merek ragi

Penggunaan merek ragi instan yang bagus cukup penting dalam berbagai macam olahan makanan, khususnya pada pembuatan roti. Ragi yang juga dikenal dengan istilah yeast adalah pengembang kue yang membuat adonan roti atau kue lebih besar.

Umumnya ragi terbuat dari beberapa cara. Ada yang menggunakan bahan alami dengan hasil ragi basah, ragi kering, dan ragi instan yang sudah dicampur pengawet. Namun, penggunaan ragi instan begitu populer karena bisa dicampurkan langsung pada adonan tanpa perlu dilarutkan terlebih dahulu.

BACA JUGA: 12+ Rekomendasi Merek Gula Aren Terbaik dan Terbaru 2024

Kenapa Penggunaan Ragi Penting

merek ragi
Pexels/Ksenija Cunichina

Memilih merek ragi instan yang bagus adalah sebuah keharusan bagi Sedulur yang ingin membuat kue dan roti. Tanpa ragi yang berkualitas, roti dan kue tidak akan mengembang dengan sempurna.

Ragi merupakan bahan yang dapat menyebabkan fermentasi. Di dalamnya ada mikroorganisme yang bisa membuat suatu adonan roti mengembang dan lebih lembut ketika sudah matang. Jadi, selain gula dan tepung, roti memerlukan ragi agar bisa lebih empuk dan berongga.

Ada banyak sekali jenis ragi yang bisa ditemui di toko kue, toko kelontong, hingga warung. Ragi yang baik adalah yang cepat mengembangkan dan sedikit menambahkan sedikit rasa manis. Selain untuk roti dan kue, ragi juga bisa digunakan sebagai bahan pembuatan tempe, bir, dan tape.

BACA JUGA: 16 Merek Mie Kuah Pedas dari Berbagai Negara, Wajib Dicoba

Rekomendasi Merek Ragi Terbaik

merek ragi
Pexels/Katerina Holmes

Ragi instan adalah salah satu bahan dasar yang sangat penting dalam dunia pembuatan kue. Keunggulannya yang utama adalah kemudahan penggunaan, menghemat waktu, dan hasil yang konsisten.

Ragi instan telah diolah dan dikeringkan secara khusus, sehingga dapat dengan cepat mengaktifkan proses fermentasi dalam adonan kue. Ini menghasilkan kue yang lebih mengembang, lembut, dan beraroma sedap. Namun, pemilihan ragi instan yang tepat juga perlu mempertimbangkan jenis kue yang akan Sedulur buat.

Oleh karena itu, penting untuk memahami karakteristik masing-masing jenis ragi agar Sedulur bisa membuat kue yang sesuai dengan preferensi. Untuk membantu Sedulur memilih produk ragi instan, ada beberapa rekomendasi merek ragi instan bagus yang bisa Sedulur coba.

BACA JUGA: 10+ Rekomendasi Merek Makaroni Terbaik yang Enak

1. Angel Ragi Instan

merek ragi
Unsplash/Geoffroy Delobel

Ragi instan Angel, khususnya kemasan warna putih dengan logo merah dan emas, sangat cocok untuk membuat adonan roti manis dengan kadar gula di atas 10% dari jumlah tepung. Produk ini menawarkan fermentasi yang cepat, memungkinkan Sedulur untuk menghemat waktu dalam proses pembuatan roti.

Angel merupakan merek ragi asal Cina yang legendaris, dan proses pembuatannya menggunakan teknologi tinggi untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi. Produk ragi instan Angel memiliki lisensi dari BPOM dan FSSAI (Food Safety and Standards Authority of India), sehingga keamanan dan kualitasnya terjamin untuk digunakan dalam pembuatan makanan. Kemasan 500 gram ke atas lebih cocok untuk penggunaan industri.

2. Bruggeman

Ragi instan Bruggeman adalah merek terkenal yang menawarkan produk berkualitas dalam kemasan berwarna biru dan cokelat. Ragi ini memiliki tingkat fermentasi yang tinggi dan stabil, ideal untuk berbagai resep pemanggangan. Bruggeman biru adalah pilihan terbaik untuk adonan tanpa lemak dan cocok untuk berbagai resep dan teknik memanggang.

Produk-produk Bruggeman dijamin memiliki kualitas premium dengan tingkat fermentasi yang cukup tinggi dan stabil untuk memperoleh hasil pemanggangan terbaik. Kalau Sedulur ingin membuat adonan tanpa lemak, sebaiknya pilih Bruggeman kemasan biru yang juga cocok untuk hampir semua resep dan semua teknik memanggang.

