kecap asin

Kecap asin atau soy sauce merupakan salah satu jenis bumbu yang banyak digunakan dalam berbagai hidangan Asia. Sesuai dengan namanya, produk satu ini memiliki cita rasa asin dan biasa ditambahkan dalam masakan untuk menggantikan peran garam dapur. Selain memiliki cita rasa khas, bumbu satu ini juga memiliki ciri berupa teksturnya yang cenderung lebih encer daripada kecap manis.

Nah, bagi Sedulur yang sedang mencari rekomendasi kecap asin, dalam artikel kali ini Super telah merangkum 10 kecap asin terbaik dan terenak untuk berbagai masakan lengkap dengan ulasan singkat dan harganya. Berikut ulasan selengkapnya.

BACA JUGA: 11 Rekomendasi Saus Tiram Paling Sedap Tahun 2021

Apa itu kecap asin?

 
kecap asin
Freepik

Di Indonesia, kecap kerap diidentikkan sebagai bumbu masakan bertekstur hitam kental dan memiliki rasa manis. Meski demikian, ada pula jenis bumbu dapur lainnya yang juga bernama kecap namun memiliki tekstur dan rasa yang berbeda. Adalah kecap asin, bumbu dapur berupa kecap dengan kandungan garam lebih banyak dan bertekstur lebih encer daripada kecap yang memiliki rasa manis. Tak heran, kemudian masyarakat kerap membedakan keduanya dengan sebutan kecap asin dan kecap manis.

-->

Kecap asin sendiri merupakan bumbu yang banyak digunakan dalam hidangan Asia, khususnya China. Sesuai dengan namanya, bumbu satu ini memiliki cita rasa dominan asin sehingga kerap digunakan sebagai penyedap masakan sekaligus pengganti garam.

Cita rasa asin pada kecap tersebut merupakan hasil fermentasi bahan nabati atau hewani berprotein tinggi di dalam larutan garam. Namun kebanyakan kecap asin dibuat dari kedelai dan juga umum disebut sebagai soy sauce dalam bahasa Inggris. Perlu Sedulur perhatikan juga apabila menemukan produk bertuliskan soy sauce, artinya produk tersebut adalah kecap asin, bukan kecap manis meski ekeduanya sama-sama dibuat dari kedelai.

BACA JUGA: 15 Daftar Barang di Toko Kelontong yang Paling Laris 2022

Rekomendasi kecap asin terbaik dan terenak

Sementara itu, berikut 10 rekomendasi kecap asin terbaik dan terenak yang ada di Indonesia. Kecap-kecap tersebut berasal dari berbagai merek, baik itu merek lokal maupun impor.

1. Lee Kum Kee Premium Soy Sauce

kecap asin
Lee Kum Kee

Rekomendasi yang pertama adalah Lee Kum Kee Premium Soy Sauce. Lee Kum Kee sendiri merupakan perusahaan asal China yang telah lama dikenal sebagai produsen bumbu masakan, mulai dari saus tiram, minyak wijen, hingga soy sauce atau kecap asin.

Premium Soy Sauce dari Lee Kum Kee dibuat dari kedelai pilihan dan tepung gandum yang diproses dengan metode tradisional dan alami sehingga menghasilkan rasa kecap yang kental dan beraroma. Di samping itu, juga ada produk kecap asin lainnya, yakni Kecap Asin untuk Seafood, Kecap Asin Hitam, dan Kecap Asian varian reguler.

Adapun Lee Kum Kee Premium Soy Sauce ini tersedia dalam dua ukuran, yaitu 250 ml dan 500 ml dengan harga mulai dari Rp30 ribu.

2. Kecap Asin ABC

Heinz ABC

Rekomendasi selanjutnya adalah Kecap Asin ABC yang dibuat dengan bahan baku berkualitas, yakni perasan pertama kedelai sehingga memiliki cita rasa asin yang gurih. Produk ini cocok digunakan sebagai bumbu masakan, topping untuk menambah cita rasa hidangan seperti bubur ayam, serta untuk memarinasi daging. Selain itu, Sedulur juga bisa menggunakan Kecap Asin ABC sebagai dipping sauce untuk sushi.

Produk ini dibanderol harga mulai dari Rp 5 ribu dengan pilihan ukuran kemasan 133 ml dan 620 ml.

BACA JUGA: 17 Rekomendasi Kecap Manis Terbaik yang Paling Enak 2022

3. Kecap Asin Raja Rasa

Berikutnya adalah Kecap Asin Raja Rasa yang merupakan produk lokal dari merek asal Surabaya, Jawa Timur. Produk satu ini banyak digunakan sebagai campuran bumbu masakan di restoran hingga pedagang kaki lima. Bukan tanpa alasan, Kecap Asin Raja Rasa dikenal memiliki cita rasa asin nan gurih yang dapat melezatkan masakan.

Sedulur bisa memperoleh produk ini dengan harga mulai dari Rp 27 ribu untuk ukuran 600 ml.

4. Kecap Asin Indofood

Indofood

PT Indofood Sukses Makmur Tbk. juga memiliki produk kecap asin yang bisa menjadi pilihan Sedulur. Seperti diketahui, Indofood merupakan produsen berbagai jenis makanan, minuman, dan juga aneka bumbu dapur.

