daftar barang toko kelontong

Apa saja daftar barang di Toko Kelontong yang paling laris tahun 2022 ini? Yuk, kita cek.

Toko kelontong adalah tempat yang dikenal menjual apa saja, mulai dari kebutuhan dapur, kamar mandi, hingga seluruh kebutuhan sehari-hari. Namun, biasanya warung, dan toko kelontong banyak yang fokus dalam menjual sembako.

Pasalnya, sembako merupakan barang yang sering dikulak oleh masyarakat. Bahkan kebanyakan masyarakat kulakan sembako secara besar-besaran, karena selain murah, kulakan dalam jumlah besar juga agar tidak ribet bolak balik belanja dan lebih mudah kedepannya.

Apa saja daftar barang di toko kelontong yang paling laris dan sering dikulak oleh masyarakat? Agar memudahkan, berikut daftar 30 barang barang warung sembako yang wajib ada agar usaha kamu laris manis diserbu pembeli. Yuk, langsung saja mari kita simak ulasannya.

-->

BACA JUGA : 8 Sembako Ini Paling Dicari! Sedulur Wajib Tahu

1. Minyak Goreng

Minyak goreng menjadi salah satu bahan yang masuk ke daftar barang toko kelontong paling laris. Hal ini karena masyarakat Indonesia sangat menyukai makanan yang digoreng dan ditumis. Hal tersebut bisa Sedulur Super lihat di jalanan yang menjual berbagai makanan yang digoreng. Seperti gorengan tahu, bakwan, gorengan pisang, cireng dan lain sebagainya.

Hal ini menunjukan bahwa masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan dan kesenangan terhadap makanan yang digoreng. Pada akhirnya, membuat minyak goreng menjadi daftar barang di toko kelontong yang paling laris yang sering dibeli oleh masyarakat.

Sebagaimana beras yang merupakan makanan penting, minyak goreng merupakan sembako yang membuat makanan menjadi gurih dan renyah. Budaya masak di Indonesia tidak bisa lepas dari minyak goreng.

Jarang sekali masyarakat Indonesia yang memasak makanannya dengan membakar dan merebus, walaupun hal tersebut masih dapat ditemukan. Namun peran minyak goreng di dapur masyarakat Indonesia lebih dominan dari sembako lain.

Hal ini yang membuat minyak goreng masuk ke dalam daftar barang di toko kelontong yang paling laris setelah beras.

2. Beras

Daftar barang di toko kelontong yang paling laris pertama sudah jelas adalah beras. Sedulur Super sudah tahu, bahwa beras yang akan dimasak menjadi nasi ini merupakan kebutuhan utama bagi masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, beras sering kali dibeli oleh masyarkat dalam jumlah besar sebagai stok selama beberapa jangka waktu, misalkan selama seminggu atau sebulan. Dengan membuat stok tersebut, masyarakat akan mendapatkan berbagai keuntungan.

Jenis sembako ini juga banyak sekali macamnya, ada beras super, beras organik dan lain sebagainya. Namun satu hal yang pasti bahwa beras merupakan daftar barang di toko kelontong yang paling laris adalah fakta yang tidak terbantahkan lagi.

3. Telur

telur
iStock

Telur sudah menjadi makanan yang tidak bisa ditinggalkan. Selain harganya yang cukup terjangkau, telur juga mengandung banyak protein dan juga nutrisi untuk memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari. Tak heran jika masyarakat sangat menyukai berbagai olahan makanan yang berbahan dasar telut. Jika ingin menjualnya di toko kelontong, Sedulur dapat meletakkan telur di wadah kotak agar telur tidak mudah pecah. Tak hanya itu, Sedulur juga dapat menjual telur secara kiloan atau perikat. 

BACA JUGA : 12 Rekomendasi Frozen Food Terbaik yang Paling Enak 2022

4. Tepung terigu 

daftar barang toko kelontong
iStock

Daftar barang toko kelontong yang selanjutnya harus ada adalah tepung terigu. Bahan ini memiliki begitu banyak manfaat seperti untuk membuat kue, hingga hingga menggoreng bahan makanan lain seperti membuat pisang goreng. Tepung terigu mengandung karbohidrat, vitamin, protein dan juga serat. Hal inilah yang membuat tepung terigu banyak dibutuhkan sebagai bahan pokok kebutuhan rumah tangga hingga usaha rumahan. Jika Sedulur menjualnya di toko kelontong, dijamin pasti laris. 

5. Mi Instan

Diadona

Mi instan menjadi salah satu bahan yang laris di toko kelontong. Hal ini karena harga mi instan yang terjangkau, cukup mengenyangkan dan juga mempunyai berbagai varian rasa yang menarik dan juga enak. Jika ingin menjualnya, Sedulur dapat menyetok mi instan secara kardusan maupun satuan. Biasanya mi instan ini sangat laris diborong oleh penjual kopi, burjo dan warung makan.

