alat komunikasi modern

Setiap harinya, manusia tidak lepas dengan yang namanya berkomunikasi. Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, kini muncul banyak alat komunikasi alat modern yang semakin mempermudah dalam berhubungan. Alat komunikasi modern yang canggih sangat bermanfaat untuk menyebarkan informasi secara cepat dan efisien. 

Contoh alat komunikasi modern yang sudah banyak orang gunakan saat ini adalah smartphone yang sudah menyediakan berbagai fitur canggih guna memudahkan penggunanya dalam berkomunikasi. Lantas, apa itu alat komunikasi modern dan apa saja contohnya? Yuk simak informasinya berikut ini. 

BACA JUGA : Web3 Generasi Baru Internet & Bedanya dengan Web2

Pengertian alat komunikasi modern

Freepik

Alat komunikasi modern diartikan sebagai media canggih yang digunakan untuk transmisi pesan dari pengirim pesan (komunikator) kepada penerima pesan (komunikan). Perbedaan yang mendasar antara alat komunikasi tradisional dan modern ditandai dengan adanya unsur teknologi, Alat komunikasi modern lebih condong dan bergantung dengan aliran listrik, jaringan kabel dan sentuhan teknologi yang lainnya.

Selain itu, alat komunikasi modern mempunyai jangkauan yang luas yang nantinya akan menghasilkan informasi yang canggih, seperti tulisan, video. Alat komunikasi modern juga memungkinkan manusia bertukar informasi dengan cepat meski dalam keadaan jarak jauh.

Contoh alat komunikasi modern

Berikut contoh alat komunikasi modern yang perlu Sedulur ketahui. 

1. Personal Stereo

alat komunikasi modern
iStock

Alat komunikasi modern yang pertama adalah personal stereo. Dikutip dari buku Teknologi Komunikasi, personal stereo hampir sama dengan tape recoerder. Hanya saja, keduanya berbeda dari segi ukuran dan bisa merekam suara. Alat ini memiliki ukuran yang lebih kecil dan pada bagian pita berupa partikel logam.

Personal stereo akan menghasilkan suara dan musik yang dapat didengar melalui earphone. Alat ini juga hampir sama dengan MP3, akan tetapi memiliki ukuran yang lebih besar.untuk mengisi kaset. Personal stereo pertama kali dikenalkan oleh Roy Bowers pada 1 September 1975.

Adapun cara kerja personal stereo di antaranya sebagai berikut.

  • Logam pada pita yang sebelumnya tidak mengandung magnet akan tersebar secara acak.
  • Ketika pita merekam suara, maka partikel logam dapat diterjemahkan dan menjadi getaran listrik.
  • Logam ini akan termagnetisasi, kemudian dideteksi oleh kumparan kawat tipis di bagian replay head.
  • Kemudian kawat tipis tersebut menghasilkan arus listrik.
  • Earphone mengubah arus menjadi gelombang bunyi melalui diafragma mekanis, sehingga menghasilkan suara.

2. Radio

alat komunikasi modern
Freepik

Radio juga termasuk salah satu alat komunikasi modern yang dapat menerjemahkan gelombang elektronik menjadi sinyal. Kemudian, sinyal tersebut akan diterima dan digunakan untuk menyampaikan informasi berupa suara.  Awalnya, radio merupakan sebuah studi gelombang elektromagnetik para ilmuan. Para ilmuan bermimpi untuk bisa menciptakan studi alat komunikasi nirkabel yang dapat melewati tanah, air, dan juga udara. Radio berangkat dari teori James Maxwell yang menyatakan bahwa gelombang elektromagnetik dapat merambat melalui ruang bebas.

Penemu yang berasal dari bernama Guglielmo Marconi berhasil menyempurnakan penelitian para pendahulunya melalui transmisi radio yang sukses secara komersial pertama kali pada tahun 1894. Lalu, saluran radio pertama di dunia dilakukan oleh Reginald Aubrey Fessenden pada 24 Desember 1906. Stasiun radio pertama di dunia milik Fessenden itu didirikan di Massachusetts, Amerika Serikat.

