merek mie kuah pedas

Kuliner dengan rasa pedas memang nggak pernah ada matinya, makanan apa saja kalau dimasak dengan bumbu pedas pasti begitu dicari.Salah satu yang cukup mencuri perhatian adalah merek mie kuah pedas instan dari berbagai negara. 

Seperti yang kita tahu, mie diolah menjadi masakan apa pun pasti enak apalagi kalau dibumbu pedas. Bisa kita lihat sekarang banyak varian mie instan pedas baru yang bermunculan, semua berlomba untuk bisa mencuri hati para pecinta pedas.

Mulai dari rasa pedas gurih yang nyaman di lidah, sampai ada rasa pedas yang benar-benar akan membuat lidah dan mulut terasa terbakar. Nah, kalau Sedulur penasaran merek mie kuah pedas yang paling enak dan wajib dicoba. Mari simak ulasan kali ini!

BACA JUGA: 17 Rekomendasi Mie Goreng Instan yang Enak Pilihan Netizen

Rekomendasi Merek Mie Kuah Pedas

merek mie kuah pedas
Unsplash/Fran From 5 AM Ramen

Mie instan memang menjadi pilihan makanan yang paling mudah untuk disiapkan dan rasanya lezat, jadi tidak heran jika makanan ini selalu ada hampir di setiap rumah di Indonesia.

Stok mie kuah pedas instan biasanya digunakan untuk berjaga-jaga ketika lapar namun tidak ada makanan utama. Saat ini ada cukup banyak rasa mie instan pedas yang paling digemari seperti berikut.

1. Indomie HypeAbis Rasa Seblak Hot Jeletot

Penggemar seblak wajib deh coba mie instan kuah pedas terbaru persembahan Indomie, yaitu Indomie HypeAbis rasa Seblak Hot Jeletot. Mienya besar dan kenyal, kuahnya gurih dan pedas, lengkap dengan kerupuk renyah, dijamin membuat Sedulur ketagihan.

Walaupun tergolong varian rasa terbaru dari Indomie, produk ini sudah sangat mudah dijumpai pada berbagai pusat perbelanjaan, harganya hanya Rp3 ribu saja.

2. Mie Sedaap Korean Spicy Soup

Tidak mau ketinggalan, Mie Sedaap juga turut meluncurkan varian rasa Korean Spicy Soup. Namun dengan modifikasi rasa yang disesuaikan dengan lidah lokal. Supaya semakin mirip dengan mie ala Korea, teksturnya sengaja dibuat tebal-tebal sehingga lebih kenyal daripada varian Mie Sedaap lain ketika diseduh.

Rasa bumbunya pun cukup kaya, pedas, gurih, sedikit asam dan manis. Sangat pas disajikan bersama irisan daging ayam, telur setengah matang, plus taburan daun bawang. Sedulur juga bisa mengatur tingkat kepedasan ketika memasak mie ini karena terdapat dua level bubuk cabai pada kemasan bumbunya.

Sedulur pun bisa menambahkan kulit dan dada ayam sebagai topping yang akan meningkatkan kenikmatan mie pedas instan terbaik ini. Dengan harga Rp3 ribuan saja, Mie Sedaap Korean Spicy Soup sudah worth it sebagai pengganti mie Korea asli yang harganya cukup pricey.

3. ABC Selera Pedas Semur Ayam Pedas

Tidak mau kalah dengan merk mie instan kuah pedas lain, ABC juga mengeluarkan mie kuah pedas andalannya, melalui Mi ABC Selera Pedas rasa Semur Ayam. Mienya dikenal sangat kenyal, lengkap dengan bumbu yang kaya rempah, sangat cocok untuk menemani waktu santai Sedulur.

Apalagi kalau disajikan bersama telur rebus, irisan cabai rawit, dan ayam semur, semakin lengkap! Segera beli ABC Selera Pedas Semur Ayam Pedas di pusat perbelanjaan terdekat, harganya cuma Rp2 ribuan.