6. Camilan makanan ringan

Tribun

Meski hanya camilan makanan ringan dan terlihat sederhana, namun nyatanya camilan ringan justru cukup laris dijual lho Sedulur. Hal ini karena camilan memiliki harga yang terjangkau sehingga banyak diminati masyarakat. Beberapa camilan yang dapat Sedulur jual di toko kelontong antara lain seperti kerupuk, wafer, permen dan beberapa aneka ciki. Biasanya camilan banyak dibeli oleh anak-anak sekolah sebagai bekal untuk bermain. 

7. Air mineral

freepik

Bahan yang laris di toko kelontong selanjutnya adalah air mineral. Bagaimana tidak, setiap orang pasti membutuhkan air minum agar tidak mengalami dehidrasi. Hal ini dapat Sedulur manfaatkan untuk menjual air mineral, baik dalam botol ataupun berbentuk galon. Nah, untuk menarik pembeli, Sedulur dapat menyimpan air mineral botol ke dalam kulkas agar lebih dingin.

BACA JUGA : 22 Peluang Usaha yang Potensial dan Menguntungkan

8. Minuman kemasan

Genpi.co

Minuman kemasan menjadi bahan yang wajib ada di toko kelontong. Sedulur dapat menjual minuman kemasan berupa susu, kopi, teh hingga minuman berenergi. Sedulur juga dapat menyimpannya di dalam kulkas agar minuman menjadi lebih dingin dan segar sehingga akan menarik pembeli. Biasanya minuman kemasan dingin ini dibeli oleh anak sekolah. 

9. Tepung Bumbu

Daftar barang di toko kelontong yang paling laris selanjutnya adalah tepung bumbu. Sama seperti bumbu penyedap rasa, lengkap rasanya jika tidak menyediakan tepung bumbu di dapur karena tepung bumbu sepaket dengan penyedap rasa.

Tanpa kedua produk ini, semua makanan akan terasa hambar. Untuk itu, tepung bumbu selalu masuk daftar barang di toko kelontong yang paling laris Ada berbagai macam merk tepung bumbu ternama yang bisa Sedulur temukan di toko kelontong.

Tepung bumbu ini merupakan sebuah inovasi yang memudahkan masyarakat membuat makanan. Jika sebelumnya masyarakat harus terlebih dahulu meracik bumbu untuk membuat masakan yang digoreng dengan tepung, hal tersebut jauh lebih mudah dengan kehadiran tepung bumbu.

Kita tinggal menyediakan tepung bumbu dengan berbagai rasa yang kita inginkan. Dan tinggal menggorengnya, memasak pun jauh lebih mudah dan efisien. Sama sekali tidak ribet.

10. Kecap Manis

daftar barang toko kelontong
Pixabay

Daftar barang di toko kelontong yang paling laris selanjutnya adalah kecap manis. Tidak akan lengkap sebuah makanan jika tidak dicampur dengan kecap manis. Hal ini juga didukung oleh kecenderungan masyarakat Indonesia yang menyukai makanan dengan rasa yang manis.

Makanan seperti semur, gulai dan tumis-tumisan tidak akan lengkap jika tidak menggunakan kecap manis. Kecap manis menjadi bahan yang akan melengkapi komposisi setiap jenis makanan. Baik itu makanan berkuah, goreng atau tumis-tumisan.

Kecap manis dibutuhkan sama halnya seperti penyedap rasa dan tepung bumbu, hal tersebut yang menjadikan kecap manis masuk ke dalam daftar barang di toko kelontong paling laris. Karena anggapan masyarakat Indonesia yang tidak akan lengkap sebuah makanan jika tidak menggunakan kecap manis.

11. Saus

daftar barang toko kelontong
Fimela

Selain kecap, saus juga menjadi salah satu barang yang harus ada di toko kelontong.  Hal ini karena saus merupakan bahan tambahan untuk olahan makan, seperti mi instan dan juga makanan lainnya. Sedulur dapat menjual saus rentengan maupun dalam bentuk botolan dari berbagai macam merk. Dijamin pasti akan laris. 

12. Bumbu instan

daftar barang toko kelontong
Fimela.com

Selain mi instan, Sedulur juga perlu menjual bumbu instan, seperti bumbu nasi goreng, bumbu rendang, bumbu opor ayam, bumbu sayur asem dan yang lainnya. Bumbu instan dijamin akan laris mengingat sekarang ini banyak orang yang lebih menyukai memasak menggunakan bumbu instan. Selain itu, bumbu instan juga praktis digunakan sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memasak. 

