merek baking soda

Ketika Sedulur membuat kue, kemungkinan besar Sedulur akan membutuhkan baking soda. Kegunaan utama dari bahan kue ini adalah untuk pengembang kue. Namun belakangan diketahui bahwa baking soda punya banyak manfaat lain, seperti menghilangkan kotoran pada peralatan dapur hingga menetralisir sengatan lebah.

Mungkin Sedulur juga ada yang bingung perbedaan antara baking soda dan baking powder. Pada dasarnya, baik baking soda maupun baking powder merupakan bahan tambahan yang berfungsi mengembangkan adonan kue. Bentuk dan tekstur keduanya tampak sama, tapi terdapat perbedaan pada komposisi kedua bahan tersebut.

BACA JUGA: 10+ Rekomendasi Merek Makaroni Terbaik yang Enak

Rekomendasi Baking Soda Terbaik

Pexels/Eva Bronzini

Merek baking soda yang bagus terbuat dari 100% natrium bikarbonat yang bersifat basa, sedangkan baking powder terbuat dari natrium bikarbonat dan senyawa asam yang berbentuk kering.

Untuk menggunakan berbagai merek baking soda yang tepat, Sedulur harus mencampurkannya dengan bahan yang bersifat asam, seperti perasan lemon dan yoghurt supaya bisa menghasilkan gas karbon dioksida. 

Reaksi kimia tersebut akan menetralkan pH adonan menjadi netral dan mengembangkan kue dengan baik. Sedangkan untuk mengaktifkan baking powder, Sedulur hanya perlu mencampurkannya dengan air. Karena sudah mengandung asam, sebaiknya gunakan baking powder pada adonan yang minim bahan asam, misalnya kue kering.

Ada banyak sekali merek baking soda yang dengan mudah Sedulur temukan di toko kebutuhan kue maupun toko online. Mungkin Sedulur juga ada yang bingung dalam memilih baking soda yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu berikut ini beberapa rekomendasi yang bisa menjadi pilihan Sedulur. Simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Santan Kental Instan Kualitas Terbaik

1. ARM & HAMMER Pure Baking Soda

merek baking soda
Pexels/Ksenia Chernaya

Merek baking soda yang bagus pertama adalah ARM & HAMMER Pure Baking Soda Box yang tentunya hanya mengandung 100% sodium bikarbonat (NaHCO3). Beberapa sifat dari sodium bikarbonat pada produk ini, antara lain berbentuk bubuk warna putih bersih, sedikit mengkilap, dan tidak berbau.

Untuk rasa, baking soda ini memiliki rasa sedikit asin karena mengandung sodium hingga 28%, dan menunjukkan pH 8,5 bila dilarutkan ke dalam air.  Namun, ARM & HAMMER Pure Baking Soda Box sudah berlabel food grade sehingga dipastikan tidak mengiritasi dan tidak beracun.

Jika mau menggunakan merek baking soda yang bagus ini untuk memasak, tinggal ambil sejumput baking soda dan taburkan pada masakan maupun sayur. Penambahan ARM & HAMMER Pure Baking Soda ke dalam masakan bisa mengempukkan daging maupun sayuran dengan waktu hanya 30% dari biasanya. 

Jadi apabila Sedulur biasanya memerlukan waktu 60 menit untuk mengempukkan daging, dengan baking soda proses tersebut hanya berlangsung selama 18 menit saja. ARM & HAMMER Pure Baking Soda dikemas dalam box dengan berat bersih 454 gram dan dijual Rp30 ribuan rupiah.

2. Arm & Hammer Baking Soda Shaker

Sesuai dengan namanya, produk ini dikemas dalam botol dengan sistem shake sehingga memudahkan penggunaannya. Cukup goyangkan botol baking soda ini sampai butiran-butiran baking sodanya keluar untuk membuat kue-kue mengembang lebih baik. Namun perlu hati-hati ketika menggoyangkannya supaya butiran soda kue yang keluar tidak terlalu banyak.