3. Telepon

alat komunikasi modern
Freepik

Alat komunikasi modern yang selanjutnya adalah telepon. Alat ini dapat menghubungkan dua pengguna untuk melakukan komunikasi jarak jauh melalui jaringan kabel. Kedua pengguna dapat saling berbicara dan juga mendengarkan lawan bicaranya dengan cukup jelas. Alexander Graham Bell yang dikenal sebagai penemu tekepon adalah tokoh yang berhasil memenangkan hak paten atas telepn pada tahun 1876. Meski demikian, beberapa penemu lain juga diasosiasikan sebagai penemu telepon seperti Antonio Meucci dan Elisha Gray. Bahkan, alat komunikasi yang hampir sama dengan telepon juga pernah diuji coba serta dikembangkan oleh para ilmuan sekitar tahun 1660-1670.

BACA JUGA : Mengenal Access Point Beserta Cara Kerjanya Dalam Internet

4. Faksimili

salamadian

Faksimili atau yang juga sering disebut dengan faks adalah sebuah alat komunikasi modern yang biasa digunakan untuk mengirim dokumen melalui jaringan kabel telepon analog. Seiring berkembangnya teknologi, faksimili sudah memanfaatkan jaringan internet. Faks berbentuk seperti kombinasi antara telepon dan juga mesin fotocopy. Cara kerja faks juga merupakan gabungan fungsi beberapa alat yaitu telepon, scanner, fotocopy serta printer. Mesin faks akan menerima dokumen berupa kertas yang nantinya akan di-scan lalu dikirimkan kepada penerima dengan cara memasukkan nomor telepon faks yang akan dituju.

Akan tetapi, kini peran faks kini sudah sering digantikan dengan e-mail yang dinilai jauh lebih praktis karena hanya membutuhkan jaringan internet dan perangkat komputer yang umumnya dimiliki banyak orang. Sedangkan faks membutuhkan perangkat sesama faks yang biasanya hanya dimiliki gedung perkantoran.

5. Televisi

Freepik

Televisi juga merupakan salah satu alat komunikasi modern yang dapat mentransmisikan gelombang sinyal video menjadi partikel-partikel kecil yang disebut dengan elektron. Elektron kemudian memantulkan balok yang terdapat di belakang layer televisi menjadi susunan partikel berurutan berupa gambar atau video. Mulanya televisi disebut sebagai radio yang bergambar. Hal ini dikarenakan televisi komersial pertama yang dijual berupa radio yang ditambah dengan tabung neon yang digunakan sebagai penghantar gambar. Baird, penjual televisi komersial pertama ini, berhasil melepas 1000 unit televisi kepada pembelinya di Britania Raya.

6. Handy talky

Freepik

Handy talky merupakan alat komunikasi modern nirkabel yang biasa digunakan oleh para perangkat keamanan seperti petugas keamanan di bank, pasukan pengamanan presiden, anggota kepolisian, dan yang lainnya. Handy talky berbentuk seperti ponsel genggam keluaran lama yang memiliki antena panjang dengan layar kecil tanpa warna dan susunan tombol. Benda yang identik dengan warna hitam ini bekerja dengan memanfaatkan adanya gelombang radio. Jarak tempuh komunikasi menggunakan handy talky yaitu sepanjang 12 mil. Komunikasi yang dihasilkan oleh alat ini sayangnya hanya bersifat sementara karena salurannya dapat berganti setiap saat.

7. E-mail

Freepik

Electronic mail (e-mail) atau surat elektronik  atau yang juga disebut surel merupakan versi modern dari surat. E-mail merupakan alat komunikasi modern yang berupa pesan atau informasi elektronik yang berisi tulisan. Pembeda dasar antara surat dan e-mail adalah metode pengirimannya. Surat manual dikirim melalui pengiriman ekspedisi atau pos, sedangkan e-mail bisa diterima dalam hitungan detik karena hanya membutuhkan jaringan internet.

Raymond Samuel Tomlinson merupakan seorang programmer komputer yang berasal Amerika adalah orang pertama kali mengimplementasikan program e-mail pada tahun 1971. Ia kemudian mengembangkan sistem pertama pengiriman surat antar pengguna melalui sistem ARPANET—yang menjadi cikal bakal internet.

