rekomendasi merek gula aren

Gula merah atau biasa dikenal dengan nama gula aren merupakan salah satu bumbu masak yang cukup penting dalam masakan di Indonesia. Tidak heran apabila bumbu dapur ini cukup banyak dijual baik secara curah maupun sachetan. Dimana ada cukup banyak rekomendasi merek gula aren yang bisa ditemukan.

Gula aren sendiri memiliki rasa yang cukup berbeda dengan gula pasir. Dimana rasa yang diberikan gula ini lebih gurih dan aromanya lebih wangi. Jadi tidak heran apabila kebutuhan gula aren dalam masakan nusantara begitu penting.

Nah, jika Sedulur sedang mencari informasi terkait rekomendasi merek gula aren yang enak dan terbaik. Coba simak baik-baik ulasan kali ini.

BACA JUGA: Resep Kembang Gula Kelapa yang Manis dan Unik!

Apa itu Gula Aren?

rekomendasi merek gula aren
Unsplash/Widuri Putri

Gula aren adalah pemanis yang diproduksi dari nira pohon aren. Nira adalah cairan yang didapatkan dengan cara menyadap batang dan bunga pohon palem-paleman, termasuk di antaranya pohon aren. Cairan nira ini kemudian dimasak selama berjam-jam dan dicetak hingga mengeras minimal 1 jam. Cetakannya bisa berupa bambu atau batok kelapa.

Sementara itu gula jawa merupakan hasil produksi nira dari pohon kelapa yang dimasak minimal 3,5 jam hingga mengental dan berwarna cokelat kemerahan. Inilah mengapa disebut gula jawa dan tentu dari segi warna, gula jenis ini berwarna lebih pekat.

Sama seperti gula aren, dalam proses pembuatannya, gula jawa juga dicetak di batok kelapa dan didiamkan hingga mengeras.

Ciri Gula Aren yang Bagus

Pexels/D Mo

Karena aren sulit untuk dicari dan harganya lebih mahal, tentu saja ada orang yang mencoba mencari peluang dengan menjual gula aren palsu. Nah, supaya Sedulur tidak salah beli, bisa simak beberapa ciri gula aren yang bagus berikut.

  • Teksturnya kenyal

Gula aren palsu biasanya terbuat dari gula pasir yang kemudian dikristalkan. Nggak heran jika kemudian gula aren yang palsu punya tekstur yang lebih keras. Hal itu sangat berbeda dengan gula aren asli yang punya tekstur lebih lembut dan kenyal. Gula aren palsu ini teksturnya sangat solid dan kasar. Ketika dikerok dengan sendok, akan terlihat serpihan gulanya.

Kamu akan bisa lebih mudah membedakannya kalau Sedulur punya jenis gula aren asli dan palsu. Tekstur gula aren asli lebih lembut dan terasa lebih “kenyal” jika dibandingkan dengan gula yang palsu. Itu karena gula aren yang asli berasal dari cairan aren yang dikristalkan. Hasilnya, bentuk gula semi solid lah yang didapatkan.

  • Saat padat lebih mudah dipotong

Karena teksturnya lembut, gula aren asli umumnya bisa dibelah atau dipotong dengan lebih mudah. Bahkan, Sedulur bisa memotongnya dengan tangan kosong. Hal itu sangat berbeda dengan gula aren palsu yang perlu alat untuk memotongnya.

Ketika Sedulur memotong atau memisahkan bagiannya, Sedulur nggak akan menemukan lubang kecil yang biasanya ada pada gula aren palsu. Gula aren palsu terkadang ada banyak lubang di bagian dalamnya yang membuatnya terlihat lebih kasar.

  • Warnanya cokelat gelap

Warna legen atau nira dari aren membuat hasil akhir warna yang dihasilkan adalah cokelat gelap bahkan hampir hitam. Kalau dibandingkan dengan gula kelapa, warna coklatnya itu hampir sama. Jika dibandingkan dengan gula-gula sejenis, warna cokelat gelap dari gula aren ini adalah warna paling gelap. 

  • Aromanya sangat khas

Ciri khas yang sulit untuk ditiru adalah aroma dan tekstur gula aren yang khas. Beberapa dari Sedulur yang nggak asing dengan bumbu dapur, biasanya akan langsung bisa membedakan gula aren asli dan palsunya ini dari aroma dan teksturnya.

