Analisis adalah sebuah istilah yang tentunya Sedulur sering dengar dalam bermacam-macam bidang keilmuan seperti matematika, sosial, humaniora, bisnis, manajemen, ekonomi, dan sebagainya. Istilah analisis biasanya muncul pada saat kita berusaha mengamati suatu fenomena dengan metode-metode tertentu.

Lalu, tahukah Sedulur apa pengertian lebih lanjut dari istilah tersebut? Berikut ini merupakan definisi analisis adalah dan contohnya yang dihimpun dari berbagai sumber.

BACA JUGA: Pengertian Preventif Beserta Ciri-ciri, Macam dan Contohnya

Pengertian analisis adalah

analisis adalah
Depositphotos

Analisis merupakan sebuah kata serapan dari bahasa Inggris analysis. Kata tersebut berasal dari bahasa Yunani Kuno, ἀνάλυσις, yang berarti “memecah-mecah”, “melepas”. Pengertian lain juga ada yang menyebutkan bahwa analysis memiliki dua arti, ana berarti “melalui” dan lysis berarti “mengurai”.

Analisis mendefinisikan sebuah proses memecah dan mengurai topik dengan substansi yang kompleks menjadi bagian-bagian yang kecil. Proses ini dilakukan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang topik tersebut. Menurut sejarah, proses analisis sudah dilakukan pada bidang keilmuan matematika dan logika, jauh sebelum Aristoteles (384 SM-322 SM) melakukan penelitiannya. Walaupun begitu, istilah analisis secara formal digunakan dalam berbagai penelitian sejatinya masih relatif baru.

Pengertian analisis menurut para ahli

Depositphotos

Selain definisi istilah analisis secara umum yang sebelumnya dipaparkan, terdapat pengertian-pengertian lain dari para ahli yang menjelaskan tentang seluk beluk dari sebuah analisis. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), analisis yaitu penyelidikan terhadap suatu peristiwa seperti karangan, perbuatan, dan sebagainya. Penyelidikan dilakukan untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya, sebab musabab suatu fenomena terjadi, duduk perkaranya, dan lain-lain. Selain itu, analisis dapat berarti pemecahan persoalan yang dimulai dengan dugaan akan kebenarannya, dan penjabaran sesudah dikaji sebaik-baiknya.

KBBI juga menjabarkan arti dari kata analisis dari sudut pandang kimia dan manajemen. Dari sudut pandang kimia, analisis adalah penyelidikan kimia dengan menguraikan sesuatu untuk mengetahui zat bagiannya dan sebagainya. Sementara dari sudut pandang manajemen, analisis merujuk pada penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri serta hubungan antarbagian untuk memperoleh pengertian yang tepat serta pemahaman arti keseluruhan. 

2. Husein Umar

Husein Umar menjelaskan bahwa pengertian analisis penelitian adalah suatu proses kerja dari beberapa tahapan pekerjaan pra-riset. Tahapan-tahapan tersebut kemudian didokumentasikan di dalam laporan terstruktur.

3. Robert J. Schreiter

Robert J. Schreiter mengungkapkan bahwa analisis adalah “membaca” teks-teks yang melokalisasikan bermacam-macam tanda dan menempatkan tanda tersebut pada interaksi yang dinamis dan juga pesan-pesan yang disampaikan.

4. Dwi Prastowo Darminto

Mengutip dari penjelasan Dwi Prastowo Darminto, analisis adalah kegiatan menguraikan suatu pokok menjadi beberapa bagian yang saling berhubungan dan menelaahnya satu-satu. Penguraian dan penelaahan yang dilakukan bertujuan untuk memperoleh pengertian yang sebenar-benarnya dan memperoleh pemahaman secara keseluruhan dari pokok tersebut.

5. Gunawan Wiradi

Menurut Gunawan Wiradi, analisis merupakan suatu aktivitas memilah-milah, mengurai, serta membedakan suatu topik. Kemudian hasilnya digolongkan dan dikelompokkan dalam kriteria tertentu dan dicari makna serta kaitannya masing-masing.

6. Komaruddin

Berdasarkan definisi yang diungkapkan oleh Komaruddin, analisis ialah suatu kegiatan berpikir dengan tujuan utama untuk menguraikan suatu keseluruhan menjadi beberapa komponen kecil. Kegiatan berpikir tersebut akan menghasilkan tanda-tanda komponen, hubungan masing-masing komponen, serta fungsi setiap komponen yang saling berhubungan dalam satu keseluruhan yang padu.

BACA JUGA: Cerpen: Pengertian, Struktur, Ciri-ciri, Unsur & Contohnya

Tujuan dan fungsi analisis adalah

analisis adalah
Depositphotos

Setelah mengetahui tentang macam-macam pengertian analisis dari para ahli, pada bagian ini akan dijelaskan mengenai tujuan serta fungsi-fungsi dari sebuah proses analisis. Secara umum, tujuan dari seseorang melakukan kegiatan analisis adalah untuk mengenali secara saksama sejumlah data yang ia dapat dari populasi tertentu. Nantinya, data-data tersebut akan dibuat kesimpulan, yang selanjutnya akan diproses untuk menetapkan sebuah kebijakan dan mengambil keputusan dalam rangka menyelesaikan suatu permasalahan.

