peta dunia

Sedulur tentu pernah melihat atau bahkan menggambar peta dunia. Peta adalah gambaran permukaan bumi yang ditunjukkan melalui bidang yang datar. Pembuatan peta tidak bisa asal menggambar, tetapi membutuhkan aturan perbandingan atau skala untuk dapat menentukan seberapa besar objek pada peta dalam kondisi yang sebenarnya. 

Adanya peta memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia, diantaranya adalah sebagai petunjuk arah, untuk mengetahui kondisi geografis suatu wilayah dan lain sebagainya. Berikut penjelasan tentang peta dunia lengkap dengan nama negaranya. 

BACA JUGA : 15 Amalan Tahun Baru Islam Bulan Muharram yang Dianjurkan

Pengertian peta dunia

peta dunia
Freepik

Peta dunia merupakan salah satu jenis peta yang menggambarkan seluruh permukaan bumi secara keseuluruhan, yang dapat dilihat secara umum atau dibuat menggunakan proyeksi peta.

-->

Dalam peta dunia, tentu terdapat dua garis yaitu garis bujur dan garis lintang. Kedua garis ini merupakan garis khayal yang telah membagi bumi secara tegak lurus antara utara-selatan dan timur-barat untuk mempermudah pembuatan peta sekaligus dalam membacanya. 

Sejarah pembuatan

peta dunia
Freepik

Peta dunia dibuat pertama kali oleh bangsa Babilonia sekitar 2300 sebelum Masehi. Peta ini berbentuk tablet yang dibuat dari bahan tanah liat, karena pada saat itu ilmu kartografi di zaman Yunani kuno belum berkembang begitu pesat. Berikut proses perjalanan pembuatan peta dunia. 

Perode awal

  • Pada tahun 2300 SM adalah awal dimana peta dunia pertama kali dibuat oleh bangsa Babilonia, peta tersebut dibuat dengan memanfaatkan tablet dari tanah liat.
  • Pada peradaban Yunani, ilmu pengetahuan mulai berkembang dengan pesat, termasuk dalam ilmu kartografi. Konsep tentang bumi bulat yang dicetuskan oleh Aristoteles mendapatkan banyak pengakuan dari para filsuf dan ahli bumi waktu itu.
  • Kemudian pada tahun 165-85 SM, pada masa periode ini ilmu kartografi mencapai puncak era kejayaan di Yunani dan Roma karena kartograf yang bernama Ptolemaeus atau yang dikenal sebagai Ptolemy.

Periode pertengahan

  • Pada abad pertengahan ketika masa dimana agama berkuasa, sehingga penggambaran dari peta dunia pun harus mengikuti cara pandang dari agama. Di Jerussalem peta dunia yang terkenal adalah bentu T-O, yang mana gambar bulat (O) dan di dalamnya terbagi menjadi tiga bagian (T), sisi atas menunjukkan Asia dan dua sisi bawah adalah Afrika dan Eropa.
  • Di era ke-12 bangsa Viking mulai melakukan penjelajahan ke arah utara Atlantik dan mempercayai bentuk bumi yang sebenarnya.
  • Peta gambar tangan yang dibuat oleh bangsa yang berasal dari Mediterania dan Arab.

BACA JUGA : Manfaat Tumbuhan Bagi Lingkungan Rumah, Perlu Diketahui

Gambar peta dunia lengkap

Berikut peta dunia hitam putih yang bisa Sedulur lihat:

Pixabay

Gambar peta dunia simple

Freepik

Gambar peta simple ini, memudahkan para pembacanya untuk mengenali benua-benua yang ada di di dunia beserta karakteristik wilayahnya. 

Gambar peta dunia bulat

Detik

Peta dunia bulat atau juga disebut dengan globe merupakan gambaran bumi yang diperkecil dengan bentuk yang hampir sama dengan bentuk bumi.

Nama-nama negara Eropa

peta dunia
Freepik

Benua Eropa merupakan benua yang terdiri dari campuran dataran tinggi dataran rendah dan juga pegunungan. Berikut namaa negara yang berada di benua Eropa. 

