17 Rekomendasi Kecap Manis Paling Enak 2020

Bingung memilih kecap manis untuk digunakan saat memasak? Yuk, mari kita simak ulasannya di bawah ini.

Kecap manis merupakan salah satu komponen paling penting dalam membuat masakan. Terutama bagi pecinta makanan manis, kecap manis menjadi barang yang wajib ada di dapur dan wajib ada di setiap masakan. Karena manfaat kecap manis yang bisa membuat makanan menjadi lebih nikmat.

Kecap manis sendiri terbuat dari kedelai hitam, gula kelapa, garam dan air. Tekstur yang kental dan rasanya yang manis selalu dapat melengkapi setiap makanan yang menggunakan kecap manis. Banyaknya jenis kecap manis yang dijual di Indonesia, membuat beberapa masyarakat menjadi kebingungan dalam menentukan kecap manis.

Untuk itu, artikel kali ini akan membahas kecap manis terbaik sebagai rekomendasi. Mulai dari kecap manis menjangan, kecap manis bango dan beberapa merk kecap manis lainnya. Sebelum masuk ke pembahasan, apakah Sedulur sudah ada yang mengetahui perbedaan kecap manis dan asin?

Selain tentu saja rasanya, kecap manis dan kecap asin memiliki perbedaan pada beberapa bahan pembuatannya dan juga proses pembuatannya.  Yuk, langsung saja kita simak rekomendasi kecap beserta dengan harga kecap manis yang bisa kita gunakan.

Baca Juga: Bumbu Nasionalis yang Menggugah Selera Lidah

Daftar Rekomendasi Kecap Manis

1. Kecap Bango

Kecap Bango

Produk kecap pertama yang menjadi rekomendasi adalah kecap bango, merek kecap botol ini merupakan kecap yang paling banyak digunakan dan rasanya juga paling disukai oleh masyarakat Indonesia. Telah berdiri sejak tahun 1928, kecap bango memberikan rasa dan kelezatan bagi masyarakat Indonesia.

Tekstur kecap yang kental berpadu dengan rasa manis dan gurih membuat kecap bago menjadi salah satu kecap yang selalu dipilih oleh masyarakat Indonesia. Kelebihan dari kecap bango adalah bisa digunakan sebagai bumbu masakan ataupun sebagai campuran makanan.

Selain itu juga kecap bago memiliki banyak varian jenis kecap. Mulai dari kecap manis, hingga kecap asin. Bango fokus dalam membuat berbagai bumbu masak untuk melengkapi kebutuhan memasak masyarakat Indonesia.

2. Kecap Cap Orang Jual Sate

Kecap Cap Orang Jual Sate

Rekomendasi kecap manis satu ini memang tidak begitu terkenal seperti kecap bango. Namun kecap cap orang jual sate juga memiliki rasa yang nikmat dan tekstur kecap yang kental. Selain itu, harga dari kecap ini juga lebih murah dibandingkan kecap bango.

Kecap cap orang jual sate, walaupun tidak seterkenal kecap bango, namun kecap ini memiliki usia yang lebih tua dari kecap bango. Berdiri sejak tahun 1888, kecap cap orang jual sate telah lebih dulu memberikan masyarakat Indonesia sajian rasa yang nikmat.

Para penjual sate selalu menjadikan kecap ini sebagai sebagai bahan utama membuat sate. Tekstur dan rasa dari kecap ini sangat cocok dengan tekstur daging sehingga bisa membuat sate memiliki rasa yang nikmat dan lengkap.

3. Kecap ABC

Kecap ABC

Rekomendasi kecap manis selanjutnya adalah keluaran dari ABC. Seperti yang sudah Sedulur ketahui, bahwa ABC mengeluarkan banyak produk, bukan hanya kecap saja. Dari mulai kopi, saus dan banyak lagi. Hal tersebut menunjukan bahwa kecap ABC memiliki komitmen dalam membantu masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Kecap ABC saking terkenalnya, memiliki slogan kecap sejuta umat karena banyaknya masyarakat yang menggunakan kecap ABC sebagai bumbu masakan. Selain itu penjual bubur ayam, soto dan lontong juga banyak menggunakan kecap ABC sebagai bahan utama kecap manis.

