Kecap merupakan jenis bumbu dapur yang banyak digunakan dalam memasak. Dalam penggunaan sehari-hari, ada dua jenis kecap yang banyak dipakai seperti kecap manis dan kecap asin.

Untuk kecap manis, pasti Sedulur sudah familiar dengan karakter rasa dan fungsinya. Namun, bagaimana dengan kecap asin? Ternyata kecap ini memiliki banyak fungsi, bahkan menjadi kunci keseimbangan sebuah masakan agar bisa memiliki cita rasa yang lezat. Penasaran apa saja fungsi kecap ini dalam dunia kuliner? Langsung saja Sedulur simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA: 20 Resep Bumbu Marinasi Ayam yang Enak Beserta Tipsnya

Memberi warna pada masakan

Kecap asin
Better Homes & Gardens

Fungsi kecap asin yang pertama adalah memberi warna pada masakan. Fungsi ini cukup mirip dengan kecap manis yang bisa memberikan warna coklat pada makanan yang dimasak. Namun, pada kecap ini warna yang dihasilkan lebih pucat dan tidak terlalu gelap.

Dilansir dari Eatingwell, penggunaan kecap ini untuk memberikan warna masakan cocok diterapkan pada makanan yang ditumis. Namun, penggunaannya tetap harus sesuai takaran agar rasa yang dihasilkan tidak terlalu asin.

Jadi bumbu marinasi

Bumbu marinasi
Beefitswhatsfordinner

Kecap asin memiliki kemampuan untuk menstimulasi mineral dan zat yang ada pada bahan masakan. Jadi tidak heran jika kecap ini sering dijadikan bahan untuk marinasi daging mentah.

Teknik marinasi menggunakan kecap asin sendiri sudah dilakukan sejak lama. Dan pertama kali digunakan dalam teknik memasak di Jepang, lalu menyebar ke kawasan Eropa.

Umumnya proses marinasi menggunakan kecap ini harus menggunakan beberapa bumbu tambahan seperti larutan asam yang bisa berasal dari perasan jeruk dan cuka. Biasanya, daging yang sudah dimarinasi akan memiliki rasa yang lebih umami.

BACA JUGA: 12 Jenis Sushi yang Populer di Indonesia, Jangan Salah Pesan

Berguna dalam proses karamelisasi

Kecap asin
Tiffy Cooks

Berbeda dengan kecap manis, kecap ini tidak mudah menjadi karamel ketika dipanaskan. Hal ini ternyata membuat kecap asin menjadi komponen utama untuk menciptakan proses karamelisasi yang sempurna.

Sedulur bisa menambahkan kecap ini dalam proses memasak daging sapi atau daging ayam dengan kecap manis. Kemampuan kecap asin yang tahan panas, akan membantu kecap manis untuk larut dan tidak menjadi keras.

Rasa karamel yang dihasilkan juga akan menjadi lebih sempurna karena ada perpaduan manis dan asin yang pas.

Seimbangkan rasa masakan

Tumis bayam
Serious Eats

Dilansir dari The Spruce Eats, rasa asin memang jadi salah satu ciri khas kecap kedelai ini. Asin merupakan rasa yang bisa menyeimbangkan rasa dalam sebuah masakan. Perpaduan asin dan manis yang pas juga memunculkan rasa gurih.

Fungsi kecap dengan rasa asin tak hanya berhenti sebagai penyeimbang makanan saja, tapi juga bisa menjadi penyedap rasa alami. Hal ini membuat Sedulur tidak perlu menambahkan penyedap rasa buatan seperti MSG.

BACA JUGA: 12 Cara Mengasah Pisau yang Benar Agar Tajam & Awet

Saus cocol makanan

Sashimi
Ichi Sushi

Jika Sedulur suka dengan masakan Jepang, Korea dan China, maka akan cukup familiar dengan teknik cocolan kecap. Biasanya penggunaan saus cocol kecap dengan rasa asin ketika makanan yang disajikan adalah jenis makanan mentah atau amis.

Beberapa masakan yang cocok dikombinasikan dengan cocolan kecap ini adalah sushi, sashimi, dan gimbap.

Kecap ini mampu membuat makanan yang memiliki rasa amis menjadi lebih lezat. Selain itu, kecap asin juga bisa meningkatkan rasa asin pada masakan mentah yang memiliki rasa tawar.

Beli kecap asin di Super aja!

Belanja online
Aplikasi Super

Jika Sedulur ingin membeli kecap asin secara mudah dan murah, tak perlu bingung dan langsung saja download Aplikasi Super di Play Store. Lewat aplikasi ini, Sedulur bisa membeli segala macam kebutuhan pokok tanpa ribet karena semua bisa dilakukan lewat ponsel dan diantar langsung ke rumah.

Kecap yang dijual lewat Aplikasi Super juga memiliki harga yang terjangkau dan bersaing. Sehingga untuk Sedulur yang sedang mencoba membuka usaha toko kelontong, juga bisa membantu Sedulur untuk kulakan barang dagangan.

Jenis kecap yang dijual pun sangat beragam. Sedulur bisa memilih mana kecap yang cocok untuk memasak di rumah sesuai selera. Jadi buruan download aplikasinya dan langsung belanja sepuasnya!

Demikian tadi fungsi dari kecap asin yang perlu Sedulur ketahui. Tak hanya bisa menyedapkan rasa masakan, kecap ini juga memiliki fungsi untuk menyeimbangkan rasa.