Kemasan botol Arm & Hamer Baking Soda Shaker botol sudah dilengkapi resealable lid yang tahan air, jadi isinya akan lebih tahan untuk waktu yang cukup lama. Dikemas dengan berat bersih 340 gram, merek baking soda yang bagus ini dijual dengan harga Rp60 ribuan rupiah.

3. R&W Soda Kue

R&W Soda Kue adalah rahasia sukses di balik kue lembut dan renyah ala rumahan. Dengan formula klasik yang teruji dan bahan-bahan pilihan, produk ini memberikan hasil akhir yang memikat setiap kali Sedulur memasak. Produk ini direkomendasikan untuk para pecinta baking, dari pemula hingga ahli. 

R&W Soda Kue akan membawa pengalaman memasak Sedulur ke level berikutnya. Sajikan kelezatan istimewa ini dalam momen kehangatan bersama orang-orang terkasih. Pasti hidangan yang dibuat juga akan terasa lebih spesial.

4. Koepoe Koepoe Soda Kue

Kegunaan utama dari Soda Kue Koepoe Koepoe memang untuk mengembangkan berbagai macam adonan kue, roti, bolu, kue kering, biskuit, hingga martabak. Brand Koepoe Koepoe sendiri sudah ada sejak tahun 1942 dan semua produknya telah mengantongi sertifikasi BPOM, HALAL, ISO 22000 dan HACCP sehingga dijamin aman dikonsumsi. 

Tidak heran jika merek baking soda yang bagus ini telah menjadi andalan banyak ibu rumah tangga di Indonesia sejak lama. Berbagai produk Koepoe Koepoe, termasuk soda kuenya diproses berdasarkan standar GMP supaya kualitasnya tetap terjaga. Apabila Sedulur mengecek botolnya, maka akan ada dua lubang kecil di setiap seal dan berfungsi untuk memberikan udara ke produk. 

Merek baking soda yang bagus ini dijual dengan harga Rp4.000-an rupiah untuk kemasan 81 gram dan sudah dipasarkan secara luas di minimarket, swalayan, ataupun pasar. Soda Kue Koepoe Koepoe juga tersedia dalam kemasan 1 kg dan harganya Rp30 ribuan rupiah.

5. ASAHI Baking Soda – Sodium Bicarbonate

ASAHI Baking Soda diimpor langsung dari Jepang yang mempunyai kualitas superior baking soda. merek baking soda yang bagus ini juga food grade sehingga aman untuk digunakan sebagai kue, roti, martabak, atau olahan lainnya.

Sedulur juga bisa menggunakan ASAHI Baking Soda untuk merenyahkan gorengan atau mengempukkan daging dan sayuran yang cukup alot. ASAHI Baking Soda juga bisa digunakan untuk menjaga rasa dan bau makanan yang disimpan di dalam kulkas atau freezer supaya tidak terpengaruh bau makanan lain.

Merek baking soda yang bagus ini dikemas dalam kemasan karung 25 kg, sehingga banyak pedagang yang menjualnya kemasan repack. Untuk kemasan repack 1 kg, biasanya dijual dengan harga Rp20 ribuan rupiah.

6. Bob’s Red Mill Baking Soda

Seperti merek baking soda yang bagus sebelumnya, Bob’s Red Mill Baking Soda juga multifungsi, bisa digunakan untuk membuat biskuit, roti, atau kue, mengolah daging dan sayur supaya cepat lunak, dan membersihkan peralatan dapur yang kotor.

Apabila akan digunakan untuk membuat kue, biskuit, roti, atau sejenisnya, cukup campurkan  seperempat sendok teh atau sekitar 1 gram produk ini ke dalam adonan. Bob’s Red Mill Baking Soda dikemas dalam pouch dengan berat bersih 454 gram.

Setelah dibuka, pastikan Sedulur menyimpan produk ini di dalam wadah kedap udara karena natrium bikarbonat merupakan senyawa yang mudah menyerap uap air dari udara sekitar. Merek baking soda yang bagus ini memang dijual cukup mahal, sekitar Rp100 ribuan rupiah, namun tentunya harga tersebut sebanding dengan kualitasnya.