Aroma khas dari aren akan langsung tercium dari gula. Begitu pun tekstur lembutnya. Bahkan, ketika dilihat, Sedulur akan bisa melihat nggak ada tekstur kasar atau berbutir-butir di bagian luar gula aren tersebut. Ciri khas terakhir inilah yang menjadi penanda paling mudah terutama untuk orang-orang yang sudah terbiasa memegang bumbu dapur.

  • Manis legitnya lembut

Biasanya, ada pemanis buatan yang punya rasa manis legit. Tapi, tentunya nggak dengan gula aren, ya. Gula aren punya rasa manis legit yang nggak akan membuatmu batuk. Bahkan, rasa manis legitnya itu nggak ada rasa pahitnya sama sekali.

BACA JUGA: Produk Unggulan di Aplikasi Super Untuk Stok Toko Kelontong

Rekomendasi Merek Gula Aren Terbaik

rekomendasi merek gula aren
Unsplash/Monika Grabkowska

Setelah mengetahui informasi penting untuk memilih gula aren, tentu Sedulur tidak akan kebingungan atau terjebak membeli gula aren yang palsu. Selain itu, kami juga sudah menyiapkan beberapa rekomendasi merek gula aren terbaik untukmu.

1. Arenku Bubuk Sukabumi

Ingin mencari pemanis makanan atau minuman yang alami, gula aren yang satu ini sangat direkomendasikan untuk Sedulur. Gula aren ini sangat cocok dikonsumsi bagi para penderitas diabetes.

Hal ini dikarenakan indeks glikemik pada gula aren ini sangat rendah sehingga tidak terlalu berpengaruh dalam meningkatkan glukosa darah. Tak hanya bagi para penderita diabetes saja, gula aren bubuk sukabumi ini juga sangat cocok dikonsumsi para penderita kolestrol.

Bagi Sedulur juga yang ingin menjaga kestabilan gula dalam tubuh, sudah saatnya mengganti pemanis dengan gula aren yang satu ini. Contohnya, apabila ingin meminum kopi, sebaiknya gunakan gula aren ini sebagai pengganti gula biasa.

2. Palm Zuiker Organik

Memiliki tekstur seperti gula pasir, Palm Zuiker Organik menjadi gula aren yang memiliki bentuk seperti serbuk kasar yang berwarnah merah.

Sama dengan produk gula aren terbaik lainnya, gula aren zuiker ini juga cocok digunakan sebagai pengganti pemanis makanan dan minuman biasanya. Dengan harga yang sangat terjangkau, gula aren yang satu ini tak hanya baik untuk kesehatan saja melainkan baik juga untuk dompet para pembelinya.

3. Enau Gula Aren Cair

Selanjutnya ada gula aren terbaik dari Enau Gula Aren Cair. Gula aren enau gula aren cair ini dibuat dari bahan nira bunga aren yang murni tanpa adanya campuran seperti bahan-bahan kimia ataupun pengawet. Proses pembuatan gula aren ini dibuat secara higenis dan dijamin aman untuk dikonsumsi.

Memiliki tekstur cair, gula aren ini dikemas dengan botol. Untuk penggunaanya, gula aren ini cocok dijadikan pengganti pemanis makanan dan minuman biasanya. Tak hanya sehat saat dikonsumsi, gula aren ini juga sangat mudah digunakan apalagi sebagai pemanis minuman karena memiliki tekstur yang cair.

Untuk harganya, gula aren cair yang satu ini dibandrol dengan harga yang terjangkau.

4. D’Kawung Gula  Aren

Produk gula aren terbaik selanjutnya adalah D’Kawung Gula Aren. Gula aren yang satu ini juga dibuat secara alami tanpa adanya bahan-bahan kimia dan juga pengawet sehingga aman untuk dikonsumsi. Gula aren D’Kawung ini dibuat dari air nira pohon enau.

Mengandung GI 35 atau yang biasa disebut dengan indeks glikemik, gula aren ini cocok dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Selain kayaka akan vitamin, gula aren ini juga kaya akan mineral yang sangat baik untuk tubuh dalam melancarkan pencernaan, membersihkan paru-paru dan juga meningkatkan imun tubuh.