BACA JUGA : 30+ Ide Bisnis Kreatif Paling Menguntungkan untuk Pemula 2022

13. Gula pasir

daftar barang toko kelontong
Elle

Daftar barang toko kelontong dan harga yang laris dan paling dicari selanjutnya adalah gula pasir. Gula pasir merupakan kebutuhan pokok yang dijamin akan laris jika dijual di toko kelontong. Sedulur dapat menjual gula pasir baik gula pasir curah maupun gula pasir kemasan dari pabrik. Harganya pun tentu memiliki perbedaan antara gula pasir curah dan juga gula kemasan. Tapi tenang, meski begitu bahan ini akan tetap laris di toko kelontong Sedulur. 

14. Gas 3 kg

Kompas

Gas elpigi merupakan kebutuhan rumah tangga yang sangat penting. Untuk itu, jika Sedulur menjual gas elpigi 3kg di toko kelontong, dijamin akan laris. Mengingat bahwa kini hampir semua ibu rumah tangga bahkan pelaku usaha rumahan menggunakan gas elpigi. Perlu diperhatikan, ketika Sedulur menjual gas jangan sampai membahayakan pembeli toko ya. Letakkan gas di toko bagian luar demi keamanan dan kenyamanan pembeli.

15. Sabun dan shampo

Pixabay

Kebutuhan sehari-hari seperti sabun dan shampoo merupakan barang yang juga akan laris dijual di toko kelontong. Selain itu, Sedulur juga dapat menjual kebutuhan sehari-hari lainnya, seperti deterjen, sabun cuci piring, dan juga pasta gigi. bahan-bahan tersebut pasti akan laris, mengingat setiap orang membutuhkan sabun ,shampo dan deterjen untuk kebutuhan sehari-hari. 

16. Bumbu dan Penyedap Rasa

Daftar barang toko kelontong excel yang paling laris selanjutnya adalah bumbu dan penyedap rasa. Barang kelontong terlaris ini mendominasi di dapur masyarakat Indonesia setelah beras dan minyak goreng yang menjadikannya selalu masuk di katalog barang toko kelontong.

Kadang saking banyaknya barang yang di jual di toko kelontong, kita jadi sering bertanya toko kelontong menjual apa saja? Jawabannya yang pasti menjual segala produk dan barang yang dibutuhkan oleh masyarkat, salah satunya sembako dan juga bumbu beserta penyedap rasa.

Termasuk di toko kelontong modern, terlepas seberapa canggih dan modern toko kelontong, sembako merupakan barang yang paling laris di toko kelontong. Terutama di toko kelontong sederhana, barang sembako apapun tersedia, termasuk segala jenis kerupuk mentah sekalipun.

17. Rokok

Freepik

Rokok menjadi bahan yang cukup laris di toko kelontong. Hal ini karena  Biasanya pembeli rokok adalah ojek online, tukang parkir dan yang lainnya.  Sedulur dapat menjualnya secara eceran maupun satu bungkus langsung. Nah, namun perlu Sedulur catat ya, untuk tidak menjual rokok kepada anak di bawah umur ya. 

18. Obat-obatan

Kompas

Barang yang selanjutnya ada di toko kelontong adalah obat-obatan. Obatan-obatan pasti akan selelu dibutuhkan oleh masayarakat. Untuk itu,Sedulur dapat menjual obat batuk, pilek, obat sakit kepala dan juga minyak angin. Akan tetapi, obat-obatan yang dijual harus yang aman dan juga memang boleh dijual bebas di pasaran ya. Jangan sampai Sedulur menjual obat yang dilarang edar ya. Pastikan semua obat yang Sedulur jual juga halal dan mempunyai sudah mendapat ijin dari BPOM. 

Daftar barang di toko kelontong yang paling larin 2022 di atas juga bisa didapatkan oleh Sedulur Super di Aplikasi Super. Karena aplikasi kulakan ini menyediakan setiap jenis sembako yang menjadi kebutuhan masyarakat.

Selain itu Aplikasi Super juga memiliki harga yang jauh lebih murah dibanding di tempat lain. Aplikasi toko kelontong ini juga semakin memudahkan setiap Sedulur untuk mendapatkan keuntungan. Belum lagi aplikasi pos satu ini juga menyediakan berbagai program dan fitur menarik.

Demikianlah informasi mengenai daftar barang toko kelontong lengkap yang wajib ada dan paling laris tahun 2022. Perlu diperhatikan bahwa jika Sedulur ingin membuka toko kelontong, jangan hanya terpaku untuk menjual sembako. Akan tetapi, Sedulur dapat menjual kebutuhan sehari-hari seperti sabun sampho, deterjen dan lain sebagainya.  Tak hanya itu, Sedulur juga dapat menjual minuman kemasan atau camilan makanan ringan yang digemari oleh anak-anak. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.