4. Pop Mie Kuah Pedes Dower

Dari sekian jajaran mie instan kuah pedas kemasan cup yang ada di pasaran, Pop Mie Pedes Dower menjadi salah satu yang terfavorit. Bumbu pedasnya memang bisa membuat keringat mengucur deras, tapi di sisi lain rasa nikmatnya sangat pas dan ingin nambah lagi dan lagi.

Penasaran dengan sensasi pedas Pop Mie Kuah Pedes Dower? Cukup siapkan uang Rp5 ribuan aja, Sedulur udah bisa dapet dan merasakan pedas yang super nikmat..

5. Gaga 100 Mie Instan Extra Pedas Kuah Jalapeno

Sesuai dengan namanya, Gaga 100 Extra Pedas Kuah Jalapeno menghadirkan cita rasa pedas yang sangat menggigit khas cabai Jalapeno, bahkan rasa pedasnya sudah dapat dirasakan sejak suapan pertama.

Dalam setiap kemasan mie instan kuah pedas ini sudah dilengkapi kerupuk ikan yang gurih dan renyah, tapi tetap bisa membaur dalam kuah mie dengan mudah. Tertantang mencoba kepedasan Gaga 100 Extra Pedas Kuah Jalapeno? Cukup siapkan Rp3 ribuan dan Sedulur bisa langsung menikmati kepedasannya!

BACA JUGA: 12+ Bumbu Nasi Goreng Instan Paling Enak & Anti Gagal!

6. Samyang Hot Chicken Ramen Buldak Stew

merek mie kuah pedas
Pexels/Makafood

Samyang merupakan produk mie instan yang menawarkan rasa khas Korea yang menantang serta enak dan pedas. Rasa ayam dari mie pedas instan Samyang Hot Chicken Ramen Buldak Stew ini cukup kuat dan sangat cocok dinikmati ketika cuaca tengah dingin atau saat hujan deras.

Berat bersih Samyang Hot Chicken Ramen Buldak Stew ini lebih banyak dibanding mie pedas instan umumnya, yaitu sekitar 145 gram. Porsi yang cukup besar untuk ukuran mie kuah dan sudah cukup mengenyangkan tanpa perlu tambahan nasi.

Mie kuah pedas instan khas Korea ini biasanya dijual di toko kelontong atau warung dengan harga Rp20 ribu.

7. Mamee Ghost Pepper Spicy Beef Mushroom

Sedulur mungkin kurang puas hanya menikmati mie dengan porsi standar. Alasan ini yang membuat Mamee membuat mie mereka sedikit berbeda. Ghost Pepper Spicy Beef Mushroom dibuat dengan porsi ekstra serta tekstur mie kenyal agar Sedulur lebih puas dan kenyang saat menikmati mie ini.

Kuah mie ini memiliki kaldu jamur dan sapi yang pekat yang bakal membuat Sedulur ketagihan dan akan terus menyeruput kuah tersebut. Ditambah sensasi rasa pedas yang kuat, lidah akan tidak akan berhenti bergoyang ketika memakan mie pedas instan terbaik ini dalam keadaan hangat.

8. ARIRANG Spicy Kimchi Noodle Soup

Kimchi dikenal dengan rasa asam yang cukup kuat dan segar, berasal dari fermentasi sayuran selama beberapa hari. Tapi bagaimana jika rasa kimchi itu dipadukan dengan kuah pedas? Nah, semuanya hadir dalam ARIRANG Spicy Kimchi Noodle Soup. 

Dikemas dalam porsi cukup besar, sekitar 120 gram, mie instan kuah pedas ini bahkan bisa saja dikonsumsi oleh dua orang sekaligus. ARIRANG Spicy Kimchi Noodle Soup dijual melalui official store ARIRANG dan dibandrol sekitar Rp15 ribuan . Cocok disantap saat udara dingin atau musim hujan.

