penulis teks. Dalam bagian yang satu ini, juga berisikan gagasan yang bisa saja berupa kesan, tanggapan, pendapat, maupun teoretis terhadap sesuatu. Jadi kesimpulan dari teks yang ditulis oleh satu penulis, bisa berbeda dengan teks yang ditulis oleh penulis lain.

Jenis-jenis teks eksplanasi

struktur teks eksplanasi
pexels

Dari penjelasan yang sudah diberikan di atas, mungkin Sedulur sudah bisa membayangkan apa itu teks eksplanasi kan? Namun tidak hanya sampai disitu, ada beberapa jenis teks eksplanasi yang perlu Sedulur ketahui. Nah, dibawah ini yang termasuk ke dalam struktur teks eksplanasi ialah sebagai berikut.

  • Eksplanasi Faktorial

Eksplanasi faktorial adalah jenis teks eksplanasi yang menjelaskan efek dan juga hasil dari suatu proses. Setiap adanya sebuah proses atau kejadian, pasti ada efek yang ditimbulkan. Nah, jenis teks ini akan menjelaskan efek yang timbul atau terjadi tersebut.

  • Eksplanasi Sequental

Eksplanasi Sequental adalah jenis teks eksplanasi yang menjelaskan tahapan suatu fenomena secara rinci. Mulai dari awal fenomena tersebut terjadi, sampai benar-benar selesai. Urutannya juga harus runtut, dari awal sampai akhir.

  • Eksplanasi Teoritis

Eksplanasi Teoritis adalah jenis teks eksplanasi yang berisikan spekulasi atau kemungkinan yang mungkin saja terjadi dibalik suatu fenomena. Jadi yang tertulis dalam teks tersebut belum tentu terjadi. Meskipun begitu, harus dijelaskan pula penyebab dan alasan yang masuk akal.

  • Eksplanasi Kasual

Eksplanasi Kasual merupakan jenis teks eksplanasi yang menjelaskan tentang asal mula atau penyebab terjadinya sebuah perubahan. Penulisan perubahan yang terjadi juga dilakukan secara bertahap, rinci dari sampai akhirnya fenomena itu bisa terjadi.

BACA JUGA: Doa Berangkat Kerja Agar Semangat, Selamat dan Sukses!

Contoh teks eksplanasi

struktur teks eksplanasi
pexels

Apakah sampai disini Sedulur sudah benar-benar paham tentang teks eksplanasi? Jika masih bingung, tidak perlu khawatir. Berikut ini ada beberapa contoh dari teks ekpslanasi agar Sedulur lebih paham mengenai jenis teks tersebut.

  • Proses Terjadinya Hujan

Dalam ilmu Geografi, hujan bukan hanya air yang turun dari langit ke permukaan bumi. Jatuhnya air dari langit yang disebut hujan tersebut, melalui tiga tahapan yakni evaporasi, kondensasi, dan presipitasi.

Evaporasi adalah proses perubahan air yang tadinya berwujud cair menjadi gas. Sehingga air ini akan berubah jadi uap air, yang memungkinkannya untuk naik ke bagian atmosfer bumi. Semakin tinggi suhu panas yang dihasilkan oleh matahari, maka jumlah air di bumi yang menguap juga akan semakin banyak.

Uap-uap air yang sudah naik pada ketinggian tertentu, akan mengalami sebuah proses pengembunan atau yang sering disebut dengan kondensasi. Proses kondensasi ini terjadi ketika uap ari berubah jadi partikel-partikel es yang ukurannya sangat kecil.

Perubahan yang wujud semulanya adalah uap air hingga menjadi es tersebut, bisa terjadi dikarenakan pengaruh suhu udara yang sangat rendah pada titik ketinggian yang telah dicapai. Setelah itu, partikel-partikel es yang terbentuk akan saling berdekatan antara satu dengan lainnya dan terbentuklah sebuah awan.

Kemudian proses yang berikutnya adalah prespitasi, yakni mencarinya awan karena suhu udara tinggi. Nah, pada proses yang satu ini, terjadilah hujan. Butiran-butiran air akan jauh ke permukaan bumi. Selain itu, ada proses tambahan yakni advesi, proses perpindahan awan ke tempat lain karena dititup oleh angin.

Demikian tiga tahapan utama proses terjadinya hujan. Proses-proses tersebut terjadi sebelum hujan membasahi permukaan bumi. Hujan sendiri termasuk salah satu situs hidrologi, yakni perputaran air di bumi yang terulang dan berlangsung secara terus menerus.

Mungkin hanya itu penjelasan secara singkat mengenai pengertian, ciri-ciri, contoh, jenis, dan struktur teks eksplanasi. Silahkan pahami dengan betul penjelasan di atas, dan buat teks eksplanasi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Sedulur.