Alur adalah salah satu unsur yang wajib ada dalam sebuah naskah cerita atau drama. Alur atau juga biasa disebut dengan plot merupakan serangkaian peristiwa yang dibuat dengan sedemikian rupa sehingga akan menggerakkan jalan cerita dari awal hingga akhir cerita.

Terdapat beberapa jenis alur, diantaranya alur linier. Alur linier adalah alur cerita yang menceritakan dari masa sekarang lalu ke masa depan. Namun agar Sedulur bisa lebih jelas memahami tentang pengertian alur dan apa saja jenisnya, yuk simak penjelasannya berikut ini.

BACA JUGA : 15 Rekomendasi HP 2 Jutaan Terbaik 2022 Beserta Harganya

Pengertian alur

alur adalah
Freepik

Alur adalah rangkaian kejadian atau peristiwa yang membentuk jalan cerita. Peristiwa yang terjadi di dalam cerita tentunya saling berhubungan secara runtut sehingga membuat sebuah cerita yang bulat. 

Dikutip dari laman Dosen Pendidikan, alur adalah struktur rangkaian kejadian-kejadian dalam cerita, yang disusun secara kronologis. Alur sebagai pengatur segala tindakan yang berkaitan satu sama lain. Dimana peristiwanya saling bertautan serta menggambarkan peran di dalamnya yang membentuk kesatuan.

Pengertian alur menurut para ahli

alur adalah
Freepik

Agar lebih memahami tentang apa itu yang dimaksud dengan alur, simak pengertiannya menurut para ahli berikut ini. 

1. Andri Wicaksono

Alur cerita menurut pendapat Andri Wicaksono merupakan konstruksi yang dibuat mengenai sebuah deretan peristiwa secara logik dan kronologik yang saling berkaitan dan diakibatkan atau dialami oleh para pelaku.

2. M. Antar Semi

Antar Semi berpendapat pengertian alur cerita adalah struktur rangkaian kejadian dalam cerita yang disusun sebagai sebuah interelasi fungsional yang sekaligus menandai urutan bagian-bagian dalam keseluruhan fiksi.

3. Aminudin

Menurut pendapat Aminudin, pengertian alur cerita atau plot adalah rangkaian cerita yang dibentuk oleh tahapan-tahapan peristiwa sehingga menjalin suatu cerita yang dihadirkan oleh para pelaku dalam suatu cerita.

4. Kenny

Menurut pendapat Kenny, pengertian alur cerita atau plot adalah peristiwa-peristiwa yang ditampilkan di dalam cerita yang tidak bersifat sederhana, karena pengarang menyusun peristiwa-peristiwa itu berdasarkan hubungan sebab akibat.

5. Dick Hartono

Dick Hartono berpendapat bahwa alur cerita sebagai alur yang dibuat oleh penulis berupa deretan peristiwa secara kronologis, saling berkaitan, dan bersifat kausalitas sesuai dengan apa yang dialami pelaku cerita.

6. Stanton

Menurut pendapat Stanton alur cerita atau plot adalah cerita yang berisi urutan kejadian, namun setiap kejadian itu hanya dihubungkan secara sebab akibat peristiwa yang satu disebabkan atau menyebabkan terjadinya peristiwa lain.

7. Rusyana

Menurut pendapat Rusyana alur cerita bukan sekadar urutan cerita A sampai Z, melainkan hubungan sebab akibat peristiwa yang satu dengan peristiwa yang lain di dalam cerita.

8. Sudjiman

Sudjiman berpendapat bahwa alur cerita adalah rangkaian peristiwa di jalin dengan seksama yang menggerakkan jalan cerita melalui rumitan ke arah klimaks dan anti-klimaks. Jadi dapat disimpulkan pengertian alur cerita adalah rangkaian peristiwa di dalam kartya sastra untuk mencapai efek tertentu. Alur diwujudkan oleh hubungan temporal atau waktu dan hubungan kausal atau sebab akibat.

BACA JUGA : Peta Dunia Beserta Nama Negara dan Sejarahnya

Jenis-jenis alur

alur adalah
Freepik

Berikut berbagai macam jenis alur yang perlu Sedulur ketahui.

