tanaman pembasmi semut

Semut adalah serangga berukuran kecil yang dikenal menyukai makanan manis. Tidak jarang, semut mengerubungi makanan yang tidak disimpan dalam wadah tertutup rapat. Walaupun remeh, tapi banyaknya semut di rumah kadang bikin risih dan mengganggu. Beruntung Sedulur bisa mengusir menggunakan tanaman pembasmi semut yang aman dan alami.

Tak hanya membantu untuk menghalau keberadaan semut di sekitar rumah. Tanaman pembasmi semut juga bisa menjadi dekorasi dan pengharum ruangan alami lho. Kira-kira apa saja tanaman pembasmi semut yang dimaksud? Berikut sudah dirangkum informasi lengkapnya untuk Sedulur!

BACA JUGA: Lengkap! Cara Membersihkan Deterjen di Dalam Mesin Cuci

Cara Mengusir Semut dengan Tanaman

Unsplash/Amit Talwar

Semut merupakan salah satu serangga yang banyak ditemukan di sekitar. Sekilas, semut tidak mendatangkan risiko berbahaya bagi manusia. Meski demikian, keberadaan semut bisa mengganggu kebersihan rumah hingga membuat penghuni rumah merasa tidak nyaman.

Kabar baiknya, ternyata ada banyak cara untuk mengusir semut. Misalnya menggunakan tanaman pembasmi semut yang bisa dengan mudah Sedulur tanam di rumah. Selain menanamnya, Sedulur juga bisa menyebarkan bagian tanaman tertentu di area rumah yang kerap didatangi semut.

Tertarik untuk mencoba? Berikut sudah dirangkum 8 cara mengusir semut dengan tanaman pembasmi semut.

1. Menggunakan tanaman mint

tanaman pembasmi semut
Unsplash/Eleanor Chen

Cara membasmi semut yang pertama adalah menggunakan tanaman mint. Tanaman yang dikenal memiliki aroma segar ini ternyata ampuh untuk mengusir semut di rumah. Sedulur dapat menanam mint di dalam pot kecil. Pastikan tanaman tidak terkena sinar matahari secara langsung selama enam jam agar dapat bertumbuh dengan baik.

Setelah tumbuh, petik dan hancurkan daun mint untuk mendapatkan minyaknya. Kemudian, oleskan daun mint yang sudah dihancurkan tadi di area rumah yang kerap didatangi semut.

Selain itu, Sedulur juga bisa merendam daun mint di dalam air selama beberapa saat. Kemudian, semprotkan air tersebut ke titik-titik yang sering didatangi semut.

2. Menggunakan tanaman lavender

Tanaman selanjutnya yang juga ampuh untuk membasmi semut adalah lavender. Tanaman ini bisa Sedulur tanam di halaman rumah maupun di dalam rumah, selama area tersebut mendapat cahaya matahari yang cukup.

Adapun untuk menanam lavender di dalam rumah, Sedulur bisa mengambil stek dan mengikatnya menjadi satu. Kemudian, gantung di setiap ruangan terutama di tempat-tempat yang kerap didatangi semut.

Aroma tanaman ini dapat mengharumkan ruangan sekaligus mengusir serangga, termasuk semut.

3. Menggunakan kulit jeruk atau jeruk lemon

Kulit jeruk juga bisa menjadi pilihan bahan alami untuk mengusir semut di rumah. Hal ini dikarenakan aroma kulit jeruk tidak disukai semut, bahkan berbagai serangga lainnya. Sedulur cukup meletakkan kulit jeruk di tempat-tempat yang kerap didatangi semut.

Selain kulit jeruk, Sedulur juga bisa memanfaatkan air perasan jeruk lemon. Caranya cukup mudah, Sedulur hanya perlu mencampurkan air dan perasan jeruk lemon dengan perbandingan 1:2. Kemudian, semprotkan campuran tersebut ke sudut atau area yang sering dilalui semut.

4. Menggunakan bawang putih

Bawang putih dikenal sebagai salah satu rempah atau bumbu dapur yang dapat melezatkan makanan. Selain itu, bawang putih juga memiliki aroma tajam yang ternyata bisa mengusir semut. Bagaimana caranya?

Sedulur cukup memotong dan menggeprek bawang putih. Kemudian, letakkan di area yang sering dilewati semut.

BACA JUGA: 8 Cara Menyimpan Daun Bawang yang Benar Agar Lebih Awet

5. Menggunakan daun sirih

Unsplash/ROhan Solankurkar

Bahan alami selanjutnya yang bisa dipilih untuk mengharumkan ruangan sekaligus mengusir semut adalah daun sirih. Caranya cukup mudah, Sedulur dapat meletakkan beberapa lembar daun sirih di tempat yang sering didatangi semut.

Kemudian, diamkan semalaman dan dijamin semut tidak akan terlihat lagi. Adapun Sedulur dapat mengganti daun sirih yang sudah layu agar semut tidak kembali.

6. Menggunakan cengkeh dan kayu manis

Bumbu dapur lainnya yang juga dikenal ampuh mengusir serangga adalah cengkeh dan kayu manis. Aroma dari cengkeh dan kayu manis yang dapat melezatkan makanan ini ternyata tidak disukai semut, lho.

Lantas, bagaimana cara memanfaatkannya untuk mengusir semut? Sedulur dapat meletakkan cengkeh dan kayu manis di dekat makanan, meja makan, ataupun area-area yang menjadi sarang semut. Aroma dari kedua bahan tersebut akan membuat semut pergi.

7. Menggunakan bubuk kopi

Sedulur penggemar minuman kopi mungkin mempunyai stok bubuk kopi di rumah. Sedulur dapat memanfaatkan bubuk kopi untuk mengusir semut. Namun, pastikan bubuk kopi tersebut tidak mengandung gula di dalamnya.

Adapun cara menggunakan bubuk kopi untuk mengusir semut juga cukup mudah. Sedulur dapat menaburkan bubuk kopi di tempat yang kerap dilalui semut. Tak hanya ampuh mengusir semut, bubuk kopi juga bisa mengusir bau kurang sedap di dalam ruangan.

8. Menggunakan cuka dapur

Unsplash/Precios Plastic Melbourne

Rekomendasi bahan terakhir yang bisa digunakan untuk mengusir semut adalah cuka dapur. Sama halnya dengan bawang putih, cuka juga termasuk bumbu dapur yang dikenal dengan aromanya yang kuat.

Nah, kandungan di dalam cuka ternyata juga ampuh untuk membasmi semut. Sedulur dapat mencampurkan cuka dan air dengan perbandingan 1:1. Kemudian, semprotkan campuran tersebut ke gerombolan semut atau area yang kerap dilalui semut.

Itu dia beberapa cara mengusir semut dengan bahan-bahan alami seperti tanaman pembasmi semut. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat bagi Sedulur, ya!