merek makaroni terbaik

Pasta adalah salah satu olahan tepung yang memiliki banyak penggemar, baik anak-anak hingga dewasa .Pasta juga memiliki banyak bentuk, namun yang terenak adalah makaroni. Dengan munculnya beragam produk dan merek makaroni terbaik, membuat kreasi masakan di Indonesia juga semakin beragam.

Selain alasan tersebut, makaroni juga lebih mudah ditemukan dan harganya jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis pasta lainnya. Dari segi tekstur, makaroni lebih kenyal, dan lembut. Ukurannya pun cenderung lebih kecil dibandingkan jenis pasta lainnya, sehingga lebih mudah dikonsumsi, khususnya oleh anak-anak. 

Terbuat dari bahan utama terigu, pasta memiliki rasa yang tawar, sehingga cocok untuk dikombinasikan dengan berbagai macam saus. Di samping itu makaroni juga menjadi bahan makanan yang mudah untuk diolah.

BACA JUGA: 22 Resep Pasta Carbonara yang Super Creamy, Bikin Nagih!

10+ Rekomendasi Merek Makaroni Terbaik

merek makaroni terbaik
Unsplash/Ben Lei

Makaroni sebenarnya merupakan bahan pasta asal Italia yang sekarang sering dijadikan sebagai pelengkap hidangan makanan berat dan dijadikan sebagai makanan ringan.

Salah satu jenis camilan makaroni yang digemari oleh orang-orang di Indonesia adalah makaroni bantet, yaitu makaroni mentah yang digorengnya tidak sampai mekar, kemudian dibumbui pedas, asin, balado, keju, BBQ, jagung bakar, dan lainnya. 

Tapi selain itu, banyak juga merek makaroni yang bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan lezat. Untuk itu, berikut ini rekomendasi merek makaroni terbaik yang bisa Sedulur coba. Simak di bawah ini!

1. La Fonte Macaroni Chiferi Rigeti No 206

Dari banyaknya merek makaroni, produk makaroni La Fonte adalah salah satu yang banyak dikenal. Hal ini tentu karena merek yang satu ini sudah banyak mengeluarkan berbagai macam pasta, termasuk makaroni.

Tidak hanya itu, makaroni La Fonte juga mudah untuk ditemukan di mana pun, baik secara online maupun toko offline. Selain alasan-alasan tersebut, produk yang satu ini memiliki tekstur makaroni yang kenyal, enak, dan juga terasa lembut.

Ukuran makaroninya juga dibuat kecil dan bite size, sehingga lebih memudahkan Sedulur saat mengkonsumsinya. Elastisitas makaroni ini juga bagus, karena tidak mudah hancur setelah dimasak.

Sebagai produk yang terkenal, harga makaroni mentah ini relatif terjangkau dan ramah dikantong. Pengolahannya pun mudah, cepat, dan Sedulur bisa mencampurkannya dengan saus pasta favorit Sedulur, atau mengolahnya sebagai cemilan seperti makaroni bantet, makaroni pedas, ataupun hidangan lainnya.

2. Pasta Mia Macaroni Elbow

Kalau Sedulur mencari makaroni dengan harga yang terjangkau, makaroni dari Pasta Mia bisa menjadi salah satu yang patut untuk Sedulur pertimbangkan. Karena, dibandingkan dengan produk makaroni lainnya, merek yang satu ini ditawarkan dengan harga yang terjangkau dengan isian 200 gram.

Tidak hanya murah dan ramah dikantong, makaroni ini juga cukup mengenyangkan, karena terbuat dari gandum sebagai bahan utamanya. Produk ini juga mudah diolah dan serbaguna, jadi Sedulur bisa mencampurkannya dengan saus favorit Sedulur ataupun menambahkannya ke dalam sup.

Makaroni murah ini memiliki ukuran yang cenderung lebih kecil, makaroni bite size ini lebih mudah saat dimakan. Teksturnya pun kenyal dan lembut, sehingga lebih enak dan mudah untuk dicerna. Sedulur bisa menemukan produk ini dengan di mana pun, baik online ataupun offline.

3. Orgran Rice & Corn Macaroni

Pengen makan pasta tapi lagi diet? Orgran Rice & Corn Macaroni bisa menjadi jawabannya untuk Sedulur. Karena, sesuai dengan nama produknya, makaroni ini terbuat dari beras dan tepung jagung yang bebas gluten, sehingga bisa menjadi alternatif yang bagus untuk Sedulur yang sedang diet.