Produk dari Indofood dibuat dengan bahan berkualitas  yang diproses secara modern dan higienis sehingga menghasilkan produk dengan cita rasa istimewa. Di samping itu, Kecap Asin Indofood juga dibanderol dengan harga yang terbilang terjangkau, yaitu mulai dari Rp 5 ribu untuk ukuran 140 ml.

5. Kecap Asin Cap Angsa

Produk lokal selanjutnya adalah Kecap Asin Cap Angsa atau juga dikenal sebagai Kecap Cap Hati Angsa. Produk dari merek asal Medan, Sumatera Utara ini terbilang legendaris dan telah lama menjadi bumbu andalan untuk berbagai jenis masakan.

Selain memiliki cita rasa gurih yang khas, Kecap Cap Hati Angsa ini juga diperkaya dengan rasa manis dan rempah-rempah. Hal ini membuat masakan menjadi semakin kaya rasa dan tentunya lezat.

Adapun Kecap Cap Hati Angsa dibanderol harga cukup terjangkau, yaitu Rp20 ribu untuk ukuran 600 ml.

BACA JUGA: Resep Sambal Kecap yang Enak untuk Berbagai Masakan

6. Yamasa Soy Sauce

Yamasa

Yamasa merupakan merek asal Jepang yang telah lama dikenal dengan produk kecap asin atau soy sauce. Perusahaan yang telah berdiri sejak 1645 itu memiliki beragam produk bumbu masakan, termasuk soy sauce, saus teriyaki, dan tsuyu. Selain soy sauce biasa, Yamasa juga memproduksi soy sauce khusus untuk sushi dan sashimi.

Yamasa Soy Sauce dibuat dengan metode tradisional sehingga memiliki cita rasa yang kaya dengan aroma rempah. Produk spy sauce yang identik dengan warna merah ini disebut banyak digunakan oleh berbagai restoran kenamaan di Jepang.

Adapun Yamasa Soy Sauce dibanderol harga mulai dari Rp 50 ribuan.

7. Kikkoman All Purpose Soy Sauce

Kikkoman – UK

Sama seperti Yamasa, Kikkoman juga merupakan merek asal Jepang yang terkenal dengan produk bumbu masakannya, termasuk kecap asin atau soy sauce yang merupakan produk andalannya. Adalah Kikkoman All Purpose Soy Sauce, produk yang dibuat secara tradisional menggunakan campuran bahan yang terdiri atas air, kedelai, gandum, dan garam.

Mengutip dari laman resminya, proses pembuatan Kikkoman All Purpose Soy Sauce setidaknya memakan waktu selama tujuh bulan. Hal itu dimaksudkan untuk memperoleh rasa yang kaya dan umami.

Menariknya, produk asal Jepang ini juga telah tersedia di Indonesia. Sedulur bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp 20 ribu.

BACA JUGA: 5 Fungsi Kecap Asin, Kunci Keseimbangan Rasa Semua Masakan

8. Pearl River Bridge Soy Sauce

Pearl River Bridge

Produk kecap asin yang populer di pasaran berikutnya adalah Pearl River Bridge Soy Sauce. Merek satu ini disebut sebagai kecap asin superior yang telah lama dipercaya sebagai penyedap rasa masakan khas China.

Produk yang dibuat dari kedelai, garam, dan tepung terigu ini diklaim sebagai kecap asin terbaik yang memiliki cita rasa legit. Kandungannya yang tanpa MSG juga menyebabkan kecap ini aman dikonsumsi sehari-hari.

Terdapat tiga pilihan ukuran, yaitu 150 ml, 600 ml, dan 1,8 liter dengan harga mulai dari Rp 12 ribuan.

9. Mushroom Flavoured Superior Dark Soy Sauce

Pearl River Bridge

Selain soy sauce biasa, Pearl River Bridge juga memiliki Mushroom Flavoured Superior Dark Soy Sauce, yaitu kecap asin yang tidak hanya memiliki rasa asin dan gurih namun juga aroma jamur khas masakan China. Adanya aroma jamur ini semakin memperkaya cita rasa sehingga masakan juga akan semakin lezat dan menggugah selera.

Adapun produk ini dapat Sedulur peroleh di e-commerce atau supermarket dengan harga mulai dari Rp 30 ribuan.

10. Tropicana Slim Kecap Asin

Tropicana Slim

Rekomendasi yang terakhir adalah kecap asin dari Tropicana Slim. Sebagai brand yang dikenal dengan produk makanan sehat, Tropicana Slim menghadirkan kecap asin dengan kandungan garam yang rendah sehingga aman dikonsumsi oleh Sedulur yang memiliki hipertensi di samping dapat mencegah risiko atas penyakit tersebut.

Meski memiliki kandungan garam yang rendah dan bebas lemak, Tropicana Slim Kecap Asin tetap memiliki cita rasa yang lezat. Sehingga Sedulur bisa menjalani gaya hidup sehat dengan tetap memanjakan lidah.

Adapun produk ini bisa Sedulur dapatkan dengan harga mulai dari Rp 30 ribu.

Demikian tadi 10 rekomendasi kecap asin atau soy sauce terbaik dan terenak dari berbagai merek, mulai dari merek lokal hingga impor seperti Yamasa, Lee Kum Kee, dan Pearl River Bridge. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat untuk Sedulur, khususnya dalam memilih soy sauce untuk masakan, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.