9. NISSIN GEKIKARA Ramen Instan Rasa Jamur Pedas

Gekikara Ramen berarti mie kuah yang pedas. Sesuai dengan namanya tersebut, NISSIN Gekikara Ramen merupakan mie kuah pedas instan yang juga terasa menyegarkan. Mie pedas instan dari NISSIN ini berukuran lebih kecil dibandingkan mie pada umumnya dan terasa sangat kenyal.

Selain memiliki bumbu pedas sendiri, mie dari NISSIN Hot Mushroom juga sudah dibuat berbumbu. NISSIN Gekikara Ramen Hot Mushroom dikemas dengan berat bersih 74 gram dan cara penyajiannya sama dengan mie pedas instan lainnya.

Untuk merasakan bumbu ramen hot mushroom yang pas, sebaiknya sajikan produk ini dengan 550 ml air. NISSIN Gekikara Ramen Hot Mushroom bisa ditemui dengan mudah di toko kelontong dan warung dengan harga Rp6 ribuan.

10. Richeese Mie Ramen Keju Pedas level 3

Kelezatan produk olahan keju dari Richeese bisa dibilang sudah terkenal di seluruh penjuru Indonesia, dan sekarang merk satu ini juga mengeluarkan mie instan kuah pedas. Komposisi keju yang cukup banyak, berpadu dengan cabai rawit segar, menghadirkan sensasi pedas-creamy yang pastinya menggugah selera makan Sedulur. 

Menariknya, Richeese Mie Ramen Keju Pedas hadir dalam beberapa level, mulai dari level 0-3, jadi lebih mudah menyesuaikannya dengan toleransi Sedulur terhadap rasa pedas. Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk menikmati semangkuk Richeese Mie Ramen Keju Pedas, sebab harganya Rp3 ribuan saja.

BACA JUGA: 13 Rekomendasi Mie Instan Terenak dan Terlaris Tahun 2023

11. JML Emperor

merek mie kuah pedas
Pexels/Jang’s

Bukan hanya Korea Selatan saja yang memiliki mie instan yang pedas luar biasa, China juga memilikinya. Mie dengan rasa ayam ini, dijamin bakal menggoyang lidah kalian. Bahkan, memiliki rasa yang cocok banget dengan kita.

Mie ini belum bisa ditemukan di Indonesia, namun kalian bisa membelinya secara online. Mie ini memiliki rasa pedas yang pas. JML Emperor Instant Noodles Spicy Chicken juga menyediakan bumbu pedas tambahan bila bumbu racikannya kurang pedas. 

12. NONGSHIM Shin Ramyun Spicy Mushroom

Nongshim sebenarnya merupakan merk mie instan kuah pedas asal China, tetapi menghadirkan varian rasa ala Korea yang tidak kalah lezat dari Samyang. NONGSHIM Shin Ramyun Spicy Mushroom, misalnya.

Selain menghadirkan rasa spicy mushroom yang lekat, tapi juga sudah dilengkapi dengan banyak jenis sayuran kering, seperti kubis, wortel, jamur, daun bawang, dan cabai. Produk ini dikemas dalam porsi cukup besar 120 gram dan dibandrol Rp16 ribuan.

13. Habanero Ramen

Habanero Ramen diproduksi oleh perusahaan Emart. Mie yang satu ini memiliki rasa pedas yang berasal dari cabai habanero. Cabai ini terkenal sebagai salah satu cabai terpedas di dunia.

Bahkan, berdasarkan penelitian Scoville Units, rasa pedas cabai ini memiliki tingkat lebih pedas dari cabai jalapeno. Kuahnya berwarna orange kemerahan dengan rasa pedas yang nampol akan membakar lidah Sedulur.

14. Jinjja Jinjja Ramen

Selain bercita rasa super pedas, mie instan buatan Nongshim ini juga terkenal memiliki cita rasa unik. Perpaduan antara biji wijen hitam dan tepung kacang dijamin akan membuat kita ketagihan. Rasa pedasnya sangat pas di lidah dengan kuah kental yang menyempurnakan rasa.