7. Soda Kue Rajawali

merek baking soda
Unsplash/Vlad Kutepov

Apabila Sedulur memerlukan merek baking soda untuk jumlah makanan yang tidak terlalu banyak, maka Soda Kue Rajawali bisa menjadi pilihan yang tepat. Kegunaan utama dari soda kue ini adalah sebagai pengembang adonan berbagai jenis roti, kue kering, kue basah dan bahan pengempuk.

Soda Kue Rajawali dikemas dalam kemasan sachet dengan berat bersih 40 gram, sehingga kuantitasnya kurang banyak jika akan digunakan untuk membersihkan peralatan dapur atau lantai. Karena kemasannya kecil, merek baking soda yang bagus ini dijual dengan harga hanya Rp2.000-an rupiah.

8. Hydro Farm Indonesia Suka Baking Soda

Produk dari Suka Organic ini memiliki packaging yang mempermudah Sedulur menyimpannya. Ukuran baking soda pada kemasan ini juga cukup banyak sehingga bisa digunakan untuk segala kebutuhan.

Dari mulai membersihkan plak pada gigi, menghilangkan bau ketiak, sampai memperbaiki sistem pencernaan. Terlebih lagi, baking soda ini memiliki standar food grade sehingga aman dikonsumsi. 

9. Soda Kue Cap Nonik

Untuk Sedulur yang baru belajar membuat kue dan belum mengerti apa saja merek baking soda yang bagus, maka Soda Kue Cap Nonik bisa dipertimbangkan untuk menemani proses belajar Sedulur. Selain untuk mengembangkan adonan kue, produk ini juga bisa digunakan untuk keperluan memasak dalam jumlah kecil.

Dengan kemasan berbentuk sachet, berat bersih Soda Kue Cap Nonik hanya 40 gram per sasetnya dan dijual seharga Rp2.000-an rupiah saja, jadi memang cocok untuk baker pemula. Apabila keterampilan membuat kue Sedulur sudah meningkat, tinggal improve ke merek baking soda yang bagus lainnya.

10. Mckenzie’s Bi Carb Soda

Mckenzie’s Bi Carb Soda merupakan produk yang diimpor dari Australia dan terbuat dari 100% sodium bikarbonat. Seperti merek baking soda yang bagus sebelumnya, produk ini sangat bisa diandalkan untuk mengembangkan kue maupun mengempukkan berbagai daging dan sayuran yang alot.

Merek baking soda yang bagus ini dikemas dalam kertas karton dengan berat bersih 500 gram dan harganya 40 ribuan rupiah. Menariknya lagi, Sedulur akan memperoleh akses e-book yang berisi tips membuat kue untuk setiap pembelian Mckenzie’s Bi Carb Soda.

11. Soda Kue R

Merek baking soda yang bagus berikutnya adalah Soda Kue R yang sudah sering digunakan sebagai pengembang kue. Karena terbuat dari 100% natrium bikarbonat, tentunya produk ini gluten free jadi bisa dikonsumsi juga oleh orang-orang vegetarian.

Produk ini juga bisa Sedulur manfaatkan untuk menghilangkan kerak yang membandel pada peralatan dapur. Soda Kue R dikemas dalam kemasan plastik berwarna putih dan beratnya 1 kg. Sedulur bisa membeli merek baking soda yang bagus ini dijual dengan harga Rp30 ribuan rupiah dan bisa dibeli secara online di toko online.

12. Dr. Oetker Baking Soda Ex Germany

Dr. Oetker Bicarbonate merupakan merek baking soda yang bagus untuk cookies, roti jahe, kue, dan pancake. Produk ini tentunya sudah berlabel food grade dan tidak mengandung bahan alergen, jadi pastinya aman untuk dikonsumsi oleh orang dewasa maupun anak-anak. 

Apabila mau menggunakan Dr.Oetker Bicarbonate untuk membersihkan lantai, cukup larutkan satu sendok makan air kemudian gunakan sebagai larutan pembersih lantai.

