Preventif adalah tindakan yang berbentuk pengawasan terhadap suatu kegiatan sebelum kegiatan tersebut dilaksanakan. Tindakan preventif berguna untuk mencegah terjadinya ketidaksesuaian atau kesalahan pada kegiatan tadi.

Ingin tahu lebih lanjut tentang preventif adalah dan contohnya, ciri-ciri, serta macam dari tindakan tersebut? Coba simak pembahasan di bawah ini sampai akhir, ya Sedulur!

BACA JUGA: Pengertian Kemasan Primer, Sekunder, Tersier dan Contohnya

Pengertian preventif

preventif adalah
Depositphotos

Preventif adalah suatu istilah yang sering dipakai dalam berbagai bidang. Secara garis besar, tindakan preventif dapat dimaknai sebagai salah satu bentuk tindakan sosial yang bertujuan untuk mencegah gangguan-gangguan yang bisa saja terjadi pada sesuatu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), preventif adalah kata sifat yang memiliki arti bersifat mencegah supaya jangan terjadi apa-apa. Mengutip dari tulisan Oktavia Yuni yang berjudul Promotif, Preventif, Kuratif, Rehabilitatif, maksud dari istilah preventif yaitu sebuah usaha yang dilakukan individu atau kelompok dalam mencegah terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan.

Pengertian lain datang dari konteks sosiologi, dimana preventif mengacu pada bentuk pengendalian sosial yang didasarkan pada tiap prosesnya. Pengendalian sosial tersebut berupa tindakan dengan tujuan mencegah terjadinya berbagai penyimpangan sosial, dan juga mengajak masyarakat untuk menaati norma-norma dan nilai sosial yang ada.

Istilah preventif juga sering digunakan dalam dunia kesehatan. Pengertian preventif dalam dunia kesehatan yaitu tindakan untuk menghindari berbagai masalah kesehatan yang dapat membahayakan nyawa seseorang. Tujuannya adalah sebagai upaya untuk memunculkan hasil kesehatan lebih baik. Karena dengan itu, seseorang dapat menghemat biaya operasional kesehatan serta perawatan.

BACA JUGA: Musik Ansambel: Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan Contohnya

Ciri-ciri preventif adalah

preventif adalah
Depositphotos

Sebagai sebuah tindakan yang bertujuan baik, preventif memiliki beberapa karakteristik yang dapat kita amati. Berikut adalah ciri-ciri tersebut.

  • Dari sudut pandang sosial, tindakan preventif adalah sikap mencegah terjadinya berbagai pelanggaran yang berkaitan dengan norma dan nilai sosial.
  • Dari sudut pandang sosial, tindakan preventif harus berfokus terhadap risiko dan masalah dari pelaku yang ingin dicegah dalam suatu kelompok sosial tertentu.
  • Dari sudut pandang sosial, tindakan preventif perlu menyediakan alternatif lain serta kesempatan dalam jangka panjang yang sebelumnya tidak tersedia.
  • Dari sudut pandang kesehatan, tindakan preventif dilakukan untuk mencegah terjadinya berbagai penyakit yang dapat berdampak buruk terhadap tubuh.
  • Dari sudut pandang keuangan, tindakan preventif diterapkan untuk mencegah munculnya pengeluaran berlebih atas suatu masalah buruk yang bisa terjadi di masa depan.

BACA JUGA: Logaritma: Pengertian, Sifat, Fungsi, Rumus & Persamaannya

Dampak tindakan preventif

preventif adalah
Everypixel

Ditinjau dari segi sosial, tindakan preventif memiliki dua jenis dampak, yaitu dampak positif dan dampak negatif.

  • Dampak positif – Tindakan preventif dapat menimbulkan efek pencegahan dalam masyarakat. Dalam hal ini, efek pencegahan berarti masyarakat memiliki batasan dalam berperilaku serta memiliki aturan yang jelas dalam bertindak.
  • Dampak negatif – Tindakan preventif dapat mengurangi kebebasan hak masyarakat dalam berperilaku, yang secara tidak langsung akan menghambat kebebasan berekspresi.