15. Shin Ramen

Mie instan ini juga buatan Nongshim. Tersedia dalam dua varian, yakni Shin Ramen dan Shin Ramen hitam. Keduanya memiliki rasa pedas. Bedanya, Shin Ramen hitam dilengkapi dengan sayuran dan daging yang sudah dikeringkan.

Tapi dalam membuatnya Sedulur bisa memodifikasinya dengan menambahkan bahan lain seperti telur maupun cabai.

16. Ottogi Jin Ramen Spicy

Mie instan pedas kuah ini juga berasal dari Korea Selatan. Pilihan rasanya ada dua, yakni mild atau tidak terlalu pedas dan spicy bagi Sedulur yang suka dengan mie pedas instan.

Kuah kaldu dalam mie instan ini memberikan sensasi pedas yang sangat panas seolah membakar mulut. Kalau Sedulur pecinta kuliner pedas, wajib banget coba mie satu ini.

BACA JUGA: 8 Cara Memasak Mie Instan Agar Lebih Sehat, Jadi Makin Enak!

Manfaat Rasa Pedas Bagi Kesehatan

Pexels/Andrea Piacquadio

Meskipun terkenal memiliki efek samping seperti lidah kebas sampai sakit perut, tapi ternyata rasa pedas sendiri memiliki manfaat. Tapi tentu manfaat ini bisa didapat kalau konsumsi makanan pedasnya masih dalam takaran atau batas normal.

Selain sekedar menambah rasa nikmat dan menggugah selera makan, berikut ini adalah manfaat lain dari mengkonsumsi makanan pedas bagi tubuh kita.

  • Membantu menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Namun kabar baiknya, makan makanan yang pedas bisa membantu. Melansir Cleveland Clinic, rasa pedas pada makanan akan meningkatkan metabolisme sehingga bisa membakar lemak dan menjadikannya energi.

Konsumsi makanan yang pedas juga disebutkan bisa menekan rasa lapar sehingga cenderung makan lebih sedikit sepanjang hari.

  • Menyehatkan jantung

Kesehatan jantung juga akan terjaga karena rasa pedas bisa membakar lemak dengan lebih baik. Beberapa jenis penyakit yang berkaitan dengan kesehatan jantung juga bisa dihindari, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, dan diabetes tipe 2.

Bahkan, disebutkan juga bahwa orang-orang yang secara teratur makan pedas akan mengalami penurunan kematian dini karena serangan jantung dan stroke hingga 13 persen.

  • Menyehatkan pencernaan

Makan makanan yang pedas membuat beberapa orang merasa sakit perut. Namun sebenarnya, rasa pedas bisa menyehatkan mikrobioma yang merupakan bakteri dan mikroba yang memiliki peran penting untuk kesehatan. Rasa pedas tersebut akan menyehatkan flora usus sehingga saluran pencernaan juga akan semakin sehat.

  • Mengurangi inflamasi

Makanan yang pedas juga akan mengurangi inflamasi pada pencernaan yang sering dikaitkan dengan obesitas. Mengutip laman Healthline, menyebutkan bahwa rasa pedas juga bisa mengatasi beberapa masalah kesehatan, seperti radang sendi, gangguan autoimun, dan sakit kepala serta mual.

  • Mencegah kanker

Melansir Self, makanan yang pedas bisa melumpuhkan sel kanker dan leukemia. Salah satu zat yang ditemukan pada makanan pedas adalah capsaicin yang bertugas untuk memperlambat kerja sel kanker dan menghancurkannya.

  • Mengurangi rasa stres dan depresi

Makan makanan pedas akan meningkatkan produksi hormon yang berkaitan dengan peningkatan suasana hati, seperti serotonin. Maka tidak mengherankan jika setelah makan makanan yang pedas, rasa stres dan depresi bisa berkurang.