Tidak hanya gluten free, makaroni mentah ini juga cocok untuk vegan dan vegetarian, karena kandungannya yang bebas dari bahan hewani seperti susu dan telur. Bahkan produk ini juga tidak mengandung kedelai, ragi, dan gandum seperti kebanyakan makaroni yang ada di pasaran.

Dengan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya, membuat makaroni ini terasa nyaman diperut dan tetap memberikan rasa kenyang. Untuk keamanannya Sedulur tidak perlu khawatir, karena produk asal Australia ini sudah mengantongi sertifikasi BPOM. Jadi sudah terjamin keamanannya.

4. Green Valley Macaroni and Cheese with Alfredo Sauce

Suka makaroni keju tapi gak mau repot saat membuatnya? Green Valley Macaroni and Cheese bisa menjadi produk andalan untuk Sedulur. Tidak seperti makaroni mentah pada umumnya, makaroni yang satu ini sudah dilengkapi dengan saus alfredo di dalamnya, jadi Sedulur tidak perlu memasaknya secara terpisah dan pastinya lebih praktis.

Dengan kemasan kotak yang memiliki isi 200 gram, makaroni ini cocok untuk Sedulur yang suka berkegiatan outdoor seperti camping ataupun hiking, dan bisa menjadi solusi mudah saat Sedulur lapar. Untuk sebuah produk yang lengkap dan praktis, harga makaroni ini terbilang murah dan terjangkau.

Rasanya pun sudah pasti enak, dengan tekstur makaroni yang lembut dan kenyal, serta saus yang creamy dan cheesy. Makaroni ini juga cepat matang dan mudah diolah, jadi Sedulur tidak membutuhkan waktu lama saat memasaknya.

5. Sanfood Brilian Pasta

Untuk Sedulur yang suka pasta dan tidak mau repot, Sanfood Brilian Pasta bisa menjadi makaroni pilihan untuk Sedulur. Tidak seperti kebanyakan makaroni mentah pada umumnya, produk yang satu ini hadir dengan tiga varian rasa berbeda, yakni bolognese, mac & cheese, dan carbonara yang creamy dan pastinya enak.

Makaroni dengan isian 100 gram ini juga merupakan produk yang praktis, karena sudah dilengkapi dengan saus instan dan bisa menjadi makanan yang Sedulur bawa saat berkegiatan outdoor, seperti camping. Kemasannya pun kecil dan mudah untuk dibawa ke mana pun.

Ukuran makaroninya pun kecil dan bite size, sehingga lebih mudah untuk dimakan. Untuk harganya, makaroni ini cukup terjangkau dan ramah dikantong. Cara memasaknya pun mudah dan tidak membutuhkan waktu lama.

6. Macaroni Delon 

Bosan dengan sajian makaroni yang itu-itu saja? Sedulur bisa mencoba olahan makaroni goreng dengan Makaroni Delon. Tidak seperti makaroni lain yang ada dipasaran, produk yang satu ini diolah dengan cara digoreng, sehingga menghasilkan tekstur yang renyah.

Jenis makaroni seperti ini, sangat cocok untuk dijadikan sebagai cemilan seperti makaroni pedas atau kerupuk makaroni. Untuk isiannya pun cukup banyak, yakni 1 kg untuk setiap bungkusnya.

Dengan isian yang banyak, makaroni ini ditawarkan dengan harga yang relatif terjangkau. Sebelum pengolahan makaroni ini, ada baiknya jika menjemurnya terlebih dulu, supaya makaroni bisa mengembang dengan maksimal. Produk ini juga cukup mudah loh untuk Sedulur temukan, baik di pasar, swalayan, ataupun e-commerce.

7. Lula Pasta Macaroni Mixed 

Mau hidangan makaroni terlihat lebih menarik? Makaroni dari Lula Pasta bisa menjadi pilihan yang bagus untuk Sedulur. Berbeda dari makaroni lainnya yang ada dipasaran, produk makaroni mentah yang satu ini memiliki tampilan unik dengan variasi warna yang berbeda-beda.

Sedulur tidak perlu khawatir akan pewarna buatan, karena semua warnanya berasal dari bahan alami. Mulai dari warna merah yang berasal dari jus buah bit, warna oranye dari wortel, warna hijau yang berasal dari sawi, warna ungu dari ubi ungu, serta warna kuning dari kunyit.