Produk ini dikemas menggunakan kertas karton dengan berat 25 kg, jadi cocok digunakan untuk pengusaha kue atau roti yang skalanya sudah cukup besar. merek baking soda yang bagus ini bisa dibeli secara online dengan harga Rp500 ribuan rupiah.

13. AS Gida Uretim ve Pazariama Pakmaya Soda Kue

Apabila Sedulur belum terbiasa menggunakan baking soda, produk ini bisa jadi pertimbangan. Alasannya karena produk berkemasan saset ini dijual dengan harga yang terjangkau.

Sedulur yang baru belajar membuat aneka kue dan kukis rumahan bisa mencobanya. Selain itu, Sedulur pun jadi bisa menekan bujet untuk berkreasi di dapur! Jangan lupa, simpan produk di wadah kedap udara setelah dibuka, ya.

14. Dehealth Supplies Fruit & Veggie Wash Baking Soda

Apabila Sedulur sering mencuci buah atau sayuran dengan sabun, beralihlah ke produk ini. Baking soda ini dapat Sedulur jadikan pengganti sabun untuk menghilangkan kotoran ataupun pestisida pada buah dan sayur. Terlebih, beberapa buah-buahan dilapisi lilin pada kulit agar tidak mudah busuk. 

Untuk itu, Sedulur bisa membersihkannya dengan Fruit & Veggie Wash Baking Soda! Cukup campur air, perasan jeruk lemon, dan dua sendok teh baking soda ini untuk mencuci buah dan sayur. Bersih dari zat-zat berbahaya, hidup pun menjadi lebih sehat. 

15. MSH Rempah Baking Soda

Beberapa bahan makanan ditambahkan zat aditif untuk menjaga tekstur, penampilan, atau rasa. Namun, penggunaan berlebihan dapat memberikan efek samping pada tubuh. Kali ini, Sedulur tidak perlu khawatir dengan baking soda dari MSH Rempah. 

Kandungan didalamnya bebas dari bahan antikempal. Agar tidak mengeras dan menggumpal, segera masukkan ke wadah kering dan tertutup setelah kemasan dibuka. Jika Sedulur simpan dengan benar, produk ini akan awet dan tahan lama untuk digunakan kembali.

BACA JUGA: 10 Merek Vanilla Cream untuk Kue Kering Terbaik

Cara Memilih Baking Soda yang Bagus

Unsplash/Sonia Nadales

Hanya mengetahui senyawa atau kandungan dalam baking soda saja tidak cukup untuk bisa memilih merek baking soda yang bagus dan sesuai dengan kebutuhanmu. Jadi coba perhatikan beberapa hal di bawah ini supaya Sedulur memperoleh soda kue yang tepat. Simak di bawah ini!

1. Menyesuaikan ukuran dengan tujuan penggunaan

Belakangan diketahui bahwa berbagai merek baking soda yang bagus punya kegunaan yang beragam dan tentunya akan memerlukan kuantitas baking soda yang beragam juga.

Apabila hanya akan digunakan untuk membuat kue, sebaiknya pilih baking soda yang berukuran kecil. Tetapi jika akan digunakan untuk keperluan sehari-hari, pilihlah produk soda kue yang dikemas dalam ukuran besar.

Penyimpanan baking soda yang bagus juga perlu disesuaikan dengan tujuan penggunaannya. Jika memang baking soda digunakan untuk membuat kue, maka simpan di tempat kering dan jangan sampai terbuka. Baking soda bisa menyerap bau dari bahan lain saat terbuka dan bisa mengakibatkan hasil kue yang kurang bagus.

2. Memilih bentuk kemasan yang mudah disimpan

Berbagai merek baking soda tersedia dalam bentuk kemasan pouch, sachet, kotak karton, botol plastik, hingga karung untuk kemasan yang cukup besar. Kemasan pouch tentu akan mudah dibuka, praktis digunakan, dan mudah disimpan kembali.

Ada juga soda kue yang dikemas dalam kotak karton atau botol plastik yang mudah disimpan dalam lemari bersama bahan-bahan lainnya di dapur. Baking soda dalam kemasan sachet biasanya ditujukan untuk sekali pakai, jadi dijual dengan harga yang murah juga.