BACA JUGA: Begini Racikan Favorit Mie Instan ala Jungkook BTS

Tips Memilih Mie Instan yang Cocok untuk Sedulur

Pexels/Momo King

Untuk memperoleh mie instan, termasuk mie pedas instan yang enak, sebaiknya pertimbangkan beberapa hal. Jangan sampai Sedulur salah beli dengan rasa yang tidak cocok di lidah. Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

1. Memilih mie instan sesuai jenisnya

Umumnya terdapat tiga jenis mie instan di pasaran, yaitu mi goreng, mie kuah, dan mie dengan suwiran ayam. Meski sama-sama terasa enak, namun ketiganya punya ciri khas yang berbeda-beda. Sedangkan untuk mie kuah biasanya menjadi pilihan banyak orang untuk dinikmati saat cuaca dingin. 

Aroma bumbu yang berpadu dengan gurihnya kuah menjadikan mie pedas instan kuah memang menjadi teman yang paling cocok saat hujan deras. Namun diperlukan kehati-hatian ketika mencampurkan bumbu mie instan dengan kuahnya. Mie kuah pedas instan bisa terasa hambar kalau kuahnya terlalu banyak atau terlalu asin jika sedikit.

2. Mengetahui jenis rasa mie instan

Mie pedas instan yang beredar di pasaran ada yang termasuk rasa klasik yang tidak lekang oleh waktu dan digemari oleh masyarakat dari berbagai generasi. Mie instan rasa klasik yang dimaksud, contohnya mie goreng original, soto, kaldu ayam, dan bakso sapi.

3. Memilih berdasarkan kemasan mie instan

Pilihan kemasan yang digunakan pada banyak mie instan kuah pedas adalah bungkus plastik dengan desain yang merepresentasikan rasa mie tersebut. Jadi begitu melihat bungkusnya, Sedulur bisa langsung merasa familier dan langsung teringat kelezatan rasanya.

Perlu diketahui, umumnya terdapat perbedaan berat bersih antara mie instan kuah pedas asal Indonesia dengan produk luar. Pada merk asal Indonesia, lebih sering mengemas mie kuahnya dengan berat bersih 70-90 gram. Hal ini berbeda dengan merek mie ala Korea atau Jepang yang kemasannya lebih besar, berkisar 112–140 gram sehingga lebih mengenyangkan.

Selain praktis, porsi mie instan kuah pedas juga pas untuk sekali makan, tinggal disesuaikan dengan porsi makan Sedulur pada umumnya. Jika porsi makan Sedulur tidak terlalu banyak, pilih produk yang berat bersihnya hanya 70-an gram. Namun kalau mau lebih nendang lagi, sekarang sudah banyak merk yang mengeluarkan mie instan cup seberat 105–115 gram.

4. Mengecek kalori mie instan kalau sedang diet

Sebagian besar produk mie instan, termasuk mie pedas instan di pasaran mempunyai kalori lebih dari 300 kkal, tergantung berat bersihnya. Jumlah kalori tersebut tentunya cukup besar untuk orang yang tengah menjalankan program diet.

Namun tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah bermunculan varian mie instan yang sangat rendah kalori, misalnya produk mie yang berasal dari shirataki. Kalori dalam mie instan shirataki biasanya tidak sampai 200 kkal, jadi masih sangat aman untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang diet.

Oleh karena itu, coba terapkan beberapa hal berikut supaya mendapatkan pilihan mie instan yang tepat.

  • Memilih produk yang berbahan baku shirataki, tetap mengenyangkan namun hanya menyuplai 100 sampai 200an kalori per porsi.
  • Mempertimbangkan produk yang diolah dengan cara dipanggang, karena cukup membantu mengurangi jumlah lemak per sajian mie instan.
  • Mencoba mie berlabel gluten-free, jika memiliki masalah dalam mengonsumsi makanan yang terbuat dari bahan baku tepung, dijamin perut tidak terasa kembung lagi

Itulah tadi berbagai merek mie kuah pedas yang bisa Sedulur coba. Beberapa rekomendasi mie instan kuah pedas tadi ada yang sudah bisa dengan mudah kalian temukan di toko kelontong sekitar rumah dan di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.