Fungsi-fungsi dari kegiatan analisis dibagi menjadi tiga yaitu sebagai berikut.

  • Fungsi analisis adalah untuk mengintegrasikan data-data yang dihimpun dari populasi tertentu. Data-data yang telah dihimpun tersebut tentunya akan berasal dari sumber-sumber yang berbeda. Dibutuhkan analisis lanjut supaya mendapatkan kesimpulan dan pemahaman yang lebih lengkap.
  • Fungsi analisis adalah untuk menetapkan sasaran dari data yang diperoleh secara spesifik. Dibutuhkan analisis lanjut supaya mendapatkan pemahaman yang lebih spesifik dan mudah dimengerti.
  • Fungsi analisis adalah untuk menjadi solusi alternatif dalam menghadapi suatu masalah. Kemudian, seseorang dapat menetapkan langkah-langkah selanjutnya yang akan diambil, sesuai dengan kebutuhan.

Jenis-jenis analisis adalah

analisis adalah
Depositphotos

Analisis merupakan suatu kegiatan menguraikan suatu pokok menjadi beberapa bagian yang saling berhubungan dan menelaahnya satu-satu, dengan tujuan untuk memperoleh pengertian dan pemahaman yang tepat. Analisis dibagi menjadi dua yaitu analisis logika dan realis.

  • Analisis logika

Analisis logika merupakan salah satu jenis analisis yang memiliki tujuan utama untuk melakukan penguraian atau pemecahan terhadap sesuatu atau sebuah fenomena, dengan membaginya menjadi prinsip-prinsip tertentu. Analisis logika kemudian dibagi menjadi dua yaitu analisis universal dan analisis dikotomi. Alur analisis universal adalah dari sesuatu umum ke sesuatu yang khusus. Sedangkan, analisis dikotomi adalah analisis menurut dua kelompok yang saling terpisah.

  • Analisis realis

Analisis realis merupakan sebuah jenis analisis yang memiliki urutan proses berdasarkan sesuatu yang diteliti. Ia dibagi menjadi dua, yaitu analisis esensial dan analisis aksidental.

BACA JUGA: Kata Baku dan Tidak Baku: Pengertian, Fungsi dan Contohnya

Langkah-langkah analisis adalah

Freepik

Terdapat beberapa langkah yang perlu seseorang lakukan dalam sebuah proses analisis. Berikut penjelasannya.

  • Langkah pertama, mengumpulkan data-data penting yang dibutuhkan.
  • Langkah kedua, memeriksa kelengkapan serta kejelasan data seperti pengisian instrumen serta teknik pengumpulan data.
  • Langkah ketiga, melakukan proses identifikasi dan klasifikasi dari tiap-tiap pernyataan hasil dari langkah sebelumnya. Identifikasi dan klasifikasi harus dilakukan berdasarkan variabel dari data yang akan dianalisis.
  • Langkah keempat, melakukan tabulasi. Tabulasi adalah pencatatan data ke dalam tabel-table induk.
  • Langkah kelima, melakukan pengujian terhadap kualitas data dengan cara menerapkan uji validitas dan uji reliabilitas.
  • Langkah keenam, mempresentasikan data secara rapi dan runtut. Dapat dipraktikkan dengan menggunakan tabel frekuensi atau diagram agar dapat menonjolkan karakteristik yang dimiliki oleh data.
  • Langkah ketujuh, menguji benar atau tidaknya hipotesis.

Metode analisis adalah

Depositphotos

Seperti yang telah disinggung pada pembahasan sebelumnya, analisis adalah sebuah proses mengurai dan memecah data temuan yang memiliki substansi kompleks menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Proses ini dilakukan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang topik tersebut.

Secara garis besar, dua metode bisa digunakan dalam melakukan sebuah analisis yaitu dengan metode kualitatif dan metode kuantitatif.

  • Analisis data dengan metode kualitatif tidak menggunakan alat statistik, melainkan menggunakan interpretasi tabel, grafik, dan angka. Setelah itu barulah dimulai proses mengurai dan memecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil lagi.
  • Analisis data dengan metode kuantitatif menggunakan alat statistik. Analisis didasarkan pada prinsip-prinsip statistik seperti statistik deskriptif dan statistik inferensial.

Itu dia Sedulur, pembahasan mengenai analisis adalah, fungsi, serta tujuan dari proses tersebut. Analisis merupakan suatu kegiatan yang berbentuk memilah-milah, mengurai, serta membedakan suatu fenomena. Lalu, hasil dari proses tersebut digolongkan dan dikelompokkan dalam kriteria tertentu, serta dicari makna maupun kaitannya masing-masing.

Tujuan utama dari proses analisis adalah untuk mengenali secara keseluruhan dari sejumlah data yang didapat dari populasi tertentu. Beberapa fungsi dari kegiatan analisis adalah mencari alternatif dari suatu permasalahan, menetapkan sasaran data, dan mengintegrasikan data. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.