Selain mengembangkan adonan, ragi instan terbaik milik Bruggeman juga menghasilkan rasa yang enak. Kalau biasanya ada ragi yang harus dilarutkan dengan air terlebih dahulu, maka lain halnya dengan ragi ini. Sedulur bisa langsung mencampurnya dengan tepung sebelum menuangkan air. 

Namun, penambahan ragi sebaiknya dilakukan satu menit setelah mengaduk adonan apabila menggunakan air dingin agar tidak terjadi kontak langsung antara ragi dengan air dingin tersebut. Selain memudahkan dalam pengembangan adonan, ragi instan Bruggeman juga memberikan aroma yang lezat.

3. Gloripan

Gloripan Instant Dry Yeast adalah merek ragi instan yang sangat baik untuk mengembangkan adonan kue. Produk ini tersedia secara luas baik di toko online maupun offline. Selain ragi, produk ini juga mengandung sorbitan monostearate atau emulsifier.

Keunggulan ragi instan Gloripan terletak pada kemampuannya mempercepat proses fermentasi adonan, memungkinkan pembuatan kue yang lebih cepat. Namun, perlu diperhatikan bahwa jumlah ragi yang digunakan sebaiknya tidak melebihi 0,8 sampai 1,2% dari jumlah tepung.

Selain itu, penting untuk mencampurkan ragi dengan bahan kering lainnya sebelum menambahkan air. Ragi instan Gloripan juga cocok untuk adonan roti dengan kadar gula antara 5 sampai 25%. Jadi produk ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik.

4. Koepoe Koepoe Gist Korrels

Koepoe Koepoe Gist Korrels adalah merek terkemuka dalam bahan-bahan pembuatan kue dan berbagai produk lainnya seperti pewarna makanan, baking powder, dan rempah-rempah. Ragi instan Koepoe Koepoe memiliki bentuk bola kecil yang kasar dan perlu direndam selama 15 menit untuk mengaktifkan kandungannya.

Setelah itu, Sedulur bisa mencampurkannya ke dalam adonan roti atau kue untuk menghasilkan hasil pemanggangan yang lezat. Ragi instan ini merupakan pilihan yang baik bagi mereka yang ingin menghasilkan kue dan roti yang berkualitas.

5. Pakmaya Gold

Pada mulanya ragi memang ditemukan di luar negeri sehingga tidak heran kalau banyak ragi instan yang bagus berasal dari berbagai negara dan diimpor ke Indonesia. Pakmaya ini adalah merek ragi asal Turki yang telah beroperasi sejak puluhan tahun lalu.

Di dalam ragi instan tersebut ada komposisi bahan ragi, pengemulsi nabati, dan antioksidan asam askorbat. Pakmaya Gold adalah ragi instan terkenal yang telah mendapatkan kepercayaan dari para pembuat roti skala besar.

Dengan kualitas unggulnya, ragi ini mempercepat proses pengembangan adonan serta pemanggangan. Terdapat dalam dua pilihan kemasan, yaitu sachet yang cocok untuk penggunaan rumahan dan kemasan besar yang sesuai untuk produksi roti dalam jumlah besar.

Sama seperti beberapa produk lainnya, Pakmaya juga memiliki ragi yang cocok untuk proses pembuatan kue secara tradisional maupun mesin roti. Tingkat pemberian ragi yang direkomendasikan, yaitu antara 1 sampai 2% dari berat tepung. Tidak perlu khawatir kalau Sedulur tidak langsung menghabiskan semuanya, ragi instan terbaik ini memiliki umur simpan cukup lama asalkan disimpan dengan benar.

Ragi Pakmaya Gold juga dikenal karena kemampuannya menghasilkan roti yang empuk dengan tekstur yang sempurna. Dengan ragi berkualitas ini, Sedulur dapat membuat berbagai jenis roti, dari roti tawar hingga roti manis, dengan hasil yang memuaskan setiap kali.

BACA JUGA: 10+ Merek Baking Soda yang Bagus untuk Segala Keperluan

6. Mauri-Pan

Unsplash/Markus Winkler

Ragi instan Mauri-Pan kemasan sachet menawarkan praktisitas penggunaan karena dapat digunakan secara sekali pakai tanpa perlu repot menyimpan sisa ragi. Produk ini sangat terjangkau dan cocok untuk pengusaha bakery skala kecil maupun rumah tangga.

Mauri-Pan, diproduksi oleh PT Indo Fermex di Bogor, memiliki BPOM dan sertifikat halal LPPOM MUI. Selain itu, ragi ini juga mengandung vitamin C, yang membantu menghasilkan hasil yang memuaskan dalam pembuatan roti.

Sedulur hanya perlu menambahkan 1% sampai 2% dari jumlah tepung atau menggunakan 1 sachet ragi untuk setiap 500 gram tepung saat menggunakannya. Jadi, penggunaannya bisa cukup hemat.