Selain tampilannya yang menarik, makaroni ini juga cocok untuk yang sedang diet, karena produk ini bebas gluten. Jadi, Sedulur tidak perlu khawatir akan mengganggu program diet yang sedang dijalani. Walaupun gluten free, makaroni ini tetap memiliki tekstur yang kenyal dan enak.

8. San Remo Pasta Macaroni

Kalau makaroni yang Sedulur masak mudah hancur, Sedulur bisa beralih ke produk dari San Remo. Pasalnya, makaroni mentah ini memiliki tingkat gluten yang baik, sehingga membuat makaroni ini memiliki elastisitas yang bagus, tidak mudah patah atau hancur, dan pastinya memberikan tekstur yang kenyal dan lembut saat dimasak.

Dibandingkan dengan makaroni lainnya, produk yang satu ini memiliki ukuran makaroni yang sedikit lebih panjang, jadi cocok untuk Sedulur yang kurang menyukai makaroni dengan ukuran yang kecil.

Makaroni ini tentunya cocok untuk dipadukan dengan berbagai saus pasta, atau Sedulur juga menjadikannya olahan makaroni keju, makaroni bantet, makaroni pedas, ataupun hidangan lainnya yang Sedulur sukai.

Sedulur tidak perlu pusing untuk mencari produk makaroni yang satu ini, karena Sedulur bisa menemukannya dengan mudah dimana pun, baik secara online atau di toko offline. Isiannya pun cukup banyak, dan bisa Sedulur simpan untuk membuat hidangan makaroni lainnya.

9. Only Organic Kindy Vegetable Macaroni Cheese Chicken Beef

Tidak hanya untuk dewasa, Sedulur juga bisa memberikan makaroni untuk makanan si kecil. Tapi, tidak sembarang produk bisa Sedulur berikan ya. Sebagai opsinya, Sedulur bisa memberikan makaroni instan dari Only Organic. Karena, sesuai dengan namanya, produk ini terbuat dari bahan organik yang aman bagi anak-anak.

Tidak hanya terbuat dari bahan organik, makaroni ini juga bebas pewarna tambahan, jadi dijamin lebih sehat untuk anak-anak. Produk ini pun terbilang praktis, karena sudah tercampur dengan saus yang enak dan pastinya disukai si kecil.

Cara pemakaiannya juga mudah, Sedulur cukup memanaskannya di wajan, ataupun microwave. Bahkan, kemasan produk ini pun terbuat dari plastik yang BPA free, jadi Sedulur tidak perlu khawatir akan kualitas dan keamanan dari produk ini.

10. Bellamy’s Organic Spelt Macaroni

Ingin memberikan makaroni sebagai mpasi si kecil? Bellamy’s Organic Spelt Macaroni bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena, makaroni terbuat dari bahan organik ini dibuat khusus untuk anak usia 8 bulan, jadi Sedulur tidak perlu khawatir akan keamanannya.

Tidak hanya itu, produk makaroni untuk anak-anak ini juga diklaim bebas akan gula dan garam, sehingga lebih sehat. Merek makaroni asal Australia ini juga diklaim kaya akan kandungan zat besi, yang bagus untuk tumbuh kembang si kecil. Kemasannya pun cukup praktis, dengan kotak yang memiliki isian sebanyak 200 gram.

Terbuat dari bahan organik pilihan, makaroni mentah ini aman untuk dikonsumsi vegan dan vegetarian. Produk ini bahkan sudah mengantongi sertifikasi organik dari NASAA dan ACO, sehingga lebih terjamin kualitasnya.

11. Sedani Macaroni Spiral

Tidak hanya berbentuk seperti pipa, makaroni spiral dari Makaroni Sedani bisa menjadi salah satu pasta yang Sedulur coba. Walaupun bentuknya berbeda, namun makaroni ini juga serbaguna dan bisa Sedulur campurkan dengan saus pasta favorit Sedulur, ataupun dijadikan hidangan lainnya seperti makaroni bantet, ataupun ditambahkan ke dalam sup.

Dengan bentuknya yang tidak biasa, makaroni ini memiliki isian yang cukup banyak, yaitu 1 kg. Teksturnya pun kenyal dan lembut, sehingga lebih enak dan mudah untuk dicerna. Selain itu, harga makaroni ini juga cukup ekonomis dan bisa dijadikan stock untuk membuat hidangan pasta lainnya.

Meskipun bentuknya spiral, namun makaroni ini memiliki ukuran yang juga bite size, jadi Sedulur akan lebih mudah untuk mengkonsumsinya. Pengolahannya pun cukup mudah, simpel, dan pastinya tidak membutuhkan waktu lama.