1. Alur maju (progresif)

Alur maju adalah tindakan yang memuncak pada akhir cerita. Alur maju adalah rangkaian peristiwa atau kejadian yang dimulai secara teratur dari awal hingga akhir cerita.

Contoh alur maju seperti cerpen yang menceritakan masa kecil seorang anak yang kemudian tumbuh dewasa dan berakhir ketika ia tua. Diceritakan pula konflik yang terjadi dan harus dihadapi selama hidupnya.

2. Alur mundur (regresi)

Alur mundur adalah kebalikan dari alur maju. Pada alur mundur, konflik akan disampaikan di awal cerita dan kemudian mundur ke masa lalunya.

Contoh alur mundur misalnya cerita pensiunan TNI yang menceritakan kisahnya berjuang selama menjadi anggota TNI.

3. Alur campuran

Alur campuran adalah jalan cerita yang hampir sama seperti sungai yang dimulai di titik paling tinggi, kemudian menceritakan masa lalu dan berlanjut hingga selesai. Ketika menceritakan masa lalunya, karakter tokoh yang diperkenalkan di dalam cerita akan memperkenalkan karakter lain selama cerita belum berakhir dan saat cerita kembali ke awal lagi.

Contoh alur campuran seperti sebuah cerita yang dimulai di tengah-tengah cerita dan kemudian maju atau mundur.

4. Alur sorot balik (flashback)

Alur sorot balik atau flashback adalah alur yang terjadi karena pengarang mendahulukan akhir cerita dan setelah itu kembali ke awal cerita. Pengarang biasanya memulai cerita dari klimaks menuju kembali ke awal cerita dan ke akhir cerita lagi. Tahapan pada jenis alur ini dimulai dari klimaks – anti-klimaks – akhir – peruwitan – awal.

5. Alur klimaks

Alur klimaks alur konflik adalah dalam pengertian alur cerita yaitu rangkaian peristiwa menanjak dari peristiwa biasa yang meningkat menjadi penting dan lebih menegangkan dibandingkan sebelumnya.

6. Alur antiklimaks

Alur antiklimaks adalah alur cerita yang rangkaian perostiwanya semakin menurun dari peristiwa menegangkan kemudian menjadi landau dan berakir dengan perisiwa yang biasa saja.

7. Alur kronologis

Alur kronologis adalah alur yang rangkaian peristiwanya berjalan sesuai dengan urutan waktu terjadinya peristiwa. Dalam alur ini, aka nada hitungan jam, menit, dan yang lainnya.

Contoh alur cerita

sudut pandang
Freepik

Biar Sedulur bisa semakin jelas mengenai seperti apa alur dalam cerita. Berikut ini ada contoh alur dalam narasi cerita:

Adi melemparkan batu ke danau. Batu tersebut tercebur ke permukaan danau dengan keras, menimbulkan bunyi “bum”! Air danau kemudian bergelombang dan angsa-angsa liar itu berlarian seperti pesawat terbang yang hendak take off. Adi kemudian bangkit dari persemubunyiannya dan mengejar angsa-angsa liar itu untuk dijadikan santapan malamnya. Jaring pun lalu dilemparkan ke udara, menyergap angsa-angsa liar itu.

Dalam narasi di atas, bisa terlihat bahwa antara tokoh “Adi” dengan angsa dan danau ada aksi-reaksi dan dinamis. Ini menunjukkan adanya alur maju dalam menceritakan sosok Adi.

BACA JUGA : Manfaat Tumbuhan Bagi Lingkungan Rumah, Perlu Diketahui

Tahapan alur

alur adalah
Freepik
  • Pengenalan cerita seperti tokoh, perwatakan, latar dan yang lainnya.
  • Munculnya konflik yang melibatkan semua tokoh yang ada di dalam cerita.
  • Komplikasi yaitu tahap peningkatan konflik.
  • Klimaks adalah tahap puncak peningkatan konflik.
  • Resolusi merupakan penyelesaian konflik.
  • Akhir merupakan akhir cerita yang mana semua konflik sudah terpecahkan.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian alur, jenis-jenis dan juga tahapannya. Terdapat beberapa jenis alur, diantaranya alur maju, alur mundur, hingga alur campuran. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.