7. Saf Instant

Saf Instant adalah merek ragi instan yang telah terbukti bagus dan legendaris selama puluhan tahun. Bukan hanya digunakan oleh pengusaha rumahan, tapi juga dipilih oleh para profesional karena kualitasnya yang unggul. Saf Instant Red adalah varian yang khusus dikembangkan untuk adonan kue yang rendah atau bahkan tanpa gula.

Sedulur dapat dengan mudah mencampurkannya dengan tepung atau saat awal pencampuran adonan untuk hasil yang optimal dalam membuat kue, bahkan saat menjalankan program diet. Saf Instant memastikan ragi menyatu merata dengan adonan untuk kue yang lezat.

8. Red Star Instant Yeast

Red Star Instant Yeast adalah salah satu merek ragi instan yang memiliki kandungan Ascorbic Acid atau vitamin C. Produk unggulannya, Red Star Quick·Rise, mempercepat proses proofing saat membuat roti, bahkan lebih cepat dari ragi kering aktif biasa. Ragi instan ini ideal digunakan untuk pembuatan roti baik secara tradisional maupun dengan mesin roti.

Sedulur dapat menggunakannya dengan metode pencampuran kering, langsung mencampurkan ragi instan ini dengan tepung, atau dengan metode rehidrasi, melarutkan ragi dalam campuran air hangat dan gula. Produk Red Star hadir dalam tiga potongan paket seberat 7 gram masing-masing.

9. Pinnacle Yeast

Pinnacle Yeast adalah pilihan yang tepat bagi Sedulur yang ingin mengembangkan adonan roti atau kue dengan lebih cepat. Ragi basah ini memungkinkan adonan untuk mengembang dengan cepat, menghemat waktu dalam proses pembuatan. Namun, perlu diingat bahwa ragi Pinnacle Yeast hanya tahan selama 3 sampai 4 jam di luar kulkas dan sekitar seminggu jika disimpan dalam kulkas. 

Oleh karena itu, sebaiknya Sedulur memilih toko terdekat untuk memastikan bahwa Sedulur memiliki ragi yang segar saat akan membuat adonan kue. Dengan ragi ini, Sedulur dapat menghasilkan roti dan kue yang lebih cepat matang dan lezat. Jadi, memotong waktu pembuatan kue menjadi lebih singkat.

10. Tulip Instant Yeast

Tulip Instant Yeast adalah salah satu pilihan yang bagus. Produk ini hadir dalam kemasan aluminium foil dengan identitas gambar bunga tulip. Komposisi bahan yang lengkap meliputi ragi alami, emulsi makanan, asam ascorbat, dan zat pelarut. Tulip menjadi salah satu merek ragi instan yang bagus lainnya dari PT Hakiki Donarta. 

Sesuai dengan namanya, ada gambar bunga tulip pada kemasan. Di dalamnya ada komposisi bahan berupa ragi alami, emulsi makanan, asam ascorbat, dan zat pelarut yang juga lebih lengkap dibandingkan dengan beberapa produk lainnya. Sedulur bisa memperoleh ragi, bread improver, dan enzim pengempuk yang siap pakai apabila memilih produk dengan kemasan bunga Tulip warna ungu.

Dikemas dengan berat 500 gram membuat ragi instan terbaik dari Tulip ini kurang cocok untuk Sedulur yang baru belajar membuat kue. Produk ini memang sebaiknya digunakan oleh pengusaha roti agar lebih cepat habis. Terlalu lama menyimpan ragi instan yang sudah pernah dibuka tentunya tidak baik, ya.

Jika Sedulur memilih kemasan bunga Tulip warna ungu, Sedulur juga akan mendapatkan ragi, bread improver, dan enzim pengempuk yang siap pakai. Kemasan dengan berat 500 gram cocok untuk pengusaha roti, namun perlu diingat bahwa ragi instan sebaiknya digunakan dengan cepat setelah dibuka, agar tetap berkualitas.

BACA JUGA: 12 Merek Cream Cheese Paling Enak dan Nggak Bikin Enek!

11. Allaire Dry Instant Yeast

merek ragi
Pexels/Mariana Kurnyk

Allaire Dry Instant Yeast adalah merek ragi instan yang bagus yang tidak memerlukan tambahan gula untuk mengembangkan adonan. Produk ini cocok untuk mereka yang ingin membuat roti dengan pengurangan konsumsi gula.

Meskipun tidak memerlukan gula untuk mengaktifkan ragi, adonan roti tetap akan mengembang dengan baik, mirip dengan ragi instan lainnya.  Dengan Allaire Dry Instant Yeast, Sedulur dapat dengan mudah membuat roti yang lezat dan sehat tanpa perlu khawatir tentang jumlah gula yang digunakan dalam proses pembuatan roti.