5. Healthy Choice Gula Aren Kristal

Selanjutnya ada merek  Healthy Choice Gula Aren Kristal Organic. Jika dari beberapa gula aren yang telah disebutkan cocok dikonsumsi oleh para penderita diabetes, gula aren kristal ini cocok dikonsumsi bagi Sedulur yang sedang menjalankan program diet.

Terbuat dari nira asli pohon aren yaitu Arenga Pinnata yang dibudidayakan, gula aren ini dapat disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama. Mengandung nutrisi yang tinggi, gula aren ini cocok dicampurkan sebagai pemanis asli untuk minuman dan makanan.

6. GuSemar Gula Semut Aren

Merk gula aren terbaik selanjutnya adalah GuSemar Gula Semut Aren. Memiliki tekstur bubuk, gula aren yang satu ini sudah cukup terkenal dikalangan masyarakat. Cocok digunakan sebagai pengganti gula biasa sebagai pemanis makanan dan minuman, gula aren ini dihadirkan dalam berbagai ukuran kemasan.

Dengan begitu Sedulur bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Sedulur. Untuk harganya, gula semut aren ini dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau.

7. Nourish Indonesia Gula Aren Bubuk

Rekomendasi gula aren terbaik selanjutnya adalah Nourish Indonesia, Gula Aren Bubuk. Menjadi salah satu produk gula aren yang asli, produk yang satu ini terbuat dari tanda bunga jantan pohon enau. Mengandung indeks glikemik yang rendah, gula aren ini dapat dijadikan pemanis yang aman.

Tak hanya manis saja, gula aren ini juga mengandung nutrisi yang tinggi karena tidak melewati banyak proses pemurnian pada pembuatannya. Produk gula aren asli Indonesia yang satu ini sudah mengantongi label halal MUI jadi dijamin aman untuk dikonsumsi.

8. Aromanis Natural Brown Sugar

Aromanis Natural Brown Sugar merupakan pilihan gula merah yang bagus dan berkualitas. Produk ini baik untuk konsumsi keluarga karena tidak tercampur dengan bahan yang berbahaya untuk kesehatan dan tetap mempertahankan khasiat serta kebaikan dari gula merah yang bagus tetap asli.

Produk gula merah dalam kemasan ini mengklaim penggunaan 100% bahan alami. Selain itu, Aromanis sebagai produk gula merah yang bagus di pasaran masuk dalam kategori LOW GLYCEMIC INDEX yang rendah akan kandungan glukosa dan fluktosa.

Rendahnya kadar glukosa dari produk ini sangat cocok untuk penderita diabetes dalam mengganti konsumsi Gula Putih keluarga. Bahan dasar Aromanis Natural Brown Sugar diproses dengan teknologi bersertifikat COA dan SNI.

9. Organic Palm Sugar Arenga

Gula Aren Arenga merupakan pemanis Organik dan Alami yang terbuat dari getah pohon aren.

Kandungan dari nira aren Ini memiliki indeks glikemik rendah dan kaya mineral. Produk ini bisa jadi alternatif pemanis yang sehat dari gula tebu. Proses pembuatannya juga hanya melalui sistem pemanasan tungku.

Jadi relatif masih mempertahankan kandungan gizi yang terdapat dalam nira aren. Kandungan baik untuk tubuh dari produk gula merah yang bagus ini seperti karbohidrat, sakrosa, protein, asam amino, mineral, kalsium, dan vitamin.

Bahan baku produk ini diambil dari gula aren alami 100% berasal dari alam hutan tropis Indonesia.Untuk memastikan kualitas produknya, Arenga memproduksi gula aren dengan memenuhi standar dan konsistensi dalam kualitas.

10. Java Blossom Coconut Sugar

Apabila keluarga Sedulur menyukai berbahan olahan makanan manis, gula merah yang bagus dari bahan organik menjadi pilihan tepat. Lantaran, gula merah organik memiliki rasa manis alami yang baik untuk kesehatan keluarga.

Salah satu produk gula merah organik Java Blossom Organic Coconut Sugar telah terbukti keaslian prodouknya. merek  Java Blossom mengklaim berbagai produk olahan gula merahnya terbuat dari 100% bahan alami tanpa ada bahan kimia apapun.

Java Blossom Organic Coconut Sugar dibuat dari getah bunga potong pohon kelapa. Nira alami ini mengandung sejumlah kecil Vitamin C dan B, Kalium, Fosfor, Magnesium, Kalsium, Potasium, dan Zinc.