4. Kecap Benteng SH

Kecap Benteng SH

Produk kecap manis satu ini telah hadi dan melayani masyarakat sejat tahun 1920. Kecap benteng dikenal karena aromanya yang wangi dan dapat mengguhan selera makan. Produk kecap ini juga merupakan produk kecap khas Indonesia.

Rasa manis dari jenis kecap ini sangat kuat, namun juga tidak akan menutupi rasa lain ketika digunakan sebagai bumbu masak. Salah satu makanan yang paling cocok untuk menggunakan kecap manteng adalah saat membuat berbagai jenis sambal.

Apalagi ketika membuat sambal manis, atau sambal kecap. Kecap banteng akan memberikan rasa sambal yang manis, namun tidak menutupi rasa pedas dan gurih dari sambel itu sendiri.

5. Kecap Indofood

Kecap Indofood

Indofood merupakan perusahaan yang terkenal dengan produk mie yang terkenal, yaitu Indomie. Tidak puas dengan Indomie, Indofood juga mengembangkan produk kecap manis yang dapat digunakan oleh masyarakat sebagai bumbu masak.

Kecap Indofood terbuat dari campuran kedelai hitam dan kedelai kuning, yang ditambah dengan gula aren. Campuran bahan tersebut memberikan kecap Indofood rasa yang manis dan gurih yang pas untuk lidah masyarakat Indonesia.

Kecap Indofood sangat cocok digunakan sebagai bumbu masakan yang dimasak dengan cara diungkep. Paling cocok, kecap Indofood digunakan untuk membuat tahu dan tempe bacem, atau juga membuat sambal kecap.

6. Kecap Cap Korma

Kecap Cap Korma

Selain kecap cap orang jual sate, kecap yang cocok digunakan untuk membuat sate adalah kecap cap korma. Banyak penjual sate yang sering menggunakan spanduk kecap cap korma sebagai penutup toko atau warung sate.

Hal tersebut karena kecap cap korma menjadi kecap andalan para penjual sate. Selain rasa manis dan gurih yang pas, tekstur dari kecap cap korma adalah cepat meresap pada daging yang dibakar untuk membuat sate.

7. Kecap Tropicana Slim

Kecap Tropicana Slim

Tropicana Slim tidak hanya fokus dalam membuat gula manis rendah glukosa dan kalori yang aman bagi penderita diabetes, namun juga Tropicana Slim mengeluarkan kecap manis yang memiliki rasa manis yang pas dan tekstur yang kental.

Sama dengan produk gulanya, kecap Tropicana juga memiliki kandungan gula dan kalori yang rendah. Aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes yang ingin memakan makanan manis dengan rasa kecap namun takut dengan diabetes.

8. Kecap Kokita

Kecap Kokita

Kecap manis manis selanjutnya adalah kecap kokita. Kokita merupakan produsen bumbu-bumbu masak berkualitas, sejak saat dulu bumbu dari kokita sudah digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk mendapatkan rasa yang nikmat.

Kokita juga memiliki kecap yang bisa melengkapi masakan manis setiap masyarakat. Biasanya kecap kokita akan sangat cocok untuk bumbu masak dalam membuat semu, rendaman ayam dan banyak masakan lainnya.

9. Kecap Sedaap

Kecap Sedaap

Kecap manis keluaran dari Wingsfood satu ini diakui memiliki rasa yang lebih manis dari semua merek kecap yang ada. Selain itu kecap sedaap juga memiliki tekstur kental yang pas dengan rasa gurih yang melengkapi rasa manisnya.

Kecap sedaap bisa digunakan oleh para penjual bubur sebagai bagian dari kecapnya. Karena kecap sedaap memiliki tekstur dan rasa yang pas jika dicampurkan dalam bubur ayam. Bubur akan menjadi semakin kental dan gurih.

10. Kecap Mirama

Kecap Mirama

Kecap manis yang berasal dari Semarang ini telah menemani dapur masyarakat selama 80 tahun. Kecap mirama memiliki penggemarnya sendiri. Karena selama 80 tahun hadir, kecap mirama tidak mengalami perubahan rasa sama sekali.