BACA JUGA: Energi: Pengertian, Jenis, Fungsi dan Cara Menghematnya

Kuratif dan preventif adalah

Everypixel

Seperti yang telah didiskusikan sebelumnya, tindakan preventif merupakan langkah-langkah yang dilakukan sebelum terjadi sebuah pelanggaran. Sedangkan tindakan kuratif adalah sebuah tindakan yang bertujuan untuk mengatasi pelanggaran atau kejadian tidak diinginkan yang sudah terjadi.

Perbedaan dari kedua istilah tersebut terletak pada waktu dan tujuan tindakan tersebut dilakukan. Jika preventif dilakukan sebelum suatu kejadian, maka kuratif dilakukan sesudah suatu kejadian. Jika preventif dilakukan dengan tujuan mencegah, maka kuratif dilakukan dengan tujuan mengatasi.

BACA JUGA: Data Scientist: Pengertian, Tugas, Gaji & Skills yang Dibutuhkan

Cara preventif adalah

Depositphotos

Di bawah ini adalah cara-cara bagaimana menerapkan tindakan preventif dalam kasus pencegahan penyimpangan sosial, khususnya dalam hal kenakalan remaja.

  • Membangun klinik psikologis untuk anak-anak.
  • Membuat undang-undang khusus anak dan remaja.
  • Menerapkan perundang-undangan dengan konsisten.
  • Menciptakan suasana harmonis dalam lingkup keluarga.
  • Menerapkan hubungan interaksi sosial yang baik antara anak dan orang tua.
  • Menyediakan berbagai macam sarana dan prasarana yang positif untuk mengalihkan kegiatan buruk remaja.
  • Menanamkan nilai agama, sosial, dan hukum.

Contoh preventif adalah

Untuk memantapkan pemahaman Sedulur tentang tindakan preventif adalah, yuk coba simak beberapa contohnya di bawah ini!

  1. Pencegahan penyalahgunaan NAPZA (Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif) yang biasanya dilakukan di sekolah sekolah adalah salah satu contoh tindakan preventif untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan obat-obatan terlarang di masyarakat, terutama kalangan remaja. Kegiatan preventif tersebut dapat dilakukan dengan kegiatan penyuluhan, mengadakan kegiatan bermanfaat dan menarik perhatian, dan lain sebagainya.
  2. Upaya preventif untuk mencegah terjadinya kerusakan gigi dan mulut yang dilakukan orang tua terhadap anak-anaknya. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan cara mengajak anak untuk menggosok gigi secara teratur dan memperhatikan asupan makanan-makanan yang dapat merusak gigi anak.
  3. Tindakan preventif orang tua yang membatasi penggunaan gadget pada sang buah hati yang masih dibawah umur. Tindakan tersebut masuk ke dalam kategori preventif dengan tujuan agar menghindari kecanduan gadget pada anak-anak.
  4. Pencegahan terjadinya bencana banjir yang dilakukan oleh masyarakat desa.  Tindakan tersebut dapat berupa membersihkan saluran air serta membuat sampah pada tempatnya.
  5. Imunisasi rutin terhadap bayi, anak balita, dan ibu hamil. Kegiatan tersebut termasuk tindakan preventif  untuk mencegah terjadinya anomali penyakit berbahaya di masa depan nantinya.
  6. Berkendara dengan hati-hati dan selalu mematuhi rambu lalu lintas. Tindakan tersebut termasuk dalam preventif untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas yang dapat membahayakan nyawa diri sendiri dan orang lain.

Itulah pengertian dari preventif adalah, ciri-ciri, dampak, beserta contoh-contohnya. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, istilah preventif memiliki maksud untuk mencegah gangguan-gangguan yang bisa saja terjadi pada sesuatu di masa mendatang. Istilah preventif biasa digunakan dalam sosiologi, dunia medis, atau juga percakapan sehari-hari. Kuratif merupakan lawan dari preventif, dimana ia lebih condong ke tindakan untuk mengatasi ketimbang mencegah.

Semoga artikel ini dapat membantu Sedulur untuk menambah wawasan tentang berbagai kata dan istilah yang terdapat dalam bahasa Indonesia, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.