Jadi, merek ragi ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik Sedulur untuk membuat hidangan lezat.

12. Magest Instant Dry Yeast

Rekomendasi merek ragi instan yang bagus lainnya, yaitu Magest. Produk dari China ini cocok digunakan di daerah tropis seperti Indonesia karena mempunyai tingkat kelembaban yang cukup baik. Tentu saja produknya sudah familiar di kalangan para pengusaha roti home industri maupun pabrik.

Sama seperti beberapa produk sebelumnya, ragi instan ini juga disimpan dalam kemasan berbahan alumunium foil dengan sistem vakum untuk menjaga kualitas ragi. Tidak heran juga kalau produk tersebut bisa memiliki masa simpan yang cukup lama.

Meskipun bisa disimpan dalam wadah tertutup dan kedap udara, namun akan tetap lebih baik kalau ragi instan Magest bisa dihabiskan setidaknya 48 jam setelah kemasan dibuka.

13. Fermipan

Fermipan adalah salah satu merek ragi instan yang tersedia dalam kemasan praktis berupa sachet seberat 11 gram. Produk ini diimpor oleh PT Sangra Ratu Boga dan dijual secara luas di toko kelontong. Fermipan cocok digunakan dalam berbagai resep, seperti untuk membuat adonan donat empuk dan berbagai jenis kue lainnya. 

Kelebihan Fermipan adalah kemudahan penggunaannya, di mana hanya perlu satu sachet untuk adonan dengan 1 kilogram tepung, menjadikannya pilihan yang praktis dan berkualitas untuk keperluan memasak Sedulur.

Sebenarnya Fermipan adalah salah satu merek ragi instan yang bagus dan banyak dijual di toko kelontong sehingga Sedulur tidak perlu jauh-jauh lagi kalau ingin membelinya. Produknya juga dikemas dalam sebuah sachet seberat 11 gram dengan sedikit sobekan di sebelah kanan untuk memudahkan Sedulur saat membukanya. Fermipan ini diimport oleh PT Sangra Ratu Boga yang beroperasi di Jakarta.

Ragi instan ini sudah BPOM sehingga sangat aman digunakan untuk membuat adonan donat empuk dan mengembang maupun adonan kue lainnya. Meskipun tekstur raginya halus, tetapi produk ini bukanlah ragi bubuk. Kalau menggunakan 1 kilogram tepung, maka Sedulur hanya perlu menambahkan satu sachet saja.

14. Haan Instant Yeast

Ragi instan Haan adalah solusi praktis yang menghemat waktu saat membuat adonan roti. Dibandingkan dengan ragi instan lain yang perlu dilarutkan terlebih dahulu, ragi Haan dapat langsung dicampurkan pada adonan roti tanpa perlu proses pelarutan terlebih dahulu. 

Ini memungkinkan Sedulur untuk menghemat waktu dan membuat adonan roti dengan lebih cepat, sementara adonan tetap menghasilkan roti yang lezat dengan tekstur yang empuk.

Dengan ragi instan Haan, proses pembuatan roti menjadi lebih praktis dan efisien, cocok untuk Sedulur yang memiliki waktu terbatas tetapi tetap ingin menikmati hasil roti buatan sendiri yang lezat.

15. Super GS Bakpao dan Donat

Super GS merupakan pilihan yang sangat baik jika Sedulur ingin menghasilkan bakpao atau donat yang lembut dan kenyal. Merek ragi instan ini tidak hanya cocok untuk bakpao saja, tetapi juga menyediakan ragi khusus untuk donat dan roti kering.

Dengan menggunakan ragi instan Super GS, adonan Sedulur akan mengembang dengan sempurna serta menghasilkan produk akhir yang lembut dan empuk.  Kemasan kecilnya juga praktis untuk digunakan dalam pembuatan berbagai jenis roti dan kue di rumah, sehingga Sedulur dapat dengan mudah menciptakan hidangan lezat dengan hasil yang memuaskan. Jadi, produk ini bisa menjadi pertimbangan untuk adonan roti lezat Sedulur.

Itulah tadi berbagai merek ragi yang bisa menjadi pilihan. Dalam memilih produk ragi Sedulur juga perlu memperhatikan beberapa hal. Sedulur harus pastikan untuk memilih ragi yang sesuai dengan kebutuhan menu atau jenis kue yang dibuat.

Penting juga untuk melihat kandungan atau komposisi bahan pada ragi instan seperti emulsifier atau sorbitan monostearate, yang berguna untuk menyatukan bahan-bahan yang secara alami. Apabila Sedulur ingin membuat roti atau kue, maka kamu tidak perlu khawatir. Bahan-bahan membuat roti dan kue tersedia di toko kelontong sekitar rumah dan di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.