  1. Albania
  2. Andorra
  3. Austria
  4. Azerbaijan
  5. Belanda
  6. Belarus
  7. Belgia
  8. Bosnia dan Herzegovina
  9. Britania Raya (UK)
  10. Bulgaria
  11. Ceko (Republik Czechia/Czech Republik)
  12. Denmark
  13. Estonia
  14. Finlandia
  15. Georgia
  16. Hongaria
  17. Islandia
  18. Republik Irlandia
  19. Italia
  20. Inggris
  21. Jerman
  22. Kazakhstan
  23. Kosovo
  24. Kroasia
  25. Latvia
  26. Liechtenstein
  27. Lituania
  28. Luksemburg
  29. Makedonia Utara
  30. Malta
  31. Moldova
  32. Monako
  33. Montenegro
  34. Norwegia
  35. Polandia
  36. Portugal
  37. Prancis
  38. Rumania
  39. Rusia
  40. San Marino
  41. Serbia
  42. Siprus
  43. Slowakia
  44. Slovenia
  45. Spanyol
  46. Swedia
  47. Swiss
  48. Ukraina
  49. Vatikan
  50. Yunani

Nama-nama negara benua Amerika

Kompas

Benua Amerika dijuluki dengan benua merah karena suku asli yang mendiaminya yaitu suku Indian. Ciri khas benua ini yaitu di bagian Amerika Utara merupakan benua terluas di permukaan bumi, sedangkan di bagian Amerika Selatan berada di urutan keempat. Berikut nama-nama negara di benua Amerika.

Negara Amerika bagian Utara

  1. Amerika Serikat (USA)
  2. Antigua dan Barbuda
  3. Bahama
  4. Barbados
  5. Belize
  6. Dominika
  7. Republik Dominika
  8. El Salvador
  9. Grenada
  10. Guatemala
  11. Haiti
  12. Honduras
  13. Jamaika
  14. Kanada
  15. Kosta Rika
  16. Kuba
  17. Meksiko
  18. Nikaragua
  19. Panama
  20. Saint Kitts dan Nevis
  21. Saint Lucia
  22. Saint Vincent dan Grenadine
  23. Trinidad dan Tobago

Negara bagian Amerika Selatan

  1. Argentina
  2. Bolivia
  3. Brasil
  4. Chili
  5. Ekuador
  6. Guyana
  7. Kolombia
  8. Paraguay
  9. Peru
  10. Suriname
  11. Uruguay
  12. Venezuela

BACA JUGA : Advertising: Pengertian, Jenis, Fungsi, Manfaat dan Tipsnya

Perbedaan peta umum dengan peta dunia

Liputan6

Peta umum

Peta umum atau juga disebut dengan peta ikhtisar merupakan peta yang memberikan banyak informasi. Peta ini juga memberikan gambaran umum berupa penampilan bentuk asli, buatan manusia, penampakan fisik maupun sosial budaya seperti sungai, sawah, gunung, jalan dan yang lainnya.

Peta dunia

Peta dunia merupakan salah satu bentuk peta yang menggambarkan keseluruhan permukaan bumi. Peta dunia dapat berupa peta politik maupun fisik. Tujuan peta politik adalah untuk menunjukkan batas territorial, sementara iitu, peta peta fisik bertujuan untuk menampilkan fitur kondisi geografi suatu wilayah, berupa pegunungan.

Berdasarkan objeknya, peta dunia dibagi menjadi dua yaitu peta dinamik dan peta stationer. Berikut penjelasannya.

  • Peta dinamik adalah peta yang menggambarkan keadaan yang sifatnya tidak tetap. Contohnya seperti peta transmigrasi dan peta penduduk.
  • Peta stationer  adalah peta yang menunjukkan data yang mempunyai sifat tetap. Misalnya seperti peta wilayah, peta tanah dan peta geologi.

Skala peta

Freepik
  • Peta kadaster atau peta teknik yang digunakan untuk membuat peta luas tanah atau sertifikat tanah. Yakni dengan skala 1:100 – 1:5000.
  • Peta skala besar yang digunakan untuk membuat peta yang sempit, desa, kecamatan, kota. Yakni dengan skala 1:5001 – 1:250.000.
  • Peta skala sedang yang digunakan membuat peta propinsi. Menggunakan skala 1:250.001 – 1:500.000.
  • Peta skala kecil untuk membuat peta Negara-negara. Ini memakai skala 1:500.001 – 1:1.000.000.
  • Peta skala geografis skala lebih yang digunakan untuk membuat peta benua, kawasan, peta dunia. Skalanya dari 1:1.000.000

Manfaat peta

Freepik

Sedulur tentu bertanya-tanya, apa sih manfaat peta? Berikut manfaat peta yang bisa dirasakan oleh umat manusia:

1. Manfaat peta bagi kehidupan manusia

Secara umum, peta sangat bermanfaat  untuk memberikan kondisi suatu tempat atau daerah dengan berbagai aspek yang spesifik. Jadi dapat diartika bahwa peta berfumhsi sebagai gambaran yang jelas mengenai kondisi yang ada.