Namun baking soda jenis ini kurang praktis untuk disimpan, kecuali Sedulur menyiapkan wadah atau toples dengan tutup yang rapat. Untuk baking soda yang dikemas dalam berat lebih dari 10 kg, umumnya dikemas dalam karung dan sering dijual dalam kemasan repack oleh pedagang kue.

3. Mengecek sertifikasi produk soda kue

Sebagai produk tambahan pangan, jaminan kualitas dan keamanan menjadi salah satu faktor penting yang harus dipertimbangkan ketika memilih soda kue. merek baking soda yang bagus tentunya berlabel food grade yang artinya bebas dari senyawa berbahaya dan aman dikonsumsi.

Pastikan juga produk baking soda yang dibeli sudah memperoleh sertifikasi dari lembaga berwenang, misalnya BPOM. Setiap merek baking soda yang bagus tidak akan mengandung tepung maizena atau senyawa asam lain seperti baking powder.

Dengan demikian, Sedulur tidak perlu mengecek label bebas GMO, gluten, atau aluminium saat membeli baking soda.

BACA JUGA: 14 Merek Kaldu Bubuk Terbaik, Bikin Masakanmu Makin Lezat!

Manfaat Baking Soda untuk Kesehatan

merek baking soda
Pexels/Kaboompics

Sebagaimana yang telah diketahui, kegunaan utama berbagai merek baking soda yang bagus di atas adalah untuk mengembangkan kue. Baking soda atau soda kue memang diketahui punya banyak manfaat, tapi ternyata ada juga efek buruk dari soda kue untuk kesehatan. Beriku beberapa manfaat baking soda untuk kesehatan:

  • Menjaga kesehatan mulut karena baking soda memiliki sifat antibakteri yang bisa membantu menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya dalam mulut.
  • Menetralisir asam lambung karena baking soda merupakan basa lemah.
  • Meredakan rasa gatal akibat sengatan serangga, terutama sengatan serangga yang bersifat asam.
  • Membersihkan pestisida pada sayur dan buah jadi lebih aman dikonsumsi.

Selain manfaat di atas, baking soda juga mempunyai beberapa dampak buruk untuk kesehatan. Untuk itu, berikut ini di antaranya:

  • Kerusakan gigi jika digunakan secara asal-asalan dan tidak ada pengawasan profesional.
  • Produksi gas berlebih di lambung karena soda kue bisa menghasilkan gas karbon dioksida.
  • Memicu tekanan darah tinggi karena adanya kandungan sodium yang cukup tinggi pada soda kue.

Jadi supaya tidak terkena dampak buruk dari baking soda, Sedulur perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini saat menggunakannya. Simak penjelasannya di bawah ini.

  • Menghindari penggunaan baking soda pada gigi dalam waktu yang terlalu lama, karena justru menimbulkan kerusakan pada enamel gigi.
  • Tidak mengkonsumsi baking soda minimal 2 jam setelah minum obat, karena dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap jenis obat tertentu.
  • Tidak menggunakan baking soda untuk tujuan kesehatan selama lebih dari 2 minggu, kecuali atas anjuran dokter.
  • Tidak memberikan baking soda secara langsung untuk anak berusia kurang dari 6 tahun, kecuali atas saran dokter.

Itulah tadi berbagai merek baking soda yang bisa menjadi rekomendasi untuk Sedulur. Baking soda atau soda kue biasanya diandalkan untuk mengembangkan adonan kue, cookies, roti, pancake, dan martabak, serta sering digunakan untuk mengempukkan daging atau sayuran yang alot.

Berbeda dengan baking powder yang mengandung senyawa asam, baking soda disusun oleh senyawa natrium bikarbonat tanpa campuran apa pun. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan memberi manfaat untuk Sedulur ya.

Oia, jangan khawatir karena bahan baking soda ini banyak ditemukan dan bisa dibeli di toko kelontong sekitar rumah dan di SuperApp. SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.