Karena mengandung nira pohon kelapa asli, produk ini lebih rendah dari gula meja pada Indeks Glikemik, Berbagai kandungan tersebut memberi peringkat karbohidrat pada bagaimana pengaruhnya terhadap gula darah Sedulur.

11. Singabera Organic Coconut Sugar

Produk Singabera Organic Coconut Sugar bisa menjadi pilihan stok gula aren untuk keluarga yang tepat. Produk gula merah bubuk dalam kemasan ini dibuat dari nira bunga pohon kelapa tanpa tambahan apapun.

Singabera merupakan merek dari brown sugar dengan klaim bebas pengawet, sehingga berbagai macam kandungan asli dan vitamin di dalamnya masih terjaga dengan baik. Selain itu, produk ini juga telah bersertifikat Halal dari MUI.

Gula merah yang bagus dari Singabera ini dibuat secara tradisional sehingga keluarga Sedulur akan mendapatkan khasiat kesehatannya secara optimal. Bentuk bubuk granular yang crunchy ideal untuk Sedulur yang menyukai gula bertekstur.

12. Bali Kulkul Brown Sugar

Produk gula merah yang bagus di pasaran selanjutnya adalah Bali Kulkul Coconut Brown Sugar. gula merah bubuk ini terbuat dari kelapa organik yang bisa menjadi pengganti Gula Putih karena kaya akan vitamin, mineral dan amino acids.

Bali Kulkul Coconut Brown Sugar mengklaim produknya tanpa pengawet apapun. Aman juga dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Berbeda dari gula aren lainnya, Bali Kulkul Coconut Brown Sugar mempunyai ciri khas wangi dan rasa yang gurih. Oleh karenanya, produk ini bisa digunakan sebagai pemanis alami untuk memasak berbagai macam makanan karena lebih bersih.

13. Ricoman Light Brown Sugar

Ricoman Light Brown Sugar merupakan produk gula merah yang bagus untuk tubuh. Hal itu karena produk ini terbuat dari bahan organik yaitu 100% sari tebu, tanpa adanya tambahan pewarna dan pengawet sintetis.

Sama-sama berasal dari tebu, tekstur dari produk ini lebih halus dan mudah larut daripada gula pasir. Keunggulan lainnya, merek gula ini memiliki aroma lebih harum serta rasa lebih legit.

Oleh karena itu, produk Ricoman Light Brown Sugar cocok untuk diaplikasikan dalam berbagai macam makanan maupun minuman, bisa untuk cookies, brownies, kopi, saus BBQ, serta berbagai sajian kekinian. Produk ini akan larut dengan cepat pada sajian manis favorit keluarga Sedulur.

BACA JUGA: Resep Kue Iwel-Iwel Isi Gula Merah, Wangi dan Lumer!

Manfaat Gula Aren

rekomendasi merek gula aren
Unsplash/Natalie Scott

Banyak digunakan untuk bahan makanan, gula aren sudah diakui memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Yang pertama adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Mengandung antioksidan, gula aren dapat membantu pencegahan peradangan dan juga infeksi yang menurunkan kekebalan tubuh. Selain itu gula aren juga dapat meningkatkan energi dengan cepat sehingga bisa mengatasi rasa lelah akibat dari kekurangan energi.

  • Mencegah obesitas

Yang berikutnya gula aren dapat membantu pencegahan obesitas. Mengandung kalori yang cenderung rendah, gula aren ini sangat aman dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalankan program diet ataupun bagi Anda yang sedang menjaga berat badan Anda agar tidak berkurang ataupun bertambah.

  • Melancarkan pencernaan

Selain dari kelima yang telah dibahas sebelumnya, gula aren juga berkhasiat dalam melancarkan pencernaan. Gula aren ini dapat meningkatkan fungsi sistem pencernaan lambung sehingga pencernaan menjadi lancar. Hal berasal dari kandungan inulin gula aren yang sangat dibutuhkan oleh bakteri-bakteri usus.

Demikian tadi deretan rekomendasi merek gula aren yang bagus dan cocok dijadikan sebagai bumbu dapur di rumah. Sedulur bisa menemukan produk-produk di atas dengan mudah karena juga dijual di toko kelontong sekitar rumah dan di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.