Kelebihan kecap mirama adalah tidak menggunakan bahan pengawet dan pemanis tambahan. Kecap ini biasanya digunakan sebagai campuran utama dalam membuat mie rebus atau mie goreng oleh penjual kaki lima.

11. Kecap Javara

Kecap Javara

Kecap manis yang diproduksi oleh javara ini bisa menjadi alternatif pilihan. Terutama bagi Sedulur yang memiliki alergi terhadap kedelai. Kecap javara menggunakan bahan dasar pigeon peas sebagai bahan utama pembuatan kecap.

Oleh karena itu, pembuatan kecap javara membutuhkan waktu yang lama, yaitu sekitar 6 bulan. Hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan rasa kecap yang sama persis dengan kecap dari bahan dasar kedelai. Walaupun terbuat dari bahan dasar berbeda, namun kecap javara bisa digunakan menjadi bumbu atau bahan campuran.

12. Kecap Lingkar Organik

Kecap Lingkar Organik

Kecap manis selanjutnya terbuat dari bahan organik dengan kualitas tinggi. Selain itu juga yang membuat kecap lingkar organik spesial yaitu bahan dasar yang berasal dari kedelai lokal yang diolah dengan cara tradisional.

Hal tersebut bisa memberikan rasa kecap yang lebih orisinal dan lebih nikmat. Selain bahan organik, proses pengolahan tradisional juga membuat kecap ini memiliki rasa yang lebih nikmat.

13. Kecap Nasional

Kecap Nasional

Merek kecap manis selanjutnya adalah kecap nasional. Merk kecap satu ini merupakan andalan para penjual nasi goreng. Makanan sejuta umat yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Banyak penjual nasi goreng yang menggunakan kecap nasional sebagai bumbu utama.

Hal tersebut dikarenakan kecap nasional memiliki rasa dan tekstur yang kental yang sangat cocok dijadikan campuran membuat nasi goreng.

14. Kecap Sorghum

Merek kecap selanjutnya yang bisa menjadi pilihan untuk digunakan sebagai bumbu masak adalah kecap sorghum. Kelebihan kecap ini karena mengandung mineral, protein, dan 9 asam amino esensial. Tidak hanya itu, kecap ini juga tidak mengandung sama sekali MSG.

Selain itu, kecap sorghum memiliki gula aren sebagai bahan utama untuk menambah rasa manis yang berbeda dari jenis kecap lainnya. Kecap sorgum sangat cocok digunakan oleh masyarakat yang terbiasa memasak makanan sehat.

15. Kikkoman Saus Manis Khas Jawa

Kikkoman Saus Manis Khas Jawa

Pilihan lain untuk kecap adalah kecap dari Kikkoman yang menggunakan bahan dasar khas dari pulau Jawa. Kikkoman telah hadir dan digunakan oleh beberapa penjual makanan. Selain kecap manis, Kikkoman juga mengeluarkan kecap asin dan bumbu lainnya.

16. Djoeragan Rempah

Djoeragan Rempah

Kecap merek Djoeragan Rempah memang terdengar asing bagi masyarakat Indonesia. Namun kecap merek ini memiliki penggemarnya sendiri. Karena kecap jenis ini sangat aman, tidak mengandung sama sekali MSG dan GMO yang memberikan efek buruk bagi tubuh. Kecap ini juga menggunakan tambahan rempah dan juga kepala dalam bahan pembuatannya.

17. Kecap Usaha Jaya Cap Bulan

Kecap Usaha Jaya Cap Bulan

Kecap terakhirnya bisa menjadi rekomendasi adalah kecap dari usaha jaya cap bulan. Kecap ini menggunakan cara pengolahan tradisional yang membuat kecap memiliki rasa lebih nikmat dan dapat menambah olahan makanan menjadi lebih sempurna.

Semoga daftar kecap di atas bisa memberikan rekomendasi pilihan bagi Sedulur yang membutuhkan rasa kecap yang tidak sama dan berbeda. Jangan lupa untuk membeli persedian kecap di Aplikasi Super.

Klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super, dan jangan lupa download Aplikas Super. Langsung cek kecap yang ada di Aplikasi Super. Dijamin lengkap dan tersedia berbagai jenis kecap.