2. Manfaat peta untuk bidang pertanian

Contoh manfaat peta dalam bidang pertanian antara lain yaitu :

  • Peta curah hujan yang bermanfaat untuk mengetahui curah hujan dan ketersediaan air di suatu wilayah
  • Peta jenis tanah yang bermanfaat untuk mengetahui karakteristik tanah.
  • Peta geologi yang bermanfaat untuk megetahui informasi tentang karakteristik batuan
  • Peta topografi yang bermanfaat untuk mengetahui faktor kemiringan dan ketinggian suatu wilayah

3. Manfaat peta di bidang industri

Di bidang industry, peta bermanfaat untuk menentukan lokasi industri, mengingat bahwa sebuah industri harus memperhatikan ketersediaan bahan baku, transportasi, energi dan tenaga kerja.

Contoh manfaat peta di bidang industri diantaranya yaitu :

  • Peta sumber daya alam untuk mengetahui persebaran jenis sumber daya alam sebagai bahan baku industry
  • Peta jaringan jalan digunakan untuk mengetahui akses jalan yang berkaitan dengan kegiatan pemasaran
  • Peta kepadatan penduduk untuk mengetahui data keseterdiaan tenaga kerja, khususnya pada jenis industry padat raya.

4. Manfaat peta di bidang kebencanan

Manfaat peta dalam bidan kebencanaan yaitu meminimalisir kerugian yang terjadi bagi penduduk yang terkena dampak bencana alam.

BACA JUGA : 10 Rekomendasi Meja Laptop Terbaik untuk Kerja di Rumah

Garis lintang dan garis bujur

iStock

Seperti yang sudah disinngung di atas, bahwa dalam peta terdapat dua garis khalayan yaitu garis lintang dan garis bujur. Garis khayalan ini merupakan konsep yang dicetuskan Erathostenes pada abad ke-3 sebemum Masehi. Akan tetapi baru dapat diaplikasikan oleh Hipparchus pada abad ke-2 sebelum Masehi.

Pada memasuki abad ke-11, Al Biruni menyatakan bahwa bumi berputar pada porosnya. Hal inilah yang menjadi dasar dari ilmu modern tentang hubungan antara perhitungan wakyu dengan garis bujur. Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasannya berikut ini.

Garis lintang

Garis bujur adalah garis khayal yang membagi bumi menjadi dua bagian yaitu utara dan selatan, atau yang disebut juga dengan garis meridian. Garis lintang berfungsi untuk menetukan waktu dan juga penanggalan. Garis bujur 0 derajad berada Greenwich, Inggris dan juga menjadi patokan utama dari awal perhitungan waktu Internasioal (GMT, Greenwich Mean Time).

Garis bujur dibagi lagi menjadi dua, yaitu garis bujur timut (BT) dan garis bujur barat (BJ) sesuai dengan posisi terhadap Greenwich. Kedua garis tersebut masing-masing membujur dan membentang antara 0 sampai 180 derajat.

Garis lintang

Garis lintang adalah garis yang melintang dari timur dan barat. Garis khayal ini berfungsi untuk membagi bumi menjadi bagian selatan dan utara. Garis lintang 0 derajat disebut juga dengan garis lini atau garis ekuator. Jika di Indonesia garis ini dikenal dengan garis khatulistiwa.

Garis lintang utara adalah garis lintang yang ada di sisi ekuator, dan lintang selatan merupakan garis yang berada di sisi selatan. Garis ini biasan dikenal dengan LU dan LS.

Demikianlah penjelasan mengenai peta dunia asli negara-negara di benua Amerika dan Eropa. Adanya peta dunia memberikan banyak manfaat bagi manusia dari berbagai bidang. Seperti bidang pertanian, industri hingga kepentingan kebencanaan. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.