Jika Sedulur hendak mengirimkan sebuah e-mail, hal pertama yang harus dilakukan adalah mendaftar akun di platform penyedia layanan e-mail seperti Google, Yahoo, Outlook, dan yang lainnya. Kemudian pertukaran pesan dapat dilakukan melalui ponsel pintar atau perangkat komputer yang terhubung dengan jaringan internet.

BACA JUGA :  Apa itu Hosting: Pengertian, Jenis, Manfaat & Cara Kerjanya

8. Smartphone

Freepik

Ponsel pintar atau kerap yang juga disebut smartphone adalah alat komunikasi modern dengan konsep awal yang sama dengan telepon. Awalnya smartphone yang sebelumnya dikenal dengan nama handphone atau telepon genggam hanya dapat menerima pesan singkat atau panggilan telepon saja. Maka dari itu, handphone hanya membutuhkan sinyal jaringan seluler.

Setelah melalui serangkaian inovasi dan juga berasimilasi dengan kecanggihan teknologi yang semakin berkembang, telepon seluler kini tidak hanya bisa menerima pesan atau panggilan telepon. Smartphone yang terhubung dengan jaringan internet memiliki akses yang tidak terbatas pada dunia maya, seperti media sosial, mesin pencarian online, e-commerce, dan yang lainnya.  Smartphone sekarang sudah dilengkapi perangkat penunjang seperti kamera, perekam suara, bluetooth, dll. Fungsi smartphone saat ini bahkan melampaui televisi.

9. Smartwatch

alat komunikasi modern
Freepik

Penunjuk waktu yang dililitkan di pergelangan tangan atau jam tangan awalnya dibuat untuk mempermudah manusia mengetahui waktu di manapun kita berada. Terkadang jam tangan juga dikategorikan sebagai aksesoris fashion. Akan tetapi, manusia menyadari bahwaa kebutuhan yang semakin dinamis. Jam tangan kini mengalami pembaruan yang sangat signifikan. Tidak hanya memiliki dasar kerja mesin dengan sistem analog, jam tangan bergabung dengan teknologi yang kemudian dikenal dengan sebutan smartwatch atau jam pintar.

Smartwatch merupakan sebuah alat komunikasi modern yang pertama kali dikembangkan oleh penemu yang berasal Kanada bernama Steve Mann pada tahun 1998. Smartwatch mepunyai layar yang terkomputerisasi dan dapat dihubungkan dengan ponsel. Notifikasi yang muncul pada smartphone dapat tampilkan di layar smartwatch sehingga kita dapat mengetahui pesan masuk hanya cukup melihat smartwatch tanpa harus mengecek ponsel.

Kini berbagai perusahaan teknologi di dunia berlomba-lomba untuk merilis smartwatch dengan fitur teranyar dan tercanggih. Terakhir, publik dibuat takjub dengan kepiawaian smartwatch yang dapat menerima panggilan langsung dari ponsel pengguna.

10. Intercom

Bhineka

Perlu Sedulur siaran suara yang disebarkan melalui pengeras audio di tempat umum sebenarnya memanfaatkan salah satu alat komunikasi modern yang disebut dengan intercom. Alat komunikasi modern yang satu ini mengaplikasikan teknologi tanpa kabel yang dapat menghubungkan satu ruangan dengan ruangan lainnya dalam radius yang terbatas. Dengan cukup menekan sebuah tombol, pengirim pesan hanya perlu berbicara pada microphone yang sudah tersedia. Kemudian suara si pengirim pesan akan diperdengarkan melalui intercom yang terpasang di area-area sekitarnya. 

11. Telegraf

Kompas

Telegraf merupakan alat yang biasa digunakan untuk mengirim pesan jarak jauh,dan juga biasa menggunakan morse. Telegraf pertama kali ditemukan sang Samuel F.B. Morse yang berasal Amerika . Biasanya alat ini dipergunakan buat mengirim kabar atau perintah pendek, seperti yang digunakan dalam institusi kepolisian. 

Demikianlah penjelasan tentang alat komunikasi modern dan juga contohnya. Meski dikatakan sebagai alat yang modern, beberapa alat komunikasi yang sudah disebutkan di atas sudah mulai ditinggalkan penggunanya lho, dan mulai tergantikan dengan alat komunikasi yang menawarkan banyak fitur canggih.  

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.