12. Balducci Pasta Macaroni

Balducci Pasta Macaroni sebenarnya tidak spesifik menjadi merek makaroni. Namun bisa juga Sedulur olah menjadi makaroni bantet kalau direndam air dulu sebelum digoreng. Karena terbuat dari tepung gandum berkualitas terbaik, produk ini juga akan menghasilkan tekstur kenyal dan lembut ketika direbus untuk dijadikan sebagai pasta. 

Balducci Pasta Macaroni bisa dibeli melalui e-commerce dengan harga Rp20 ribuan rupiah untuk kemasan 500 gram. Sedulur pun akan dimanjakan dengan karakternya yang kenyal. Cocok juga Sedulur nikmati dengan dipadukan bersama berbagai macam saus favoritmu.

BACA JUGA: 14 Jenis Pasta yang Populer Berdasarkan Bentuk & Bedanya

Tips Memilih Makaroni yang Enak

Unsplash/Engin Akyurt

Setelah mengetahui beragam merek makaroni terbaik, sekarang saatnya Sedulur memperhatikan beberapa tips memilih makaroni yang enak dan aman. Di Indonesia, makaroni dijual dalam 2 macam, yaitu makaroni kering (mentah) dalam kemasan, serta makaroni yang sudah dimasak. 

Tapi untuk kali ini, akan ada beberapa tips memilih makaroni kering (mentah) agar Sedulur tidak salah membeli. Sedulur pun juga bisa berkreasi dengan berbagai menu. Simak di bawah ini.

1. Pilih bentuk sesuai dengan kebutuhan jenis masakan

Perlu diketahui bahwa makaroni tidak hanya tersedia dalam bentuk elbow, tetapi juga bentuk lurus. Keduanya dapat dipilih sesuai dengan jenis masakan Sedulur. Makaroni elbow atau chifferi merupakan bentuk yang banyak Sedulur temui di pasaran.

Bentuk ini cocok untuk berbagai jenis makanan, seperti mac n cheese, sup, salad, dan macaroni schotel. Makaroni elbow memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan makaroni bentuk lurus.

Karena itu, saat dipadukan dengan bahan makanan lain, rasa dan teksturnya akan tetap seimbang. Namun, makaroni elbow juga tersedia dalam ukuran yang lebih kecil. Dengan begitu, Sedulur dapat memilih ukurannya sesuai dengan selera masing-masing.

Selain itu ada juga bentuk maccheroni. Jenis ini mungkin masih asing bagi Sedulur karena cukup jarang ditemukan. Bentuknya berupa pipa yang pendek dan kecil serta lebih ramping jika dibanding dengan makaroni elbow.

Bentuknya yang ramping membuat tekstur maccheroni terasa lebih halus sehingga mudah membaur dengan krim. Karena itu, maccheroni tepat dipilih jika Sedulur menginginkan rasa makaroni yang lebih menyatu dengan krim atau bumbu lainnya.

2. Lihat warna pasta

Selain mengecek tanggal kadaluarsa pada kemasan, Sedulur juga harus teliti melihat warna dari makaroni yang ingin Sedulur beli. Makaroni yang bagus atau baik memiliki warna yang bersih dan kekuningan. Sementara itu, makaroni yang mengandung pewarna buatan warnanya terlihat lebih mencolok.

3. Baca kandungan komposisi di dalamnya

Sebelum membeli makanan instan, sudah seharusnya kita memperhatikan komposisi produk yang tertera pada bagian kemasannya. Seperti halnya membeli makaroni, ada baiknya Sedulur baca dengan teliti mengenai komposisi pembuatannya.

Pilihlah makaroni yang terbuat dari tepung gandum durum, sebab bahan ini membuat makaroni tidak mudah hancur ketika dimasak.

Itulah tadi berbagai merek makaroni terbaik yang bisa Sedulur coba. Tentu masih banyak lagi merek lain yang dijual di pasaran. Sedulur pun bisa memilih sesuai dengan selera atau kebutuhan.

Makaroni merupakan bahan makanan yang bisa dijadikan pelengkap menu makan sehat atau sekedar dijadikan camilan. Ada banyak jenis makaroni yang bisa kita beli, hanya saja kita tetap harus teliti memilih makaroni yang baik dan sehat. 

Sedulur bisa menemukan produk-produk pasta makaroni di atas dengan mudah karena tersedia di toko kelontong dan SuperApp. SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.